Home Wellness Ethnowellness by Essentia Apothecary, Essential Oil yang Terinpirasi dari Keberagaman Etnis Budaya...

Ethnowellness by Essentia Apothecary, Essential Oil yang Terinpirasi dari Keberagaman Etnis Budaya Indonesia

Kekayaan Indonesia, mulai dari rempah-rempah, seni budaya, hingga keramahtamahannya merupakan warisan Indonesia yang bernilai yang harus dilestarikan dari generasi ke generasi. Budaya Indonesia memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki kharismanya oleh negara-negara lain. Banyaknya pulau,  panjangnya pantai, besarnya hutan, banyak jenis tanaman yang tumbuh, variasi budaya yang ada antara satu dengan yang lainnya merupakan warisan nenek moyang (leluhur) yang dijadikan inspirasi resep produk Etnowellness Indonesia by Essentia Apothecary, yang diangkat dari kearifan budaya lokal berbagai daerah di Nusantara. Ethnowellness yang bernilai ini yang seharusnya bisa menjadi bagian dari kesehatan dan kecantikan masyarakat Indonesia dan juga dapat dikenal dan dinikmati oleh masyarakat luar negeri saat ini dan nanti.

Ibu Agnes Lourda Hutagalung – pendiri Gaya Spa sekaligus pelestari ethnowellness Indonesia – yang sebelumnya menggunakan produk-produk dari luar negeri terutama produk aromatherapy dan face care produk akhirnya membuat dan meracik produk lokal Indonesia untuk digunakan sebagai produk operasional pada Gaya Spa Wellness. Walaupun produk lokal namun kualitas produknya tidak kalah dengan kualitas produk luar negeri sehingga banyak pelanggan Gaya Spa Wellness menggunakan sebagai produk personal mereka.

Berawal dari hal tesebut, maka pada tahun 1998 akhirya berdirilah produk Spa Essentia yang saat ini dikenal sebagai Essentia Apothecary, yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia, untuk memenuhi permintaan masyarakat akan produk ethnowellness dan juga menjaga kelestariannya agar masyarakat tidak melupakan tradisi nenek moyang yang sangat bernilai ini.

Sejak awal pendiriannya, Essentia Apothecary terus berusaha tetap komitmen memberikan produk yang terbaik dan unggul, dengan terus mengeksplorasi kearifan tradisional dan menggabungkannya dengan penelitian dan pengembangan modern untuk menghasilkan produk dengan bahan-bahan alami terbaik untuk produk perawatan wajah, tubuh dan rambut dengan berbasis aromatherapy.

Essentia Apothecary menawarkan konsep terobosan dalam perawatan tubuh yang memberikan keseimbangan pada tubuh, pikiran dan jiwa. Sejak tahun 2003, Essentia Apothecary bekerjasama dengan tim Penelitian dan Pengembangan para ahli pengobatan tradisional dari universitas terkemuka serta IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan PDSI (Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia), yang terus mengembangkan produk-produk yang ditujukan untuk kesehatan dan perawatan kulit, tubuh dan pikiran.

Terinspirasi dari keberagaman budaya etnis nusantara, Essentia Apothecary memperkenalkan produknya yang bernama “Ethnowellness” Indonesia. Ethnowellness by Essentia Apothecary adalah rangkaian produk yang menjunjung budaya etnik Indonesia dengan menggunakan bahan dasar rempah-rempah asli Indonesia yang digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki beragam budaya dan bahan-bahan alami yang memiliki proses dan metode yang otentik, unik & khas. Ethnowellness by Essentia Apothecary ini terinspirasi dengan latar belakang budaya Indonesia yang kaya. Setiap budaya memiliki rempah-rempah khas yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah dari setiap budaya dikemas menjadi minyak atsiri yang kuat, minyak pijat, dan lulur.

Yuk kita simak detail dari 9 varian produk essential oil dari Ethnowellness by Essentia Apothecary yang terinspirasi dari beragam warisan budaya etnis nusantara ini BeautyBabes!⏬

Batak Essential Oil

1. Batak Essential Oil

Batak Essential Oil memiliki kandungan Minyak Citrus Hystrix (Kaffir Lime), Minyak Cananga Macrophylla (Cananga), dan Minyak Zingiber officinale (Ginger) Root.

