Untuk memperingati kedua brand asal California, Stüssy X Levi’s® kembali berkolaborasi dengan meluncurkan Capsule Collection yang menghadirkan desain estetik khas Stüssy pada koleksi original Levi’s®. Capsule Collection dari hasil kolaborasi Stüssy X Levi’s® ini menampilkan rangkaian jaket trucker dan jeans yang tersedia dalam tiga warna yang berbeda : hitam, coklat, & merah muda. Koleksi ini terbuat dari kain jacquard dengan finishing two-tone garment dyes yang memberikan hasil akhir yang unik pada setiap koleksinya yaitu vintage washed feel.
Baca Juga: Kreasikan Levi’s® 501® Sesuai Dengan Karakter Kamu Bersama NewJeans!
Stüssy lahir pada akhir tahun 80-an dan awal tahun 90-an. Merk ini lahir dari kancah olahraga selancar California Selatan yang terjun ke dunia fesyen untuk mendefinisikan kembali tampilan dan ideologi pakaian kasual. Label ini tumbuh secara organik dari gerakan anak muda yang secara tidak sengaja merevolusi bisnis pakaian.
Shawn Stüssy adalah seorang peselancar yang biasa membuat papannya sendiri untuk teman dan penduduk setempat di Laguna Beach, California. Stüssy mulai mencetak kaos dan celana pendek untuk dijual bersama dengan papan selancar sebagai bentuk promosi dengan nama belakangnya yang ditulis dengan style grafiti akan menjadi logo perusahaan. Stüssy secara tidak sengaja terjun ke bisnis pakaian karena kecintaannya yang mendalam terhadap olahraga selancar, dan dalam waktu singkat selama bertahun-tahun, orang-orang membicarakan dunia selancar dan skateboard yang kecil dan terpencil di akhir tahun 80an. Shawn mendirikan tempat kecil untuk showroom di New York dan California dan mulai memamerkan desainnya ke toko-toko yang dia hormati.
Merek ini tumbuh pada masa ketika terjadi pergeseran penting menuju budaya populer kontemporer. Dalam dunia musik, pada akhir tahun 70an memberi kita music punk, sedangkan awal tahun 80an membawa kita pada jenis musik DIY baru yang disebut rap. Punk mendobrak hambatan kreatif dan estetis dan mengajarkan kita bahwa siapa pun bisa memiliki sebuah band. Rap mendorong batas-batas sosial dan mengeksplorasi ide- ide remixing dan sampling. Ide-ide dan wilayah baru ini menciptakan platform modern baru untuk fashion dan ekspresi budaya. Desain dan estetika keseluruhannya menyentuh referensi dari berbagai subkultur bawah tanah yang selaras dengan Stüssy. Pendekatan ini menarik jaringan pemuda kreatif di seluruh dunia yang memiliki minat yang sama dalam budaya selancar, skating, dan musik. Distribusi yang terbatas memicu keinginan tersebut secara internasional, dan mereka yang menginginkan peralatan tersebut akan menemukannya dan merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dalam proses tersebut.
Dengan kesuksesan Stüssy, muncul kesempatan untuk melakukan perjalanan dan menyebarkan Stüssy vibe. Pakaian ini terinspirasi oleh sekelompok musisi, skater, DJ, dan artis internasional dengan selera serupa. Para trendsetter di New York, London, Tokyo, dan wilayah lain di dunia sangat antusias untuk ikut serta dalam gerakan yang terinspirasi oleh jaringan individu yang memiliki pemikiran serupa. Kelompok pertemanan ini kemudian menjadi “International Stussy Tribe” dengan cabang di New York, Tokyo, London, Berlin dan Los Angeles. Dengan jaringan kuat anggota tribe yang memakai merek tersebut di klub dan panggung di seluruh dunia, pesan Stüssy menyebar secara organik. Merek ini berkomitmen untuk memproduksi pakaian yang relevan dan berkualitas baik dengan harga wajar yang hanya tersedia di toko-toko terpilih di seluruh dunia dengan jumlah terbatas. Ini adalah konsep yang benar-benar baru pada saat itu, yang akhirnya berperan besar terhadap kesuksesan brand ini.
Koleksi dari kolaborasi Stüssy X Levi’s® ini akan tersedia secara eksklusif mulai tanggal 10 November 2023 di Original Levi’s® Store Grand Indonesia East Mall Level 2. Kamu juga bisa mengunjungi akun Instagram resmi Levi’s® South East Asia (@Levis_SEA) untuk mengetahui info selengkapnya.