Home Review REVIEW: INNERTRUE Sweet Dreams Brightening & Firming Sleeping Mask

REVIEW: INNERTRUE Sweet Dreams Brightening & Firming Sleeping Mask

Jujur, beberapa tahun silam saat sleeping mask mulai diperkenalkan, hingga jadi booming akhir-akhir ini, saya tidak seantusias kebanyakan beauty aficionado lainnya. Apalagi dengan usia yang sudah 45 tahun, saya tetap setia dengan pelembap malam yang formulanya rich dan menjawab kebutuhan kulit yang makin mature. Namun, ketika salah seorang sahabat lama saya, Erfan Haryando, Brand Manager INNERTRUE menawari saya mencoba INNERTRUE Sweet Dreams Brightening & Firming Sleeping Mask, sukses deh saya teracuni. Bahkan INNERTRUE pun berkolaborasi dengan BeautyBeat dalam IG LIVE dengan topik #TrueTalk Night Ritual with Sleeping Mask, yang membahas pengalaman saya menggunakan sleeping mask yang satu ini. Sudah nonton belum, BeautyBabes? Cek deh di bawah ⬇️⬇️⬇️ ini:


Habis nonton, jadi makin penasaran kan? Makanya, let’s check out the full review now!!

THE PRODUCT CLAIM


INNERTRUE Sweet Dreams Brightening & Firming Sleeping Mask adalah inovasi sleeping mask yang bekerja efektif sepanjang malam dengan Smart Adaptogenic Formula untuk merawat kulitmu saat tidur.

Adaptogenic adalah kemampuan yang dimiliki dari campuran beberapa plant extracts yang membantu untuk meregulasi respons kulit kita dari stressors, berdasarkan dari apa yang dibutuhkan kulit kita.

Kulit wajah 16 kali lebih cerah dalam satu bulan*.
87% volunteer mengatakan kulit lebih bersinar dalam satu minggu*.

Manfaat:
✨Bio-Ceramide memperkuat Skin Barrier.
✨Mencerahkan dan meratakan skin tone.
✨Melembapkan dan meningkatkan elastisitas.
✨Menenangkan kulit sensitif.
✨Anti-Aging.
✨Collagen Booster.
✨Award Winning Ingredients.
✨Tekstur gel yang tidak lengket.

*In-Vivo test of Ingredients on panel of Korean Women.

BPOM Certified
Dermatologically Tested

OUR THOUGHTS

THE PACKAGING

Warna kotak kemasannya yang kuning 🟨 langsung mencuri perhatian saya. Bikin mood dalam sekejap jadi ikutan cheerful. Di tiap sisi kotak, masing-masing tertera informasi daftar bahan (ingredient lists), manfaat dan cara pakai, dan nomor BPOM, waktu kedaluwarsa, serta informasi lainnya.

“Kejutan” baru saya temukan setelah membuka kotaknya. Saya menemukan jar plastik berwarna kuning seperti warna kotaknya, dilengkapi dengan tutup putih, dan spatula plastik berwarna putih pula. Kenapa saya bilang “kejutan”? Karena baru kali ini sepertinya saya melihat dan memegang jar produk skincare yang kesannya seperti mainan anak-anak zaman dulu. Entah kenapa, jadi mengingatkan saya akan mainan edukasi puzzle belajar bentuk dan warna (mainan anak-anak berwarna kuning dengan berbagai bentuk seperti persegi panjang, bintang, bulat, dan lain-lain) yang dimainkan dengan cara dimasukkan ke dalam puzzle ball (bola besar). Cute dan ringan, tapi jadinya terkesan ringkih.

Mungkin karena saya terbiasa dengan jar kaca yang kokoh atau kalaupun terbuat dari plastik, biasanya plastik yang lebih tebal. Di satu sisi, desain jar ini menarik perhatian dan ringan untuk dibawa ke mana-mana. Namun di sisi yang lain, saya merasa ini lebih menarik bagi pengguna sleeping mask dalam kategori usia Gen Z dan milenial, ketimbang saya yang Gen X.

