Home Editor's Picks Rambutan = Alternatif Retinol?

Rambutan = Alternatif Retinol?

MOVE OVER, BAKUCHIOL! There’s a new kid on the block! Siapa dia 🤔? Eng ing eng, ternyata ada si rambutan 🔴, buah juicy dan manis kesukaan banyak orang Indonesia. Rupanya kita nggak perlu jauh-jauh mencari alternatif retinol alami karena para ahli telah menobatkan rambutan sebagai the ‘Next Big Thing’.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat 💙 Beauty Media (@beautybeat.ind)


Seperti kita tahu, tidak ada keraguan bahwa retinol adalah bahan antipenuaan terbaik. Ia dapat meratakan warna dan tekstur kulit, melawan jerawat, dan meningkatkan laju pergantian sel, yang berarti membuka lapisan kulit baru yang cerah.

Tapi retinol punya potensi efek samping seperti menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, kulit kering, pengelupasan, dan sensitif terhadap cahaya — kombinasi yang disebut sebagai “luka bakar retinol.”

Baca Juga: Semua Tentang Retinol 

That’s why biasanya disarankan untuk menghentikan penggunaan retinol saat sedang 🤰 hamil dan 🤱 menyusui.

Makanya, bermunculanlah alternatif nabati retinol seperti bakuchiol dan resveratrol yang diketahui memberikan manfaat seperti retinol pada kulit, antara lain dapat mengurangi garis-garis halus dan meningkatkan produksi kolagen secara alami.

Sebagai alternatif yang tidak terlalu harsh, bakuchiol memang telah populer beberapa tahun terakhir ini. Tetapi Dr. Paul Jarrod Frank, MD, dokter kulit kosmetik selebritas dan founder PFRANKMD™ mengatakan,”Rambutan mirip dengan retinol dan bakuchiol yang dapat mendorong pergantian sel dan menstimulasi produksi kolagen. Bakuchiol memang relatif lebih lembut daripada retinol, namun dia masih dapat menyebabkan iritasi dan tidak ideal untuk kulit supersensitif atau kering.”

Dan kini, rambutan dikatakan memberikan hasil yang sama hebatnya namun bekerja dengan lebih lembut dan lebih lambat dibandingkan dengan retinol. Tertarik untuk mengetahui kehebatan rambutan untuk meraih kulit yang lebih halus, minim iritasi? Let’s start!

Apa Itu Rambutan?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat 💙 Beauty Media (@beautybeat.ind)


🔴 Rambutan adalah buah asli Asia Tenggara yang menyerupai buah lici setelah dikupas. “Buah ini kaya serat, tinggi vitamin C, dan tembaga,” dijelaskan Indie Lee, founder brand clean beauty, Indie Lee

“Daun rambutan mengandung ekstrak alami yang bekerja mirip dengan retinol, namun tidak menyebabkan iritasi. Inilah alternatif lain dalam memerangi garis dan kerutan. Bahkan dokter kandungan saya menyetujui penggunaan rambutan saat saya hamil dan menyusui,” ditambahkan Kendra Kolb Butler, founder Alpyn Beauty.

Dr. Paul menjelaskan,”Rambutan bersifat lembut dan menghidrasi kulit, serta kaya antioksidan termasuk vitamin C dan mangan. Vitamin C adalah kandungan perawatan kulit populer yang disukai karena manfaat antipenuaan, pencerahan kulit, dan dapat mengurangi hiperpigmentasi. Mangan adalah antioksidan powerful yang tidak terlalu populer, tapi ampuh untuk membantu produksi kolagen dan penyembuhan luka.”

Manfaat Rambutan Buat Kulit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat 💙 Beauty Media (@beautybeat.ind)


Indie menjelaskan,”Rambutan punya semua manfaat retinol tanpa menyebabkan iritasi dan tidak sensitif terhadap sinar matahari, yang artinya dapat digunakan pagi 🌞 (harus memakai tabir surya setelah itu) dan malam 🌜. Rambutan dapat memperbaiki tampilan elastisitas dan kekencangan kulit, serta dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Rambutan juga mendukung tingkat dan produksi kolagen yang sehat.”

Kendra juga mengungkapkan,”Rambutan kaya akan antioksidan dan telah terbukti dapat meremajakan kulit, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi kerutan (crow’s feet).”

Rambutan vs. Retinol

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat 💙 Beauty Media (@beautybeat.ind)


❓❓ Ini dia pertanyaan sejuta umat! Bagaimana efektivitas 🔴 r.a.m.b.u.t.a.n, si alternatif bila dibandingkan dengan the OG, retinol?

