Home Editor's Picks Kenali Kandungan Acid Dan Manfaatnya Dalam Perawatan Kulitmu

Kenali Kandungan Acid Dan Manfaatnya Dalam Perawatan Kulitmu

Ferulic acid, hyaluronic acid, lactic acid, salicylic acid, terkadang kita seperti berada di kelas kimia saat ingin mencari serum perawatan kulit yang bagus. Sepertinya lebih mudah untuk tidak memperhatikan ingredient list ini dan memilih produk berdasarkan brand yang sudah kita tahu atau sudah biasa dijadikan perbincangan dengan teman-teman kita.

Padahal jika kita mau sedikit menyisihkan waktu untuk mengetahui perbedaan antara acid yang digunakan dalam perawatan kulit, bisa jadi ini merupakan solusi yang baik tidak hanya untuk mengatasi masalah kulit kita, tetapi juga masalah dompet. 👜💲💵

Acid adalah bahan umum dalam produk kecantikan karena membantu memperbaiki kulit. Kandungan asam dalam perawatan kulit dapat membantu merangsang pergantian sel. Hal ini menyebabkan sel-sel yang lebih tua atau mati lepas dan yang baru dengan cepat tumbuh di bawahnya, sehingga memperbaiki tekstur kulit. Tetapi kandungan asam yang berbeda, menargetkan masalah perawatan kulit tertentu tergantung pada ukuran molekul asam dan kekuatannya. Beberapa menargetkan garis halus dan kerutan, sementara yang lain mengobati jerawat atau hiperpigmentasi.

Dalam artikel ini kita tidak hanya membahas kumpulan asam sebagai exfoliator saja seperti AHA, BHA, PHA, tetapi juga kandungan lain dengan beragam manfaatnya. So keep scrolling for more info about acids in skincare. ⏬⏬

Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid

Ini merupakan komponen alami jaringan kulit atau yang disebut Natural Moisturizing Factor (NMF). Variasi sintetis digunakan dalam produk perawatan kulit untuk berfungsi sebagai kandungan yang mengembalikan kesegaran kulit yang baik. Hyaluronic acid memiliki kemampuan memulihkan dan dapat meningkatkan kadar air, menenangkan, dan melindungi dari hilangnya kelembapan kulit. Ia dikenal karena kemampuannya yang menakjubkan untuk menarik dan menahan air 1.000 kali beratnya sendiri, menjadikannya hydrator yang optimal untuk semua jenis kulit.

Selain fungsinya sebagai bahan pemulihan kulit yang sangat baik, asam ini juga memberikan pertahanan antioksidan terhadap serangan lingkungan. Jika dikonsumsi secara oral melalui suplemen, hyaluronic acid (baik dengan berat molekul yang ringan maupun berat) dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk tetap terhidrasi, secara nyata mengurangi garis kerutan yang dalam dan kekasaran permukaan, dan membantu memperkuat skin’s protective barrier.

L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum

Hanya perlu satu hari untuk melihat hasil dari serum yang bekerja cepat ini. Kulit yang lebih kenyal dan lebih montok dalam seminggu akan mudah didapatkan, berkat 1,5% pure hyaluronic acid yang melakukan tugasnya. Formula superpekat berbentuk gel yang menyerap dengan cepat, tidak meninggalkan apa pun kecuali kulit yang lebih kenyal. Ini dirancang untuk melembapkan sekaligus mengisi garis-garis halus dan kerutan.

Alpha Hydroxy Acid

Alpha Hydroxy Acid atau AHA adalah asam yang larut dalam air. AHA sebagian besar berasal dari buah-buahan. Beberapa jenis AHA yang sering digunakan dalam produk skincare adalah citric acid (dari buah jeruk), glycolic acid (dari tebu), lactic acid (dari laktosa), malic acid (dari buah-buahan), mandelic acid (dari almon), dan tartaric acid (dari anggur).

AHA bekerja sebagai exfoliator dengan mengupas lapisan paling atas kulit secara lembut. Proses ini akan merangsang sel-sel kulit baru, membuat permukaan kulit tampak rata, sehat, halus, dan lebih kencang. AHA tidak menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan biasanya digunakan untuk mengatasi kondisi kulit seperti age spots, sun spots, warna kulit tidak merata, pori-pori membesar, garis-garis halus, dan kerutan.

