Home Editor's Picks Pentingnya Antioksidan Untuk Kesehatan Kulit

Pentingnya Antioksidan Untuk Kesehatan Kulit

Kamu mungkin sudah menyadari bahwa antioksidan ada dalam beberapa produk perawatan kulit favorit kamu. Tetapi bisa jadi kamu tidak mengenal seperti apa sebenarnya antioksidan itu atau bagaimana cara kerjanya. Nah, ada baiknya kita membiasakan diri dengan kandungan aktif kelas all-star ini, karena antioksidan dapat melakukan banyak hal baik untuk kulit kamu BeautyBabes.

Yuk pelajari apa yang dikatakan sains tentang antioksidan dan kesehatan kulit dan bagaimana kamu bisa mendapatkan manfaat terbaik saat memilih produk perawatan kulit dengan antioksidan!!

Apa Itu Antioksidan?

Istilah antioksidan adalah kata kunci yang digunakan di seluruh industri kesehatan dan kecantikan. Namun, banyak orang tidak begitu jelas tentang apa sebenarnya antioksidan itu dan mengapa mereka sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Antioksidan adalah sekelompok senyawa alami (ditemukan dalam vitamin dan mineral) yang memerangi radikal bebas dan melindungi sel kita dari kerusakan oksidatif. Tubuh kita sebenarnya mampu membuat beberapa antioksidan sendiri. Tetapi sebagian besar antioksidan harus kita dapatkan dari makanan atau suplemen yang kita makan.

Meskipun begitu, ada beberapa indikasi bahwa suplemen antioksidan tidak seefektif mendapatkan antioksidan melalui nutrisi dari apa yang kita konsumsi. Kandungan antioksidan bisa didapatkan secara melimpah terutama dari buah-buahan dan sayuran segar. Mereka penting untuk kesehatan seluruh tubuh, tidak hanya kulit.

Antioksidan vs Radikal Bebas

Untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap tentang antioksidan, kita juga harus memahami radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang kehilangan elektron. Radikal bebas tidak stabil karena rasio elektron dan protonnya yang tidak merata, sedangkan molekul yang stabil memiliki jumlah elektron dan proton yang genap. Ketika sebuah molekul terpecah dan ditinggalkan dengan elektron yang tidak berpasangan, molekul tersebut menjadi tidak stabil.

Molekul yang tidak stabil akan mencoba menyeimbangkan dirinya dengan mencari elektron ekstra dan mencurinya dari molekul lain di dalam atom kulit kita. Ini menciptakan efek domino pencurian elektron, yang merusak sel. Molekul tidak stabil ini lantas berkeliling mencuri elektron dari molekul lain, merusak sel-sel sehat dalam prosesnya, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit, kanker, peradangan, dan penuaan kulit yang cepat.

Sebenarnya molekul tidak stabil ini diciptakan melalui proses tubuh normal seperti pencernaan. Tetapi, mereka juga diproduksi ketika kita terpapar sinar matahari berlebih, polusi, radiasi, asap rokok, dan banyak lagi.

Antioksidan memberikan efek perlindungan terhadap penuaan dan penyakit.

Sedangkan antioksidan adalah kebalikan dari radikal bebas. Mereka membersihkan radikal bebas dengan menyediakan elektron yang hilang untuk molekul yang tidak stabil dan mencegah kebutuhan molekul ini untuk mencuri elektron dari molekul lain. Proses ini menghentikan efek domino dari pencurian elektron. Ini pada dasarnya menonaktifkan radikal bebas dan mencegahnya merusak sel, sehingga memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan sel yang mengakibatkan penuaan dan penyakit.

Walaupun radikal bebas mendapatkan reputasi buruk, tetapi mereka tidak sepenuhnya buruk. Misalnya, radikal bebas digunakan oleh sistem kekebalan untuk membantu melawan bakteri. Jadi mereka penting bagi mekanisme tubuh agar berfungsi sebagaimana mestinya. Masalah terjadi ketika ada terlalu banyak radikal bebas dibandingkan dengan antioksidan. Tanpa antioksidan yang cukup untuk menahan radikal bebas berlebih, mereka bebas berkeliaran merusak sel.

