Home Editor's Picks Apa Itu Vitamin A? Manfaat Penggunaan Retinol Dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Apa Itu Vitamin A? Manfaat Penggunaan Retinol Dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Dengan semua produk perawatan kulit dan bahan-bahan di luar sana yang mengklaim dapat membantu jerawat dan tanda-tanda penuaan, ada satu yang telah terbukti dan disetujui oleh dokter kulit. Ini adalah vitamin A atau dikenal sebagai retinol, retinoid, dan retin-A. For those of you who don’t know, vitamin A bermanfaat bagi kulit dengan menargetkan kondisi kulit tertentu. Let’s talk about vitamin A, cara kerjanya pada kulit, kapan dan bagaimana menggunakan produk retinol, dan produk apa yang kita rekomendasikan untuk kamu.

Apa Itu Vitamin A?

Vitamin A (atau dikenal sebagai retinoid) adalah bahan aktif untuk antipenuaan yang ada di banyak produk perawatan kulit saat ini. Sebenarnya ini adalah senyawa alami yang terdapat di dalam tubuh. Vitamin ini berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan jaringan, dan meningkatkan kesehatan mata. Retinoid sebenarnya adalah istilah umum yang dapat digunakan untuk retin-A dan retinol. Yang terakhir disebut, retinol adalah turunan (dan bentuk yang jauh lebih lemah) dari vitamin A. Detail mengenai retinoid dan retinol, BeautyBeat bahas tuntas dalam artikel di bawah ini.

Baca Juga: Retinol vs. Retinoid: Bagaimana Memilih Derivatif Vitamin A Yang Tepat?

Bagaimana Cara Kerjanya Di Kulit Kita?

Singkatnya, vitamin A bermanfaat bagi kulit melalui Retinoic Acid, yang bekerja dengan menstimulasi lapisan dermis (lapisan kulit bagian bawah dan lebih dalam). Ini membantu mendorong produksi kolagen, meregenerasi sel-sel baru, dan mendorong keluar sel-sel lama ke permukaan agar kulit baru dan bersih dapat terungkap.

Mengapa Vitamin A Penting?

Kulit kita biasanya beregenerasi setiap 30 hari untuk mengeluarkan sel-sel kulit mati. Tetapi retinoid bekerja untuk mempercepat proses itu menjadi 14-21 hari (let’s highlight this!!). Ketika kulit terlepas, kita membiarkan sel-sel kita yang baru diregenerasi agar layaknya dimulai dengan kanvas kosong dan bersih.

Ini berarti bahwa vitamin A bermanfaat bagi kulit dalam berbagai cara, termasuk perbaikan dalam pigmentasi dan bintik-bintik hitam, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, dan bahkan jerawat! Dengan vitamin A, masalah kulit ini dapat teratasi seiring bertambahnya usia.

Kapan Kita Menggunakan Produk Berbahan Aktif Retinol?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind) on

Karena retinol dikenal membantu antipenuaan dan melawan jerawat, bahan aktif ini paling cocok untuk mereka yang memiliki kulit yang mengalami penuaan, jerawat yang matang, garis-garis halus, dan kerutan. Untuk kamu yang mencapai usia akhir 20-an hingga awal 30-an dan seterusnya, menggunakan produk retinol dapat membantu kulit terlihat muda dan bercahaya. Tetapi buat kamu yang berusia awal hingga pertengahan 20-an, menggunakan retinol yang dijual bebas dapat dijadikan pertimbangan untuk pencegahan dan bahkan untuk mengatasi masalah jerawat.

Disarankan untuk menggunakan retinol selama tiga bulan berturut-turut, kemudian mengambil istirahat tiga bulan. Ini karena penelitian menunjukkan pergantian sel tidak lagi meningkat setelah tiga bulan penggunaan retinol.

Retinol Dan Efek Samping Retinol

Retinol belum tentu bekerja dengan baik pada sebagian kondisi kulit. Pengaplikasian retinol sebaiknya dihindari bagi penderita rosacea, eksem, atau psoriasis. Pada dasarnya, dampak retinol terlalu kuat pada kondisi kulit ini dan dapat meningkatkan peradangan.

Setiap kondisi kulit memiliki kekuatan berbeda. Memperkenalkan retinol ke dalam rutinitas dapat saja menjadi penyelamat masalah kulit atau justru menjadi hal yang perlu dihindari. Jadi yang terbaik adalah memberikan kelembapan ekstra, melebihi perawatan kulit yang biasa dilakukan tanpa pengaplikasian retinol, untuk mengondisikan kulit agar senantiasa lembap. Efek samping dari retinol hanya berlangsung selama beberapa minggu sementara kulit beradaptasi dengan bahan aktif ini.

