Home Hair Berpenampilan Menarik Di Saat Wawancara Kerja, Tak Perlu Hilangkan Ciri Khas Dirimu!

Berpenampilan Menarik Di Saat Wawancara Kerja, Tak Perlu Hilangkan Ciri Khas Dirimu!

Di Indonesia, kita seringkali menemukan syarat “Berpenampilan Menarik” di banyak lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh beberapa perusahaan negeri atau swasta. Syarat “Berpenampilan Menarik” ini tidak hanya tampak samar, namun juga menimbulkan personal bias dan prasangka terhadap kecantikan seseorang yang menimbulkan stereotip standar perempuan cantik pada umumnya, yang cenderung identik dengan rambut hitam lurus panjang, kerapian, wajah yang cantik, bahkan tubuh yang proporsional.

Dalam melakukan wawancara kerja, rambut juga berperan penting dalam mendukung penampilan, selain tubuh dan wajah yang ideal. Contohnya pelamar yang dicari oleh perusahaan negeri atau swasta, diberikan syarat untuk “Berpenampilan Menarik”. Makanya jika mereka tampil dengan rambut lurus hitam panjang dan pakaian formal rapi, akan menjadi nilai plus dibandingkan jika mereka tampil dengan gaya rambut berbeda seperti pendek, berwarna, dan keriting.

Namun, apakah benar rambut hitam lurus dan panjang akan menjadi poin plus suatu perusahaan dalam pencarian calon pekerja dibandingkan dengan perempuan dengan gaya rambut berbeda? Hal ini menyebabkan bias apakah calon pekerja tersebut dipekerjakan hanya dilihat dari gaya rambut dan fisik, bukannya dari potensi atau kemampuannya?  

Terkait syarat “Berpenampilan Menarik” tersebut, salah satu brand perawatan rambut yang ternama di Indonesia yaitu Pantene telah melakukan inisiatif yang diluncurkan pada musim kelulusan, dengan membuat video berjudul “The Toughest Job Interview” (“Interview Kerja Yang Terberat”).

Video yang berfokus pada rambut ini dibuat untuk membuktikan bahwa masih banyak kandidat yang menerima kritik dan komentar mengenai rambut mereka, khususnya ketika tampil dalam wawancara kerja dengan gaya rambutnya berbeda dari standar penampilan menarik yaitu rambut panjang, lurus, dan hitam.

Lebih dari setengah juta perempuan mencari kerja setiap tahunnya, namun satu persyaratan masih membatasi mereka yaitu syarat #BerpenampilanMenarik. Dengan melihat video tersebut kita masih menyadari bahwa di era yang sudah modern ini, kita masih menemukan banyak sekali pelamar kerja dengan rambut berbeda merasa minder dan kurang percaya diri.

Ini menjadi stigma yang sudah menempel di masyarakat tentang “Berpenampilan Menarik”, salah satunya adalah hanya karena tidak memiliki rambut panjang dan hitam, akibatnya penilaian terhadap para calon pekerja ini terlihat kurang adil tentang dirinya. Padahal pada kenyataannya semua orang memiliki potensi yang sama dengan calon pekerja lainnya.

“Kami memahami bahwa setiap perempuan memiliki ciri khas dalam “berpenampilan menarik” menurut versinya, terutama dalam hal gaya rambut. Kami percaya bahwa untuk mencari calon pegawai suatu perusahaan tidak dilihat secara fisik atau penilaian seseorang dari gaya rambutnya saja. Ada yang lebih dari standar tersebut, yaitu kemampuan dan potensinya untuk menjadi bekerja di perusahaan yang diinginkan. Peran kami di sini adalah untuk mencoba merubah standar “Berpenampilan Menarik” di dalam persyaratan pekerjaan, yaitu dengan menyuarakan kampanye #RambutTanpaBatas untuk para perempuan muda Indonesia yang berani tampil beda dengan gaya rambut sesuai karakternya, percaya diri, dan mampu menunjukkan potensinya tanpa batas. Pantene Indonesia ingin merayakan perbedaan terhadap rambut dan kecantikan dan syarat “Berpenampilan Menarik” dalam wawancara pekerjaan seharusnya tidak membuat mereka untuk mundur dari potensi mereka yang sesungguhnya,” kata Aldrich Gopal, P&G Indonesia Country Marketing Head.

Melalui kampanye ini, Pantene berharap seluruh perempuan milenial Indonesia lebih percaya diri menunjukkan ciri khas gaya rambut sesuai karakternya, lebih membuka mindset bahwa diri mereka spesial, dan berani merubah stigma #BerpenampilanMenarik tidak hanya rambut lurus hitam panjang.

Diharapkan mereka mampu menyuarakan #RambutTanpaBatas karena perempuan Indonesia memiliki beraneka ragam gaya rambut, baik itu panjang, rambut pendek, keriting, ataupun berwarna. Apa pun gaya rambutnya, so pasti perempuan Indonesia itu tetap cantik dan spesial, kan?!

Bukan hanya itu. Pantene juga berharap, melalui kampanye ini, para perusahaan negeri dan swasta di Indonesia dapat lebih terbuka untuk mencari pelamar perempuan yang lebih kompeten dan kredibel, meskipun mereka tampil dengan gaya rambut berbeda yang sesuai karakternya. Karena #BerpenampilanMenarik itu tak kenal batas. SETUJU!!!

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Kenali Kandungan Acid Dan Manfaatnya Dalam Perawatan Kulitmu

Ketahui perbedaan kandungan acid dalam perawatan kulit, sebagai solusi masalah kulitmu.

Makeup 💄 Dan Skincare 💆 Kesayangannya ❤️ Sandra Dewi Dan Prilly Latuconsina, Kini Hadir Di Sociolla!

Kini semakin mudah untuk jadi cantik kayak Kak Sandra dan Prilly ✨✨! Cieee!

3 Fakta Tentang Manfaat Air Untuk Kecantikan

Begini rasanya minum air 💦 gaya kekinian!

Niacinamide, Si Teman Baik Kulitmu Dan Perawatan Kulitmu

Let's get to know niacinamide, your skin bestie!

Bakuchiol, Alternatif Natural Dari Retinol Untuk Kulit Sensitif

Formula produk perawatan kulit mulai memasukkan alternatif retinol yang tidak terlalu mengiritasi dan alami. Klik untuk mengetahui alasannya.

Keripik Jamur 🍄 Sehat Dan Hand Sanitizer 🧴, Hadiah 🎁 Indah Lemonilo Untuk Anak Indonesia!

Sesederhana sadar akan memilih camilan yang aman bagi anak dan bebas bahan berpotensi bahaya bagi tubuh seperti keripik jamur 🍄 sehat ternyata bisa membantu menciptakan generasi hebat di masa mendatang loh!

Nonton 📺 Ini Biar Enggak Bingung Lagi Nyari Samponya Joe Taslim 🌟!

Heden Solder? Het en Soliter? Heten Solder? Heden Soljier? Head & Solder? Hot & Sadel? Hate & Solider? Hed & Soljer? Het en Solider? Hed and Soldress?

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!