Manfaat Antioksidan Bagi Perawatan Kulit

Stres oksidatif (kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas) adalah penyebab utama penuaan kulit. Kulit kita mengalami stres oksidatif melalui faktor lingkungan, seperti polusi dan sinar UV dari matahari, dan melalui kebiasaan yang tidak sehat, seperti asap rokok dan konsumsi makanan olahan.

Dengan menstabilkan radikal bebas, antioksidan melindungi kulit dari stres oksidatif, memungkinkan sel-sel kulit untuk sembuh dan beregenerasi lebih cepat. Radikal bebas terkenal karena merusak kolagen alami dan elastisitas kulit kita, di situlah penuaan cepat muncul.

Antioksidan dapat kita temukan secara berlimpah dalam makanan segar dan sehat. Ada banyak penelitian yang menegaskan bahwa makan makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mencegah penuaan dan membuat kita lebih sehat lebih lama.

Maka dari itu banyak produk perawatan kulit memasukkan antioksidan ke dalam formulasinya untuk memberikan manfaat antioksidan langsung ke kulit. Sejauh ini, tampaknya antioksidan topikal yang terdapat pada produk skincare dapat memberikan sejumlah manfaat. Manfaat transformatifnya termasuk melembapkan dan mencerahkan kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta mengurangi peradangan dan rosasea.

1. Memperlambat Penuaan Dini

Dengan paparan sinar matahari dan polutan selama bertahun-tahun, kulit kita mulai menunjukkan efek stres oksidatif yang mempercepat proses penuaan. Antioksidan bekerja untuk memerangi kerusakan ini dengan menyeimbangkan molekul tidak stabil yang mengurangi kolagen dan elastisitas alami kita, serta merusak jaringan kulit kita. Proses stabilisasi ini membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan serta mengembalikan keremajaan alami kulit.

2. Menenangkan Peradangan Dan Memerangi Jerawat

Radikal bebas tidak hanya menyebabkan kulit menua dengan cepat. Tetapi radikal bebas juga menjadi penyebab jerawat. Molekul yang tidak stabil ini menyebabkan peradangan pada kulit, yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Kulit bereaksi terhadap pori-pori yang tersumbat ini dengan noda merah yang meradang, bengkak, atau jerawat.

Karena antioksidan mengurangi efek radikal bebas yang menyebabkan jerawat, membantu mengurangi peradangan, dan mungkin memiliki efek menenangkan pada kulit, antioksidan menjadi solusi antijerawat yang efektif.

3. Mencerahkan Kulit Dan Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi yang disebabkan oleh perubahan hormonal, kerusakan akibat sinar matahari, jerawat, dan produksi melanin yang tidak teratur, dapat diatur dengan antioksidan. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat menghambat enzim tirosinase yang bertanggung jawab untuk produksi melanin. Dengan menghambat tirosinase, vitamin C menstabilkan produksi melanin untuk meratakan warna kulit, mengurangi bintik hitam dan hiperpigmentasi untuk kulit yang seimbang dan cerah.

4. Membantu Kulit Memperbaiki Dirinya Sendiri

Peradangan menghambat proses pembaruan kulit. Dengan mengurangi peradangan, antioksidan memungkinkan kulit memperbaiki dirinya sendiri dan memperbaiki kerusakan yang terlihat. Beberapa antioksidan, juga dapat merangsang produksi kolagen dan mempercepat proses regenerasi sel, yang penting untuk kulit tampak muda dan sehat.

