Home Editor's Picks Mugwort, Dapatkah Menggantikan Centella Asiatica?

Mugwort, Dapatkah Menggantikan Centella Asiatica?

Mugwort adalah bahan pokok untuk banyak produk kecantikan Korea. Kandungan ini digunakan dalam produk perawatan kulit Korea yang dirancang untuk menenangkan kulit sensitif, merawat kulit kering, dan jerawat. Ramuan ini, telah digunakan selama berabad-abad di Korea sebagai ramuan penyembuhan. Kandungan ini berfungsi sebagai antibacterial dan antifungal, yang menjadikannya pelindung bagi kulit yang sangat baik.

Mugwort juga baik digunakan untuk beberapa jenis kulit dan mengatasi beberapa masalah kulit, seperti eksem, psoriasis, dan kulit yang menua, dan bahkan berpotensi untuk mengobati jerawat. Memasukkan mugwort dalam rutinitas memungkinkan kita mendapatkan banyak manfaat perawatan kulit.

Keep scrolling to learn about the history and skincare benefits of mugwort and how to use it in your skincare routine.

Mugwort Dalam Sejarah Korea

Korean Rice Cake
Korean Rice Cake

Mugwort adalah ramuan abadi yang telah ada selama berabad-abad. Ia memiliki berbagai spesies dalam genus Artemisia. Di Korea, ini disebut sook (쑥) dan biasa terlihat dalam resep kuliner seperti sup, kue beras, teh, dan lainnya. Selama ini, diyakini bahwa tanaman tersebut memiliki khasiat penyembuhan dan telah digunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad di beberapa bagian dunia.

Khususnya di negara-negara Asia, ini biasa digunakan untuk membantu meredakan kram menstruasi atau menstruasi yang teratur. Ini juga digunakan dalam akupunktur Asia dalam proses yang disebut moksibusi. Proses ini dipercaya akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area panggul untuk membantu mengatasi nyeri haid.

Meskipun memiliki sejarah panjang sebagai ramuan obat, penggunaannya dalam perawatan kulit relatif baru, sehingga penelitian dan studi mendalam masih berlangsung. Tapi belakangan kandungan ini menjadi sangat populer dalam perawatan kulit, terutama K-beauty.

Varian Spesies Dari Mugwort

Setidaknya ada 500 spesies mugwort yang berbeda tumbuh di seluruh Asia, Eropa Utara, dan Amerika Utara, dan inilah beberapa varian yang saat ini digunakan dalam produk perawatan kulit.

  • Artemisia abrotanum – yang juga dikenal sebagai southernwood, tumbuhan asli yang berasal dari Eurasia dan Afrika. Spesies ini tidak digunakan sesering spesies lain dalam hal produk perawatan kulit.
  • Artemisia absinthium – yang juga dikenal sebagai absinthe wormwood karena digunakan sebagai bahan dalam minuman beralkohol absinthe. Ini merupakan tanaman asli pada daerah beriklim sedang di Eurasia dan Afrika Utara. Beberapa merek yang menggunakan jenis mugwort ini antara lain Dr. Jart, Mizon, dan Etude House.
  • Artemisia annua – yang juga dikenal sebagai sweet wormwood atau annual mugwort. Ini merupakan tanaman asli yang sering ditemukan di Asia beriklim sedang, namun telah dinaturalisasi di banyak negara lain di dunia, termasuk Amerika Utara. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, ini digunakan untuk mengobati demam. MISSHA menggunakan spesies mugwort ini dalam koleksi produk Artemisia mereka.
  • Artemisia argyi – yang juga disebut Chinese mugwort atau silvery mugwort. Ini biasanya digunakan dalam pengobatan dan masakan tradisional Cina. Tumbuhan ini berasal dari Cina, Korea, Jepang, Mongolia, dan Timur Jauh Rusia. Ini tidak digunakan sesering spesies lain dalam formulasi perawatan kulit.
  • Artemisia capillaris – yang juga disebut capillary wormwood. Ini berasal dari wilayah Asia Utara dan telah banyak digunakan sebagai ramuan obat alternatif sejak zaman kuno untuk memperbaiki kondisi seperti nyeri, keracunan pada hati, pembengkakan, dan penyakit kuning. Ini adalah salah satu spesies mugwort yang paling umum digunakan dalam produk perawatan kulit Korea dan Jepang. Isntree dan Vely Vely sama-sama menggunakan spesies ini dalam lini produk mugwort mereka.
  • Artemisia princeps – yang juga dikenal sebagai mugwort Korea atau wormwood (ssuk 쑥 dalam bahasa Korea) dan mugwort Jepang (yomogi 蓬 dalam bahasa Jepang). Ini berasal dari Cina, Korea, dan Jepang dan biasanya digunakan sebagai ramuan kuliner dan pengobatan tradisional. Merek Hanyul, Isntree, TONYMOLY, dan I’m From menggunakan spesies ini dalam lini produk Artemisia mereka.

