Jakarta, dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia, bahkan masuk dalam salah satu dari 49 kota Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network, UCCN). Menyadari pentingnya ruang analog sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di kota Jakarta, Brightspot kembali hadir di tahun 2024 ini untuk menyediakan ruang analog bagi para pelaku industri kreatif.
Ruang analog bukan hanya berperan dalam mendorong tumbuhnya kreativitas, lebih dari itu, pentingnya ruang analog menghidupkan industri ekonomi kreatif dengan munculnya kolaborasi dan inovasi antara pelaku industri kreatif lokal. Ruang analog tidak hanya menjadi tempat berkumpul, tetapi juga menjadi katalisator untuk perkembangan ekonomi kreatif yang dinamis dan berkelanjutan, memajukan industri lokal ke panggung yang lebih luas dan kompetitif.
Brightspot Mall 2024, gelaran local brand market bergengsi, akan segera digelar di Ratu Plaza. Dikenal sebagai pusat perbelanjaan terkemuka pada era 80-an, Ratu Plaza kini dipilih sebagai tempat untuk menghidupkan kembali gemerlapnya dunia ritel. Memanfaatkan ruang-ruang yang belum dipakai secara maksimal di Jakarta, Brightspot Mall 2024 berupaya menghidupkan kembali kota Jakarta di masa kejayaan retail di era modern ini. Pemberdayaan Ratu Plaza sebagai ruang analog bagi para pelaku industri kreatif ini mengintegrasikan unsur-unsur kontemporer dan teknologi mutakhir untuk menarik minat generasi baru.
Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Future 10 mengatakan, ”Pada gelaran kali ini, Brightspot Mall 2024, mengajak pengunjung, sponsor, dan local brand untuk kembali merayakan era keemasan ritel Indonesia. Adanya dinamika tren dan teknologi membuat pola berbelanja kita berubah dan menuntut pelaku industri kreatif lokal untuk selalu berinovasi, hal ini yang menjadi tantangan terutama untuk offline retail.” ujar Anton Wirjono mengutarakan esensi yang berbeda dari gelaran Brightspot Mall 2024. “Tahun ini kami ingin mengingatkan kembali bahwa ruang fisik untuk industri kreatif sangat penting, keberadaan ruang analog untuk kolaborasi dan inovasi adalah penanda bahwa kreativitas di kota itu terus berjalan dan menjadi ‘hidup’.”
Dalam upaya memicu pertumbuhan ekonomi kreatif, ruang analog menjadi esensial dalam memberikan tempat di mana orang dapat berkumpul, berinteraksi, dan berkolaborasi tanpa batasan digital. Lebih dari itu, pentingnya ruang analog menghidupkan kembali dengan munculnya kolaborasi dan inovasi antara pelaku industri kreatif lokal.
Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama LLP-KUKM (Smesco Indonesia), mengungkapkan mengenai pentingnya ruang kreatif. “Potensi ruang analog bagi pelaku industri kreatif di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta, semakin berkembang dengan adanya ruang seperti Brightspot Mall 2024 di Ratu Plaza dan berbagai coworking dan collaborative space yang tersebar di Jakarta. Ruang-ruang ini sangat penting untuk mendorong inovasi dan kolaborasi kreatif, menginspirasi ide-ide baru. Peran pemerintah sangat krusial dalam mendukung perkembangan ini, misalnya dengan menyediakan fasilitas dan mempromosikan kegiatan kreatif melalui platform yang dimiliki pemerintah.”
Dalam mengikuti perkembangan tren yang terus berubah, para pengusaha lokal ditantang untuk beradaptasi dan merespons dengan strategi yang efektif. Kemampuan beradaptasi menjadi elemen kunci dalam peran kreativitas manusia sebagai fokus utama dalam semua aspek bisnis. Brightspot Mall 2024, didukung oleh sponsor yang memiliki pandangan dan tujuan serupa mengenai peran dinamika tren dan teknologi dalam pertumbuhan industri kreatif lokal, berupaya membangun kolaborasi yang mendorong inovasi dalam industri kreatif lokal.
BCA kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pelaku usaha kreatif lokal setelah sukses pada Brightspot Market 2023 lalu. Dalam kegiatan Brightspot Mall 2024 kali ini, BCA menghadirkan kemudahan bertransaksi melalui aplikasi myBCA dan Paylater BCA. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai promo menarik yang ditawarkan oleh BCA, seperti:
- Voucher belanja hingga Rp 75 Ribu untuk minimal transaksi Rp 350 Ribu dengan QRIS di myBCA/BCA mobile dan Paylater BCA.
- 2X Voucher Belanja dengan Reward BCA untuk penukaran reward minimal Rp 50 Ribu dan maksimal Rp 250 Ribu.
- Cicilan 0% untuk tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan minimal transaksi Rp500 Ribu dengan Kartu Kredit BCA
Voucher dapat di tukarkan di booth Redemption BCA yang tersebar di area Brightspot Mall 2024.
Executive Vice President BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya mengungkapkan, “Kami sangat senang dapat kembali bekerja sama kembali dengan Brightspot dalam penyelenggaraan myBCA X Brightspot Mall 2024. Kami berharap gelaran ini dapat memberikan dampak positif bagi pelaku industri kreatif serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal Tanah Air.”
Brightspot Mall 2024 selain ingin mengembalikan era kejayaan retail 80-an, tetapi juga ingin membuka peluang menciptakan ruang fisik bertemunya komunitas kreatif untuk berkumpul dan berkolaborasi. Mengingatkan kembali dengan semua tantangan dari perubahan tren dan teknologi, para pelaku industri kreatif harus percaya pada potensi diri mereka untuk terus berinovasi dan berkarya sesuai dengan passion mereka.
