Home Beauty Lifestyle Conscious Living: Kolaborasi P&G Indonesia dan Octopus Dalam Melestarikan Lingkungan di Jakarta

Conscious Living: Kolaborasi P&G Indonesia dan Octopus Dalam Melestarikan Lingkungan di Jakarta

P&G Indonesia bersama dengan start up Octopus dan didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada 21 Juni 2022 secara resmi mengumumkan ekspansi ke wilayah DKI Jakarta guna mencapai skala dan menghasilkan dampak yang lebih besar melalui program Conscious Living. Untuk diketahui, program ini merupakan kelanjutan dari program Conscious Living yang sebelumnya telah diluncurkan di wilayah Provinsi Jawa Barat pada bulan Oktober 2021 silam sebagai bentuk pertanggungjawaban P&G atas dampak bisnisnya terhadap lingkungan.

Baca Juga: Kini Sampah 🚮 Saset Dan Botol Plastik HDPE 🚿🧼🧴 Dari Produk Kecantikanmu Bisa Hasilkan Insentif Buat Kamu!

Sulit diproses dan didaur ulang merupakan permasalahan sampah sachet, plastik multilayer, dan sampah HDPE yang masih belum terselesaikan dan masih menjadi perhatian dari berbagai lapisan masyarakat. Adapun ragam rintangan dalam pengelolaan sampah sachet atau plastik multilayer yang kerap ditemui adalah proses penguraiannya yang sulit sedangkan sampah plastik HDPE merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar yang hingga saat ini belum memiliki nilai ekonomi. Dilansir dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) total sampah nasional pada tahun 2021 mencapai 68,5 juta ton. Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen, atau sekitar 11,6 juta ton, didominasi oleh sampah plastik. Wilayah DKI Jakarta sendiri menduduki peringkat penyumbang sampah ke-3 dengan berkontribusi sebesar 2,59 juta ton sampah. Diungkap oleh PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Ibu Kota DKI Jakarta memproduksi sebanyak 7.500 ton sampah per harinya sampah 7.500 ton tersebut yang setara dengan ukuran Candi Borobudur perharinya.

Besarnya angka timbunan sampah tersebut memang tidak dapat dipungkiri dihasilkan dari gaya hidup praktis masyarakat yang kerap mengkonsumsi produk berbahan dasar plastik sekali pakai. Oleh karena itu, diperlukan langkah konkret dari para pelaku usaha dan konsumen untuk menanggulangi permasalahan tersebut dimulai dari menekan angka penggunaan plastik, mengurangi penggunaan pemakaian produk sekali pakai, hingga berkontribusi untuk mendaur ulang sampah agar mampu memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terlibat.

Dalam upaya mencari solusi dari penanggulangan sampah plastik dan memastikan bahwa tidak lagi ada sampah sachet, plastik multilayer, dan HDPE yang mengotori lingkungan, serta edukasi untuk peggunaan plastik secara bertanggung jawab, P&G Indonesia menyadari bahwa dapat diperlukan adanya kerjasama dengan berbagai pihak-pihak lainnya. Memiliki visi dan misi yang selaras, melalui program Conscious Living, P&G Indonesia memilih Octopus Indonesia sebagai platform ekonomi sirkular yang telah memiliki berbagai pengalaman dan telah berhasil dalam menanggulangi sampah dari hulu ke hilir.

Nantinya, kemasan sachet atau multilayer dan plastik HDPE dari produk-produk P&G akan dikumpulkan oleh masyarakat provinsi DKI Jakarta atau konsumen P&G, para pengguna akan mengakses aplikasi mereka untuk menyetorkan sampah produk P&G dengan menghubungi pelestari Octopus melalui aplikasi. Pelestari kemudian akan datang dan mengambil sampah kemasan produk yang sudah dikumpulkan dan dipilah oleh konsumen. ​​Selanjutnya, sampah tersebut akan diserahkan kepada pengusaha pengolah sampah dan sampah yang telah dikumpulkan ini akan di proses dan diolah menjadi sumber energi terbarukan sehingga tidak sampai ke Tempat Pembuangan Akhir.