THE TEXTURE AND FORMULA

Saat melihat sleeping mask ini dalam jar-nya, saya jadi ingat tekstur obat gosok Vicks VapoRub yang jadi andalan masa kecil saat kita sedang flu dan pilek. Gel berwarna putih di jar, namun kalau disendok dengan spatulanya baru kelihatan warnanya yang bening. Tidak terlalu kental namun juga tidak terlalu liquidy. Dan yang paling membekas di ingatan saya, adalah aroma jeruk 🍊 yang sangat subtle dari sleeping mask ini. Seperti (lagi-lagi, mengingatkan pada kenangan masa kecil saya akan) minuman serbuk instan rasa jeruk merek Tang. Tapi aroma ini hanya tercium saat sleeping mask ini belum dipakai. Saat dipakai di kulit, tidak tercium lagi aroma itu.

Sebelum memakai Sweet Dreams 💛 ini, saya sempat menonton video 📺 review dermatolog dan skincare enthusiast Claudia Christin atau @funskincare tentang sleeping mask ini. Ia menyebutkan, ia merasakan sensasi dingin saat mengoleskan sleeping mask ini di kulit. Saya jadi penasaran untuk membuktikannya dan hasilnya, tidak terasa sensasi apa-apa di kulit saya. Rasanya nyaman, tidak lengket, cepat menyerap, tapi tidak terasa dingin atau sejuk.

THE INGREDIENTS


There are 7 Hero Ingredients of INNERTRUE Sweet Dreams Brightening & Firming Sleeping Mask:

🍀 Cherimoya Fruit 🏆 (Award Winning Ingredients): Merupakan Adaptogenic Ingredient. Ekstrak buah satu ini dapat mengurangi tanda-tanda kulit sensitif, rasa gatal, kemerahan, dan rasa tak nyaman di kulit.
🍀 Brightenyl® 🏆(Award Winning Ingredients): Membantu mengurangi kemerahan, meratakan warna kulit, dan memudarkan hiperpigmentasi pada wajah. Menjanjikan kulit wajah 16 kali lebih cerah dalam satu bulan.
🍀 Bio-Ceramide: Komposisi suatu kandungan yang berasal dari tumbuhan yang menyerupai ceramide di tubuh kita. Fungsinya untuk menjaga lapisan skin barrier, mencegah kuman-kuman masuk, dan mencegah air di dalam kulit kita menguap keluar.
🍀 Cywhite Rainbow Algae: Menjanjikan kulit yang lebih cerah, dengan cara kerja mencegah deposisi pigmen kulit di wajah kita.
🍀 Niacinamide: Membantu mengurangi peradangan, kemerahan, meratakan warna kulit, serta membantu memperbaiki skin barrier.
🍀 Brown Algae: Alga yang kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat menutrisi kulit dan melawan radikal bebas.
🍀 Cactus Extract: Memiliki Manfaat antiinflamasi, antioksidan, dan mempercepat proses penyembuhan kulit kita.

Full Ingredients:
Aqua, Coco-caprylate/caprate, Butylene glycol, Methyl Propanediol, Niacinamide, Glycerin, Laminaria digitata extract, Cystoseira tamariscifolia extract, Diglucosyl gallic acid, Opuntia ficus-indica extract, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, PVM/MA Copolymer, 1,2-hexanediol, Phenoxyethanol, Acrylates/c10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Triethanolamine, Allantoin, Polyacrylamide, C13-14 isoparaffin, Laureth-7, Glucosyl Ceramide, Anona cherimolia fruit extract, Sodium Citrate, Citric Acid, Phenylpropanol, Sodium dehydroacetate, Citrus aurantium dulcis peel oil, Phospholipids, Cholesterol.