JUMISO Yes I Am Toner AHA 5%

Toner lembut yang diformulasikan dengan lemon myrthle, panthenol, dan Alpha Hydroxy Acid yang merupakan kombinasi dari 3,2% Glycolic acid dan 1,8% Lactic acid. Toner ini akan mengeksfoliasi secara lembut sekaligus melembapkan kulit.

Beta Hydroxy Acid

Beta Hydroxy Acid atau BHA adalah exfoliator yang larut dalam minyak, yang menembus lapisan kulit lebih dalam dibanding AHA. Ini membuatnya lebih efektif dalam mengatasi masalah khusus pada kulit berminyak. Mereka mengangkat sel kulit mati dan sebum berlebih pada kulit, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mengurangi peradangan dan gejala jerawat karena sifat antibakterinya.

BHA bekerja melalui lapisan dalam kulit, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mengontrol produksi sebum berlebih. Ada dua jenis BHA yang sering digunakan dalam industri skincare, yaitu salicylic acid dan versi yang lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif yaitu Betaine salicylate. Betaine salicylate ini lebih banyak digunakan pada produk perawatan kulit dari Korea.

COSRX BHA Blackhead Power Liquid

Toner ini adalah langkah pemula yang bagus untuk menggunakan BHA karena tidak mengandung Salicylic Acid itu sendiri tetapi versi yang lebih lembut yang disebut Betaine Salicylate. Ditambah dengan Salix Alba (Willow) Bark Water untuk manfaat antiinflamasi dan niacinamide untuk membantu mencerahkan dan memperkuat kulit, toner minimal ini memberikan efek yang luar biasa.

Polyhydroxy Acid

Polyhydroxy acid alias PHA, yang disebut sebagai “AHA generasi baru”. Tidak hanya mengelupas kulit dengan cara yang mirip dengan AHA, PHA juga memiliki sifat antioksidan, yang berarti dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. PHA juga memberikan manfaat humektan yang melembapkan.

Karena ukuran molekulnya yang lebih besar, PHA tidak menembus kulit sedalam AHA seperti glycolic acid, membuatnya tidak terlalu mengiritasi kulit sensitif, bahkan bagi kulit yang terkena rosasea dan dermatitis atopic. Kelompok yang termasuk ke dalam PHA adalah gluconolactone, galactose, and lactobionic.

PCA Skin Hydrating Serum

Serum ini bagus untuk melembapkan dan mengurangi peradangan. Perpaduan antara gluconolactone, bersama dengan dua humektan efektif lainnya, glycerin dan sodium hyaluronate. Gunakan pagi dan malam, setelah tahapan cleansing, sebelum pelembap.

Baca Juga: 3 Tipe Hydroxy Acid – AHA, BHA, PHA: The Three Musketeers-nya Chemical Exfoliator

Azelaic Acid

Secara kimia, azelaic acid adalah dicarboxylic acid. Ia bekerja pada kulit sebagai exfoliant tanpa bilas yang membantu membuka pori-pori dan menghaluskan permukaan kulit. Kandungan ini juga secara signifikan mengurangi faktor-faktor pada kulit yang menyebabkan sensitivitas dan peradangan serta memberikan manfaat antioksidan.

Ia juga memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, yang membuatnya efektif dalam perawatan kondisi kulit seperti jerawat dan rosasea. Kandungan ini dapat mencegah penyebaran bakteri pada kulit di masa mendatang dan membersihkan bakteri dari pori-pori penyebab jerawat.

Azelaic acid dapat berasal dari biji-bijian seperti barley, gandum, dan gandum hitam. Tetapi produk sintetiknyalah yang biasanya digunakan dalam produk perawatan kulit karena stabilitas dan efektivitasnya. Kandungan ini memiliki manfaat luar biasa yang dapat dirasakan bahkan pada konsentrasi yang lebih rendah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa azelaic acid dapat secara signifikan mengurangi munculnya noda kulit, membantu memudarkan bekas jerawat dan discoloration, menghaluskan permukaan kulit, dan mengungkapkan warna kulit yang lebih merata. Bahkan dapat mengurangi sensitivitas kulit dan kompatibel dengan semua jenis kulit.

