Home Editor's Picks Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

Moisturizer penting karena membantu menjaga kulit dari dehidrasi, bahkan jenis kulit berminyak pun perlu dilembapkan. Yang perlu diingat adalah, moisturizer sebenarnya tidak menambah kelembapan. Sebaliknya, mereka menarik dan menjebak air yang ada di kulit.

Itulah mengapa moisturizer harus menjadi langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit. Hidrasi harus didahulukan. Aplikasikan terlebih dahulu toner, esens, dan serum sebelum mengoleskan moisturizer di atas semua tahapan tersebut untuk menyegel semua hidrasi.

Tanpa moisturizer, kelembapan pada kulit dapat dengan mudah menguap, membuat kulitmu kering dan dehidrasi. Moisturizer akan membantu mengunci kelembapan sekaligus menghaluskan kulit, memungkinkan kulit pulih, dan beregenerasi dengan baik.

Sekarang, mari kita masuk ke formulasi. Moisturizer biasanya menggabungkan kombinasi dari tiga jenis bahan tertentu, yaitu humektan, emolien, dan/atau oklusif. Beberapa moisturizer mungkin lebih condong ke salah satu jenis bahan dibandingkan yang lain. Konsistensinya juga berbeda-beda, ada yang berbentuk gel, krim, atau cair. Jenis kulit dan tingkat kekeringan akan menentukan jenis formula apa yang paling dibutuhkan. Yuk kita bahas lebih detail masing-masing elemen moisturizer ini dan cara kerjanya.

Humectants: The Moisture Absorbers

Humektan adalah bahan yang menyukai air yang melekat dan bertahan pada air. Ini menarik air ke sel kulit untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Beberapa humektan digunakan dalam moisturizer adalah asam amino (urea), sugar alcohols (glycerol dan sorbitol), madu, molases, putih dan kuning telur, gel lidah buaya, ceramides, alpha-hydroxy acids (lactic acid, glycolic acid), glycerin, hyaluronic acid, dan lainnya.

Bahan-bahan ini sangat penting walaupun kulit secara alami memproduksinya juga. Humektan yang terjadi secara alami disebut NMFs (Natural moisture factors). Kemampuannya menahan air membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapan yang sehat.

Humektan bertindak sebagai lapisan pertama kelembapan, yang baik dan cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit berminyak, kombinasi, dan berjerawat karena tidak mengandung minyak yang lebih berat.

Karakter humektan antara lain:

• Bahan penarik kelembapan bagus untuk semua jenis kulit, terutama jenis kulit berminyak. Menarik air ke sel kulit untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

• Mengikat air ke kulit untuk membantunya tetap di permukaan.

• Menyerap dengan sangat cepat.

• Konsistensi yang ringan.

• Formula gel.

Moisturizer Dengan Kandungan Humectant

Simak nih beberapa rekomendasi moisturizer dengan kandungan humektan yang bisa kamu catat!

Hada Labo Perfect 3D Gel

https://rohto.co.id/product/detail/hada-labo-perfect-3d-gel

Hada Labo Perfect 3D Gel merupakan moisturizer gel yang mengandung empat tipe hyaluronic yaitu Hyaluronic Acid, Improved Hyaluronic Acid, Nano Hyaluronic Acid, dan 3D Hyaluronic Acid. Semua kandungan yang ada di produk ini cocok untuk semua jenis kulit. Hyaluronic Acid sendiri ini merupakan bahan andalan dari Hada Labo. Tekstur dari gelnya sendiri juga mild dan mudah meresap. Dan tidak menyebabkan kulit terasa lengket setelah produk diaplikasikan baik di siang maupun malam hari. Cara penggunaannya pun bisa dilakukan pada langkah akhir rangkaian skincare, yaitu setelah penggunaan serum atau esens.

COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream

https://www.sociolla.com/face-cream-lotion/9884-aloe-vera-oil-free-moisture-cream

Meskipun namanya cream, tapi produk moisturizer dari COSRX ini berbentuk gel transparan. Kandungan utamanya adalah aloe vera (lidah buaya) yang seketika bisa menghidrasi sekaligus menenangkan kulit yang sedang atau rentan iritasi. Saat diaplikasikan produk ini langsung meresap seperti air tanpa meninggalkan kesan lengket karena formulanya yang oil-free. Moisturizer ini cocok untuk semua jenis kulit dan bisa diaplikasikan di wajah dan badan.

Neutrogena Hydro Boost Water Gel

https://www.sociolla.com/face-gel/45662-hydro-boost-water-gel

Moisturizer ini membantu menghidrasi kulit dan menstimulasinya untuk menghasilkan asam hialuronatnya (HA) sendiri dari dalam untuk hidrasi hingga 72 jam. Teknologi hidrasi ini membantu menjadikan kulitmu tampak lebih cerah, terasa kencang dan kenyal, lembut, sehat, dan bercahaya.