Dermatolog dan founder brand perawatan kulit asal New York, Dr. Dennis Gross Skincare, Dennis Gross, MD, mencatat bahwa rambutan dan bakuchiol memiliki manfaat serupa seperti merangsang produksi kolagen dan elastin, meningkatkan pergantian sel, dan mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Supaya lebih jelas perbedaan rambutan vs. retinol, mari kita uraikan dulu cara kerja retinol. Retinol memicu reseptor spesifik di kulit kita yang pada gilirannya akan memulai proses pembaruan sel. Ia mempercepat kemampuan kulit untuk menghasilkan sel-sel kulit baru yang membuat kulit tampak halus dan awet muda.

Nah, rambutan beraksi dengan cara yang sama. Ia memicu serangkaian reseptor lain yang juga meningkatkan pergantian sel dan produksi kolagen, tetapi pada tingkat yang lebih lambat.

Jadi sementara rambutan beraksi dan memberikan hasil yang mirip dengan retinol, masih ada sedikit perbedaan antara keduanya yang harus kamu pertimbangkan sebelum menggantikan retinol dengan rambutan.

Sementara alternatif retinol alami terus memimpin pasar, Dr. Dennis mengatakan penting untuk dicatat bahwa kedua alternatif ini secara molekul tidak mirip dengan retinol dan keduanya terhubung ke reseptor yang berbeda di kulit.

“Retinol memiliki lebih banyak penelitian ilmiah yang mendukung manfaatnya sementara rambutan dan bakuchiol adalah bahan yang lebih baru, tetapi telah menunjukkan hasil yang menjanjikan.”

Bagus Untuk Kulit Kering

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat 💙 Beauty Media (@beautybeat.ind)


Punya kulit kering?

Pertimbangkan untuk mencari perawatan kulit dengan ekstrak kulit rambutan. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa 🔴 r.a.m.b.u.t.a.n memiliki properti untuk mengunci kelembapan, yang sangat bagus untuk mengencangkan kulit yang kendur atau mengurangi garis-garis halus.

Retinol, di sisi lain, tidak secara permanen memberi hidrasi ke kulitmu – retinol malah sebenarnya diketahui dapat mengeringkan kulit jika digunakan terlalu sering dalam rentang waktu yang singkat.

Tetapi retinol memang dapat membantu mencegah hilangnya kelembapan dengan cara menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Karena itulah, kualitas pelembap dalam r.a.m.b.u.t.a.n akan membantu meminimalkan iritasi dan berpotensi memberikan pengalaman yang lebih baik bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau kering.

Kaya Akan Antioksidan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat 💙 Beauty Media (@beautybeat.ind)


🔴 R.a.m.b.u.t.a.n kaya akan antioksidan loh!

Ya, buah rambutan tidak hanya baik untuk kesehatan tubuhmu. Kulit dan daun rambutan juga kaya akan nutrisi yang dengan senang hati diserap oleh kulitmu.

Sama seperti serum pencerah andalanmu, produk perawatan kulit berbahan rambutan akan membantu melindungi kulitmu dari radikal bebas yang merusak kolagen dan menyebabkan noda gelap.

Ekstrak kulit rambutan, khususnya, mengandung senyawa polifenol seperti vitamin C dan mangan yang meminimalkan stres oksidatif yang disebabkan oleh radiasi UV.

Aman Untuk Semua Jenis Kulit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat 💙 Beauty Media (@beautybeat.ind)


Kalau tadi 🔴 r.a.m.b.u.t.a.n dikatakan bagus untuk kulit kering, terus bagaimana dengan jenis kulit lainnya?

Well, singkatnya, para ahli sepakat bahwa semua jenis kulit dapat memperoleh manfaat dari penggunaan secara konsisten dari produk skincare yang berbahan rambutan.

“Rambutan bagus untuk kulit yang lebih menua, tetapi juga bagus untuk mereka yang rentan terhadap noda gelap. Ini benar-benar bermanfaat untuk segala jenis kulit,” ungkap Indie.

“Rambutan jelas merupakan kandungan yang bermanfaat untuk diaplikasikan secara topikal untuk semua jenis kulit,” Kendra menambahkan.

Untuk penggunaan terbaik, Dr. Paul mengatakan,”Seperti biasa, lakukan patch test terlebih dahulu dan mulai perlahan, gunakan hanya beberapa kali seminggu di malam hari.”

