HomeBeauty LifestyleLazada Hadirkan ‘Fashion of The Next Normal’ di Panggung Lazada x JFW...

Lazada Hadirkan ‘Fashion of The Next Normal’ di Panggung Lazada x JFW 2023 Bersama 8 Desainer Berbakat Indonesia

Lazada Indonesia sebagai destinasi fashion online, kembali memberikan dukungan lanjutan sebagai official e-commerce partner pada pagelaran fashion terbesar di Indonesia, yaitu Jakarta Fashion Week (JFW) 2023. Di tahun keempat kolaborasi dengan JFW, Lazada menyelenggarakan fashion show bertema “Fashion of The Next Normal” dengan menggandeng delapan desainer berbakat Indonesia, yakni Shining Bright Co., Super Sentimental Secret Theory (SSST), Elnov, Auctus, Heaven Lights, Ederra, NUC.ID, dan MAIMA untuk  menghadirkan koleksi-koleksi eksklusif bersama Lazada. Pagelaran Lazada x JFW 2023 ini akan diadakan pada tanggal 25-26 Oktober pukul 19.00 WIB, dan dapat kamu saksikan secara offline, maupun secara live melalui teknologi live streaming LazLive di aplikasi Lazada.

Baca Juga: Berani Ekspresikan Beautymu Lewat Kanal LazBeauty di Aplikasi Lazada

Intan Ayu Kartika, CMO Lazada Indonesia mengatakan “Sejalan dengan semangat ‘Tambah ke Troli, Tambah ke Hidupmu’, kolaborasi Lazada dengan Jakarta Fashion Week 2023 yang mengangkat tema ‘Fashion of The Next Normal’ diharapkan dapat menambah warna di kehidupan konsumen khususnya dari sisi fashion. Selain itu, kami percaya JFW juga akan menjadi wadah yang tepat untuk mempertemukan ide kreatif dari para desainer serta menjadi sumber inspirasi para pecinta fashion, sejalan dengan komitmen Lazada. ”

Di era ‘new normal’, masyarakat mulai beradaptasi dalam kesehariannya, salah satunya dalam hal penampilan dimana kenyamanan menjadi aspek utama dalam berbusana. Hal itu pula yang menjadi landasan ‘Fashion of The Next Normal’ dalam menyajikan koleksi para desainer yang merefleksikan tren terkini di era ‘next normal’ menyesuaikan dengan karakter masyarakat Indonesia yang beragam.

Delapan desainer Indonesia akan menampilkan ciri khasnya masing-masing melalui koleksi di pagelaran ‘Fashion of The Next Normal’ Lazada x JFW 2023 pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2022 pukul 19.00 WIB mendatang. Kedua pagelaran tersebut bisa disaksikan secara eksklusif melalui teknologi live streaming LazLive di aplikasi Lazada, dengan jadwal sebagai berikut:

  • 25 Oktober: Super Sentimental Secret Theory (SSST); Shining Bright Co., Elnov, dan Auctus.
  • 26 Oktober: Heaven Lights, Ederra, NUC.ID, dan MAIMA.

Tetapi sebelumnya kita kenalan dulu dengan masing-masing brand yang akan berlaga di di pagelaran ‘Fashion of The Next Normal’, kolaborasi Lazada x JFW 2023 ini. ⏬

1. TONE OF LOVE by Elnov

TONE OF LOVE by Elnov di Lazada x JFW 2023
TONE OF LOVE by Elnov di Lazada x JFW 2023

Brand lokal yang didirikan pada tahun 2019, mengkhususkan diri pada dunia Fashion Wanita Ready To Wear. Berkolaborasi dengan Lazada di panggung Jakarta Fashion Show 2023, membawa cerita tersendiri bagi desainer lokal ini . Dengan tema The Next New Normal yang dihadirkan oleh Lazada tahun ini, ELNOV menceritakan pengalamannya selama pandemi sampai mulai kembali normal dengan terus berinovasi. Koleksi ELNOV sebelumnya hadir untuk dipakai di luar rumah, seperti jalan-jalan, party, dinning, dan lainnya. Setelah pandemi, konsep berpakaian hampir semuanya bergeser dan berubah. Hal ini dikarenakan karena berkurangnya aktivitas di luar rumah.