The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%

Ini merupakan produk yang terjangkau tetapi sangat diminati. The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% diformulasikan dengan 10% asam azelaic, gel-krim ini meminimalkan jerawat dan mengatasi warna dan tekstur kulit yang tidak merata.

Amino Acid

Amino Acid

Asam amino sangat diperlukan untuk kesehatan kulit. Mereka adalah bahan pembangun peptida dan protein dan setiap asam amino melakukan fungsi tertentu dalam perawatan kulit. Beberapa jenis muncul secara alami di kulit dan bekerja sama dengan sistem transportasi air pada tubuh untuk mengangkut kelembapan melalui kulit.

Beberapa asam amino bekerja sebagai antioksidan, tetapi sebagian besar membantu kulit mereproduksi antioksidannya sendiri. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam amino sintetis terhidrasi lebih baik daripada asam amino yang berasal dari sumber hewani atau tumbuhan. Baik diproduksi secara internal atau dioleskan, asam amino membantu memperkuat sistem kekebalan, menjaga hidrasi kulit, ketahanan, dan penampilan sehat secara keseluruhan. Mereka melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Semua asam amino berperan dalam mendapatkan kulit sehat dan cantik, namun ada beberapa yang memiliki manfaat tambahan:

  • Arginine: membantu memulihkan kerusakan kulit yang terlihat.
  • Histidine: menenangkan kulit dan memiliki sifat antioksidan.
  • Methionine: melindungi kulit dari zat berbahaya.
  • Lysine: memperkuat permukaan kulit.
  • Proline, leucine and glycine: mengurangi garis halus dan kerutan.

SK-II GenOptics Aura Essence

Serum ampuh ini dibuat dengan fermentasi Pitera™ Complex terfermentasi spesial dari merek ini, kumpulan asam organik, mineral, asam amino, niacinamide yang mencerahkan, dan ekstrak ginseng Siberia yang bekerja untuk membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Tranexamic Acid

Tranexamic Acid

Ini merupakan derivatif sintetis dari asam amino lysine. Tranexamic acid merupakan bahan kuat yang diakui kemampuannya untuk mencerahkan warna kulit dan memperbaiki tampilan perubahan warna kulit akibat proses pigmentasi (skin discoloration).

Tidak seperti beberapa kandungan acid lain yang bermain lebih baik sendiri, ini dapat dipasangkan dengan brightening agent lain seperti vitamin C dan SPF favorit kamu (yang akan membantu mencegah kerusakan dan perubahan warna yang terjadi sejak awal).

Paparan sinar UV, konsumsi obat resep dokter, produksi hormon yang tidak seimbang ataupun stres — dapat memicu proses perubahan warna kulit dengan mengaktifkan mediator inflamasi di dalam kulit. Ini menghasilkan reaksi berantai yang menyebabkan kulit memproduksi melanin, pigmen alami yang memberi warna pada kulit. Sementara tujuan melanin adalah melindungi kulit, jika diproduksi secara berlebihan, dapat membentuk endapan di kulit yang bermanifestasi sebagai bercak hitam, bintik-bintik, atau penampilan wajah yang lebih gelap secara keseluruhan.

Clé de Peau Beauté Concentrated Brightening Serum

Dengan kandungan yang menarik seperti peony, ekstrak kayu manis, asam hialuronat, manggis, rasberi, teh hitam, dan tranexamic acid yang menargetkan bintik-bintik gelap dan warna kulit yang tidak rata untuk kulit yang jernih, cerah, dan bercahaya.

Ascorbic Acid

Ascorbic Acid

Ascorbic acid juga dikenal sebagai L-ascorbic acid — memiliki penelitian terkait kulit paling banyak dari semua bentuk vitamin C. Ketika diformulasikan dengan benar pada pH kurang dari 4, asam ini membantu membuat kulit tampak lebih muda dan lebih kencang sambil memudarkan tanda-tanda warna kulit tidak merata dan bintik-bintik hitam. Ini juga membantu permukaan kulit mempertahankan diri dari radikal bebas dan penyebab stres eksternal, mengurangi efek paparan dari unsur-unsur tersebut.

Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air. Ini merupakan komponen alami dari kulit yang sehat. Saat kita muda, kadar vitamin C di dua lapisan kulit terluar (epidermis dan dermis) berlimpah, tetapi seiring bertambahnya usia, kadar ini secara alami berkurang. Paparan sinar matahari dan polusi dapat mempercepat penurunan ini dan menyebabkan kulit tampak dan terasa kusam, tidak rata, dan kurang kencang dari sebelumnya. Untuk itu dibutuhkan tambahan vitamin C baik secara topikal maupun oral.

Klairs Freshly Juiced Vitamin C Drop

Terbuat dari bahan-bahan alami yang aman dan tidak menyebabkan iritasi, Klairs Freshly Juiced Vitamin C Drop adalah produk tepercaya yang telah teruji kegunaannya dari waktu ke waktu. Juga cocok untuk jenis kulit sensitif, serum ini memanfaatkan vitamin C untuk mengurangi pigmentasi dan mencerahkan warna kulit secara keseluruhan.

Succinic Acid

Succinic Acid

You better watch out salicylic and glycolic, there’s a new acid in town: succinic (asam suksinat). Sempurna untuk mereka yang memiliki bintik-bintik, ini adalah exfoliator lembut yang membantu mengelupas sel kulit mati dari pori-pori sekaligus mencegahnya agar tidak tersumbat lagi.

Succinic acid memiliki sifat antimikroba dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam suksinat juga sangat baik dalam melindungi kulit dari penyerang eksternal, berkat sifat antioksidannya.

Secara alami ditemukan di amber atau tebu, asam ini diperoleh melalui proses fermentasi dan ini serupa dengan salicylic acid. Ini memiliki sifat melembutkan kulit dan menghambat bakteri dan membantu mengontrol sebum, oleh karena itu mengurangi kilau dan minyak berlebih, yang berpotensi menyebabkan jerawat. Asam ini juga mengembalikan keseimbangan pH kulit, akibat dari penggunaan beberapa produk perawatan kulit (seperti pembersih yang memiliki banyak busa atau exfoliating acid yang keras), yang menyebabkan kemerahan, kekeringan, dan kulit pecah-pecah.

The INKEY List Succinic Acid Blemish Treatment

Dengan trio yang ampuh untuk membersihkan kulit yaitu salicylic acid, succinic acid, dan hyaluronic acid, yang bekerja secara harmonis untuk menangkal noda, menjadikan tampilan bintik-bintik tersamarkan, dan jerawat di masa depan dapat dicegah untuk kulit yang lebih tenang dan lebih bersih.

Kojic Acid

Kojic Acid

Jamur adalah sumber kojic acid. Tidak seperti asam lain yang bekerja dengan meluruhkan ikatan antara sel kulit mati dan mengelupas kulit, kojic acid bekerja dengan cara menghambat produksi pigmen. Asam ini juga memiliki manfaat tambahan untuk bekerja dengan baik bila dipasangkan dengan bahan pencerah kulit lainnya, seperti hidrokuinon yang paling sering diresepkan oleh dokter kulit.

Selain berfungsi sebagai spot-fading dan skin brightening, ini juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas perusak kulit yang disebabkan oleh paparan hal-hal seperti kerusakan UV dan polusi. Ini tidak hanya membantu meningkatkan warna kulit secara keseluruhan, tetapi juga menjadikannya bahan anti-aging. Selain itu kandungan ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus.

Neutrogena® Rapid Tone Repair Dark Spot Corrector

Dengan kombinasi tiga bahan aktif yaitu kojic acid, retinol, dan vitamin C untuk warna kulit yang lebih cerah merata dan melawan penuaan. Selain itu, dengan tambahan hyaluronic acid yang menghidrasi berfungsi untuk memerangi potensi kulit kering.

Retinoic Acid

Vitamin A dapat bermanfaat bagi kulit melalui retinoic acid, yang merupakan tahapan konversi dari retinol -> retinaldehyde -> retinoic acid, yang bekerja dengan menstimulasi lapisan dermis (lapisan kulit bagian bawah dan lebih dalam). Asam ini membantu mendorong produksi kolagen, meregenerasi sel-sel baru, dan mendorong keluar sel-sel lama ke permukaan agar kulit baru dan bersih dapat terungkap.