5. Merawat Bekas Luka

Mengurangi munculnya jaringan parut akibat bekas luka adalah manfaat penting lain dari antioksidan dalam perawatan kulit. Jaringan parut memiliki struktur sel yang berbeda dari kulit yang sehat, yang membuatnya tampak lebih kaku dan tebal. Banyak jenis antioksidan, termasuk yang ditemukan dalam lidah buaya dan ekstrak bawang yang disebut allium dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan parut, meminimalkan tampilan bekas luka, dan mendorong perkembangan kulit baru.

6. Memperbaiki Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Kita semua tahu bahwa terlalu banyak sinar matahari berbahaya dan juga bisa berdampak buruk bagi tampilan kulit, membuatnya kering, dan merusak sel-sel. Kerusakan akibat sinar matahari dapat membuat kulit tampak keras dan menghasilkan kerutan. Antioksidan yang merangsang aliran darah di kulit dapat membantu mendorong pertumbuhan sel-sel baru dan membuat kulit yang rusak akibat sinar matahari tampak lebih muda. Tetapi yang perlu diingat adalah antioksidan dapat bekerja sebagai pelindung terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV, jika dibantu sunscreen.

Kekurangan Dari Antioksidan

Kelemahan terbesar menggunakan antioksidan dalam produk perawatan kulit adalah tidak ada jaminan bahwa produk tersebut mampu memberikan hasil.

Masalahnya ada dua. Pertama, banyak penelitian dapat menunjukkan bahan perawatan kulit tertentu memang memiliki kualitas antioksidan, tetapi seberapa besar manfaatnya dapat diserap oleh kulit masih belum jelas, sehingga ini tergantung pada formulasi produk itu sendiri. Antioksidan harus dapat diserap oleh kulit agar dapat berfungsi dengan baik dan kulit bisa merasakan manfaat baiknya. Seberapa baik mereka diserap sangat tergantung pada bagaimana produk perawatan kulit diformulasikan.

Masalah kedua adalah bahwa antioksidan itu sendiri cukup rapuh. Mereka dapat dengan mudah menjadi tidak aktif dan menjadi tidak berguna dalam suatu produk perawatan kulit. Antioksidan mudah terdegradasi saat terkena cahaya, udara, dan perubahan suhu. Oleh karena itu diperlukan teknologi kemasan dan formula yang dapat membuat antioksidan pada suatu produk perawatan kulit tetap stabil dan potent pada saat diaplikasikan.

10 Antioksidan Terbaik Untuk Kulit

Ada banyak jenis antioksidan, beberapa lebih kuat daripada yang lain. Yang digunakan dalam produk perawatan kulit topikal dapat melindungi sel dari sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya yang menghasilkan radikal bebas yang merusak. Berikut adalah antioksidan paling populer yang ditemukan dalam produk perawatan kulit.

1. Vitamin A

Vitamin A adalah sumber antioksidan pertama yang kami masukkan ke dalam daftar. Retinol, turunan dari vitamin A, penuh dengan manfaat perawatan kulit. Antioksidan ini merangsang produksi kolagen, mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit untuk tampilan kulit yang kencang. Vitamin A juga meningkatkan pergantian sel, yang berarti mempercepat kulit dalam melepaskan sel-sel kulit mati yang lama dan menghasilkan sel-sel kulit baru yang direvitalisasi.

Baca Juga: Apa Itu Vitamin A? Manfaat Penggunaan Retinol Dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Jika ada satu bahan yang telah terbukti berkali-kali untuk membantu membalikkan waktu pada kulit yang menua, itu adalah retinol. Merupakan turunan dari vitamin A, antioksidan ini sangat efektif karena struktur molekulnya yang kecil, yang memungkinkannya menembus cukup dalam ke dalam kulit sehingga dapat secara efektif merangsang produksi kolagen dan mempercepat pembaruan dan perbaikan sel. Baik retinol yang dijual bebas maupun bentuk resep vitamin A (retinoid seperti tretinoin) ampuh dalam menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, serta memperbaiki warna dan perubahan warna kulit.