Skincare Berbahan Rambutan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDIE LEE Skincare (@indie_lee)


Sepertinya belum banyak BeautyBuddies lokal yang menggunakan 🔴 r.a.m.b.u.t.a.n di dalam produk skincare mereka.

Namun, brand skincare global mulai gencar merilis produk perawatan kulit yang mengandung manfaat rambutan. Mau tahu apa aja? Simak nih!

♥️ Alpyn Beauty Wild Nettle & Niacinamide Firming Serum

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alpyn Beauty (@alpynbeauty)


Serum yang mendapat rating tinggi ini, menggabungkan manfaat rambutan dan niacinamide dengan vitamin C nabati dan ekstrak jelatang liar (wild nettle) yang menghidrasi untuk memperbaiki tekstur keseluruhan kompleksi kulit.

Niacinamide adalah jenis vitamin B yang membantu meringkas tampilan pori-pori yang besar, tekstur kulit, dan kerutan. Ekstrak jelatang liar adalah vitamin C powerful yang melembapkan sekaligus mencegah produksi minyak berlebih.

♥️ Dr. Dennis Gross Skincare Advanced Retinol + Ferulic Overnight Texture Renewal Peel

BeautyBuddies global, brand Dr. Dennis Gross Skincare sudah jauh melangkah ke depan dengan memiliki rangkaian skincare yang cukup lengkap berbahan 🔴 r.a.m.b.u.t.a.n serta retinol. Daun rambutan digunakan dalam rangkaian ini untuk menjaga kulit tetap terasa tenang. Ada eye serum, texture renewal serum, dan overnight wrinkle treatment.

Karena brand ini terkenal dengan produk peeling, kami rekomendasikan produk peeling pad satu langkah untuk perawatan di malam 🌛 hari kamu. Produk ini sangat bagus untuk kamu yang ingin mencoba menambahkan manfaat ekstra antipenuaan dan pencerah kulit.

🌟 Apa itu:
Overnight one-step peel yang diformulasikan dengan retinol dan rambutan. Bekerja untuk menghaluskan tone dan tekstur kulit yang tidak rata, mencerahkan, dan memperbaiki ketidaksempurnaan tampilan kulit.

🌟 Untuk siapa:
Mereka yang mencari perawatan pro-level (ini memiliki dosis retinol tertinggi!) untuk merawat garis-garis halus atau menyempurnakan kompleksi kulit.

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

A post shared by Dr. Dennis Gross Skincare (@drdennisgross)

🌟 Cara pakai:
Untuk penggunaan malam hari, 2-3 kali seminggu menggantikan Alpha Beta Daily Peel. Pijat peel pad ke kulit yang bersih dan kering. Jangan lupa pijat juga area leher dan décolleté (belahan dada) kamu.

♥️ Indie Lee Retinol Alternative Cream

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDIE LEE Skincare (@indie_lee)


Untuk pelembap pagi 🌞 dan malam 🌛 berbahan 🔴 r.a.m.b.u.t.a.n, BeautyBuddies global satu ini layak masuk wishlist kamu!

Krim pelembap berperforma tinggi ini diformulasikan dengan rambutan sebagai alternatif retinol alami untuk memperbaiki tampilan elastisitas dan kekencangan, serta mengatasi garis-garis halus dan kerutan di kulit.

Diformulasi dengan ekstrak paracress untuk membantu menghaluskan garis dan kerutan, plus squalane untuk meningkatkan retensi kelembapan. Ekstrak paracress bekerja untuk mengurangi tanda-tanda penuaan yang nyata, sementara squalane dan ekstrak orange milk tree membuat kulit plump dan meningkatkan retensi kelembapan.

♥️ Sun Bum® Hydrating Eye Cream

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sun Bum (@sunbum)


K☕️pi buat bahan eye cream 👀? Been there, done that!

Tapi 🔴 r.a.m.b.u.t.a.n buat perawatan area mata 👁👄👁 kamu? Baru tahu kan 😏?

Makanya produk lansiran BeautyBuddies global satu ini wajib masuk radar 📡 cantik kamu nih!

Kombinasi vitamin E yang menghidrasi, niacinamide, dan rambutan menghasilkan krim mata yang efektif. Krim mata Sun Bum® akan menutrisi kulit, mencerahkan lingkaran hitam, membantu menghidupkan kembali mata yang lelah dan sembap, serta menghaluskan tekstur kulit.

♥️ Dermalogica Neck Fit Contour Serum

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dermalogica Singapore (@dermalogicasg)


Don’t forget the neck! You’ll thank us later 💙.

