Mempererat tali silaturahmi dan menjalin kehangatan bersama sanak saudara dan kerabat menjadi momen yang identik dan spesial di bulan suci Ramadan. Berkumpul dan makan bersama di rumah saat Lebaran maupun mengirimkan hampers Ramadan merupakan kegiatan yang seringkali dilakukan oleh umat muslim. Pipiltin Cocoa dengan kreasi cokelat asal Indonesia yang lezat dapat menjadi pilihan santapan untuk temani momen Ramadan penuh kehangatan kamu nih, BeautyBabes! Penasaran dengan perjalanan Pipiltin Cocoa hingga ke titik menjadi kreasi cokelat kebanggaan Indonesia, keep on scrolling ya!
Berdiri sejak tahun 2013 lalu, Tissa Aunilla bersama adiknya Irvan Helmi menjalankan bisnis Pipiltin Cocoa dengan misi untuk memperkenalkan potensi Indonesia sebagai negara penghasil cokelat yang beragam dan berkualitas. Tissa mengatakan, “Menjalankan bisnis Pipiltin Cocoa ini diawali dari keinginan kami agar produk cokelat Indonesia dikenal di dunia. Potensi besar yang kami lihat khususnya dari petani lokal yang dapat menghasilkan keanekaragaman cokelat asal Indonesia dengan kualitas yang sangat baik tentunya butuh didukung dan diapresiasi. Bisnis ini menjadi wadah dan cara kami untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan komunitas petani biji kakao, dimana hingga saat ini bahan baku yang digunakan Pipiltin Cocoa berasal dari lebih dari 2.000 mitra petani lokal. Kami pun terus melakukan inovasi produk coklat beserta layanannya melalui riset pasar yang intensif agar Pipiltin terus berkembang dan mengikuti kemajuan zaman.”
Selama ini, biji kakao Indonesia banyak dijual untuk produsen cokelat di Eropa, yang biasanya mengimpor cokelat asli daerah di Indonesia. Merek-merek cokelat Eropa ini bahkan menjadikan cokelat Indonesia sebagai produk premium mereka.
Selama ini, biji kakao Indonesia banyak dijual untuk produsen cokelat di Eropa, yang biasanya mengimpor cokelat asli Bali, Jember, dan daerah lainnya di Indonesia. Merek-merek cokelat Eropa ini bahkan menjadikan cokelat Indonesia sebagai produk premium mereka. Melihat kesempatan tersebut, Tissa dan Irvan pun bertekad untuk memperkenalkan cokelat asli Indonesia, untuk masyarakat Indonesia sendiri. Sesuai dengan tema “Diversity” dan tagline “Beda-beda itu enak” yang dikampanyekan Pipiltin Cocoa, keberagaman bisa dirayakan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan menghadirkan beragam jenis cokelat dari daerah yang berbeda di Indonesia. Saat ini, Pipiltin Cocoa menghadirkan cokelat dari beberapa provinsi, seperti Ransiki Papua Barat 100%, Aceh 84%, Kampung Merasa Kalimantan Timur 74%, Aceh 73%, Ransiki Papua Barat 72%, Bali 70%, East Java 65%, Flores 65%, dan Bali 60%.
Saat ini Pipiltin Cocoa tak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia saja lho BeautyBabes, bahkan hingga ke ranah internasional di Jepang, Singapura, dan negara lainnya. Namun sayang, pandemi yang melanda juga memberikan dampak penjualan yang berkurang hingga 60% karena fokus sepenuhnya masih pada penjualan offline. Maka dari itu, Tissa memutuskan untuk memperbaharui strategi berjualan dengan fokus mengembangkan penjualan secara online dengan bergabung di Shopee sejak tahun 2019. Strategi yang digunakan diantaranya adalah dengan memanfaatkan program kampanye, fitur-fitur, maupun promosi yang Shopee tawarkan untuk mengembangkan bisnis Pipiltin Cocoa. Dan ternyata langkah yang diambil ini mampu menghasilkan performa bisnis yang memuaskan untuk Pipiltin Cocoa, salah satunya melalui partisipasi dalam kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang sedang berlangsung saat ini hingga 22 April 2023.
Memulai hal yang baru tentu tidak mudah dan cepat. Tissa bersama tim harus mempelajari secara perlahan mengenai berbagai hal tentang online business secara otodidak, baik operasional sampai marketing hingga akhirnya dibantu dan diberikan edukasi oleh tim Shopee. Untung nya dengan kegigihan, Tissa bisa memanfaatkan program kampanye, fitur-fitur, maupun promosi yang Shopee tawarkan untuk mengembangkan bisnis Pipiltin Cocoa. Langkah yang diambil Tissa bersama Shopee ini mampu menghasilkan performa bisnis yang memuaskan untuk Pipiltin Cocoa, salah satunya melalui partisipasi dalam kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang sedang berlangsung saat ini.
Memasuki bulan Ramadan, Pipiltin Cocoa mempersiapkan strategi untuk dapat mengakomodir kebutuhan para umat muslim dan yang merayakan dengan mengeluarkan koleksi spesial bundle product favorit yaitu Diversity Gift Box, Indonesia Gift Box, dan Joybox Hampers, serta olahan kue choco fudge brownie dan minuman iced chocolate. Nah, buat kamu yang masih bingung cari hampers Ramadan, Pipiltin Cocoa bisa menjadi pilihan kamu untuk temani momen Ramadan penuh kehangatan sebagai santapan ketika silaturahmi bersama keluarga di rumah nih, BeautyBabes!!
Yuk cobain Pipiltin Cocoa Cokelat Nusantara kebanggaan Indonesia sekarang. Kamu bisa nikmati penawaran menariknya dengan ikutan Big Ramadan Sale di Shopee sekarang juga BeautyBabes!
Penulis: Swastika Hedi Sayekti