Home Editor's Picks Arti Dari SPF Dan PA Pada Kemasan Sunscreen, Apa Yang Perlu Diketahui?

Arti Dari SPF Dan PA Pada Kemasan Sunscreen, Apa Yang Perlu Diketahui?

Pernahkah BeautyBabes memperhatikan rating PA + pada tabir surya bersama dengan level SPF? Beberapa dari kita mungkin cenderung tidak peduli, sementara beberapa yang lain mungkin akan bingung dan bertanya-tanya apa pentingnya mengetahui SPF dan PA +. SPF menunjukkan tingkat perlindungan dari sinar UVB sedangkan PA menunjukkan tingkat perlindungan dari sinar UVA.

PA Atau Protection Grade of UVA Rays

PA berarti Protection Grade of UVA Rays atau tingkat perlindungan dari sinar UVA. Sistem penilaian PA dibuat di Jepang dan dimaksudkan untuk menginformasikan pengguna sunscreen tentang tingkat perlindungan dari sinar UVA. Sistem rating PA diadaptasi dari metode Persistent Pigment Darkening (PPD) selama 2-4 jam terkena paparan sinar matahari. Tes ini menggunakan radiasi UVA untuk menyebabkan penggelapan kulit yang terus-menerus. Grade pelindung dari terbagi menjadi PA +, PA ++, PA +++, PA++++ dengan semakin banyak tanda + semakin banyak perlindungan dari sinar UVA.

Menurut faktor perlindungan UVA dari Asosiasi Industri Kosmetik Jepang, untuk setiap penilaian PA tercantum keterangannya di bawah ini:

  • PA + berarti tabir surya dapat memberikan perlindungan UVA dengan faktor Persistent Pigment Darkening (PPD) antara dua hingga empat. Ini dapat memberikan perlindungan radiasi UVA minimum.
  • PA ++ dapat memberikan perlindungan sedang terhadap sinar UVA dengan faktor PPD antara empat dan delapan. Ini sangat ideal untuk individu kulit normal yang terpapar radiasi UV sedang.
  • PA +++ dirancang untuk kulit normal yang terpapar radiasi UV yang kuat. Ini memberikan perlindungan UVA yang baik dengan faktor PPD 8 – 16.
  • PA++++ memberikan perlindungan UVA yang sangat tinggi. Ini memberikan perlindungan UVA yang baik dengan faktor PPD 16 atau lebih tinggi.

Angka SPF Pada Tabir Surya

Peringkat SPF pada kemasan tabir surya adalah singkatan dari Sun Protection Factor mengacu pada kemampuan tabir surya tersebut untuk melindungi kulit dari sinar UVB. Ini adalah ukuran berapa lama kita bisa berada di luar sepanjang hari dan terlindung dari sinar UVB yang menyebabkan luka bakar, jika menggunakan tabir surya dengan cara yang benar.

Memilih dan menggunakan tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya. Berikut penjelasan peringkat SPF (Sun Protection Factor), makna di balik semua angka tersebut dan radiasi ultraviolet.

Secara umum, dibutuhkan sekitar 10 hingga 20 menit tanpa tabir surya agar kulit seseorang mulai terbakar. Produk SPF 15 akan mencegah kulit terbakar selama 15 kali lebih lama – jadi sekitar 150 hingga 300 menit atau sekitar 2,5 hingga lima jam. Namun, itu tidak berarti kita terlindungi sepenuhnya selama lima jam itu. Dokter kulit sangat menyarankan untuk mengaplikasikan kembali tabir surya setiap dua hingga empat jam, karena tabir surya dapat terkelupas atau terhapus di dalam air.

Bagi banyak orang, angka seperti itu bisa membingungkan. Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa “SPF 30” dua kali lebih baik dari “SPF 15”. Tapi bukan itu cara kerjanya. Tabir surya dengan SPF 15 menghalangi sekitar 94 persen dari sinar matahari yang berbahaya. Produk SPF 30 memblokir sekitar 97 persen dari sinar tersebut dan tabir surya SPF 45 melindungi dari sekitar 98 persen sinar. Tidak perlu lebih tinggi lagi.

Baca Juga: UVA Dan UVB, Ketahui Semua Hal Tentang Ultraviolet Agar Kulit Terhindar Dari Efek Buruknya

Broad Spectrum

Jika produk sunscreen yang digunakan menawarkan perlindungan UVA dan UVB, produk tersebut akan diberi label Broad Spectrum, yang berarti sunscreen ini mencantumkan SPF dan PA + pada kemasannya. Di Amerika Serikat, hanya tabir surya dan kosmetik berlabel Broad Spectrum yang memberikan perlindungan dari kedua bentuk radiasi yang merusak.