Leher kamu adalah salah satu dari area tubuh, yang cuma bisa “diselamatkan” dengan injeksi 💉 invasif atau filler, bila telah terlanjur mengalami problem penuaan kulit di area itu. Jadi jika kamu khawatir tentang penuaan kulit di area leher, maka yang paling penting kamu lakukan adalah pencegahan.

Makanya manfaat lain menggunakan retinol adalah membantu mengencangkan kulit yang kendur, termasuk di area leher.

🔴 R.a.m.b.u.t.a.n sebagai alternatif alami retinol juga memberikan manfaat yang sama untuk perawatan area leher kamu. Seperti yang terdapat pada BeautyBuddies global ini.

Inilah serum perawatan area leher yang mengandung rambutan, ekstrak biji gandum hitam (rye seed), dan tripeptida untuk mengeliminasi garis horizontal di leher dan memadatkan kembali kulit kendur di sekitar leher dan area dada

Meski produk ini bebas retinol, namun tetap ampuh untuk memberikan hasil yang cepat terlihat dan secara nyata mengubah kondisi kulitmu.

Serum perawatan leher Dermaologica ini memiliki applicator roll-on built-in yang diaktifkan sebelum aplikasi. Cara aplikasinya seperti memijat leher dari bawah ke atas.

Serum akan langsung bekerja untuk mengencangkan dan mengangkat kulit, serta membantu memperkuat pelindung kelembapan kulit untuk membantu kulit tetap terlihat halus dan merata.

Dermalogica Neck Fit Contour Serum menggunakan Flex Lift Contour Technology, yang beraksi seperti jaring yang tak terlihat untuk mengangkat dan mengencangkan kulit leher.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dermalogica Singapore (@dermalogicasg)


Gunakan dua kali sehari sebagai bagian dari langkah aplikasi ‘serum’ kamu. Lanjutkan dengan aplikasi pelembap.

So BeautyBabes, do you think rambutan will be the new skincare ingredient you’ll look for?

Dewi Rokhmawati
Beauty should be practical and easy breezy. Especially for someone like me who is mager berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Raih Potensi Terbaik Skincare Routine-mu dengan ULTIMA II CollaSence Advanced Activator

Dengan CollaSence yang disempunakan dengan PFE-RX, raih manfaat optimal dari skincare routine-mu bersama CollaSence Advanced Activator.

Grand Opening Klinik Utama JLA Indonesia, Berikan Pelayanan Kesehatan Semakin Lengkap Dengan Rasa Kepedulian Yang Sepenuh Hati

Menandai grand opening-nya, sekaligus wujud nyata dari komitmen untuk “Menyembuhkan dengan Sepenuh Hati,” Klinik Utama JLA Indonesia mengadakan donor darah, yang berlangsung...

Ethnowellness by Essentia Apothecary, Essential Oil yang Terinpirasi dari Keberagaman Etnis Budaya Indonesia

Yuk Kenalan Dengan Ethnowellness by Essentia Apothecary! Essential Oil ini terinpirasi dari keberagaman etnis budaya Indonesia.

TRILOGY 2.0, Medical Facials Ini Kini Sudah Bisa Dilakukan di SKIN+ Clinic by Euromedica Cibubur!

Kabar baik buat kamu BeautyBabes di Cibubur, karena kamu sudah bisa melakukan Medical Facials TRILOGY 2.0 di Skin+ Clinic Cibubur Junction!

Conscious Living: Kolaborasi P&G Indonesia dan Octopus Dalam Melestarikan Lingkungan di Jakarta

Penasaran bagaimana P&G Indonesia bekerjasama dengan Octopus dalam Conscious Living untuk menanggulangi sampah plastik? Baca artikel ini!

My Skin Choice: Kini Tak Perlu Bingung Lagi Memilih Kandungan Skincare yang Sesuai Dengan Kondisi Kulitmu

Memiliki kulit wajah yang jauh dari permasalahan kulit tentunya menjadi dambaan setiap orang, karena setiap kecantikan dan kesehatan dari seseorang dicerminkan oleh...

Radian-C: Jalani Aktivitas Tak Berbatas, Tanpa Perlu Khawatir Kulit Kusam

Baca artikel ini untuk tahu apa yang dilakukan LANEIGE Radian-C agar kamu terhindar dari kulit kusam akibat aktivitasmu yang padat!

Eye Serum Vs Eye Cream: Mana Yang Lebih Cocok Untuk Area Matamu?

Cari tahu perbedaan eye serum vs eye cream, dan mana yang lebih tepat sebagai perawatan kulit di area mata kamu.

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.