Home Hair Tips Agar Terhindar dari Masalah Kulit Kepala Berketombe di Tengah Musim Hujan...

Tips Agar Terhindar dari Masalah Kulit Kepala Berketombe di Tengah Musim Hujan yang Semakin Dekat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami awal musim hujan tahun 2023/2024 pada bulan Oktober-Desember 2023, yaitu sebanyak 477 Zona Musim (ZOM) atau sekitar 68,24%. Walaupun hujan belum turun secara teratur, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi musim ini, terlebih jika harus banyak beraktivitas di luar ruangan, yang dapat menyebabkan kulit kepala kamu berketombe.

Baca Juga: Agnez Mo Memperkenalkan Inovasi Terbaru dari CLEAR Hadirkan Inovasi Terbaru Niacinamide Untuk Sikat Habis Ketombe Basah dan Kering

Salah satu potensi masalah kesehatan yang dapat muncul selama musim hujan adalah peningkatan risiko ketombe. Simak beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit kepala yang perlu kamu catat di tengah musim hujan saat ini, agar kamu terhindari dari masalah kulit kepala berketombe BeautyBabes.

1.  Lindungi Kulit Kepala dari Dingin dan Lembab yang Berlebih

Pada musim penghujan, suhu cenderung lebih dingin ditambah kelembapan udara meningkat. Kondisi ini dapat memicu peningkatan kemunculan ketombe karena udara yang dingin dan lembab, menyebabkan kulit kepala lebih rentan menjadi kering, membuat sel kulit mati dan mengelupas sehingga menyebabkan ketombe kering muncul. Sedangkan kulit kepala yang didiamkan basah terlalu lama tanpa di keringkan dengan baik juga bisa meningkatkan munculnya ketombe basah karena dapat terjadi penumpukan kotoran dan minyak.

2.  Perkuat Scalp Barrier dengan Niacinamide

Menurut dr. Danar Wicaksono, MSc., SpDV, dermatologist dan content creator yang ditemui pada acara CLEAR pada hari Kamis tanggal 26 November 2023, mengatakan “Menurut studi yang diterbitkan pada Journal of Cosmetics, Dermatological and Applications1, kulit kepala memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada pertahanan kulit kepala atau scalp barrier dapat memicu kondisi-kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali. Oleh sebab itu, dengan kandungan niacinamide akan sangat bermanfaat meningkatkan komponen penunjang scalp barrier sehingga menjadi lebih kuat. Berdasarkan studi lainnya2, niacinamide juga terbukti memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali.

3.  Bersihkan Rambut dan Kulit Kepala secara Rutin

Kulit kepala cukup rentan terkena masalah ketombe baik basah maupun kering ditengah kondisi udara yang lembab dan dingin dimusim hujan seperti saat ini ditambah kita diharuskan untuk tetap beraktivitas diluar ruangan. CLEAR, sebagai Dandruff Expert, menghadirkan teknologi 10x Super Vitamin yang telah terbukti secara klinis untuk mengatasi ketombe dan mencegahnya datang kembali. Komponen kunci dalam teknologi Super Vitamin ini adalah niacinamide, yang sudah dikenal sebagai bahan skincare. Dengan diluncurkannya teknologi ini, CLEAR menjadi satu-satunya sampo anti ketombe yang dapat membantu menjaga kekuatan scalp barrier, dan sudah terbukti secara klinis untuk mengatasi ketombe+, dan mencegahnya datang kembali+. Selain inovasi pada ingredients, CLEAR menghadirkan kemasan baru yang lebih modern dan premium. CLEAR Baru hadir dengan berbagai varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit kepala, seperti CLEAR Perawatan Komplit, CLEAR Menthol Segar, CLEAR Lemon Bersih dan Segar, serta juga CLEAR MEN Menthol Fresh Active yang didesain khusus untuk perawatan kulit kepala pria. Tak hanya itu, pada kesempatan kali ini juga CLEAR meluncurkan varian terbarunya yaitu CLEAR Anti Ketombe dan Rambut Rontok yang dilengkapi dengan 10x Super Vitamin dan Ginseng untuk sikat habis ketombe+ basah & kering serta menjadikan rambut 10x lebih kuat lawan rontok^.