Vitamin A (atau dikenal sebagai retinoid) adalah bahan aktif untuk antipenuaan yang ada di banyak produk perawatan kulit saat ini. Sebenarnya ini adalah senyawa alami yang terdapat di dalam tubuh. Kulit kita biasanya beregenerasi setiap 30 hari untuk mengeluarkan sel-sel kulit mati. Tetapi retinoid bekerja untuk mempercepat proses itu menjadi 14-21 hari. Ketika kulit terlepas, kita membiarkan sel-sel kita yang baru diregenerasi agar layaknya dimulai dengan kanvas kosong dan bersih.

Ini berarti bahwa vitamin A bermanfaat bagi kulit dalam berbagai cara, termasuk perbaikan dalam pigmentasi dan bintik-bintik hitam, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, dan bahkan jerawat! Dengan vitamin A, masalah kulit ini dapat teratasi seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Apa Itu Vitamin A? Manfaat Penggunaan Retinol Dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Votre Peau Retinol Barrier Cream

Retinol Barrier Cream dengan Marine Algae merupakan produk antijerawat dan anti-aging yang ampuh untuk mengencangkan kulit, mengurangi kerutan halus, melembapkan, dan membersihkan wajah dari komedo dan jerawat. 

Ferulic Acid

Ferulic Acid

Ferulic Acid, alias hydroxycinnamic acid, adalah antioksidan kuat yang menetralkan kerusakan akibat radikal bebas dari polusi, sinar ultraviolet, atau radiasi infra merah, yang semuanya mempercepat penuaan kulit. Asam ini ditemukan pada dinding sel tanaman seperti gandum, beras merah, kacang tanah, apel, dan jeruk. Secara alami, ferulic acid berasal dari tumbuhan, yang diformulasi dalam laboratorium agar dapat digunakan sebagai skincare.

Ferulic acid merupakan antioksidan yang tidak memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi, tetapi bertindak sebagai perisai untuk melindungi dari pembentukan radikal bebas. Ketika sesuatu mencoba merusak kulit, ia akan menciptakan molekul tertentu yang akan terus merusak dan membuat trauma kulit di sekitarnya. Kandungan aktif ini akan masuk dan membuatnya mati, memusnahkan molekul yang mulai terbentuk di sekitarnya, yang jika dibiarkan akan terus merusak jaringan.

Ferulic acid bekerja untuk menghentikan semua kerusakan dari proses penuaan yang disebabkan oleh faktor eksternal, seperti polusi, radiasi, radikal bebas, bakteri, paparan sinar UV. Jika digunakan bersama dengan antioksidan lain seperti vitamin C dan E, ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan efeknya dan membuatnya lebih stabil.

La Roche-Posay Pigmentclar Eyes

Krim mata ini akan membantu mencerahkan area mata. Dikemas dengan antioksidan seperti niacinamide, PhE-Resorcinol (antioksidan sintetis), dan ferulic acid, krim mata ini bekerja untuk memperbaiki area gelap di bawah mata yang disebabkan oleh pigmentasi.

Oleic Acid

Oleic Acid

Oleic acid atau asam lemak omega-9, adalah asam lemak non-esensial (yaitu – diproduksi oleh tubuh manusia). Asam ini juga dapat ditemukan di banyak lemak hewani dan nabati. Dalam keadaan alaminya, tidak berwarna dan tidak berbau. Oleic acid merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang memiliki satu ikatan rangkap sehingga lebih kental dan kaya dibandingkan asam linoleat.

Dalam kosmetik, oleic acid sering digunakan untuk memperbaiki tekstur produk dan melindungi bahan-bahan yang lebih lembut, seperti antioksidan, dari udara dan paparan cahaya. Ditambah lagi, ketika dicampur dengan asam lemak lain, seperti linoleic acid, oleic acid telah menunjukkan beberapa sifat antiinflamasi dan nutrisi yang luar biasa.