Emollient: The Space Fillers

Emolien mengisi ruang atau celah di antara sel-sel kulit yang tidak memiliki lipid moisturizer dan memberikan efek kulit yang lembut dan halus seketika, serta terhidrasi dengan lebih baik. Bahan-bahan ini biasanya merupakan bahan berbasis minyak yang lebih ringan seperti Silicone (Dimethicone, Cyclomethicone), jojoba oil, Shea Butter, caprylic/capric triglyceride, squalane, isopropyl isostearate, lanolin, ceramides, dan rosehip oil.

Produk skincare yang difokuskan pada formula emolien adalah face oil. Face oil berfungsi paling baik pada mature skin yang sangat kering dan mengalami dehidrasi yang membutuhkan kelembapan serius.

Karakter dari emolien antara lain:

• Pengisi ruang, cocok untuk jenis kulit normal, kering, dan kombinasi.

• Lipid dan minyak mengisi semua retakan pada kulit, membantu menghaluskan permukaan kulitmu, dan membantu memperbaiki pelindung kulit.

• Konsistensi seperti krim atau losion ringan.

Moisturizer Dengan Kandungan Emollient

Ini dia beberapa rekomendasi moisturizer dengan kandungan emolien yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk masuk dalam skincare regime kamu!

Bhumi Multi Targeted All Natural Adoring Face Oil

https://www.sociolla.com/face-oil/15910-multi-targeted-all-natural-adoring-face-oil

Face oil ini diperkaya dengan kandungan sembilan bahan aktif. Dimulai dengan Turmeric (kunyit) sebagai pencerah kulit wajah. Lavender, yang mampu melembapkan dan menyegarkan kulit, sehingga wajah tampak lebih muda dan bersinar. Rosehip dan Clary Sage adalah sumber alami fatty acid dan kolagen untuk meregenerasi sel. Tea Tree dan Patchouli dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan noda hitam, sekaligus berfungsi sebagai pelembap. Frankincense oil efektif untuk mengencangkan dan menghilangkan noda hitam. Geranium adalah perawatan tepat untuk kulit sensitif dan kering. Lemongrass oil adalah formula tepat untuk tipe kulit wajah berminyak.

Wardah Hydra Rose Moisture Rich Night Gel

https://shop.wardahbeauty.com/product/wardah-hydra-rose-moisture-rich-night-gel-40-gr/

Pelembap dengan tekstur gel kaya nutrisi mengandung 72 Hours Hydrating Active dan Rose Oil yang memiliki efek antioksidan dan menghidrasi serta menjaga kelembapan kulit. Diformulasikan khusus dengan Stress Relief Agent untuk melawan efek stres dari lingkungan yang terakumulasi seharian dengan meningkatkan kemampuan lapisan kulit dalam menjaga hidrasi. Mengandung Active Penetration Booster (Lecigel) yang membantu bahan aktif masuk ke dalam lapisan kulit lebih banyak sehingga memberikan efek yang lebih optimal.

Baca Juga: Hydra Rose Series Dari Wardah: Jaga Kelembapan Kulit Selama 72 Jam

L’Occitane Shea Light Comforting Cream

https://id.loccitane.com/light-comforting-cream,41,2,13702,681929.htm

Krim dengan tekstur halus dan tidak berminyak yang diformulasikan dengan 5% shea butter untuk menjawab kebutuhan esensial kulit normal hingga kombinasi, termasuk jenis kulit sensitif. Kelembapan yang bertahan lama hingga 48 jam dan membuat kulit menjadi kenyal dan lembut. Pelembap ini melindungi kulit dari serangan eksternal, sehingga kulit tetap nyaman sepanjang hari.

Occlusive: The Moisture Sealers

Kulit merupakan penghalang terhadap serangan eksternal dan oklusif ada untuk membantu mereka melakukan pekerjaannya dengan lebih baik. Ini adalah zat berat, berlemak yang membentuk pelindung fisik kedap air di atas kulit untuk mengunci kelembapan. Beberapa bahan oklusif yang umum adalah waxes (carnauba dan beeswax), silikon, oils (olive dan soybean), dimethicone, lanolin, mineral oil, dan white petrolatum.

Oklusif dirancang untuk merendam kulit dalam kelembapan. Oklusif bersifat berat dan biasanya lebih direkomendasikan untuk tubuh dan tidak terlalu banyak untuk wajah.

Bahan oklusif terbaik yang bisa didapatkan adalah petrolatum. Ia memiliki reputasi buruk untuk menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Tapi petrolatum sebenarnya non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori). Ini adalah penghalang yang sangat bagus sehingga dapat menyegel kontaminan yang sudah ada di kulit memperburuk iritasi.