Ketahui siapa dan kapan bisa menggunakan retinol di artikel ini.

Bagaimana Menggunakan Retinol?

Tetapi yang perlu diingat setiap produk yang ada di pasaran memiliki persentase retinol yang berbeda yang bisa membantu masalah kulit atau justru memperburuk kondisinya. Yang tertinggi bisa lebih dari 2%, sedangkan yang terendah umumnya di kisaran 0,01 atau 0,025%. Pastikan periksa label terlebih dulu untuk mengetahui berapa banyak kandungan vitamin A pada produk tersebut!

Anjuran Penggunaan Retinol

Metode 1

Bagi para pengguna baru retinol, mulailah dengan memasukkannya secara perlahan ke dalam skincare routine di malam hari. Cuci wajah dengan pembersih, tepuk-tepuk hingga kering, dan tunggu sekitar 3-5 menit. Tahapan ini akan membantu memastikan wajah benar-benar kering dan retinol tidak akan mengiritasi kulit. Setelah itu, ambil retinol dalam jumlah seperempat dari ukuran seharusnya. Oleskan secara merata ke wajah dan lanjutkan dengan pelembap. Ini akan membantu merehidrasi kulit dan mengurangi kulit yang berpotensi mengelupas.

Metode 2

Metode ini sangat baik untuk jenis kulit sensitif yang ingin mencoba retinol. Cuci wajah dan aplikasikan pelembap seperti biasa. Tunggu 30 menit agar pelembap benar-benar telah meresap ke dalam kulit. Setelah 30 menit, oleskan retinol secara merata ke wajah. Pastikan untuk menghindari area mata dan mulut! Pada metode ini, pelembap berfungsi sebagai buffer sehingga kandungan aktif retinol tidak akan langsung mengiritasi kulit.

Metode 3

Metode ketiga adalah mencuci wajah, mengeringkan, dan mencampur serum atau pelembap dengan retinol. Lakukan ini di telapak tangan sebelum dioleskan ke wajah. Bagi pemula, metode ini adalah cara paling lembut untuk memperkenalkan retinol untuk kulit tanpa iritasi.

Ingatlah bahwa sangat penting untuk melembapkan segera setelah menggunakan produk berbahan retinol. Ini akan membantu menghindari kering dan terkelupas. Jangan lupa, untuk selalu mengaplikasikan tabir surya pada pagi hari untuk menghindari fotosensitivitas.

Rekomendasi Produk Dengan Kandungan Retinoid

BeautyBeat tidak hanya memberikan rekomendasi lima well-known brand vitamin A impor yang sudah tidak asing lagi, tetapi lima brand lokal yang nggak kalah bagusnya. Keep on reading and scrolling!!

1. ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum

ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum menggunakan 1% encapsulated retinol yang merupakan retinol terstabilisasi sehingga lebih tahan dari oksidasi. Retinol dimuat di dalam ‘kapsul’ berukuran yang sangat kecil sehingga terlindungi dari faktor luar yang bisa merusak sehingga retinol tetap aktif dalam waktu yang lama.

Enkapsulasi juga dapat mengurangi efek iritasi retinol karena enkapsulasi membuat retinol dilepas perlahan di atas permukaan kulit sehingga lebih bisa ditoleransi oleh pemilik kulit sensitif. Akibatnya, konsentrasi retinol dapat dikurangi sehingga lebih lembut di kulit namun peresapannya lebih optimal sehingga jauh lebih efektif.

Tidak hanya itu ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum juga memiliki kandungan Multi-peptide Complex sebagai skin booster, Niacinamide dan Licorice Root Extract untuk merawat skin barrier, dan Hyaluronic Acid dan PHA untuk menghidrasi Kulit. Kadar PHA pada serum ini hanya berfungsi sebagai humektan sehingga tidak memberikan efek eksfoliasi. Sehingga, para pemilik kulit sensitif tidak perlu takut mengalami over eksfoliasi saat menggunakan serum ini.

2. Avoskin Miraculous Retinol Series

Miraculous Retinol Series terdiri dari Miraculous Retinol Ampoule dan Miraculous Retinol Toner. Miraculous Retinol Series merupakan seri produk pertama yang di dalamnya terdapat Actosome Retinol yang mengandung 0.09% retinol aktif yang aman digunakan untuk kulit sensitif.

Selain kandungan retinol, seri ini juga mengandung peptide, vitamin E, dengan green tea extract and raspberry yang bekerja secara optimal untuk menstimulasi regenerasi sel-sel baru dan meningkatkan produksi kolagen secara alami pada kulit untuk memudarkan garis-garis halus dan tampilan kulit yang lebih kencang.

