Home Beauty People Serge Lutens: Mengenal Lebih Dekat Dengan Kreator Dan Artist Di Balik Brand...

Serge Lutens: Mengenal Lebih Dekat Dengan Kreator Dan Artist Di Balik Brand Mewah Ini

Selama lebih dari 20 tahun, Serge Lutens telah memproduksi wewangian halus dengan aksen Proustian. Dari “Féminité du bois” hingga “Ambre sultan”. Setiap kreasinya menceritakan kisah yang luar biasa dengan ciri khasnya sendiri.

Lahir di kota Lille di Perancis, Serge Lutens memulai kariernya pada tahun 1963 sebagai stylist untuk majalah Vogue Perancis. Dia mengarahkan gaya untuk riasan, rambut, dan aksesori bagi edisi Natal majalah itu di tahun itu. Sedikit pun, Serge tidak pernah meragukan bakat luar biasa yang dimilikinya. “Saya sangat percaya pada takdir. Ketika saya mulai merias wajah, saya tahu cara merias wajah. Dan di saat saya mulai melakukan fotografi, saya tahu cara mengambil foto.” Begitulah reputasinya sehingga Dior mempekerjakannya untuk membuat koleksi kosmetik pertama rumah mode itu. “Saya menemukan cara baru untuk membuat warna,” katanya kepada wartawan Jean Jacques Gay dan Anne-Marie Morice. “Sebelumnya, kain dan kertas digunakan, sedangkan saya mencampur warna langsung di piring. Dalam pekerjaan saya, warna sama pentingnya dengan desain set gambar saya. Warna ada di mana-mana.”

Serge sering bepergian jauh. Kota Marrakesh di Maroko khususnya, membuatnya terpesona. “Saya menemukannya di tahun 1968 dan dalam setiap arti kata, kota itu seperti milik saya; sebuah kebangkitan, sebuah tempat perlindungan, dengan aromanya, suaranya, warnanya, dan cahayanya. Saya terjebak dalam keramaian yang menyelimuti saya,” kenangnya. “Marrakesh memberikan cita rasa dalam wewangian kreasi saya, tetapi wewangian kreasi saya adalah hasil dari dua pilihan sekaligus, yaitu cita rasa akan dunia Arab dan reaksi terhadap pertentangan yang dirasakan. Sebuah budaya yang tidak saya sadari sebelumnya.”

Pada tahun 1980, perusahaan kosmetik Jepang, Shiseido mempertahankan Serge untuk membentuk kembali citra internasional perusahaan. Dia menjalankan tugas tersebut dengan menggunakan kemampuan estetika khas yang dimilikinya, yaitu sebuah cita rasa kemewahan Perancis, sudut pandang Maroko untuk detail, hasrat Jepang untuk bentuk yang sederhana dan anggun, dan hitam selalu menjadi warna identitasnya.

Selama dua tahun bekerja dengan Shiseido, Serge mengarahkan penciptaan Shiseido Nombre noir (1982), yang diracik oleh perfumer Jean-Yves Leroy. Kritikus parfum Luca Turin mengenang,“Suatu hari di tahun 1982, entah dari mana, di lantai khusus wewangian di department store Galeries Lafayette yang berlokasi di sekitar area tempat tinggal saya, sebuah monolit hitam bersinar yang menampilkan parfum baru bernama Nombre noir, dibuat oleh Shiseido dan ditandatangani SL, inisial pencipta misteriusnya, Serge Lutens. Saya diminta untuk menciumnya dan hidup saya berubah selamanya. Saya menulis bahwa Nombre noir adalah wewangian terbaik yang pernah ada,” kata Luca. Selain aromanya yang luar biasa, Nombre noir mendapat pujian karena kemasan dan posternya yang inovatif, yang dirancang oleh Serge sendiri.

Hanya sedikit orang yang bisa menghargai permainan nuansa wewangian yang halus dan seintuitif Serge. Dia membandingkan sebuah wewangian sebagai musik dan puisi. “Dalam musik ini adalah seperangkat chords. Ini adalah munculnya sebuah nada, dikejutkan oleh kemunculan rangkaian nada berikutnya, reaksi berantai. Dalam menulis, ini adalah kalimat yang menghasilkan puisi.” Dia melanjutkan,“Jika kita menggabungkan semua nada dari requiem Mozart, apakah menurutmu, kami dapat menciptakan sebuah mahakarya hanya karena kami menggunakan nada yang sama? Atau hanya mengambil kata-kata dari novelis Proust, akan menghasilkan emosi yang luar biasa bagi pembacamu? Ketika dipilih dengan cermat, perpaduan dua atau tiga bahan, baik alami atau sintetis, mengubah ekspresi suatu komposisi. Tetapi ketika berdiri sendiri, mereka tidak lebih dari sekadar bahan.”