Essential oil ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan imunitas, membantu memperbaiki mood, merelaksasi pikiran,  mengurangi pegal-pegal, melindungi dari gigitan serangga, meredakan rasa gatal,  meningkatkan gairah, dan juga dapat membantu mengurangi kerutan.

Betawi Essential Oil

2. Betawi Essential Oil

Betawi Essential Oil memiliki kandungan Citrus hystrix (Kaffir Lime) Oil, Cananga Macrophylla (Cananga) Oil, Jasminum  officinale (Jasmine) Flower Oil, Rosa Damascena (Rose) Oil, dan Cymbopogon citratus (Lemongrass) Oil.

Essential oil ini bermanfaat sebagai antioksidan, antiseptik, mampu melegakan pernafasan, membantu mengurangi sakit kepala, membantu mengurangi rasa lelah, membantu mengurangi pegal-pegal, sebagai relaksasi, mampu mengurangi stres, dan membantu meningkatkan gairah.

Minang Essential Oil

3. Minang Essential Oil

Minang Essential Oil memiliki kandungan Jasminum officinale (Jasmine) Flower Oil, Rosa Damascena (Rose) Oil, Pogostemon cablin (Patchouli) Oil, Foeniculum vulgare Dulce (Fennel) Oil, Zingiber officinale  (Ginger) Root Oil, dan Citrus hystrix (Kaffir Lime) Oil.

Essential oil ini bermanfaat sebagai antimikroba, membantu mengurangi pegal, untuk relaksasi, membantu mengurangi  stres, melindungi dari gigitan serangga, meredakan rasa gatal, meningkatkan  imunitas, dan membantu memperbaiki mood.

Jawa Essential Oil

4. Jawa Essential Oil

Jawa Essential Oil memiliki kandungan Cananga Macrophylla (Cananga) Oil, Jasminum officinale (Jasmine) Flower Oil, Ocimum  Basilicum (Basil) Oil, Zingiber officinale (Ginger) Root Oil, dam Cymbopogon citratus (Lemongrass) Oil.

Essential oil ini bermanfaat sebagai antioksidan, antiseptik, membantu meredakan rasa lelah, meredakan pegal-pegal, relaksasi, membantu mengurangi stres, membantu meningkatkan gairah.

Madura Essential Oil

5. Madura Essential Oil

Madura Essential Oil memiliki kandungan Santalum album (Sandalwood) Oil, Cananga Macrophylla (Cananga) Oil,  Cymbopogon citratus (Lemongrass) Oil, dan Pogostemon cablin (Patchouli) Oil.

Essential oil ini bermanfaat sebagai antioksidan, antiseptik, membantu meningkatkan daya ingat, antiinflamasi,  membantu memperbaiki mood, membantu menurunkan demam, melegakan  pernafasan, membantu meningkatkan imuniatas, membantu meningkatkan gairah terlebih untuk pria.

Bali Essential Oil

6. Bali Essential Oil

Bali Essential Oil memiliki kandungan Cananga Macrophylla (Cananga) Oil, Pogostemon cablin (Patchouli) Oil, Melaleuca  leucadendron (Cajeput) Oil, Ocimum basilicum (Basil) Oil, dan Citrus aurantium (Orange) Oil.

Essential oil ini bermanfaat untuk membantu meredakan sakit kepala, antioksidan, antiseptik, membantu melegakan  pernafasan, membantu mengurangi rasa lelah, membantu mengurangi rasa pegal,  relaksasi, membantu mengurangi stres, membantu meningkatkan gairah.

Bugis Essential Oil

7. Bugis Essential Oil

Bugis Essential Oil memiliki kandungan Eugenia caryophyllus (Clove Bud) Oil, Cymbopogon citratus (Lemongrass) Oil,  Lavandula angustifolia (Lavender) Oil, Citrus hystrix (Kaffir Lime) Oil.

Essential oil ini bermanfaat untuk mengurangi rasa pegal, relaksasi, mengurangi rasa stres, mencegah gigitan serangga, membantu meredakan rasa gatal, mencegah timbulnya jerawat.

Minahasa Essential Oil

8. Minahasa Essential Oil

Minahasa Essential Oil memiliki kandungan Melaleuca leucadendron (Cajuput) Oil, Eugenia caryophyllus (Clove Bud) Oil, Cymbopogon citratus (Lemongrass) Oil, Cinnamomum zeylanicum Leaf (Cinnamon) Oil, Lavandula angustifolia (Lavender) Oil, dan Rosa Damascena (Rose) Oil.