UVB hanya menyebabkan sengatan matahari sedangkan UVA menyebabkan penuaan permanen pada kulit dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi sangat penting untuk menggunakan tabir surya yang melindungi dari radiasi UVA dan UVB.

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari UVA dan UVB, selalu cari tabir surya dengan label broad spectrum yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide. Bahan lain yang harus dicari adalah oxybenzone, avobenzone, dan mexoryl. Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya setidaknya 20 menit sebelum keluar. Selalu gunakan tabir surya sepanjang hari, tidak hanya saat beraktivitas di luar ruangan, atau di saat matahari sedang terik-teriknya dan cuaca tidak berawan, atau di saat travelling ke negara empat musim pada saat musim panas, tetapi gunakan sunscreen pada saat siang hari, saat di rumah, di kantor walaupun berada di dalam ruangan, dan walaupun cuaca mendung dan berawan. Karena perlu diingat sinar UVA tetap bisa menembus awan mendung ataupun jendela.

Baca Juga: Physical Sunscreen vs Chemical Sunscreen: Perlukah Mengetahui Perbedaannya?

Rekomendasi Local Sunscreen

Supaya Beauty Babes tidak bingung lagi memilih sunscreen, BeautyBeat telah mengurasi beberapa sunscreen lokal yang bisa kamu catat untuk dijadikan pilihan tepat saat beraktivitas di luar ruangan.

Rosé All Day Cosmetics Don’t Forget Sunscreen

https://roseallday.co/products/don-t-forget-sunscreen-default

Sunscreen dengan SPF 50 PA ++++ ini merupakan daily sunscreen dengan sifat yang melembapkan dan menenangkan. Tidak meninggalkan kesan berminyak pada kulit. Dengan kemasan yang ringkas dan botol berbentuk telur yang praktis, sunscreen ini travel-friendly sehingga dapat melindungi kulit dari efek bahaya paparan sinar matahari kapan pun dan di mana pun. Formulanya non-comedogenic dan teruji secara dermatologist.

Avoskin The Great Shield Sunscreen 30ml

https://www.avoskinbeauty.com/product/the-great-shield-sunscreen-30ml/

Tabir surya dengan SPF 50 PA ++++ yang berfungsi optimal melindungi kulit dari efek buruk paparan UVA dan UVB. Tabir surya fisik ini dilengkapi dengan Zinc Oxide, Niacinamide, Centella Asiatica, dan vitamin C yang berfungsi untuk menenangkan kulit, meminimalkan efek buruk paparan polusi, dan aman untuk kulit sensitif.

Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

https://www.lacoco.co.id/product/daily-uv-counter-spf-50-pa/

Merupakan pelindung kulit dari sinar UV A dan UV B. Diformulasikan tanpa silikon, memiliki tekstur ringan yang nyaman digunakan tanpa membuat kulit berminyak, dan tidak meninggalkan white cast pada kulit. Sinar UV A dan UV B dapat menimbulkan tanda penuaan, sehingga menggunakan pelindung secara rutin dapat membantu mencegah tanda penuaan. Dilengkapi dengan squalane yang terbukti mampu melembapkan kulit wajah sekaligus menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit wajah. Kandungan niacinamide-nya membantu mencerahkan wajah secara alami dan membantu merawat jerawat. Dilengkapi dengan ekstrak licorice sebagai pencerah alami sekaligus antioksidan untuk mencegah radikal bebas dan tanpa penuaan.

Zoya Sunscreen SPF 35 ++

https://www.zoya.co.id/products/sunscreen-spf-35

Memberikan perlindungan pada kulit wajah dari sinar UV A dan UV B dengan kandungan SPF 35 serta PA++. Memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap pada kulit.

Jarte Sunscreen Spray Coral Friendly x Nathanie Christy

Merupakan produk multifungsi, karena selain berfungsi sebagai sunscreen produk ini juga dapat berperan sebagai face mist. Mist-nya membantu mengatur riasan, membantu mengontrol kilau, dan menyegarkan kulit sekaligus memberikan perlindungan dari sinar UV. Diperkaya dengan Licorice Extract dan Centella Asiatica untuk membantu kulitmu menjadi lebih bercahaya dan sehat. Kaya akan antioksidan seperti vitamin B5, B1, B3, dan vitamin E untuk mengurangi kemerahan dan vlek hitam pada kulit.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

2 COMMENTS

  1. Halo mb Dita, aku kan termasuk emak2 yg selama ini ga terlalu concern dgn treatment wajah, selama ini sih hanya pakai facial wash dan toner aja, trus lgsg pakai cushion yg ada SPF nya, tapi skrg sih jadi ragu, apakah sunscreen yg terkandung ddlm cushion itu bener2 mampu memprotect kulit wajahku sebaik kerja sunscreen yg di apply sebelum ber makeup? Lalu kalau kita mau re apply sunscreen per 3-4 jam saat kita sudah ber makeup itu gmn ya, artinya harus hapus makeup dan mulai dri awal lagi bgtu?

