Home Editor's Picks Microbiome Skincare Untuk Kulit Yang Sehat Dan Seimbang

Microbiome Skincare Untuk Kulit Yang Sehat Dan Seimbang

Mikrobioma kita terdiri dari jutaan mikroorganisme yang hidup di permukaan kulit yang pada dasarnya menentukan apakah kita pernah terkena jerawat, tanda-tanda awal penuaan, atau eksem. Mikrobioma ini menjaga mikroorganisme kulit berada dalam keseimbangan. Apabila mikrobioma ini tidak seimbang atau jika dijajah oleh bakteri jahat, saat itulah masalah kulit bisa muncul. Tidak ada orang yang memiliki mikrobioma yang sama dengan orang lain. Sehingga untuk mempertahankannya dalam kondisi seimbang dan tidak membuatnya bekerja lebih keras di saat mikrobioma kulit sedang dalam kondisi tidak sehat, dibutuhkan microbiome skincare yang dapat mengembalikan keseimbangannya.

Baca Juga: Mikrobioma Kulit 101: Cara Memelihara Bakteri Baik Untuk Kulit Yang Sehat

Apa Itu Prebiotik, Probiotik, Dan Postbiotic?

Saat pertama kali mendengar tentang probiotik, kita teringat sebuah iklan produk yang mengatakan ada bakteri baik untuk melawan yang jahat. Tetapi sekarang kita tidak hanya membicarakan probiotik, tetapi juga prebiotik dan postbiotic. Mari kita identifikasi perbedaan utamanya.

  1. Prebiotik: Suplemen atau makanan yang mengandung bahan yang tidak dapat dicerna yang secara selektif merangsang pertumbuhan dan / atau aktivitas bakteri asli.
  2. Probiotik: Suplemen atau makanan yang mengandung mikroorganisme aktif yang mengubah mikroflora dari inangnya, yaitu tubuh kita.
  3. Postbiotic: Produk bakteri yang tidak dapat hidup atau produk sampingan dari mikroorganisme probiotik yang memiliki aktivitas biologis dalam inang.

Baca Juga: Peptide Dan Probiotic: 2 Actives Yang Mampu Lawan Penuaan

Sekarang setelah kita tahu bahwa prebiotik itu seperti pupuk untuk pertumbuhan mikroorganisme, probiotik adalah mikroorganisme itu sendiri, dan postbiotic adalah produk sampingan kimiawi dari mikroorganisme dan bakteri, mari kita bahas bagaimana kegunaannya dalam perawatan kulit.

Semakin banyak strain bakteri yang kita miliki, maka kulit semakin sehat.

Menambahkan bakteri ke kulit dan menggunakan produk lembut untuk membantu menjaga keseimbangannya tampaknya penting untuk kesehatan kulit yang baik. Perawatan kulit probiotik biasanya menggunakan elemen probiotik yang sebenarnya untuk efek terapeutik. Inilah yang membedakannya dengan skincare yang ramah dengan microbiome, yang lebih merupakan karakteristik lembut atau sensitif yang tidak akan mengganggu mikroflora.

Apa yang Dilakukan Pada Skincare Routine Berbasis Microbiome?

1. Pilih Produk Yang Lembut Dengan Kandungan Yang Bersih Dan Sederhana

Lebih memperhatikan mikrobioma kulit akan meningkatkan kesehatan kulit. Faktanya, kita mungkin menyadari bahwa beberapa masalah kulit sebenarnya disebabkan oleh produk yang kamu gunakan. Ketika skin barrier terganggu, fokuslah pada bahan-bahan bergizi termasuk aloe, minyak jojoba, shea butter, dan minyak squalane.

2. Jangan Menggunakan Bahan Yang Keras (Sintetis Atau Alami) Dan Tidak Melakukan Perawatan Berlebihan Pada Kulit

Saat membersihkan, hindari surfaktan keras yang menghilangkan minyak alami kulit dan mengubah sifat protein. Sebagai contoh, sabun batangan alami memiliki pH tinggi yang akan mengganggu pH rendah alami kulit dan mendukung pertumbuhan bakteri patogen. Berhati-hatilah dengan bahan yang mengiritasi (sintetis atau alami), seperti pengawet, minyak esensial, dan bahan kimia lainnya, dalam produk yang kamu aplikasikan setelahnya.