Manfaaat Mugwort Dalam Perawatan Kulit

Mugwort Benefits

Mugwort atau artemisia, adalah ramuan kuat yang khasiat penyembuhannya sangat cocok untuk jenis kulit sensitif, rawan jerawat, dan kering. Bahan ini penuh dengan vitamin E dan antioksidan lain yang melindungi, menutrisi, dan melembapkan kulit. Antioksidan ini juga sangat baik untuk kulit yang menua. Ini dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Tanaman ini secara keseluruhan memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kulit!

1. Melawan Peradangan

Mugwort memiliki sifat antiinflamasi yang hebat yang dapat melawan kulit yang teriritasi dan meradang dengan menargetkan pada jaringan yang bermasalah. Produk perawatan kulit dengan kandungan ini, sangat bagus untuk menenangkan kulit yang teriritasi.

2. Antiiritasi

Selain menenangkan kulit yang sensitif, mugwort juga bagus untuk menenangkan kulit yang teriritasi akibat gigitan serangga, reaksi alergi, atau bahkan yang terkena ruam panas.

3. Antibakteri

Mugwort dipercaya memiliki sifat antibakteri yang mencegah penyebaran bakteri seperti E. coli, Staphococcus aureus, dan banyak lagi. Kandungan ini memiliki banyak kesamaan dengan bahan antibakteri hebat lainnya, sepert tea tree oil. Ini membunuh bakteri dan melawan jerawat dengan cara yang sangat efektif namun lembut. Ditambah lagi, aromanya jauh lebih nyaman dibandingkan dengan tea tree oil.

4. Antioksidan

Antioksidan merupakan bahan yang sangat penting dalam perawatan kulit dan mugwort memiliki kandungan antioksidan yang melawan kerusakan akibat sinar UV, polutan, dan pengaruh buruk lingkungan.

5. Melembapkan

Tanaman mugwort juga mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang memiliki kemampuan untuk menutrisi dan melembapkan jenis kulit kering dan dehidrasi. Vitamin E juga akan melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit, memperkuat skin barrier, dan mengunci kelembapan untuk mencegah kulit kering. Dengan penggunaan produk ini secara teratur, kulit kering dan bersisik bisa menjadi bagian dari masa lalu!

6. Membuat Kulit Cerah Dan Bercahaya

Mugwort juga kaya vitamin C, yang kita tahu memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, karena sifatnya yang melembapkan dan kemampuannya untuk meredakan kemerahan, ini juga merupakan bahan yang sangat baik untuk membuat kulit tampak sehat dan bercahaya dari dalam.

Mugwort Dalam Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Mugwort merupakan produk yang multifungsi. Tidak hanya berperan sebagai antiiritasi dan menenangkan, kandungan ini juga mampu mengatasi masalah penuaan dan kulit yang kering dan dehidrasi. Karena itu, mugwort mampu mengatasi berbagai kondisi kulit dan dapat digunakan di semua jenis kulit.