PROS – CONS


Pros:

  • Teksturnya ringan, cepat menyerap di kulit, dan tidak lengket, bahkan saat tidur (tidak menempel di sarung bantal).
  • Segera setelah diaplikasikan, kulit jadi terasa lebih halus.
  • Bisa menjadi penolong saat terjadi kemerahan (iritasi) di kulit di malam hari, karena setelah memakai sleeping mask ini, di pagi hari kemerahannya akan mereda, bahkan hilang.
  • Dengan pemakaian rutin, kulit akan semakin lembap dan plump.
  • Sesuai masukan dari Erfan, Sweet Dreams dapat digunakan langsung sebagai pengganti esens + serum + pelembap yang biasanya kita gunakan di malam hari. Jadi meringkas step by step ritual skincare malam hari kita menjadi cleanse + tone + sleeping mask saja. Praktis kan?!
  • Sweet Dreams juga multifungsi bisa digunakan sebagai pelembap pagi, namun tentunya harus disertai pemakaian tabir surya minimal SPF 30 setelahnya.

Cons:

  • Jar-nya meski ringan dan praktis, namun terkesan ringkih. Seperti mainan anak-anak.
  • Di kotak kemasannya, tidak dituliskan detail tentang cara pemakaian bahwa Sweet Dreams dapat dipakai setiap malam. Karena biasanya sleeping mask pada umumnya dipakai hanya 2-3 kali dalam seminggu, jadi bagi saya pribadi, baru setelah diberitahukan oleh Erfan kalau sleeping mask ini bisa dipakai tiap malam, saya baru memakainya tiap malam.
  • Tidak ada tambahan informasi di kotak kemasan atau kertas kecil di dalam kotak yang memberitahukan tentang multifungsinya Sweet Dreams sebagai skincare yang bisa meringkas (menggantikan) penggunaan esens + serum + pelembap atau Sweet Dreams yang juga bisa dipakai sebagai pelembap pagi. Saran saya, coba tambahkan informasi itu, sehingga semakin menarik dan informatif buat para penggunanya.
  • Saat pemotretan produk ini untuk artikel, tanpa sengaja saya mendiamkan sleeping mask ini di spatulanya selama beberapa saat (karena harus memfoto berkali-kali). Ternyata kalau didiamkan, sleeping mask ini cepat mencair dan jadi membasahi properti foto lainnya. Jadi idealnya memang harus segera diratakan di kulit saat pengaplikasiannya.
  • Saya tidak melihat perubahan yang terlalu signifikan seperti klaimnya yaitu membantu menjadikan kulit wajah 16 kali lebih cerah dalam satu bulan.

OUR IMPRESSION

Serum Vitamin C + Sweet Dreams

Sebelum Erfan memberitahu saya kalau sleeping mask ini bisa dipakai tanpa aplikasi serum sebelumnya, saya memakainya sesudah memakai serum vitamin C di malam hari. Pikir saya, dengan “judul” INNERTRUE Sweet Dreams Brightening & Firming Sleeping Mask, kalau ditambah lagi serum vitamin C, bakal makin wow efek brightening-nya.

Dengan combo serum vitamin C + Sweet Dreams, saya merasakan kurang menyatu di kulit, jadi terasa kurang lembap. Mungkin karena serum vitamin C-nya terlalu cair atau karena alasan lain. Saya juga kurang tahu. Tapi hebatnya, kemerahan dan “calon jerawat” di beberapa area kulit saya bisa mereda hanya dalam satu malam. Ini buktinya di bawah ⬇️⬇️⬇️ ini:

Serum Centella Asiatica + Sweet Dreams

Combo serum centella asiatica alias pegagan yang bersifat healing + Sweet Dreams yang menurut saya paling cocok di kulit saya. Tekstur serum yang juga seperti gel tapi tidak lengket, menyatu sempurna dengan Sweet Dreams di kulit saya. Kulit jadi lebih halus, lembap, dan padat saat bangun pagi, terutama di area dahi, seperti terlihat di bawah ⬇️⬇️⬇️ ini:

Saya juga sempat mempraktikkan tips dari Erfan untuk menggunakan Sweet Dreams langsung setelah membersihkan kulit (tanpa memakai esens + serum + pelembap lagi sebelumnya). Baik di malam hari maupun di pagi hari (sebagai pelembap pagi). Jauh lebih praktis sih, apalagi buat saya yang mager berat. Namun hasilnya tidak terlalu jauh berbeda bila dibandingkan dengan combo serum + Sweet Dreams. Hanya saja, pada akhirnya saya akan lebih memilih memakai pelembap malam saya yang rich karena lebih sesuai dengan kondisi kulit saya yang makin mature dan kering.