The Aesthetics Skin x Puchh Are You Ready for This Gelly

Merupakan produk perawatan wajah dalam bentuk gel sehingga ringan dan mudah meresap pada kulit. Kandungan Granactive Retinoid dan Orobanche dapat membantu meremajakan kulit tanpa menimbulkan iritasi bagi kulit sensitif. Sedangkan Hyaluronic Acid dan Allantoin berfungsi untuk menambahkan hidrasi ke kulit dan baik untuk untuk kulitmu yang sensitif karena sifatnya yang calming, soothing, dan wound healing.

Glowlabs Retinol Cica Night Serum

Serum retinol ini menggunakan Granactive Retinoid atau Hydroxypinacolone Retinoate yang terbukti lebih gentle tapi juga lebih powerful daripada retinol. Di dalamnya juga terdapat kandungan Centella Asiatica yang dapat mengurangi proses peradangan kulit. Retinol Cica Night Serum ini diformulasikan menggunakan Gentle Technology dalam bentuk Lactokine™️ yang membantu mengurangi potensi iritasi akibat penggunaan bahan aktif, sehingga serum ini cocok untuk kulit yang sensitif dan kamu yang newbie dalam penggunaan retinol.

2. Vitamin C

Vitamin C harus ada dalam rutinitas perawatan kulit kamu karena sejumlah alasan. Terkenal karena efek mencerahkannya, vitamin C membantu meratakan warna kulit dengan mengurangi dan mencerahkan hiperpigmentasi. Vitamin C membantu merangsang produksi kolagen yang membuat kulit lebih kencang dan memudarkan vlek hitam.

Baca Juga: JLAxBeautyBeat: Vitamin C, Skincare Ingredient Yang Trending Untuk Musim Semi Ini!

Antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan kulit yang optimal dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Faktanya, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kulit. Asupan vitamin C yang cukup dapat mengurangi peradangan, mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, melembapkan kulit, dan membantu tubuh dalam penyembuhan luka.

Serum vitamin C topikal dapat mengurangi munculnya pori-pori yang membesar, meratakan pigmentasi kulit, dan mengurangi kerutan untuk menjaga kulit awet muda.

Bio Beauty Lab Potent-C Power Serum

Dengan kandungan utama Tetrahexyldecy Ascorbate, mampu memberikan penyerapan vitamin C ke kulit 50 kali lebih kuat daripada vitamin C tradisional pada umumnya. Vitamin C-nya dapat membantu mengurangi penuaan dini, garis halus, memperbaiki tekstur kulit wajah, dan mencerahkan.

Avoskin X Paola Serena Miraculous Divine Aura Ampoule

Merupakan ampul yang memiliki kandungan vitamin C dari 3% 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, selain itu terdapat kandungan 7.5% Niacinamide, 2% Marine Collagen, dan 2% Hyacross di dalamnya yang mampu menyamarkan garis halus dan kerutan sekaligus menjaga kelembapan kulit. Bahan aktif tersebut berfungsi sebagai anti aging serta dapat menenangkan kulit yang iritasi.

3. Vitamin E

Untuk orang-orang yang berjuang dengan jerawat, psoriasis, atau kulit kering, Tocopherol sebagai suatu bentuk vitamin E adalah bahan perawatan kulit yang sangat baik untuk dimasukkan dalam regimen harian kamu.

Seperti antioksidan lainnya, Tocopherol melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan ini meningkatkan aktivitas seluler dengan melawan efek oksidasi pada kulit. Bahan ini juga mengurangi peradangan dan menghidrasi kulit untuk mempertahankan penampilan yang kencang dan penuh.

Dengan kemampuan untuk mengobati kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan, melembapkan kulit, dan mencegah kulit terbakar, antioksidan ini adalah komponen yang paling sering digunakan dalam banyak moisturizer dan serum untuk alasan yang baik.

