Home Editor's Picks Double Toning: Perlunya Dua Toner Sekaligus Dalam Skincare Routine

Double Toning: Perlunya Dua Toner Sekaligus Dalam Skincare Routine

Toning diambil dari kata toner yang berfungsi sebagai penyegar setelah mencuci wajah. Double cleansing dan double toning sebenarnya memiliki konsep yang sama, yaitu menggunakan dua jenis produk yang memiliki fungsi berbeda.

Baca Juga: Manfaat Toner Dalam Rutinitas Perawatan Kulit Wajah

Mengapa hal ini penting dan harus dimulai sejak usia 20 tahun? Karena proses aging sudah dimulai sejak usia ini, produksi kolagen juga mulai berkurang dan turn over cell juga sudah mulai melambat. Sehingga butuh double toning untuk mengeksfoliasi dan menghidrasi, agar kulit lebih siap dan mudah menyerap zat aktif dari produk skincare yang diaplikasikan.

Double toning terdiri dari dua tahapan. Tahapan pertama adalah exfoliating dengan menggunakan toner yang mengandung acid dan tahapan kedua adalah hydrating dengan menggunakan toner yang menghidrasi. Berikut perbedaan antara kedua jenis toner dan juga panduan mengenai cara melakukan double toning dengan benar.

Exfoliating Toner

Exfoliating toner mengandung exfoliating agent (acid) seperti AHA (asam laktat, asam sitrat, asam mandelat, asam glikolat), BHA (Asam Salisilat dan Betaine Salisilat), PHA (Glukonolakton dan Asam Laktobionat). Toner ini berfungsi mengangkat sel kulit mati agar kulit tetap bersih, cerah, dan bebas dari bekas jerawat.

Kulit yang bersih akan mampu menyerap perawatan kulit dengan lebih baik dan maksimal yang pada akhirnya akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Toner eksfoliasi diaplikasikan menggunakan kapas, namun ada juga yang berbentuk kapas yang sudah diinfuskan cairan asam yang sudah siap pakai.

Yang perlu kita perhatikan adalah toner ini terkadang tidak bisa digunakan setiap hari pada tipe kulit atau pada saat kondisi kulit tertentu. Untuk kulit kering sebaiknya digunakan 1-2 kali seminggu dan untuk kulit berminyak boleh menggunakannya 3-4 kali seminggu. Bagi pemilik kulit sensitif, harus disesuaikan lagi sesuai kebutuhan kulit.

Ini dia rekomendasi exfoliating toner dari BeautyBeat yang tidak hanya mampu mengeksfoliasi sel kulit mati, tetapi juga aman dipakai setiap hari.

COSRX Refresh ABC Daily Toner (AHA BHA Vitamin C) merupakan toner yang dapat dipakai setiap hari sebagai penyelamat bagi para pemilik kulit kusam! Toner revitalisasi ini sudah dipatenkan dengan kandungan AHA, BHA, dan vitamin C yang mampu mengeksfoliasi dengan lembut, agar kulit halus dan bercahaya.

Kita juga punya local buddies dari AVOSKIN Miraculous Refining Toner, yang merupakan exfoliating toner yang dikombinasikan dari AHA-BHA-PHA + Niacinamide + 2% Tea Tree + Witch Hazel dan Aloe Vera yang bekerja secara efektif sebagai exfoliator kulit dan mencerahkan kulit. Gunakan toner ini dua kali dalam sehari dengan kapas, untuk kulit wajah yang halus dan cerah setelahnya.

Hydrating Toner

Hydrating toner mengandung bahan-bahan seperti gliserin, asam hialuronat, kamomil, lidah buaya. Selain itu, hydrating toner juga memiliki nama lain seperti calming toner, soothing toner, dan moisturizing toner.

Fungsi utama toner ini adalah dapat mengembalikan kelembapan kulit setelah kita melakukan eksfoliasi dan mencegah kulit kering, pecah-pecah, dan dehidrasi. Tidak hanya itu toner ini juga akan mempersiapkan kulit kita untuk menerima perawatan kulit lainnya setelahnya seperti serum, moisturizer, face oil, hingga sleeping mask.

Nah, produk satu ini direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat, karena bahan antiinflamasinya yang menenangkan. Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner merupakan toner yang diformulasikan dengan ekstrak herbal pilihan untuk membersihkan secara lembut dan menyamankan tanpa menggunakan alkohol atau bahan sejenis. Kandungan allantoin dan ekstrak bunga calendula dapat menenangkan kulit yang meradang karena jerawat. Di sisi lain, kandungan great burdock root dapat melembapkan wajah. Meski melembapkan, cairan toner yang mengandung great burdock root ini akan membantu mengontrol produksi minyak.

Kalau ini adalah hydrating toner dari Bloomka yang juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Ini merupakan toner bebas alkohol dengan petal bunga calendula asli yang mengandung calendula flower extract dan vitamin B3 (niacinamide) yang merupakan perpaduan bagus yang dapat digunakan di semua jenis kulit. Manfaat soothing dan calming bisa didapatkan dari kandungan bunga calendula, sedangkan manfaat brightening bisa didapatkan dari kandungan niacinamide. Hydrating toner ini bisa digunakan untuk AM skincare routine maupun PM skincare routine untuk menjaga kelembapan sekaligus mencerahkan kulit wajah.


Manfaat penting dari rutinitas double toning adalah mencerahkan kulit, jerawat yang cepat mereda, dan bekas jerawat baru juga akan lebih cepat hilang. Tak hanya itu, double toning bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini, karena teknik ini membuat kandungan aktif skincare terpenetrasi lebih cepat dan kulit terhidrasi lebih baik.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Peptide Dan Probiotic: 2 Actives Yang Mampu Lawan Penuaan

2 anti-aging actives yaitu peptide dan probiotic, ternyata bisa ditemukan di dalam satu produk. Check this article out for details!

Kolaborasi Spesial Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 Guna Meningkatkan Kesadaran Akan Kanker Payudara 🎀

Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 yang superUwU (✿◕‿◕).

Wardah Scholarship Program Berikan Beasiswa Kepada 100 Mahasiswi Untuk 30 Perguruan Tinggi Di Indonesia🎓!

Daftar Wardah Scholarship Program sekarang dan raih beasiswa sampai lulus 🎓!

2 Perawatan Kulit Praktis Setelah Beraktivitas Di Luar Rumah

Pas banget buat tim #mager kayak kami!

Hydra Rose Series Dari Wardah: Jaga Kelembapan Kulit Selama 72 Jam

Dengan keunggulan utama dari 72 Hours Hydrating Active dan Avalanche Rose Oil pada Wardah Hydra Rose Series, kulit terhidrasi sempurna hingga 72 jam.

Penyuka Pedas, Siap Untuk Lip Gloss 💄 Rasa Sambal 🌶️ Ini?

Tak ada sambal 🌶️, lip gloss 💄 pun jadi!. Ehhh 😕😕😕???

Es Krim Sehat 🍦 Ini Punya Cara Unik Untuk Berkontribusi Dalam Penanggulangan Penyebaran Covid-19 😷!

Enak 🍦, sehat 💪, dan berbagi kebaikan 💕 pula untuk banyak orang!

🐌 Lendir Si Siput 🐌 Untuk Perawatan Area 👁️ Mata 👁️ Kamu!

🐌 Lendir si siput 🐌 untuk perawatan area 👁️ mata 👁️ kamu!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!