3. Somethinc Level 1% Retinol

Produk ini memiliki kandungan retinol 1% yang telah dienkapsulasi dengan teknologi Gentinol Korea yang telah dipatenkan. Teknologi ini diformulasikan dengan pH setara pH kulit 5-6 dan memungkinkan kombinasi enkapsulasi retinol dengan antioksidan catechin yang tidak mengiritasi kulit dan aman bagi kulit senstitif. Dengan teknologi enkapsulasi ini, retinol juga tidak mudah menguap ke udara dan terpapar sinar UV sehingga efektivitasnya tetap terlindungi dan tidak teroksidasi.

Antioksidan catechin berfungsi serupa shield yang mengelilingi retinol. Sehingga ketika terekspos ke kulit yg sensitif, kandungan retinolnya tidak menyebabkan iritasi. Shield ini juga menjadikan kandungan di dalamnya lebih stabil saat mulai penetrasi ke dalam kulit. Catechin merupakan antioksidan terbaik dalam kandungan green tea yg bisa menjadi booster dalam anti aging, whitening, dan mild skin irritation.

Selain itu produk ini juga memiliki kandungan Ceramide3 dan Hyaluronic Acid di dalamnya. Bahan ini melindungi kulit dari radikal bebas, antipolusi, dan menjaga kadar air di lapisan kulit.

4. Votre Peau Skin Care Retinol + Ceramide

Serum ini memiliki kandungan retinyl palmitate yang dapat membantu meregenerasi kulit, mengurangi kerutan, menghaluska,n dan mengurangi sumbatan komedo. Baik untuk digunakan sebagai perawatan antipenuaan, hiperpigmentasi, dan kulit berjerawat. Selain itu, serum ini juga diperkaya dengan ceramide, formula ini menghaluskan kulit, mengurangi kekeringan kulit, dan menghasilkan kulit yang lembut dan lembap.

5. For Skin’s Sake Retinol Series

Seri ini terdiri dari Retinol Serum Concentrate dan Retinol Overnight Cream. Serumnya bekerja dengan meningkatkan turnover sel kulit, melawan penuaan dengan mengganti sel kulit yang sudah tua dengan sel kulit baru. Dengan kandungan bahan aktif retinol 0,1% dan diperkaya dengan hyaluronic acid, jojoba oil, dan vitamin E untuk kerutan dan garis halus yang terlihat berkurang, tekstur kulit terasa lebih halus, dan warna kulit terlihat merata.

Overnight Cream-nya akan melambat proses penuaan dan meningkatkan produksi kolagen semalaman. Pelembap ini diciptakan untuk bekerja selama kita tidur. Karena waktu tidur ini adalah saatnya sel kulit untuk memperbaiki dan meregenerasi dengan sendirinya. Selain kandungan retinol, krim ini juga diperkaya dengan Hyaluronic Acid, vitamin E, green tea, dan Centella Asiatica Extract.

Formula dari seri ini yang non-greasy, no paraben, no dyes, no fragrance, dan no silicone, membuat produk ini aman digunakan bagi semua jenis kulit, bahkan yang sensitif sekalipun.

6. Sunday Riley A+ High-Dose Retinoid Serum

Jika kamu adalah pencinta Sunday Riley Luna Oil, well this is the next step up. Ini merupakan serum retinoid berkekuatan dengan kandungan solution 6,5% dari campuran retinoid dan ekstrak tumbuhan alternatif retinol ke dalam kulit.

Menggabungkan 5% campuran retinoid ester, 1% campuran liposomal-encapsulated retinol, dan ganggang biru-hijau 0,5% yang dikenal sebagai alternatif retinoid alami, serum ini melawan tanda-tanda penuaan dan meningkatkan tampilan kongesti dan kerusakan UV kulit. CoQ10 yang dienkapsulasi membantu memperbaiki tampilan penuaan atau kulit yang rusak. Sementara madu putih Hawaii yang bersifat humektan, bisabolol, ekstrak kaktus, dan jahe yang langka berfungsi menyeimbangkan dan menenangkan kulit untuk tampilan kulit yang lebih tenang dan kencang.

Produk ini cruelty-free, sulfate-free, paraben-free, gluten-free, soy-free, phthalate-free, dan fragrance-free. Jadi aman kan bagi pemilik kulit sensitif!!