Minyak dengan kandungan utama oleic acid meliputi minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak argan, minyak marula, avocado oil, minyak almon manis, minyak sea buckthorn, minyak kedelai, dan lain-lain. Oleic acid sering digunakan dalam perawatan yang melembapkan dan bergizi untuk kulit kering dan mature.

Drunk Elephant Virgin Marula Luxury Facial Oil

Marula oil dipuji karena kegunaannya yang bergizi dan multiguna dan Drunk Elephant Virgin Marula Luxury Facial Oil adalah salah satu produk dengan kandungan ini. Dengan kandungan pure marula oil murni dan bebas wewangian.

Linoleic Acid

Linoleic Acid

Linoleic acid sangat penting bagi kesehatan kulit, karena berkontribusi pada pembentukan ceramide yang penting untuk struktur penghalang epidermis dan salah satu elemen pelembap utama kulit. Linoleic acid atau yang juga disebut sebagai omega-6 merupakan salah satu essential fatty acids yang diperlukan tubuh untuk dapat bekerja secara maksimal. Tubuh kita tidak dapat membuat asam lemak esensial ini, jadi kita perlu mendapatkannya dari makanan kita atau mengaplikasikannya di kulit kita. Minyak nabati yang digunakan dalam perawatan kulit yang kaya akan kandungan ini meliputi safflower, bunga matahari, rosehip, dan evening primrose.

Linoleic acid membantu memperkuat pelindung kulit sehingga efektif menahan masuknya air dan bahan penyebab iritasi. Dalam skincare, asam ini dapat membantu meredakan jerawat ringan, mengurangi hiperpigmentasi akibat sinar UV, membantu mengembalikan kondisi skin barrier yang rusak, serta membantu melembapkan kulit. Kandungan ini juga memiliki tekstur yang lightweight alias ringan, sehingga dapat diserap dengan baik oleh kulit sekaligus membantu memaksimalkan penyerapan kandungan skincare lainnya.

Trilogy Rosehip Oil Antioxidant+

Trilogy Rosehip Oil Antioxidant+ tidak hanya menawarkan manfaat pelembap yang intens, tetapi juga membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan seiring waktu, memberi kulit tampilan yang baru dan bercahaya.

Pantothenic Acid

Pantothenic Acid

Panthenol adalah provitamin atau zat yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin tertentu yaitu B5. Dalam kasus ini, ketika panthenol dioleskan, itu dengan cepat diubah menjadi vitamin B5, juga dikenal sebagai pantothenic acid. B5 mengikat dan menahan air secara efektif, melembapkan kulit, dan membantu kulit menjaga kelembutan dan elastisitasnya. Tidak seperti hyaluronic acid, panthenol memiliki keuntungan tambahan yaitu bertindak sebagai humektan dan emolien. Humektan menarik dan mengikat air ke kulit, sementara emolien mengisi retakan di kulit.

Dalam kosmetik, asam ini digunakan untuk peranan emolien dan pelembap. Jika kita tidak melihat panthenol pada kemasan, cari salah satu nama samaran lainnya. Provitamin B5, butanamide, dan d-pantothenyl alcohol adalah hal yang sama.

Panthenol juga mendapat poin besar karena dapat ditoleransi dengan baik oleh kebanyakan orang. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk mengurangi iritasi sekaligus meningkatkan fungsi pelindung kulit. Selain menjadi kandungan pelembap yang bagus, ia juga mengaktifkan produksi sel yang penting untuk penyembuhan luka dan menguatkan skin barrier.

COSRX Balancium B5 D-panthenol Cream

Moisturizer tanpa wewangian ini dikemas dengan 10% D-Panthenol dan hyaluronic acid untuk melembapkan dan mencerahkan kulit yang tampak kusam. Gunakan pada tahap terakhir perawatan kulit, oleskan sedikit ke wajah sebelum memijat lembut ke kulit.

Lipoic Acid

Lipoic Acid

Alpha lipoic acid, juga dikenal sebagai ALA, lipoic acid, atau thioctic acid adalah antioksidan yang sangat khusus, baik untuk kulit maupun tubuh dan otak kita. Seperti antioksidan lainnya, dapat dikonsumsi secara oral (makanan dan minuman) serta dioleskan. Ini secara alami ditemukan di semua jenis makanan, dari bayam dan brokoli hingga jeroan dan dedak padi.