Beberapa karakter oklusif antara lain:

• Pengunci kelembapan, cocok untuk kondisi mature skin, dehidrasi, dan tipe kulit kering.

• Occlusive memiliki konsistensi yang lebih rich dan thick.

• Menghalangi penguapan air – sempurna untuk kulit kering.

• Tekstur: Balm, krim kental.

Moisturizer Dengan Kandungan Occlusive

Ini dia beberapa rekomendasi moisturizer dengan kandungan oklusif yang mampu mengunci kelembapan di wajah agar bertahan lebih lama!

Elizabeth Arden Eight Hour® Skin Protectant Cream

https://www.elizabetharden.com/skincare/body-care/eight-hour-cream-skin-protectant-10014252000.html

Walaupun klasik, produk ini merupakan skin savior yang bisa digunakan from head to toe dan juga multifungsi. Jika diaplikasikan pada wajah pada tahapan terakhir pengaplikasian skincare, produk ini berfungsi untuk mengunci kelembapan. Produk ini bisa digunakan untuk menjinakkan alis yang sulit diatur, menyejukkan kutikula, serta menambahkan kilau pada bibir dan kelopak mata. Selain khasiatnya sebagai “penyelamat kulit”, krim petrolatum dan lanolin alami ini membantu menghaluskan helai rambut dan melembapkan ujung yang kering.

Baca Juga: 3 Perawatan Kecantikan Praktis Biar Kamu Siap Dengan Cepat, Buat Sambut Senin Yang Supersibuk!

Bio-Oil® Dry Skin Gel

https://www.bio-oil.com/id

Produk ini merupakan cara baru untuk merawat kulit kering, yang berbahan dasar minyak, sehingga terasa “hangat” saat diaplikasikan. Berbeda dengan produk kulit kering lainnya yang berbahan dasar air yang terasa dingin saat diplikasikan dan mudah menguap. Kandungan parafin dan oil pada produk ini akan mengunci kelembapan dan mencegahnya agar tidak mudah menguap.

Baca Juga: Teruntuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Produk Terbaru Bio-Oil Dry Skin Gel Wajib Dilirik, Nih!

Sulwhasoo Overnight Vitalizing Mask

https://www.sulwhasoo.com/id/id/products/overnight_vitalizing_mask_ex.html

Kandungan scutellaria root, ekstrak walnut, dan Angelica Acutiloba memberikan kelembapan ekstra dan menyegarkan kulit ketika tidur. Tekstur yang unik dari masker krim ini terasa lembut dan ringan di kulit ketika tidur, menjadikan kulit kenyal, dan sehat terhidrasi. Diperkaya dengan kandungan Dimethicone untuk mengunci kelembapan semalaman.


Beberapa kandungan actives bahkan dapat memiliki banyak peranan. Misalnya, panthenol (provitamin B5) adalah humektan dan emolien, sedangkan dimethicone dapat berfungsi baik sebagai emolien dan oklusif.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Arti Dari SPF Dan PA Pada Kemasan Sunscreen, Apa Yang Perlu Diketahui?

SPF dan PA, kenali lebih dekat agar bisa memilih sunscreen yang tepat untuk proteksi kulit terhadap efek buruk sinar ultraviolet.

Produsen Es Krim Sehat Aice Bantu Warga DKI Jakarta Hindari Covid-19

Bukan hanya memberikan keceriaan lewat es krim 🍦 yang berkandungan baik seperti Aice Susu Telur, tapi es krim sehat ini pun membagikan kebaikan dalam jutaan masker medis Shield 😷 loh!

UVA Dan UVB, Ketahui Semua Hal Tentang Ultraviolet Agar Kulit Terhindar Dari Efek Buruknya

UVA dan UVB, SPF dan PA, semua yang perlu diketahui dari sinar ultraviolet dan bagaimana memproteksi dari efek buruknya, ada di artikel ini!

NOTE Cosmetics: Rahasia Kecantikan Perempuan Turki Yang Perlu Dicatat

NOTE Cosmetics yang telah teruji secara dermatologist, bebas paraben, dan vegan friendly yang sudah pasti halal, kini hadir di Indonesia.

Shake Lip Pigment: Hadirkan 5 Warna Baru Yang Buat Bibirmu Cantik Dan Terlindungi

Sister brand The Bath Box®, 'Allglows' luncurkan 5 warna baru Shake Lip Pigment pada 11 November 2020. Grab it while it lasts BeautyBabes!

3 Tipe Hydroxy Acid – AHA, BHA, PHA: The Three Musketeers-nya Chemical Exfoliator

Hydroxy acid sebagai exfoliator bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat pergantian sel-sel baru. Yuk kupas lebih dalam!

Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

Moisturizer biasanya mengombinasikan 3 jenis bahan tertentu, yaitu humektan, emolien, dan/atau oklusif. Kenali tiap-tiap karakternya di artikel ini!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!