Jangan khawatir, saya tetap ❤ 🧡 💛 💚 💙 💜 🤎 🖤 🤍 sama Sweet Dreams, apalagi kalau saya mengalami kemerahan atau iritasi kulit di malam hari. Ini solusi 👍 tokcernya!

HOW TO USE


Cuci wajah hingga bersih dan keringkan. Aplikasikan Sweet Dreams ke seluruh wajah hingga merata. Kamu bisa memakai Sweet Dreams langsung setelah mencuci wajah tanpa harus memakai serum dan pelembap sebelumnya. Namun, Sweet Dreams juga diformulasikan dapat digunakan bersamaan dengan skincare lainnya, sebaiknya gunakan dengan rangkaian skincare INNERTRUE untuk hasil yang lebih optimal dan aplikasikan Sweet Dreams pada step terakhir. Hindari area mata dan bibir. Gunakan selama tidur dan bilas di pagi hari. Bisa dipakai setiap malam.

THE PRICE


INNERTRUE Sweet Dreams Brightening & Firming Sleeping Mask hadir dengan berat 30 gram dan harga Rp110.000.

Have a #SmartSleep with Sweet Dreams, BeautyBabes!

BUY NOW!

Dewi Rokhmawati
Beauty should be practical and easy breezy. Especially for someone like me who is mager berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Raih Potensi Terbaik Skincare Routine-mu dengan ULTIMA II CollaSence Advanced Activator

Dengan CollaSence yang disempunakan dengan PFE-RX, raih manfaat optimal dari skincare routine-mu bersama CollaSence Advanced Activator.

Grand Opening Klinik Utama JLA Indonesia, Berikan Pelayanan Kesehatan Semakin Lengkap Dengan Rasa Kepedulian Yang Sepenuh Hati

Menandai grand opening-nya, sekaligus wujud nyata dari komitmen untuk “Menyembuhkan dengan Sepenuh Hati,” Klinik Utama JLA Indonesia mengadakan donor darah, yang berlangsung...

Ethnowellness by Essentia Apothecary, Essential Oil yang Terinpirasi dari Keberagaman Etnis Budaya Indonesia

Yuk Kenalan Dengan Ethnowellness by Essentia Apothecary! Essential Oil ini terinpirasi dari keberagaman etnis budaya Indonesia.

TRILOGY 2.0, Medical Facials Ini Kini Sudah Bisa Dilakukan di SKIN+ Clinic by Euromedica Cibubur!

Kabar baik buat kamu BeautyBabes di Cibubur, karena kamu sudah bisa melakukan Medical Facials TRILOGY 2.0 di Skin+ Clinic Cibubur Junction!

Conscious Living: Kolaborasi P&G Indonesia dan Octopus Dalam Melestarikan Lingkungan di Jakarta

Penasaran bagaimana P&G Indonesia bekerjasama dengan Octopus dalam Conscious Living untuk menanggulangi sampah plastik? Baca artikel ini!

My Skin Choice: Kini Tak Perlu Bingung Lagi Memilih Kandungan Skincare yang Sesuai Dengan Kondisi Kulitmu

Memiliki kulit wajah yang jauh dari permasalahan kulit tentunya menjadi dambaan setiap orang, karena setiap kecantikan dan kesehatan dari seseorang dicerminkan oleh...

Radian-C: Jalani Aktivitas Tak Berbatas, Tanpa Perlu Khawatir Kulit Kusam

Baca artikel ini untuk tahu apa yang dilakukan LANEIGE Radian-C agar kamu terhindar dari kulit kusam akibat aktivitasmu yang padat!

Eye Serum Vs Eye Cream: Mana Yang Lebih Cocok Untuk Area Matamu?

Cari tahu perbedaan eye serum vs eye cream, dan mana yang lebih tepat sebagai perawatan kulit di area mata kamu.

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.