3. Sederhanakan Regimen Kamu, Lebih Sedikit Lebih Baik

Ritual perawatan kulit 10 langkah mengekspos kulit ke ratusan bahan kimia yang membuat banyak tekanan pada kulit dan mikrobioma, menyebabkan ketidakseimbangan, kepekaan, dan masalah kulit yang rumit.

4. Berikan Kulitmu Rutinitas Malam Yang Bersih Dari Bahan Aktif Yang Berpotensi Iritasi

Beberapa bahan perawatan kulit yang memiliki bahan aktif yang sangat potent memang memiliki banyak bukti untuk mendukung kita mencapai skincare goal yang lebih cepat. Tetapi hal ini juga dapat menyebabkan iritasi dan dapat melemahkan pelindung kulit jika digunakan secara tidak benar. Oleh karena itu selingi rutinitas perawatan kulit malam dengan rutinitas yang hanya fokus pada bahan-bahan yang menutrisi, melembapkan, dan ramah bioma yang bergizi tanpa menggunakan bahan aktif yang keras.

5. Lewatkan Tahapan Physical Exfoliating Yang Agresif

Jika kulitmu sensitif dan kering, singkirkan scrub wajah dan cleansing tool dengan sikat. Karena alat dan produk pengelupasan manual memiliki dampak buruk untuk kulit sensitif. Ini dapat menghancurkan skin barrier kulit yang sehat namun rentan.

6. Tidak Menggunakan Alkohol Pada Skincare Regime

Alkohol yang mengeringkan dapat merusak mikrobioma, sebagai skin barrier. Alkohol yang dapat memberikan efek kering sering tercantum pada label sebagai alkohol SD atau alkohol yang diubah sifatnya, etil alkohol, atau alkohol isopropil. Di sisi lain, alkohol yang menghidrasi atau alkohol berlemak, seperti setil, stearil, dan setearil alkohol, baik untuk kulit. Alkohol jenis ini bersifat emolien, artinya mereka menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal.

7. Gabungkan Pre/Pro/Postbiotic Skincare Yang Mendukung Microbiome Yang Sehat

Bahan-bahan ini dapat membantu pemeliharaan dan keseimbangan mikrobioma untuk membantu kulit pulih lebih cepat. Penggunaan bahan turunan fermentasi, seperti lisat dan filtrat bakteri, yang mengandung metabolit sekunder akan menyehatkan kulit dan mikrobioma. Lebih baik lagi, cari merek skincare bersertifikasi ramah microbiome.

Rekomendasi Microbiome Skincare Yang Mampu Menyeimbangkan Mikrobioma Kulit

Simak beberapa rekomendasi microbiome skincare yang membuat mikrobioma kulit lebih sehat berikut ini.

First Cleanser (Oil Based Cleanser)

Derma E Micellar Cleansing Water With Vitamin C

Cleansing water ini akan melarutkan riasan dan kotoran setelah seharian beraktivitas dengan teknologi micellar-nya. Dengan kandungan vitamin C yang akan memperbaiki tampilan tekstur kulit dan meningkatkan kesehatan kolagen. Selain itu produk ini diperkaya dengan probiotik antipenuaan dan Rooibos yang kaya antioksidan membantu kulit tampak lebih cerah dan segar.

Baca Juga: Oil Based Cleanser Untuk Tampilan Kulit Yang Flawless

Aurelia Probiotic Skincare Miracle Cleanser

Pembersih wajah ini mengandung bahan alami yang terbukti aman untuk semua jenis kulit. Memiliki tekstur yang ringan sehingga akan meresap langsung ke dalam kulit dan mengangkat semua kotoran serta sisa makeup. Ini juga mengandung probiotik dan teknologi peptida dengan tanaman BioOrganic dan esens alami dari bunga, sehingga berfungsi untuk menghidrasi dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

Second Cleanser (Water Based Cleanser)

LaFlore® Probiotic Cleanser

Pembersih enzimatik yang lembut yang melembutkan, mencerahkan, dan menyeimbangkan semua jenis kulit. LaFlore® Probiotic Cleanser membersihkan riasan dan polutan. Kandungan Bifida Ferment Lysate mampu memulihkan mikrobioma kulit dalam semalam.