Bio-Oil®

Produk multifungsi ini adalah merupakan skincare product yang kaya akan vitamin E yang dapat digunakan untuk siapa saja. Produk ini dapat dipakai sebagai face oil, body oil, dan bahkan membantu menghilangkan bekas luka ringan. Bio-Oil® ini dapat membuat kulit lembap dan halus dan aman juga dipakai oleh ibu hamil dan menyusui yang biasanya memiliki kulit yang ekstra kering dan dapat mencegah munculnya stretch marks.

Klairs Freshly Juiced Vitamin E Mask

Walaupun namanya masker, produk ini dapat digunakan sebagai masker, sleeping pack, atau pelembap harian. Diperkaya dengan kandungan antioksidan vitamin E, Niacinamide, dan Adenosine, membuat masker dengan tekstur puding ini bagus untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi, kencang, radiant, dan terhindar dari kerutan. Masker ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV pada siang hari dan membantu memperbaiki kerutan dan regenerasi kulit pada malam hari.

4. Ferulic Acid

Ferulic Acid merupakan zat antioksidan alami yang ditemukan dalam biji buah seperti jeruk, apel, sayuran, dan kacang. Seperti antioksidan lainnya, Ferulic Acid bekerja melawan dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dari paparan sinar radiasi UVA dan UVB sinar matahari serta dari polusi udara.

KLEVERU Vitamin C 10% Ferulic Serum

Merupakan serum yang diformulasikan dengan tiga jenis antioksidan tinggi (10% vitamin C, Ferulic Acid, dan Sea Buckthorn) untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, menyamarkan bekas jerawat, hiperpigmentasi, vlek hitam, dan kerutan halus pada wajah. Serum ini juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, serta merawat kehalusan dan kelembutan kulit wajah.

The Ordinary Resveratrol 3% + Ferulic Acid 3%

Formula pada serum ini menggabungkan konsentrasi yang sangat tinggi dari dua antioksidan paling kuat dan penting dalam perawatan kulit, yaitu Resveratrol dan Ferulic Acid. Formulasi perawatan kulit umumnya menggabungkan Resveratrol pada konsentrasi 1% atau kurang dan Ferulic Acid pada konsentrasi 0,5% atau kurang. Formula masing-masing antioksidan yang digunakan pada serum ini adalah 3%, yang merupakan konsentrasi yang cukup tinggi.

5. Niacinamide

Niacinamide, juga dikenal sebagai nicotinamide, adalah bentuk vitamin B3 yang melindungi kulit dari kerusakan lingkungan, mengurangi garis-garis halus, mengurangi munculnya pori-pori yang membesar, dan mencerahkan kulit agar tampak segar. Niacinamide juga dapat memperbaiki warna dan tekstur kulit, serta membantu memudarkan dark spots.

Baca Juga: Niacinamide, Si Teman Baik Kulitmu Dan Perawatan Kulitmu

Antioksidan ini bekerja dengan baik dengan bahan perawatan kulit seperti retinol, vitamin C, dan hyaluronic acid. Menggunakan niacinamide bersama dengan serum hyaluronic acid yang menghidrasi akan membantu kulit mempertahankan kelembapan dan mengatasi kerutan yang memberikan efek kulit yang plump, supple, dan kencang.

Terra Beaute Moonlight Radiance Cream

Night cream yang diformulasikan dengan kandungan Niacinamide, Alpha Arbutin, dan Tranexamic acid ini dapat membantu menyamarkan vlek hitam serta mencerahkan kulit wajah. Dilengkapi ekstrak Chamomile, Carica Papaya Fruit Extract, dan vitamin E untuk melembapkan serta menutrisi kulit wajah. 

JUJU & CO DREAM DOSE

Bayangkan betapa lembap dan cerahnya kulitmu keesokan paginya, jika sebelum tidur wajahmu telah ternutrisi oleh sleeping mask yang kaya akan antioksidan ini. Tidak hanya Niacinamide, di dalamnya juga diperkaya dengan kandungan Mugwort, Centella Asiatica, Licorice Root Extract, Kakadu Plum Extract, Hyaluronic Acid, dan kandungan lain yang membuat Dream Dose ini efektif untuk melembapkan, menenangkan, dan membantu mencerahkan kulit.