Octopus Indonesia hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut, Octopus Indonesia sendiri merupakan platform ekonomi sirkular yang didirikan oleh anak bangsa yang didirikan pada tahun 2018.Octopus menawarkan layanan  dimana  sampah plastik yang digunakan tidak berakhir ke tempat pembuangan sampah ataupun mencemari lingkungan, Octopus menjadi platform penggerak industri daur ulang yang mampu menjadi solusi para pelaku usaha meningkatkan aktifitas ekonomi sirkular serta menanggulangi permasalahan sampah di Indonesia. Adapun yang berbeda dari layanan yang ditawarkan Octopus dengan platform serupa lainnya, para pengguna yang menyetorkan sampah plastiknya akan mendapatkan insentif dalam bentuk point, point tersebut dapat ditukarkan menjadi ragam insentif menarik dimulai dari pulsa, token listrik, bahkan para pengguna juga dapat menukarkan point mereka menjadi voucher kopi di berbagai merchant. Pengalaman menyenangkan yang ditawarkan Octopus ini yang membuat proses pengumpulan sampah menjadi berbeda dan menyenangkan.

Ariandes Veddytarro, selaku Sustainability Champion P&G Indonesia mengungkapkan bahwa “Kami sangat senang sekali bahwa melalui program pertama kami di Jawa Barat, saat ini kami telah melebihi target 1 tahun kami hanya dalam jangka waktu 8 bulan. Dimana lebih dari 20 ribu penduduk di provinsi Jawa Barat telah menyetorkan 35,1 ton sampah plastik produk P&G ke partner kami, Octopus Indonesia. Program Conscious Living di provinsi Jawa Barat juga telah menjangkau sebanyak 2.916 pelestari, di mana 54% pelestari merupakan perempuan, dan 54 diantarannya merupakan kaum disabilitas. Program ini pun telah terbukti memberikan dampak ekonomi yang baik bagi para penerima manfaat yaitu dengan memberikan pemasukan tambahan hingga Rp 350.000 – Rp 800.000 perbulannya.

Dalam rangka menyambut ulang tahun DKI Jakarta yang ke 495, P&G Indonesia bersama dengan Octopus memberikan hadiah kepada Ibukota dengan turut hadir dan berpartisipasi untuk membantu menanggulangi permasalahan sampah di DKI Jakarta. “Program ini adalah hadiah kami untuk ibu kota Jakarta, dimana kami berkomitmen untuk dapat mengelola 40 ton sampah plastik di DKI Jakarta serta melibatkan 30.000 masyarakat DKI Jakarta agar menjaga kelestarian lingkungan dengan menyetorkan sampah rumah tangganya, selain penanggulangan sampah kami pun memiliki target untuk menjangkau 3,500 Pelestari dari berbagai latar belakang profesi hingga kondisi ekonomi guna memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan mereka” tambah Ariandes.

“Kami sangat bangga bahwa Octopus bersama program Conscious Living dapat diperluas ke wilayah DKI Jakarta, selain turut bertanggung jawab untuk mengatasi sampah di DKI Jakarta, kami membuka luas kesempatan bagi para pihak yang terlibat untuk dapat merasakan manfaat dari nilai-nilai yang dihasilkan terhadap sampah yang dikumpulkan, pihak-pihak tersebut diantaranya adalah konsumen, pelestari dan para pengepul sampah.  Kami berharap, melalui program ini semakin banyak pihak yang terdampak dan dapat terus berkembang ke wilayah lainnya. Tidak hanya itu, bersama dengan Octopus, program Conscious Living diharapkan dapat mendorong konsumen P&G Indonesia dan masyarakat DKI Jakarta untuk terus memberikan langkah nyata dalam menyelamatkan lingkungan” ujar Moehammad Ichsan, Co-Founder dan CEO Octopus Indonesia.

Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.B.A selaku Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta menyambut dengan berbahagia saat diluncurkannya Octopus dan program Conscious Living di wilayah DKI Jakarta “Saya mewakili seluruh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mendukung penuh kerjasama antara P&G Indonesia dan Octopus. Hingga saat ini kami memang terus berupaya untuk memfasilitasi masyarakat dan para pelaku usaha untuk mengelola sampah, memanfaatkan, serta mengembangkan hasil daur ulang. Oleh karena itu, Program Conscious Living ini merupakan program yang selaras dengan misi kami dalam perihal pengelolaan sampah plastik di DKI Jakarta. Terimakasih kepada P&G Indonesia dan Octopus Indonesia yang telah memilih wilayah DKI Jakarta sebagai wilayah ekspansi pelaksanaan program Conscious Living. Kami berharap program ini dapat memberikan hasil yang kolektif kepada  semua pihak yang terlibat”

“Tentunya, program Conscious Living terus berkembang berkat dukungan dari pemerintah serta masyarakat. Kami sangat berterima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah  Provinsi DKI Jakarta serta partner kami, Octopus yang telah berperan penting dalam membantu kami mengimplementasikan nilai perusahaan kami yakni Force for Good, Force for Growth” tutup Ariandes.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive. Follow me on Instagram @prameswanindita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Rayakan Annivesary Ke-5, YOU Beauty Mengajak Wanita Indonesia UntukTampil Percaya Diri Dengan Memancarkan Kecantikan Yang Sesungguhnya

YOU Beauty merayakan anniversary yang ke-5, mengusung tema Glow & Shine with YOU yang dihadiri oleh rekan-rekan media, beauty influencers, dan juga para #beYOUtyGang (komunitas YOU Beauty).

Bobo Tokyo Hadirkan Gerai Ke-6 di Grand Indonesia

Bobo Tokyo resmi membuka gerai ke enamnya di Grand Indonesia, sekaligus menjadi lokasi untuk gerai terbesar Bobo Tokyo di Indonesia saat ini. 

Bags City BC Travelers Going Places and Beyond Hadirkan Eksplorasi Conscious Traveling dengan Menggabungkan 3 Elemen: Bandara, Kota, dan Alam

Bags City melalui BC Travelers Going Places and Beyond mengajak travelers bertualang dalam perjalanan penuh kesadaran mulai 28 November - 3 Desember 2023 di Main Atrium Mall PIM 3.

barenbliss Kenalkan Beby Tsabina Sebagai Brand Ambassador yang Baru, Sekaligus Luncurkan Apple Makes Adorable Mousse Tint yang Revolusioner

barenbliss resmi meluncurkan produk mousse tint-nya itu Apple Makes Adorable Mousse Tint, dan sekaligus memperkenalkan brand ambassador terbarunya yaitu Beby Tsabina

Yuk Ladies Join Event Perdana Women Half Marathon Jakarta!

Yuk Join ajang lari perdana Women Half Marathon Jakarta yang sudah terdaftar dalam organisasi lari internasional World Athletic!

Skinlike Porefecting Cushion SPF 35 PA++++, Cushion Dengan Manfaat Skincare Untuk Tampilan Makeup yang Flawless

True to Skin Skinlike Porefecting Cushion SPF 35 PA++++, cushion dengan manfaat skincare untuk tampilan makeup yang flawless.

Hadir Kembali Kolaborasi Brand Korea Kenamaan NACIFIC dengan Boyband K-Pop STRAY KIDS Dalam The Story of NACIFIC with SKZ

The Story of NACIFIC with SKZ telah hadir sebagai kolaborasi yang menceritakan berbagai momen antara STRAY KIDS bersama dengan NACIFIC.

Jalin Kerjasama Eksklusif, MAP dan Flying Tiger Copenhagen Buka Tiga Gerai di Indonesia

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) telah menjalin kerja sama eksklusif dengan brand asal Denamrk, Flying Tiger Copenhagen baru saja membuka gerai Flying Tiger Copenhagen yang ketiga di Grand Indonesia Shopping Mall.
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.