Baca Juga: Varian Water Based Cleanser Yang Sesuai Untuk Jenis Kulitmu

Glowbiotics Probiotic Revitalizing Cleanser

Pembersih probiotik yang lembut ini dirancang untuk semua jenis kulit guna menghilangkan kotoran seperti kotoran, riasan, dan minyak berlebih sekaligus mempertahankan pelindung alami kulit. Ini adalah pembersih yang sempurna untuk kulit sensitif. Dengan campuran prebiotik dan probiotik yang menghidrasi dan meningkatkan keseimbangan bakteri baik pada kulit untuk meningkatkan keharmonisan kulit yang lebih sehat dan memulihkan fungsi kulit yang alami.

Baca Juga: Semua Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Double Cleansing

Wash Off Mask

Tata Harper Purifying Mask
https://www.tataharperskincare.com/purifying-mask

Purifying Face Mask ini mengandung ekstrak Lactobacillus dan buah yang difermentasi untuk membantu merawat kulit yang meradang, tersumbat, dan berjerawat. Ini adalah masker perawatan detoksifikasi yang membersihkan kotoran untuk membantu melawan efek penuaan yang terlihat akibat polutan dan radikal. Diperkaya dengan 19 kandungan untuk detoks, empat kandungan untuk melarutkan penumpukan sel kulit mati, dan empat kandungan untuk menghaluskan pori-pori.

Éminence Organic Skin Care Clear Skin Probiotic Masque

Formulanya diperkaya dengan tea tree oil dan clay, yang baik untuk kulit berjerawat karena membantu melawan kulit berminyak dan pori-pori tersumbat. Diperkaya dengan kandungan utama lainnya, seperti shea butter, mentimun, dan marigold, yang melembapkan dan menutrisi kulit. Formula ini juga mengandung asam laktat yang berasal dari yoghurt, yang berfungsi mengeksfoliasi dan melembapkan kulit, probiotik topikal meningkatkan penyerapan kelembapan kulit dan menangkal tanda-tanda penuaan, dan lactic acid yang membantu mengurangi intensitas kerutan, sekaligus mengencangkan pori-pori dan memperbaiki kulit kering dan kusam dengan kemampuan eksfoliasinya. Masker ini juga membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Exfoliating Toner

Tula Skincare Get Toned Pro-Glycolic 10% Resurfacing Toner

Ini merupakan exfoliating toner bebas alkohol, dengan kandungan probiotik yang akan memulihkan dan merevitalisasi kondisi kulit kusam, pori-pori tersumbat, dan kerutan. Dengan menggabungkan glycolic yang dapat merangsang produksi kolagen, kunyit yang melawan peradangan, hyaluronic acid yang menghidrasi, dan blueberry yang kaya antioksidan, toner ini akan membuat kulit lebih cerah, kencang, dan tampak lebih halus tanpa membuatnya iritasi.

FIRST LAB Probiotic Ultra Facial Toner

Toner ini mampu memberikan efek menenangkan, mengurangi kemerahan, dan melembapkan kulit. Probiotik yang ada di dalam toner ini dapat memengaruhi keseimbangan dan komposisi mikroflora kulit. Melalui proses fermentasi alami, bakteri probiotik menghasilkan senyawa asam seperti asam laktat yang menurunkan pH kulit, menjadikan toner ini ampuh mencegah pertumbuhan bakteri yang berbahaya dan menghaluskan kulit karena kemampuan eksfoliasinya.

Baca Juga: Seberapa Sering Seharusnya Kita Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah?