Essential oil ini bermanfaat sebagai antioksidan, antiseptik, membantu melegakan pernafasan, membantu mengurangi rasa lelah, membantu mengurangi rasa pegal, membantu meningkatkan gairah, membantu mengurangi stres, melindungi dari gigitan serangga, meredakan rasa gatal, membantu mengurangi sakit kepala, membantu meredakan pilek, dan membantu meningkatkan imunitas.

Banjar Essential Oil

9. Banjar Essential Oil

Banjar Essential Oil memiliki kandungan Santalum Album (Sandalwood) Oil, Cananga Macrophylla (Cananga) Oil,  Cymbopogon citratus (Lemongrass) Oil, Pogostemon cablin (Patchouli) Oil.

Essential oil ini bermanfaat sebagai antioksidan, antiseptik, membantu melegakan pernafasan, membantu  mengurangi rasa lelah, membantu mengurangi rasa pegal, membantu menurunkan demam, melindungi dari gigitan serangga, meredakan rasa gatal, membantu mengurangi sakit kepala, membantu meringankan pilek.

Misi dari Essentia Apothecary adalah untuk menampilkan dan menjaga kesehatan serta kecantikan budaya Indonesia. Di masa yang akan datang Essentia Apothecary ingin memperkenalkan dan melestarikan budaya kesehatan dan kecantikan Indonedia ke mancanegara melalui produk kosmetik Indonesia. Dengan adanya rangkaian produk Ethnowellness by Essentia Apothecary ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta kalian terhadap budaya Indonesia, khususnya budaya kesehatan dan kecantikan Indonesia yang khas.

Ayo lestarikan budaya Indonesia dengan mencintai essential oil warisan budaya Indonesia bersama Ethnowellness Indonesia by Essentia Apothecary, BeautyBabes!

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive. Follow me on Instagram @prameswanindita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Happy 9th Anniversary Sociolla, From Bestie For Bestie!

Mengusung tema “From Bestie for Bestie”, di ultahnya yang ke-9 Sociolla ingin rayakan ikatan kuat yang telah dibangun dengan kamu BeautyBabes

Bersama Putri Marino, Oriflame Membangun Mood Kamu Untuk “Reach Your Happy Place”

Bersama Putri Marino, Oriflame mengajak kamu untuk berani mengambil langkah yang akan membawa kamu untuk 'Reach Your Happy Place'!

Luna Maya Bersama NAMA Beauty Kampanyekan “Mulai Dari Bareskin” Kembalikan Pentingnya Kulit Wajah Bersih 

NAMA Beauty hadirkan konsep “Mulai Dari Bareskin” sebagai bentuk kulit wajah bersih investasi kulit sehat dengan double cleansing!

Dari Paris ke Jakarta, Kunjungan Paul Marchand Kuatkan Ikatan Global ESMOD Jakarta

Paul Marchand berkunjung ke ESMOD Jakarta untuk untuk menjaga agar standarisasi pendidikan tetap sejalan dengan ESMOD International.

Valing – Ovale Keliling, Pengalaman Baru Merawat Kulit Wajah dengan Ovale Facial Lotion Dingin

Valing - Ovale Keliling, jasa cuci muka keliling pertama di Indonesia memperkenalkan cara baru mencuci muka dengan Ovale Facial Lotion ingin.

Lomba Lari Merayakan Hari Perempuan Internasional, AIA Vitality Women’s 10K, Hadir Kembali dengan ‘Playground’ Baru di Solo

Lomba lari dengan pesan pemberdayaan perempuan, AIA Vitality Women’s 10K, hadir kembali untuk ajak perempuan Indonesia jalani gaya hidup aktif.

Setelah Terkenal Karena Sheet Mask-nya, Kini Mediheal Kembali Hadirkan Rangkaian Skincare dengan Kandungan Susu

Terkenal dengan sheet mask-nya, MEDIHEAL kini hadir dengan Milk Brightening Range, produk skincare yang terdiri dari toner, serum, dan cream.

Rayakan Hari Valentine dengan Tampil Natural Merona Bersama Beby Tsabina dan barenbliss

Beby Tsabina ingin mengajak BeautyBabes untuk merayakan valentine mengandalkan 3 rangkaian kosmetik barenbliss untuk kreasi cantik natural!
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.