Signature Time melalui sebuah movement Path of Passion kembali hadir di Brightspot Mall 2024 untuk mengkomunikasikan bahwa setiap orang berhak me-RASAKAN NIKMATNYA HIDUP, mengerjakan passion mereka dengan melawan stigma sosial yang mereka hadapi.
Menurut Dimitrij Kartalaksana sebagai Consumer Engagement Manager dari Signature Time, “Berbeda dari tahun lalu, tahun ini kami sadar bahwa halangan bukan datangnya dari pihak luar aja, tapi dari diri sendiri juga yang justru malah jarang banget kita sadari. Oleh karena itu, tahun ini kami bersama temen-temen Psikolog mencari tahu lebih dalam mengenai isu Cognitive Distortions. Sebuah keadaan pola pikir di mana kita merasa pikiran negatif itu menurunkan niat untuk berkarya. Karena diri kita yang bisa meredupkan passion, diri kita juga yang bisa mengubah kekhawatiran itu jadi karya nyata.” Signature Time percaya bahwa Brightspot Mall 2024 adalah tempat yang tepat untuk menghadirkan contoh nyata orang-orang yang telah merasakan nikmatnya hidup, mencapai kesuksesan sesuai dengan passion mereka, dan menentukan definisi kesuksesan berdasarkan passion.
Pemilihan Ratu Plaza sebagai lokasi acara dengan tujuan tidak hanya mengembalikan pamor pusat perbelanjaan ikonik ini, tetapi juga karena kemudahan akses bagi pengunjung. Lokasi yang strategis ini memungkinkan interaksi, kolaborasi, dan kreativitas bersama yang lebih mudah di pusat kota Jakarta.
Kemudahan dan kenyamanan menuju Brightspot Mall 2024 juga menjadi perhatian utama. Berkat lokasinya yang strategis, tersedia berbagai opsi transportasi, termasuk MRT Jakarta yang menawarkan kenyamanan mobilitas bagi pengunjung. MRT Jakarta, sebagai transportasi publik inklusif, ramah terhadap penumpang prioritas, dan didukung dengan jalur pejalan kaki yang nyaman dari Brightspot Mall 2024 ke stasiun terdekat dari lokasi yaitu Stasiun MRT Senayan Mastercard. Dengan kemudahan fasilitas ini, pengunjung dapat menikmati perjalanan yang lancar tanpa harus khawatir tentang kemacetan atau kesulitan mencari tempat parkir untuk kendaraan pribadi.
Ahmad Pratomo, Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda), mengungkapan dukungan MRT Jakarta sebagai Official Public Transport Solution untuk mendukung kenyamanan dan kemudahan akses menuju ke Brightspot Mall 2024. “Pemberdayaan ruang-ruang kreatif di Jakarta sangat penting untuk pengembangan ekosistem kreatif, seperti apa yang dilakukan Brightspot Mall 2024. Oleh karena itu, kami mendukung dengan memfasilitasi akses transportasi yang mudah ke ruang publik di kota Jakarta,” ungkap ia. PT MRT Jakarta (Perseroda) berkomitmen untuk menyediakan layanan transportasi MRT yang dapat diakses dengan mudah, memungkinkan para pengunjung Brightspot Mall 2024 untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan potensi kreatif yang ada di kota ini. “Dengan menyediakan fasilitas MRT yang nyaman dan akses yang lebih mudah, kami berharap dapat membuka lebih banyak peluang bagi para pelaku industri kreatif lokal untuk berkembang dan berkolaborasi dalam menciptakan ruang-ruang yang inspiratif dan inklusif bagi masyarakat Jakarta,” pungkas ia.
Dengan menghadirkan dekorasi dan musik yang mengingatkan pada era 80-an, Brightspot Mall 2024 tidak hanya mengakui fenomena saat ini tetapi juga ingin membangkitkan kenangan masa kejayaan Ratu Plaza, di mana standar pengalaman ritel di Indonesia ditetapkan. Dengan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, Brightspot Mall 2024 menghubungkan masa lalu dengan masa kini dalam sebuah perayaan yang menghadirkan ratusan merek lokal dalam paduan nostalgia era 80-an dan inovasi teknologi tahun 2024.
Brightspot Mall 2024 mempersembahkan panggung bagi 206 merek lokal terkurasi yang melibatkan berbagai sektor seperti fashion, kuliner, dan seni ini tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga menyuguhkan pengalaman yang unik dengan sentuhan seni, musik, dan diskusi menarik bersama para pelaku industri kreatif lokal. Digelar selama dua pekan berturut-turut, dimulai dari 31 Mei hingga 2 Juni 2024, dan dilanjutkan dari 6 hingga 9 Juni 2024, memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati pengalaman yang berbeda setiap minggunya, tetapi juga membawa kejutan dan kolaborasi eksklusif yang menarik.
Brightspot Mall 2024 juga didukung oleh Horego Apps, memberikan liputan rekomendasi lengkap bagi publik tentang tempat-tempat menarik selama acara berlangsung. Horego menawarkan informasi tentang tenant, kuliner menarik, dan program lain di Brightspot Mall 2024, memudahkan pengunjung untuk merencanakan dan menikmati pengalaman mereka.
“Akan ada banyak kejutan di Brightspot Mall 2024 kali ini yang membuktikan kreativitas orang Indonesia dalam menghadapi dinamika tren dan teknologi, terutama para pelaku industri kreatif, melalui kolaborasi dan inovasi.” tutup Anton Wirjono.
Brightspot Mall 2024 sudah dapat dikunjungi dari 31 Mei 2024 secara gratis dengan mengakses aplikasi Brightspot. Temukan info mengenai jadwal pembukaan Brightspot Mall 2024 dan beragam promo menarik melalui aplikasi Brightspot dan melalui sosial media @brightspotmrkt.