Skin Booster

Elizabeth Arden SUPERSTART Skin Renewal Booster

Gunakan skin booster ini sebelum skin-caring atau ketika kulit terasa kering, dehidrasi, atau terlalu sensitif 🌸. Probiotic complex-nya mengembalikan keseimbangan kulit. Juga baik digunakan setelah terapi laser dan untuk kulit berjerawat. Karena ini merupakan microbiome skincare andalan BeautyBeat, tim BeautyBeat sudah mencobanya dan we ❤️ it! Simak review-nya di video di bawah ini ⬇️⬇️⬇️:

ALLIES of SKIN Prebiotics & Niacinamide Pore Refining Booster

Merupakan daily skin booster dengan kekuatan 10% niacinamide, prebiotic, probiotic, dan 12 kandungan untuk menghaluskan tampilan pori-pori dan mencerahkan kulit kusam, untuk kulit yang lebih sehat, bercahaya, dan lebih kenyal.

Hydrating Toner

ESTÉE LAUDER Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion

Essence-in-lotion ini mengaktifkan dan memperkuat fondasi kulit sehingga kulit tampak lebih muda dan bercahaya. Formulanya mampu menembus lebih dalam dan cepat ke permukaan kulit untuk memperbarui dan menyeimbangkan kembali. Diperkaya dengan Bifida Ferment Lysate dan Lactobacillus Ferment untuk menyeimbangkan mikrobioma kulit dan mengurangi sensitivitas kulit.

Missha Time Revolution The First Treatment Essence Rx

Ini mengandung bahan-bahan yang difermentasi termasuk probiotik, Bifida ferment lysate klinis untuk membantu menurunkan sensitivitas kulit dan meningkatkan ketahanan kulit terhadap serangan lingkungan, meningkatkan fungsi skin barrier, dan melembapkan kulit. Esens ini juga mengandung ceramides untuk melembapkan kulit dan niacinamide untuk menenangkan dan mencerahkan kulit.

Baca Juga: Double Toning: Perlunya Dua Toner Sekaligus Dalam Skincare Routine

Sheet Mask

SK-II Facial Treatment Mask

Seperti rangkaian lainnya, masker ini juga diperkaya dengan kandungan Pitera™, sebuah hasil fermentasi ragi yang kaya akan multivitamin, mineral, asam amino, dan protein. Facial Treatment Mask sendiri berfungsi untuk mencerahkan, melembapkan, dan menutrisi kulit wajah. Bahan lembaran sheet mask-nya pun nyaman, cocok untuk sesi memanjakan diri di rumah.

Elizabeth Arden SUPERSTART Probiotic Boost Skin Renewal Biocellulose Mask

Elizabeth Arden menggunakan proses canggih yang disebut tyndallization untuk mengembangkan postbiotic-nya. Selama tyndallization, sel bakteri dipanaskan sampai suhu yang sangat tinggi di bawah tekanan tinggi yang membunuh patogen yang mungkin mengontaminasi, untuk memperpanjang umur simpannya. Kandungan Lactobacillus casei dapat meredakan peradangan hingga menangkis infeksi dan Lactobacillus acidophilus tyndallized dapat mencegah pembentukan kerutan akibat sinar matahari dengan mematikan enzim yang dapat mengurangi kolagen. Masker ini menjaga kulit tetap terhidrasi dan bercahaya, sementara memberikan kontribusi pada keragaman mikrob pada kulit wajah.

Serum

Neogen Dermalogy Probiotics Double Action Serum

Ini merupakan dual serum yang terdiri dari dua jenis serum, yaitu Probiotic Serum dan Pro Barrier Action Serum, yang dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan. Di dalamnya terdapat tiga jenis probiotik (Bifida ferment lysate, Lactobacillus, dan Streptococcus thermophilus ferment), bersama dengan hyaluronic acid yang menghidrasi dan ceramide untuk melindungi pelindung kulit. Serum ini juga diformulasikan dengan lactic acid yang dapat mengeksfoliasi dan mencerahkan. Kedua serum memiliki pH lembut 5,5 hingga 6,5, yang mendekati pH alami kulit.