Manfaat Mugwort Untuk Kulit Sensitif Dan Kering

Mugwort yang lembut dan melembapkan, membuatnya bagus untuk kulit sensitif dan/atau kering. Kandungan ini bahkan merupakan pengobatan yang cocok untuk eksem dan psoriasis. Sifat antiinflamasinya efektif mengatasi kulit kering yang teriritasi. Sedangkan kandungan vitamin E di dalamnya dapat mengurangi kemerahan pada kulit. Selain itu, vitamin E juga membantu melembapkan kulit kering.

Manfaat Mugwort Untuk Penuaan Kulit

Mugwort sangat baik untuk mature skin. Bahan ini bertindak sebagai antioksidan, yang membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet, serta berperan sebagai stimulator kolagen yang membantu mengurangi munculnya garis-garis halus. Ini akan membuat kulit lebih plump dan bersinar dari dalam.

Manfaat Mugwort Untuk Kulit Yang Rawan Jerawat

Sifat antibakteri dari mugwort memungkinkannya melawan bakteri penyebab jerawat pada kulit. Ini bekerja pada pori-pori untuk membersihkan bakteri dan minyak berlebih. Bahan ini secara alami dapat membunuh bakteri dan mengobati jerawat.

Mugwort Dalam Rangkaian Perawatan Kulit

Mugwort in Skincare Routine

Jadi, sekarang kita tahu bahwa mugwort adalah salah satu kekuatan super untuk kulit yang lebih sehat. Maka dari itu kita bisa memperkaya rutinitas perawatan kulit dengan produk yang memiliki kandungan ini. Berikut beberapa rekomendasi produk skincare dengan kandungan ini yang dapat ditambahkan ke dalam skincare routine sesuai urutan penggunaannya.

1. Cleansing Oil

Hanyul Pure Artemisia Cleansing Oil

Gunakan Hanyul Pure Artemisia Cleansing Oil sebagai tahapan awal dalam double cleansing. Cleansing oil ini dapat menghilangkan makeup, sebum, dan bahkan komedo, sekaligus menawarkan manfaat menenangkan kulit.

2. Face Wash

MISSHA Time Revolution Artemisia Pack Foam Cleanser

Produk ini sesuai untuk kamu yang menyukai produk yang multitasking. MISSHA Time Revolution Artemisia Pack Foam Cleanser mengandung ekstrak artemisia untuk meredakan iritasi dan kemerahan. Kamu dapat menggunakannya sebagai sebagai daily cleanser atau aplikasikan dengan layer yang lebih tebal sebagai masker untuk perawatan kulit yang lebih intens.

Bring Green Artemisia pH Balance Cleansing Foam

Atau kamu juga bisa mencoba Bring Green Artemisia pH Balance Cleansing Foam ini, yang ideal untuk mereka yang membutuhkan cleansing foam yang mampu melembapkan kulit kering dan aman digunakan pada kulit sensitif. Ini diperkaya dengan ekstrak Artemisia Capillaris (8.000 ppm), yang memiliki efek antioksidan untuk melawan penuaan harian, efektif dalam menenangkan, menyembuhkan, dan menutrisi kulit. Selain itu di dalamnya juga terdapat Aloe Vera yang melembapkan dan juga ekstrak Centella Asiatica sebagai soothing agent dan mempercepat penyembuhan luka.

3. Clay Mask

AXIS-Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack

AXIS-Y menyediakan Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack yang merupakan masker mugwort dengan fungsi detoksifikasi, yang ideal untuk pampering time di kala weekend. Masker ini memiliki kandungan utama berupa 62% mugwort. Kandungan lain yang juga terdapat di dalamnya ialah Nelumbo nucifera extract, Vigna radiata seed extract, Houttuynia cordata extract, butiran Adzuki Bean seed, Artichoke leaf extract, dan Kelp extract. Produk ini diklaim mampu membersihkan pori-pori, menenangkan kulit yang sedang iritasi dan berjerawat, serta mampu membuat kulit halus dan cerah.  

Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask

Tidak hanya dari Korea, brand lokal memiliki Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask. Dengan hero ingredients mugwort, niacinamide, daun teh hijau, dan centella asiatica untuk mengatasi masalah kulit berjerawat, iritasi, kering, kusam, kasar, dan berpori-pori besar. Masker yang dapat digunakan pada semua jenis kulit ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit, melembapkan kulit, membersihkan dan mengecilkan pori-pori, merawat kulit berjerawat, serta memberi efek soothing dan cooling pada kulit.

Baca Juga: REVIEW: Whitelab Mugwort Pore Clarifying Face Treatment

4. Toner/Essence

 I’m From Mugwort Essence

Brand Korea, I’m From mengeluarkan produk berbahan utama mugwort yang hadir dalam bentuk esens. Produk ini memiliki kandungan 100% ekstrak mugwort dari pulau Ganghwa yang menggunakan metode SLOW RELEASE EXTRACTION™ selama 24 jam untuk menghasilkan ekstrak dengan kandungan bahan aktif yang tinggi. Produk ini mampu memberikan efek calming dan purifying dengan formula cair yang mudah menyerap ke dalam kulit untuk menenangkan kulit bermasalah, merawat kulit berjerawat, iritasi, dan sensitif.

Studio Tropik Herbitus Skin Tonic

Produk lokal ini akan membuat para pejuang acne akan deeply faling in love. Studio Tropik Herbitus Skin Tonic, merupakan toner sekaligus esens yang berasal dari mugwort, centella asiatica, dan black cumin seed (habbatussauda). Produk ini memiliki kemampuan multitasking yaitu merawat kulit yang rentan berjerawat, meredakan kemerahan, memperkuat skin barrier, memberikan nutrisi antioksidan pada kulit wajah, dan tentunya membuat kulit lebih siap untuk menyerap skincare lanjutnya. Toner ini aman untuk semua jenis kulit karena bebas alkohol dan fragrance serta teruji secara dermatologist.

THE POTIONS Mugwort Water Essence

Water based essence yang ringan dari THE POTIONS ini sangat cocok untuk menenangkan kulit sensitif yang rentan terhadap jerawat dan kemerahan, dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi dari mugwort. Tambahkan Mugwort Water Essence dalam ke dalam daily skincare routine kamu untuk menenangkan dan menutrisi kulit yang lelah dan teriritasi. Ini juga cocok untuk kulit sensitif karena kandungannya yang cruelty free, hypoallergenic, dan bebas wewangian.

5. Sheet Mask

Etude House 0.2 Therapy Air Mask – Artemisia

Kamu dapat memanjakan diri dengan sheet mask yang memiliki soothing effect seperti 0.2 Therapy Air Mask – Artemisia dari Etude House ini. Sheet mask dengan kandungan artemisia ini dapat menenangkan dan membersihkan kulit karena sifat antioksidannya. Masker tisu ini mengandung protein, vitamin A, B1, B2, dan C, dan membantu meningkatkan sintesis kolagen sambil bertindak sebagai antiinflamasi.

Round Lab Mugwort Calming Sheet Mask

Untuk kulit sensitif yang sangat membutuhkan perawatan, kamu bisa mencoba sheet mask dari Round Lab ini. Sheet mask ini direndam dalam esens yang tidak hanya diformulasikan dengan ekstrak mugwort, tetapi juga madecassoside yang lebih dikenal sebagai centella asiatica (cica). Hasilnya adalah efek tenang seketika pada kulit yang sedang mengalami peradangan dan iritasi.