6. Resveratrol

Resveratrol adalah antioksidan yang ditemukan dalam anggur, kulit anggur, kacang tanah, cranberry, blueberry, dan teh. Antioksidan ini dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Resveratrol memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur, yang menenangkan kulit, mengurangi penuaan, dan dapat menjaga kulit agar terbebas dari infeksi. Resveratrol melawan kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan berbahaya yang kita temui setiap hari dan baik untuk perlindungan UV dan antiinflamasi. Antioksidan ini mencerahkan kulit dan juga dapat meningkatkan kolagen dan elastin sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Astalift Renewal Essence Destiny

Astalift Renewal Essence Destiny diformulasikan agar bahan aktif di dalamnya mampu terpenetrasi ebih banyak. Kemampuan esens ini ditingkatkan dengan Nano-Resveratrol EX, yang dapat mengangkat dan mengencangkan kulit sekaligus meningkatkan penyerapan bahan aktif. Produk ini bermanfaat untuk meningkatkan hidrasi, mengencangkan, dan mengembalikan kekenyalan kulit wajah.

Caudalie Firming Night Cream Resveratrol-Lift

Krim ini memiliki misi untuk meningkatkan kadar kolagen alami kulit, untuk tampilan kulit yang lebih muda. Resveratrol Lift Firming Night Cream ini berusaha untuk memperbaiki munculnya kerutan dengan mengisi ulang dan mengencangkan kulit yang mature. Krim malam yang memperpanjang usia keremajaan kulit ini memanfaatkan campuran yang dipatenkan dari Resveratrol complex, bersama dengan vegan collagen booster dan natural hyaluronic acid. Formula vegan ini juga diformulasi dengan squalane yang berasal dari zaitun untuk mendapatkan tekstur yang kaya dan manfaat yang membuat kulit adem dan soothing.

7. Polifenol

Teh hijau adalah salah satu jenis teh paling sehat dan paling lezat yang dapat kamu tambahkan ke dalam diet kamu. Polifenol (mikronutrien alami dalam teh hijau) mengandung senyawa kuat yang disebut catechin, yang melindungi sel dari kerusakan dan menawarkan efek antiinflamasi untuk kulit.

Teh hijau mendetoksifikasi tubuh dari radikal bebas, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan bahkan mempercepat penurunan berat badan, menjadikannya salah satu antioksidan terbaik untuk kulit dan tubuh. Studi menunjukkan bahwa konsumsi dan penggunaan topikal bahan yang kaya polifenol membantu meningkatkan pertahanan alami kulit kita terhadap stres oksidatif, mencegah tanda-tanda penuaan, dan memperbaiki kerusakan DNA.

True To Skin Matcha Oat Gentle Cleanser

Ini adalah tipe facial wash tanpa busa, sehingga aman untuk kulit kering dan sensitif. Mengandung green tea yang berperan sebagai antioksidan, Salicylic Acid untuk membantu mengatasi jerawat, oat dan heart leaf yang melembapkan, licorice untuk mencerahkan, dan kolagen untuk membuat kulit lebih kenyal. Dengan kandungan pH-nya 5,5-6,5 membuat facial wash ini aman untuk menjaga skin barrier tetap sehat.

Baca Juga: Rasakan Wajah Bersih Dan Lembut Dengan Kebaikan Matcha Dan Oat

Teddy Clubs Matcha Green Tea Clay Mask

Banyak orang percaya bahwa semua jenis clay mask membuat kulit kering. Tetapi tidak untuk clay mask ini, karena ini menggunakan Kaolin clay yang tidak membuat kulit kering dan bahkan mampu menjaga tingkat pH alami kulit dan aman digunakan pada kulit sensitif. Wash-off mask ini bagus untuk membersihkan sumbatan pada pori-pori. Kandungan Matcha Powder di dalamnya mampu mencegah jerawat karena memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

8. Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 merupakan zat yang ditemukan secara alami di dalam tubuh kita tetapi berkurang seiring bertambahnya usia. Kandungan ini bertujuan untuk menciptakan energi bagi sel-sel kulit untuk membangun kembali kolagen dan elastin.