Melihat hal tersebut, ELNOV mengubah polanya dari menjual baju Ready To Wear ke koleksi untuk baju tidur, masker, dan lain-lain. Elnov sadar bahwa untuk tetap survive selama pandemi, dibutuhkan inovasi dan kreativitas, dan juga harus berani keluar dari zona nyaman.

Koleksi Elnov kali ini terinspirasi dari New Year dan Christmas, karena warna-warna christmas yang identik dengan kebahagiaan. Menjelang perayaan tersebut, Elnov hendak berbagi banyak kebahagiaan bagi orang-orang melalui koleksinya dari ELNOV.

2. FEELING EUPHORIA by Auctus

FEELING EUPHORIA by Auctus di Lazada x JFW 2023
FEELING EUPHORIA by Auctus di Lazada x JFW 2023

Auctus berdiri pada bulan November 2020. Berawal dari kecintaan akan fashion, brand Auctus lahir menjadi brand fashion lokal dengan ciri khas fun dan colorful. Kehadirannya bertujuan untuk membawa keceriaan dari produk Auctus yang penuh warna, sehingga dapat membuat “AuctusBabes” tampil beda dan juga lebih percaya diri. Brand Auctus sendiri berasal dari Bandung, dimana Bandung terkenal akan UMKM rajut dan jeans. Harapannya dengan adanya Brand Auctus dapat menjadi tangan untuk membantu para pengrajin yang sedang berjuang menghadapi pandemi agar tetap terus berkembang.

Koleksi yang diberi nama Feeling Euphoria ini terinspirasi dari serial drama Euphoria. Euforia yang kita tahu adalah sebuah perasaan atau keadaan dengan kegembiraan dan kebahagiaan yang intens. Auctus percaya Euforia mode menghasilkan pola pikir budaya saat ini tentang ekspresi diri yang penting. Fashion tentunya merupakan suatu bentuk eksplorasi diri yang dapat diubah sesuai dengan perasaan untuk menjadikan seseorang unik, sehingga menjadi sebuah seni. Bagi Auctus sendiri fashion adalah pakaian, tetapi gaya adalah seseorang. Ketika seseorang mengenakan sesuatu yang nyaman dan mewah, itu akan membuat mereka merasa hebat tentang diri sendiri dan apa yang dipilih untuk dikenakan akan mengungkapkan kesadaran dan kepercayaan diri seseorang.

3. SENTIMENTAL INMATE by SuperSentimental Secret Theory (SSST)

SENTIMENTAL INMATE by SuperSentimental Secret Theory (SSST) di Lazada x JFW 2023
SENTIMENTAL INMATE by SuperSentimental Secret Theory (SSST) di Lazada x JFW 2023

Brand Bandung SSST ini selalu hadir dengan karyanya yang selalu unik dan memiliki cerita menarik pada setiap koleksinya. Tahun ini menjadi kali kedua SSST hadir pada JFW 2023 dengan membawa koleksi Sentimental Inmate. Koleksi ini terinspirasi dari sebuah perasaan mengapa kita merasa seperti terjebak dengan hal-hal yang membedakan masing-masing dari kita, membuat setiap dari kita merasa seperti tidak biasa karena jauh terpisah dari masyarakat. Dalam koleksi ini, SSST membuat sebuah perumpamaan perasaan, dimana seseorang merasa berada di kondisi kegelapan yang tak terputus oleh cahaya, seperti layaknya hidup dalam penjara.

4. PRIMITIVE JUNGLE by Shining Bright Co.

PRIMITIVE JUNGLE by Shining Bright Co. di Lazada x JFW 2023
PRIMITIVE JUNGLE by Shining Bright Co. di Lazada x JFW 2023

Shining Bright Co. didirikan pada tahun 2012, dimulai dari salah satu partner dari Shining Bright Co. yang bernama Fiyan sastro mengajak untuk membuat clothing line. Brand ini lahir dari munculnya untuk membuat produk sendiri yang dapat dijual ke lingkungan dan followers dari masing-masing brand owner, dengan kualitas premium namun dengan harga pelajar. Hal ini juga tercetus dari kegiatan belanja produk branded yang pada akhirnya tidak terpakai.