6. Ampoule

Isntree Spot Saver Mugwort Ampoule

Bagi kamu yang sedang berjuang dengan kulit kering, kusam, dan rentan berjerawat, ampul yang diperkaya mugwort ini mungkin cocok untuk kamu. Diformulasikan dengan 85% capillary wormwood (sejenis mugwort) dan ekstrak akar licorice yang bekerja untuk membuat wajah tampak lebih bersih, mencerahkan, dan memperkuat kondisi kulit yang lelah dan rusak. Ditambah lagi, produk ini cukup menenangkan untuk jenis kulit sensitif.

MISSHA Time Revolution Artemisia Ampoule

Ini merupakan perawatan konsentrat dengan efek menenangkan yang dibuat dengan ekstrak double-fermented artemisia, yang mampu mengontrol kelembapan kulit dan keseimbangan minyak, serta meredakan iritasi dan kemerahan dengan segera. Missha Time Revolution Artemisia Ampoule direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, iritasi, dan berjerawat.

7. Moisturizer

Tatcha Ageless Enriching Renewal Cream

Krim wajah yang sangat kaya nutrisi ini mampu menghidrasi sekaligus ideal untuk jenis kulit kering hingga yang sangat kering, yang dapat membantu menutrisi kulit dan mengatasi tanda-tanda penuaan lanjut.

TONYMOLY From Ganghwa Pure Artemisia Two Layering Calming Cream
TONYMOLY From Ganghwa Pure Artemisia Two Layering Calming Cream

Moisturizer dengan Relief Cream dan Deep Cream dalam satu wadah, yang diperkaya dengan Wormwood extract, Mugwort Oil, dan Mugwort Callus yang menenangkan. Tekstur gel pada Relief Cream akan menjaga kulit tetap segar. Deep Cream akan melembapkan dan menutrisi kulit untuk kulit kencang dan berkilau.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

2 COMMENTS

  1. Hi, Neat post. There’s an issue alonhg with your website in internet explorer,
    could check this? IEstill is the marketplace leader and a good
    component to other folks will omit your wonderful
    writing due to this problem.

    Feel free to surf to my page :: Skystud Leather

    • Hi there. Sorry to hear about your issue regarding our website on internet explorer. We’ve been checking our website on internet explorer and so far so good. So unfortunately we can’t help you much. Hopefully it will resolve soon for you.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

CHOOSY Hydrogel Lip Mask Untuk Bibir Lembap Dan Pink Merona

CHOOSY Hydrogel Lip Mask hadir untuk melembapkan, menghidrasi, menutrisi, membantu melembapkan garis halus, serta mencerahkan rona bibir!!

5 Tips Makeup Flawless Dan Kulit Sehat Terawat Di Balik Masker 😷!

Mau tetap tampil cantik di balik masker 😷 dan kesehatan kulitmu tetap terjaga? Ikuti 5 tips ini!

Hari Es Krim Sedunia, Es Krim Sehat Aice Berkomitmen Bantu UMKM Dan Edukasi Masker Ke Masyarakat

Bertepatan dengan Hari Es Krim Sedunia, Aice menyatakan dukungannya atas langkah pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan UMKM.

Korean Makeup Look, Untuk Tampilan Yang Menggemaskan Dan Tampak Lebih Muda

Dari puppy dog eyes hingga fruit juice makeup, ikuti terus sebelas trik Korean makeup look yang kamu dambakan dalam artikel ini!

Ciptakan Look Ala Liburan Ke Pantai 🏖️🌴👙🍹 Di Musim Panas, Meski #DiRumahAja

🏖️🌴👙🍹 Siap-siap "orgasme" di pantai! Nah loh?! 🤭

Trio Skin Booster Untuk Kulit Sehatmu Selama #DiRumahAja

Bukan Trio Kwek Kwek 🦆🦆🦆, melainkan trio skin booster dari Votre Peau yang bantu jaga kesehatan kulitmu selama #DiRumahAja!

#GoForGold, Gapai Momen Emasmu Bersama Dengan P&G Dan Lazada

P&G dan Lazada berkolaborasi melalui kampanye #GoForGold berupaya untuk mendorongmu agar terus bersemangat meraih mimpi dan masa keemasan.

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!