Sebuah parfum Serge Lutens bukan hanya campuran bahan, itu adalah inti dari sebuah pengalaman, kepekaan tertentu. Keraguan, kemarahan, kerapuhan, juga kegembiraan, masing-masing mewakili momen keberadaan kita. Memecah dan mengolah bahan mentah sampai mereka mengungkapkan jati diri mereka sebenarnya. Untuk Serge Lutens ini bukan pekerjaan, tetapi sebuah kreasi seni.

Ambre sultan (1993)

Aroma mewah kombinasi dari musk dan vanili, dengan sentuhan personal dari Serge Lutens, yang terinspirasi dari sepotong lilin amber yang terdapat di dalam kotak kayu thuja yang dibiarkan tertinggal di bangunan di Marrakesh. Saat kotak dibuka kembali, aroma yang sensasional terpancar. Ambre sultan adalah hasilnya. “Aroma ini bukan Oriental, tapi bernuansa Arab. Amber hanya menjadi Sultan setelah dikomposisi menggunakan cistus dan vanili.”

Féminité du bois (1992)

Wewangian yang memiliki kombinasi note Cedar, Floral Note, dan Plum. Aroma uniseks yang mengekspresikan sisi maskulin dari sisi feminitas dan sebaliknya. Féminité du bois adalah revolusi wewangian Serge Lutens! Parfum ini memelopori ide non-biner, aroma uniseks. Pada saat itu, aroma kayu dan moss (lumut) ditujukan untuk wewangian laki-laki, sedangkan flora dan musk, untuk aroma perempuan. Diracik dengan lebih dari 60 persen kayu cedar dan dipasangkan dengan plum dan floral notes. Nama Féminité du bois (Feminity of Wood), terinspirasi dari kayu cedar berwarna krem ​​dari pegunungan Atlas, yang dekat dengan tempat Serge Lutens tinggal.

Tidak hanya parfum, Serge Lutens juga memiliki rangkaian kosmetik yang dikemas dalam wadah mewah dengan warna hitam tanpa logo Serge Lutens, sehingga memberikan kesan misterius. Serge Lutens menyatukan riasan terbaik. Dari kulit hingga bibir, riasan mata dan hingga ujung kuku, setiap produk dan setiap warna mencerminkan komitmen dari Serge Lutens yang dikombinasikan dengan keahlian dan savoir-faire unik dari laboratorium paling khusus.

Saat ini beragam koleksi bercita rasa tinggi Serge Lutens, dari parfum hingga makeup sudah bisa ditemukan di Seibu, Grand Indonesia, Jakarta. Informasi terbaru mengenai Serge Lutens bisa BeautyBabes dapatkan di akun Instagram @aluxlife.id. So please go check it out!

BUY NOW!

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

4 Langkah Makeup Ala Lady Boss

Buat yang ingin tampil cantik, kuat, elegan, dan berani!

5 Tips Flawless Complexion Agar Makeup Tahan Lama Sekaligus Menjadikan Kulit Tetap Terawat

Catat ✍: 5 tips flawless complexion menggunakan Y.O.U NoutriWear+ Series, agar makeup tahan lama sekaligus menjadikan kulit tetap terawat.

everShine Treasure Glow Duo, Untuk Kulit Glowing Dan Halus Bak Ratu Cleopatra👑!

Yang mencari alternatif retinol dan AHA BHA yang lebih lembut di kulit, bisa coba duo serum ini!

Kini Sampah 🚮 Saset Dan Botol Plastik HDPE 🚿🧼🧴 Dari Produk Kecantikanmu Bisa Hasilkan Insentif Buat Kamu!

Suka ngumpulin saset dan botol plastik HDPE 🚿🧼🧴 kosong dari produk kecantikanmu? Ini solusi brilian buat kamu!

PHA, Si Chemical Exfoliant Bagi Pemilik Kulit Kering Dan Sensitif

Buat kamu pemilik kulit kering dan sensitif tidak perlu bingung lagi! Ini dia PHA sebagai solusi bagi kulitmu agar lebih cerah dan halus. Baca detailnya di sini!!

Cari Tahu Tren Serta Produk Kecantikan 💄 Dan Perawatan Diri 💆 Di Sociolla Beauty Wonderland!

Jangan ketinggalan Sociolla Beauty Wonderland untuk dapatkan informasi terkurasi mengenai berbagai tren serta produk kecantikan dan perawatan diri yang lengkap!

PURITO Centella Unscented Series, Hadir Untuk Menjawab Kebutuhan Kulit Sensitif

Purito Centella Unscented Series dengan kandungan utama Centella Asiatica, hadir untuk menjawab kebutuhan kulit sensitif. Selengkapnya ada di artikel ini!!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!