Blithe Crystal Iceplant Pressed Serum 

Kandungan iceplant yang mampu bertahan hidup di padang pasir dan menyimpan berbagai mineral, nutrisi, dan air dengan kandungan kaya akan zinc untuk kolagen dan beta carotene, sangat baik untuk antioksidan bagi kulit. Serum ini juga diperkaya dengan Saccharomyces/Viscum Album Ferment Extract, Lactobacillus/Soybean Ferment Extract, dan Saccharomyces/Imperata Cylindrica Root Ferment Extract, yang dapat menjaga keseimbangan mikrobioma kulit. Serum ini juga dapat menenangkan kulit terbakar akibat sinar UV dan membuat kulit terasa segar dan lembap tanpa terasa lengket.

Moisturizer

innisfree Derma Green Tea Probiotics Cream
https://www.innisfree.com/id/id/product/productView.do?prdSeq=35272

Produk dari innisfree ini juga mengandung probiotik yang berasal dari fermentasi green tea yang akan memperkuat skin barrier yang telah rusak akibat serangan lingkungan, seperti polusi yang menyebabkan gangguan dan iritasi kulit. Ceramide dari green tea oil yang kaya akan asam lemak tak jenuh, akan menutrisi kulit secara menyeluruh dan memberikan lapisan perlindungan yang kuat. Krim ini dbuat dengan struktur yang mirip dengan lapisan lipid kulit dan mengandung 3% ceramide, yang menjaga kulit tetap lembap selama 48 jam.

Baca Juga: Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

Joylab Skin’o’tic Moisture Gel

Pelembap wajah dari Joylab dengan tekstur gel-krim ini menggabungkan bentuk Lactobacillus Ferment Lysate dengan bahan bermanfaat lainnya seperti ekstrak buah bergamot yang akan membantu merevitalisasi dan mencegah kulit dari tanda penuaan dini. Kombinasi Sodium Hyaluronate dan Hydrolyzed Hyaluronic Acid akan memberikan kelembapan ekstra dan menyamarkan kerutan halus. Mempromosikan kulit yang halus, lembut, dan sempurna.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

CHOOSY Hydrogel Lip Mask Untuk Bibir Lembap Dan Pink Merona

CHOOSY Hydrogel Lip Mask hadir untuk melembapkan, menghidrasi, menutrisi, membantu melembapkan garis halus, serta mencerahkan rona bibir!!

5 Tips Makeup Flawless Dan Kulit Sehat Terawat Di Balik Masker 😷!

Mau tetap tampil cantik di balik masker 😷 dan kesehatan kulitmu tetap terjaga? Ikuti 5 tips ini!

Hari Es Krim Sedunia, Es Krim Sehat Aice Berkomitmen Bantu UMKM Dan Edukasi Masker Ke Masyarakat

Bertepatan dengan Hari Es Krim Sedunia, Aice menyatakan dukungannya atas langkah pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan UMKM.

Korean Makeup Look, Untuk Tampilan Yang Menggemaskan Dan Tampak Lebih Muda

Dari puppy dog eyes hingga fruit juice makeup, ikuti terus sebelas trik Korean makeup look yang kamu dambakan dalam artikel ini!

Ciptakan Look Ala Liburan Ke Pantai 🏖️🌴👙🍹 Di Musim Panas, Meski #DiRumahAja

🏖️🌴👙🍹 Siap-siap "orgasme" di pantai! Nah loh?! 🤭

Trio Skin Booster Untuk Kulit Sehatmu Selama #DiRumahAja

Bukan Trio Kwek Kwek 🦆🦆🦆, melainkan trio skin booster dari Votre Peau yang bantu jaga kesehatan kulitmu selama #DiRumahAja!

#GoForGold, Gapai Momen Emasmu Bersama Dengan P&G Dan Lazada

P&G dan Lazada berkolaborasi melalui kampanye #GoForGold berupaya untuk mendorongmu agar terus bersemangat meraih mimpi dan masa keemasan.

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!