7. Elizabeth Arden Retinol Ceramide Capsules Line Erasing Night Serum

Karena retinol sangat sensitif terhadap cahaya dan udara, maka dari itu Elizabeth Arden memasukkannya ke dalam kapsul, untuk mencegah potensi cahaya dan udara keluar masuk. Produk ini mengklaim retinol dalam kapsulnya 76% lebih kuat daripada encapsulated retinol yang tidak dikemas. Ini berarti retinol yang sangat reaktif terlindungi. Produk ini merupakan inovasi yang jenius, yang berarti kamu mendapatkan serum retinol dengan ukuran yang tepat dan sempurna untuk setiap pengaplikasian.

Diformulasikan untuk mengurangi garis dan kerutan tanpa mengeringkan kulit karena kandungan ceramide-nya yang dapat meningkatkan kelembapan. Ceramide ini membantu melindungi dari kekeringan yang sering dikaitkan dengan retinol. Ini adalah pilihan terbaik untuk pemula. Kapsulnya juga dapat terurai karena sifatnya yang biodegradable. YASSS!!

8. Paula’s Choice Clinical 0.3% Retinol + 2% Bakuchiol Treatment

Triple action dari retinol, bakuchiol, dan peptide pada produk ini akan men-support produksi kolagen pada kulit dengan menargetkan garis-garis halus, kerutan-kerutan yang bertekstur, pori-pori membesar, dan hilangnya kekencangan kulit.

Kandungan retinol 0,3% dan 2% bakuchiol merupakan sister agent yang akan berjuang melawan kerutan. Peptide mendukung produksi kolagen yang sehat untuk meningkatkan kekencangan. Semua yang dibutuhkan untuk mendapatkan kulit sehat yang lebih muda.

9. The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane

Produk ini merupakan water-free solution yang mengandung konsentrat 2% dari advanced retinoid active complex yang disebut Granactive Retinoid yang telah terbukti menawarkan hasil yang lebih baik terhadap berbagai tanda penuaan daripada retinol, tanpa menimbulkan iritasi dan efek buruk yang umum terjadi pada retinol.

Dengan kandungan Hydroxypinacolone Retinoate yang merupakan bentuk next-generation retinoid yang memberikan efek multikali lipat lebih baik terhadap tanda-tanda penuaan daripada retinol, retinyl palmitate, dan hampir semua bentuk retinoid non-prescription lainnya tanpa iritasi.

10. Skeyndor Power Retinol Intensive Repairing Serum-in-Cream

Produk ini merupakan serum anti aging dalam krim dengan pure concentrated retinol. Tidak hanya mengandung pure retinol 0,09%, tetapi juga bakuchiol 1.0% yang keduanya dikenal sebagai anti aging agent sister. Serum ini memberikan efek peremajaan pada kulit dengan kerutan dan juga vlek hitam. Aplikasikan Skeyndor Power Hyaluronic di pagi harinnya untuk mengurangi efek kering dari retinol.

So you’ve got all the deets about local and well-known retinoid brand. Choose wisely for a better skin, a better you. Mwaaah!!

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Peptide Dan Probiotic: 2 Actives Yang Mampu Lawan Penuaan

2 anti-aging actives yaitu peptide dan probiotic, ternyata bisa ditemukan di dalam satu produk. Check this article out for details!

Kolaborasi Spesial Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 Guna Meningkatkan Kesadaran Akan Kanker Payudara 🎀

Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 yang superUwU (✿◕‿◕).

Wardah Scholarship Program Berikan Beasiswa Kepada 100 Mahasiswi Untuk 30 Perguruan Tinggi Di Indonesia🎓!

Daftar Wardah Scholarship Program sekarang dan raih beasiswa sampai lulus 🎓!

2 Perawatan Kulit Praktis Setelah Beraktivitas Di Luar Rumah

Pas banget buat tim #mager kayak kami!

Hydra Rose Series Dari Wardah: Jaga Kelembapan Kulit Selama 72 Jam

Dengan keunggulan utama dari 72 Hours Hydrating Active dan Avalanche Rose Oil pada Wardah Hydra Rose Series, kulit terhidrasi sempurna hingga 72 jam.

Penyuka Pedas, Siap Untuk Lip Gloss 💄 Rasa Sambal 🌶️ Ini?

Tak ada sambal 🌶️, lip gloss 💄 pun jadi!. Ehhh 😕😕😕???

Es Krim Sehat 🍦 Ini Punya Cara Unik Untuk Berkontribusi Dalam Penanggulangan Penyebaran Covid-19 😷!

Enak 🍦, sehat 💪, dan berbagi kebaikan 💕 pula untuk banyak orang!

🐌 Lendir Si Siput 🐌 Untuk Perawatan Area 👁️ Mata 👁️ Kamu!

🐌 Lendir si siput 🐌 untuk perawatan area 👁️ mata 👁️ kamu!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!