Antioksidan ini dapat diterapkan langsung ke kulit untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, merangsang aktivitas sel, mempertahankan kelembapan untuk tingkat hidrasi optimal yang menghasilkan kulit montok dan halus, dan dapat meningkatkan elastisitas dan tekstur kulit.

Timeless Skin Care Coenzyme Q10 Serum

Dibuat dengan tiga superstar antikerutan dan merupakan senjata pamungkas untuk melawan tanda-tanda penuaan yang terlihat. Q10 adalah antioksidan kuat yang terjadi secara alami yang memberi energi pada sel-sel kulit. Matrixyl 3000™ adalah alternatif yang aman untuk sebagian besar produk anti-aging yang dapat memaksimalkan sintesis kolagen di kulit. Hyaluronic Acid meningkatkan dan mempertahankan kelembapan untuk kulit yang terlihat dan terasa terhidrasi. Trifecta dari antipenuaan ini bekerja lembur untuk mengisi dan memperbaiki, sambil menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

Skin Inc Coenzyme Q10 Serum

Serum dengan Coenzyme Q10 ini mampu memberikan energi pada kulit yang lelah yang membutuhkan tambahan energi untuk pembaruan sel, sehingga tampak lebih kencang. Coenzyme Q10 adalah antioksidan alami dan melindungi kulit dari stres oksidatif yang berbahaya, seperti paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kerutan dan kulit kendur. Serum ini mengaktifkan dan membangunkan sel-sel kulit untuk menghasilkan lebih banyak kolagen dan elastin yang mengencangkan dan memperkuat kulit.

9. Curcumin

Curcumin sebagai senyawa kimia yang ditemukan dalam kunyit, adalah antioksidan potent lain yang mencegah kerusakan oksidatif pada kulit. Antioksidan ini dikenal dapat mengurangi peradangan, mencegah kanker berkembang, melindungi tubuh dari penyakit jantung, dan mencegah kerusakan kolagen di dalam tubuh. Curcumin juga berfungsi sebagai pre-biotic yang merupakan makanan bakteri baik, yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengobati penyakit kulit.

Clarins Double Serum

Ini merupakan salah satu serum dari Clarins yang memiliki 21 kandungan aktif dari tumbuh-tumbuhan super seperti kunyit, oats, dan kiwi. Dalam satu kemasan serum ini meiliki dua serum, yaitu satu bagian untuk ekstrak yang berbahan dasar minyak dan satu lagi adalah kumpulan ekstrak yang bekerja lebih baik dalam bahan dasar air. Keduanya dirancang terpisah untuk memaksimalkan bahan aktif dan benefit-nya.

Kiehl’s Turmeric & Cranberry Seed Energizing Radiance Mask

Sesuai klaimnya, wash-off mask ini mampu mencerahkan dan memberi energi pada kulit. Oleskan masker krim ini pada wajah dan biarkan mengering. Saat kamu membilasnya, biji cranberry-nya dengan lembut dapat megeksfoliasi kulit mati yang kering dan rusak di permukaan kulit dan kandungan kunyit di dalamnya membuat kulit tampak sehat, bersinar, dan terasa sangat segar.

10. Flavonoid

Flavonoid adalah antioksidan yang terkandung dalam phytonutrients yang terdapat pada buah-buahan dan tumbuhan dan bertanggung jawab atas pigmen warna-warni dari makanan ini. Antioksidan ini dapat melindungi kulit dari sinar UVB matahari dengan cara yang mirip dengan tabir surya. Ini juga mengurangi kerusakan yang terjadi pada kulit oleh faktor lingkungan yang berbahaya (seperti yang dilakukan semua antioksidan)

Antioksidan flavonoid mengurangi tingkat dan jumlah kerusakan kolagen alami di kulit kita, mempromosikan kulit yang sehat dan kencang, dan kaya akan kolagen dan elastin.