    • Hi vernita, salam kenal.. saya coba jawab pertanyaan satu2 ya (disclaimer: saya bukan dermatologist, hanya seorang skincare enthusiat:))
      1. basic skin care adalah: cleansing, moisturizing dan protecting. Jadi baiknya setelah proses cleansing (malam hari lakukan double cleansing dengan tahapan oil based cleanser lanjut dengan water based cleanser), sebaiknya dilanjtukan dengan tahapan moisturizing, yaitu pemakaian actives yang dibutuhkan oleh kulit wajah sesuai tipe dan kondisinya, misal HA (untuk menghidrasi), niacinamide (brightening), retinol (anti aging), dll yang bisa ditemukan lebih potent pada serum kemudian seal actives tersebut dengan moisturizer agar kelembapan kulit tidak cepat hilang (kandungan actives bekerja lebih baik pada kulit yang lembap). Dan untuk pagi hari lanjutkan dengan protecting dengan pengaplikasian sunscreen yang mampu memproteksi dari UVA dan UVB min. SPF30. Biasanya di sela2 cleansing dan moisturizing saya juga menyelipkan toner agar kulit lebih mampu menyerap kandungan skincare berikutnya dengan lebih baik.
      2. saya tidak menyarankan proteksi hanya didapatkan dari makeup seperti cushion, foundation, dsb. Sebaiknya proteksi tetap dilakukan dengan mengaplikasikan tabir surya. Karena prinsip dalam pemakaian sunscreen adalah the more the merrier.
      3. Saat reapply sunscreen, saya melakukan dengan menaruh produk di telapak tangan dan diratakan kemudian ditap-tap ke muka (tidak perlu dispread) agar makeup tidak berantakan. Atau ada beberapa produk sunscreen saat ini yang berbentuk spray yang bisa dijadikan alternatif.
      Semoga ini bermanfaat ya. Tonton juga nighttime skin care routine dari beautybeat di: https://youtu.be/Pd8sycM2hkU.. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Arti Dari SPF Dan PA Pada Kemasan Sunscreen, Apa Yang Perlu Diketahui?

SPF dan PA, kenali lebih dekat agar bisa memilih sunscreen yang tepat untuk proteksi kulit terhadap efek buruk sinar ultraviolet.

Produsen Es Krim Sehat Aice Bantu Warga DKI Jakarta Hindari Covid-19

Bukan hanya memberikan keceriaan lewat es krim 🍦 yang berkandungan baik seperti Aice Susu Telur, tapi es krim sehat ini pun membagikan kebaikan dalam jutaan masker medis Shield 😷 loh!

UVA Dan UVB, Ketahui Semua Hal Tentang Ultraviolet Agar Kulit Terhindar Dari Efek Buruknya

UVA dan UVB, SPF dan PA, semua yang perlu diketahui dari sinar ultraviolet dan bagaimana memproteksi dari efek buruknya, ada di artikel ini!

NOTE Cosmetics: Rahasia Kecantikan Perempuan Turki Yang Perlu Dicatat

NOTE Cosmetics yang telah teruji secara dermatologist, bebas paraben, dan vegan friendly yang sudah pasti halal, kini hadir di Indonesia.

Shake Lip Pigment: Hadirkan 5 Warna Baru Yang Buat Bibirmu Cantik Dan Terlindungi

Sister brand The Bath Box®, 'Allglows' luncurkan 5 warna baru Shake Lip Pigment pada 11 November 2020. Grab it while it lasts BeautyBabes!

3 Tipe Hydroxy Acid – AHA, BHA, PHA: The Three Musketeers-nya Chemical Exfoliator

Hydroxy acid sebagai exfoliator bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat pergantian sel-sel baru. Yuk kupas lebih dalam!

Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

Moisturizer biasanya mengombinasikan 3 jenis bahan tertentu, yaitu humektan, emolien, dan/atau oklusif. Kenali tiap-tiap karakternya di artikel ini!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!