Lipoic acid juga berbeda karena dapat larut dalam air dan minyak. Vitamin C, misalnya, sebagai vitamin yang hanya larut dalam air, diserap oleh sel-sel ketika diambil dengan air. Sedangkan vitamin A, E, D, dan K di sisi lain perlu dikonsumsi bersama makanan dengan lemak agar tubuh kita dapat menyerap dan memanfaatkannya. Asam ini akan diserap apa pun yang dimakan atau diminum, dikirim ke dalam sel dengan mudah sehingga berguna baik di dalam dan di luar sel.

Lipoic acid bermanfaat bagi kulit. Ini adalah kandungan yang cocok untuk kulit sensitif karena jarang menimbulkan iritasi dan akan menenangkan kulit kering, merah, dan berjerawat. Karena kemampuannya untuk memperlambat pemecahan kolagen, sehingga memperlambat timbulnya kerutan dan kendur, menghilangkan garis-garis halus, dan mengurangi ukuran pori. Ini juga adalah exfoliant alami, membersihkan pori-pori, dan menghilangkan jerawat dengan mengurangi bekas luka halus dan menghapus tanda kemerahan atau cokelat setelah jerawat, termasuk bekas luka inflamasi. Ini juga membantu dalam mengendalikan produksi minyak, untuk pori-pori yang terlihat samar, dan mengobati bengkak di bawah mata dan kantung mata dari waktu ke waktu.

Nu Skin® Clear Action® Acne Medication Night Treatment

Membantu kulit tampak lebih sehat di saat bangun tidur dan meminimalkan tanda-tanda berjerawat saat tidur. Salicylic acid membersihkan pori-pori sementara retinol dan alpha lipoic acid bekerja untuk mengurangi munculnya bekas noda (tekstur dan perubahan warna kulit yang tidak merata) yang terkait dengan jerawat di masa lalu untuk kulit yang halus, bersih, dan kencang.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Apa Yang Membuat Hyaluronic Acid Menguntungkan Bagi Kulit?

Hyaluronic acid dikenal karena kemampuannya menarik dan menahan kelembapan 1000 kali beratnya. Temukan penjelasan selengkapnya pada artikel ini!

3 Keseruan Bekerja Di Brand Kecantikan Yang Tak Banyak Orang Tahu

Yang berminat bekerja di brand kecantikan, wajib baca artikel ini dulu!

It’s PayDay Time 💰! Ini 3 Alasan Buat Belanja Dengan Banyak Keuntungan, Di Online Flagship Store Kiehl’s Di Lazada

Biar kamu bisa dapat keuntungan lebih berbelanja skincare Kiehl's dengan uang gajimu 💰!

Kanker Payudara HER2-Positif: Harapan Akan Akses Pengobatan Stadium Dini Yang Komprehensif

Simak suara pasien Kanker Payudara akan harapan akses pengobatan HER2-positif stadium dini yang komprehensif pada artikel ini!

Ini Dia Krim Yang Menghidrasi Dan Bebas Kilap Untuk Kulit Berminyak

Krim ini menjawab kebutuhan pemilik kulit kombinasi dan berminyak, akan kulit yang terhidrasi 24 jam dan bebas kilap. Click for more details!

Mengenal Konsep Clean Beauty Bersama make p:rem

Clean beauty, sebuah tren kecantikan yang sudah digemari di dunia, kini juga sudah mulai digemari di Indonesia. Click here to get to know more!

Tampil Cantik Minimalis Dengan Duo Lip Cream Dan Lip Gloss Andalan Andira Hadley

Gapai tampil cantik dengan effort minimal hanya dengan lip cream dan lip gloss ala Andira Hadley. Simak detailnya di artikel ini!

The Claudette Collection: Koleksi Edisi Terbatas Nan Elegan Yang Terinspirasi Dari Ibu Pemilik Brand NARS

Ketahui lebih banyak mengenai edisi terbatas NARS The Claudette Collection, siapa yang menginspirasi di balik peluncurannya, pada artikel ini.

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!