BOTANITY Flavon Serum

Serum dengan Uniflavon™️ yang mengandung bamboo dan scutellaria root extract yang dapat membantu meredakan kemerahan, meratakan warna, dan memperbaiki tekstur kulit wajah. Serum ini juga memiliki kandungan multi complex dari bahan utama yaitu lotus extract, propolis extract, centella asiatica extract, honeysuckle extract, dan bellflower root extract yang berfungsi untuk menenangkan kulit dan memperkuat lapisan kulit untuk menjaga kadar minyak dan kelembapan dalam kulit.

ONE THING Houttuynia Cordata Extract

Ini dapat digunakan sebagai extract booster untuk ditambahkan ke krim, toner, mist, atau spot treatment kamu. Kandungan ekstrak Houttuynia Cordata yang mengandung flavonoid polifenol dan asam amino di dalamnya dapat meningkatkan kemampuan skin barrier, elastisitas, dan keseimbangan kulit sambil memberikan pertahanan antioksidan terhadap polusi dan radikal bebas. Boosting toner ini memiliki manfaat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, perbaikan bagi kulit kamu.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Raih Potensi Terbaik Skincare Routine-mu dengan ULTIMA II CollaSence Advanced Activator

Dengan CollaSence yang disempunakan dengan PFE-RX, raih manfaat optimal dari skincare routine-mu bersama CollaSence Advanced Activator.

Grand Opening Klinik Utama JLA Indonesia, Berikan Pelayanan Kesehatan Semakin Lengkap Dengan Rasa Kepedulian Yang Sepenuh Hati

Menandai grand opening-nya, sekaligus wujud nyata dari komitmen untuk “Menyembuhkan dengan Sepenuh Hati,” Klinik Utama JLA Indonesia mengadakan donor darah, yang berlangsung...

Ethnowellness by Essentia Apothecary, Essential Oil yang Terinpirasi dari Keberagaman Etnis Budaya Indonesia

Yuk Kenalan Dengan Ethnowellness by Essentia Apothecary! Essential Oil ini terinpirasi dari keberagaman etnis budaya Indonesia.

TRILOGY 2.0, Medical Facials Ini Kini Sudah Bisa Dilakukan di SKIN+ Clinic by Euromedica Cibubur!

Kabar baik buat kamu BeautyBabes di Cibubur, karena kamu sudah bisa melakukan Medical Facials TRILOGY 2.0 di Skin+ Clinic Cibubur Junction!

Conscious Living: Kolaborasi P&G Indonesia dan Octopus Dalam Melestarikan Lingkungan di Jakarta

Penasaran bagaimana P&G Indonesia bekerjasama dengan Octopus dalam Conscious Living untuk menanggulangi sampah plastik? Baca artikel ini!

My Skin Choice: Kini Tak Perlu Bingung Lagi Memilih Kandungan Skincare yang Sesuai Dengan Kondisi Kulitmu

Memiliki kulit wajah yang jauh dari permasalahan kulit tentunya menjadi dambaan setiap orang, karena setiap kecantikan dan kesehatan dari seseorang dicerminkan oleh...

Radian-C: Jalani Aktivitas Tak Berbatas, Tanpa Perlu Khawatir Kulit Kusam

Baca artikel ini untuk tahu apa yang dilakukan LANEIGE Radian-C agar kamu terhindar dari kulit kusam akibat aktivitasmu yang padat!

Eye Serum Vs Eye Cream: Mana Yang Lebih Cocok Untuk Area Matamu?

Cari tahu perbedaan eye serum vs eye cream, dan mana yang lebih tepat sebagai perawatan kulit di area mata kamu.

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.