Sesuai dengan judulnya “Primitive Jungle”, koleksi Shining Bright Co. di JFW tahun 2023 ini, terinspirasi dari kata “jungle” itu sendiri. Shining Bright Co. mencoba untuk meng-explore sisi lain dari jungle yang tidak melulu tentang kebuasan binatang dan lingkungan mereka, tetapi mencoba meng-embrace sisi keindahan mereka lewat visual graphic yang menggambarkan fisik, ambience, atau momen dari jungle tersebut.

5. FLEUR ALLURE by Heaven Lights

FLEUR ALLURE by Heaven Lights di Lazada x JFW 2023
FLEUR ALLURE by Heaven Lights di Lazada x JFW 2023

Koleksi Heaven Lights ini terinspirasi dari perasaan baik tentang diri sendiri, yang merupakan wacana manis yang selalu digaungkan untuk meningkatkan kepercayaan diri kaum hawa. Bermula dari pilihan pakaian yang tidak hanya melibatkan netra dan indra peraba (feeling the fabric), tapi juga intuisi. Tentunya rasa ini perlu ditata dan dijaga sejak memilh busana sehari-hari.

Dengan berbagai eksplorasi yang didukung dengan pengalaman yang mumpuni, Heaven Lights merancang sebuah koleksi pakaian sehari-hari yang mengangkat motif flowery nan feminine dan motif geometris yang menggunakan berbagai unsur garis. Dikemas dalam gabungan siluet dan teknik pleats yang menghasilkan tampilan yang chic, elegan, dan mempesona.

Eksistensi busana sehari-hari dengan detail unik dan warna pastel akan menjadi salah satu pilihan pada musim semi/panas 2023. Nuansa lembut seperti momen bunga yang bermekaran, sinar matahari kekuningan yang hangat, dan siluet awan sehalus permen gula membawa kebahagiaan dan perasaan baik, tidak hanya pada yang menggunakannya tapi juga lingkungan sekitar. Pesan inilah yang akan dibawa oleh Heaven Lights melalui koleksi bertema Fleur Allure yang akan ditampilkan dalam gelaran Lazada x Jakarta Fashion Week 2023.

6. ORNATE by MAIMA

ORNATE by MAIMA di Lazada x JFW 2023
ORNATE by MAIMA di Lazada x JFW 2023

Brand yang telah berdiri pada akhir tahun 2013 ini didirikan oleh Irmasari Joedawinata yang pada saat itu berencana mengenakan hijab, namun merasa belum ada produk yang sesuai dengan keinginannya. Dari sinilah terbentuk rencana untuk membangun brand dan memproduksi modest clothing line yang sesuai dengan style dan selera dari sang brand owner. Setelah berdiskusi bersama Winda Mariska Aurora selaku Managing Director, akhirnya terbentuklah kesepakatan untuk membangun Brand bernama Maima Indonesia.

Koleksi MAIMA untuk JFW 2023 bersama Lazada, terinspirasi dari bunga-bunga musim semi yang playfull dengan warna warna nude dan sentuhan bunga. Koleksi ini sedikit berbeda dengan koleksi maima sebelumnya dengan memilih motif yang lebih berwarna. Namun tetap tidak menghilangkan DNA-nya, MAIMA menyeimbangkan koleksinya menggunakan motif abstract dengan tone warna yang sesuai. Cutting-nya sendiri memilki desain layering khas MAIMA.

7. BERSERI by Ederra

BERSERI by Ederra di Lazada x JFW 2023
BERSERI by Ederra di Lazada x JFW 2023

Koleksi yang dihadirkan oleh Ederra untuk Jakarta Fashion Week 2023 bersama Lazada kali ini terinspirasi dari representasi kondisi pandemi yang dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Tahun ini juga merupakan tahun pertama JFW yang diadakan offline dan sekaligus menjadi tahun pertama juga untuk Ederra ikut bergabung di pagelaran fashion show bersama Lazada. Situasi tersebut menjadi kenangan sekaligus sebagai salah satu moment di perjalanan Ederra berdiri yang tertuang pada koleksi ini. 

Ederra melihat pada saat itu setiap masyarakat ingin kembali hidup normal dengan berbagai mimpi dari masing-masing individu. Sampai akhirnya setiap kalangan masyarakat dipaksa menjalani situasi di luar kontrol sebagai manusia. Pandemi yang mulai melanda di awal 2020 ini seakan menjadi situasi bagaimana alam mencari keseimbangannya kembali. Banyak yang terpuruk, banyak juga yang justru menemukan titik puncaknya. Terseok hingga berusaha merangkak selama hampir 2 tahun dan pada akhirnya waktu ini tiba, waktu titik balik setiap manusia untuk kembali. Layaknya bunga yang selalu berproses agar mekar dan berseri, begitu juga setiap individu dalam menghadapi situasi ini. Filosofi ini juga tidak hanya terepresentasi di koleksi BERSERI ini, tapi juga pada beat music runaway mereka. 

8. PEWAYANGAN MAHABRATA SERIES by NUC.ID

PEWAYANGAN MAHABRATA SERIES by NUC.ID di Lazada x JFW 2023
PEWAYANGAN MAHABRATA SERIES by NUC.ID di Lazada x JFW 2023

Pada koleksi Lazada ‘Fashion of the Next Normal’ JFW 2023 kali ini, NUC.ID terinspirasi oleh tokoh-tokoh Pandawa yang terdapat pada pewayangan Mahabharata. Dimana tokoh-tokoh Pandawa ini secara umum bisa digambarkan memiliki karakteristik sifat-sifat kebaikan yang patut diteladani, sehingga melalui koleksinya diharapkan bisa memberikan semangat sifat-sifat kebaikan kepada penggunanya.

Selain menyaksikan pagelaran busana, kamu juga dapat menikmati fitur See Now Buy Now. Fitur ini memungkinkan kamu untuk dapat langsung membeli koleksi yang ditampilkan selama acara berlangsung melalui aplikasi Lazada agar semakin mudah mencari mode yang paling sesuai dengan kepribadian kamu. Aplikasi ini akan menampilkan desain streetwear yang menjadi ciri khas dari desainer SSST; berbagai atasan kasual, basic namun timeless ala Shining Bright Co.; berbagai kebutuhan fashion wanita yang modis dan elegan dari koleksi Elnov; koleksi wanita dengan perpaduan warna yang beraneka ragam dari Auctus; hingga koleksi busana trendy dan stylish untuk modest wear yang dihadirkan oleh Heaven Lights, Ederra, NUC.ID, serta MAIMA.

Lazada juga menghadirkan LazLook, kanal khusus fashion yang menampilkan berbagai inspirasi gaya #OOTD busana serta aksesoris yang trendy dan stylish yang sudah terkurasi untuk kamu para pecinta fashion di Indonesia BeautyBabes. Inovasi-inovasi di ekosistem fashion Lazada ini memungkinkan desainer untuk memamerkan karya mereka sekaligus mendapatkan insight langsung dari konsumen; dan konsumen berkesempatan untuk memperoleh akses tak terbatas ke berbagai fashion terkini yang telah terkurasi dengan baik. 

“Kolaborasi Lazada x JFW 2023 ini adalah wujud dukungan Lazada untuk industri fashion Indonesia agar mampu berkreasi dengan bebas dan dikenal lebih luas oleh konsumen Indonesia. Lazada berkomitmen untuk menghadirkan ekosistem fashion yang terus tumbuh, salah satunya adalah dengan menciptakan platform yang menghubungkan desainer dengan konsumen. Hal ini pun sejalan dengan tema yang diusung oleh JFW yaitu ‘Fashion Reformation’, di mana Lazada percaya bahwa digital adalah bagian dari reformasi fashion yang dapat membantu industri fashion untuk terus beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman,” lanjut Intan.

Selama pagelaran fashion show JFW 2023 berlangsung, kamu bisa mendapatkan koleksi eksklusif Lazada x JFW 2023 dengan diskon hingga 85% dan Bebas Ongkir Se-Indonesia khusus di tanggal 24-30 Oktober 2022. Kunjungi tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut seputar kolaborasi Lazada x JFW 2023.

VISIT NOW!

Anindita Prameswari
Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive. Follow me on Instagram @prameswanindita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_img

Beauty A to Z