Dengan mengikuti tips di atas dan menggunakan sampo yang sesuai, kamu dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut di tengah musim hujan dan tingginya aktivitas saat ini dan yang terpenting terbebas dari masalah kulit kepala berketombe yang dapat menganggu percaya diri kamu nih BeautyBabes.

BUY NOW!


+ Ketombe terlihat dengan pemakaian teratur.

^ Rontok karena patah vs sampo non-kondisioner.

* Perhitungan Unilever berdasarkan Nielson, MAT Desember 2022.

1 Kim, S. , Shin, S. , Kim, S. and Na, Y. (2021) Understanding the Characteristics of the Scalp for Developing Scalp Care Products. Journal of Cosmetics, Dermatological Sciences and Applications, 11, 204-216.

2Choi, Yun-Ho, Jae Young Shin, Jaeyoon Kim, Nae-Gyu Kang, and Sanghwa Lee. “Niacinamide Down-Regulates the Expression of DKK-1 and Protects Cells from Oxidative Stress in Cultured Human Dermal Papilla Cells.” Clinical, cosmetic and investigational dermatology, October 18, 2021. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8536842/.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive. Follow me on Instagram @prameswanindita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Skinlike Porefecting Cushion SPF 35 PA++++, Cushion Dengan Manfaat Skincare Untuk Tampilan Makeup yang Flawless

True to Skin Skinlike Porefecting Cushion SPF 35 PA++++, cushion dengan manfaat skincare untuk tampilan makeup yang flawless.

Hadir Kembali Kolaborasi Brand Korea Kenamaan NACIFIC dengan Boyband K-Pop STRAY KIDS Dalam The Story of NACIFIC with SKZ

The Story of NACIFIC with SKZ telah hadir sebagai kolaborasi yang menceritakan berbagai momen antara STRAY KIDS bersama dengan NACIFIC.

Jalin Kerjasama Eksklusif, MAP dan Flying Tiger Copenhagen Buka Tiga Gerai di Indonesia

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) telah menjalin kerja sama eksklusif dengan brand asal Denamrk, Flying Tiger Copenhagen baru saja membuka gerai Flying Tiger Copenhagen yang ketiga di Grand Indonesia Shopping Mall.

Tips Agar Terhindar dari Masalah Kulit Kepala Berketombe di Tengah Musim Hujan yang Semakin Dekat

Tips penting untuk kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan, agar kamu terhindar dari masalah kulit kepala berketombe!

ELSHESKIN Calming Hydra Toner, Toner Penyelamat Bagi Kulit Sensitif

ELSHESKIN Calming Hydra Toner hadir buat kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif. Produk ini dapat mengurangi kemerahan dalam 30 menit.

Fore Coffee Buka Gerai Internasional Perdana di Singapura

Fore Coffee secara resmi membuka gerai internasional pertamanya di Bugis Junction, Singapura. Gerai pertama ini bertujuan untuk memperkenalkan menu-menu favorit khas Fore Coffee serta mengedukasi masyarakat Singapura tentang kebanggaan budaya kopi lokal Indonesia.

Kolaborasi Stüssy X Levi’s®, Hadirkan Capsule Collection dengan Desain Estetik

Stüssy & Levi’s® kembali berkolaborasi meluncurkan Capsule Collection dengan desain estetik khas Stüssy pada koleksi original Levi’s®.

MOOIMOM Hadirkan Inovasi Korset Kehamilan dan Pasca-Melahirkan Andalan Si Ibu Aktif

MOOIMOM hadirkan inovasi korset terbaru yaitu 2 in 1 Premium Bamboo Corset, korset yang dapat dikenakan oleh ibu mulai saat kehamilan sampai ke pasca-melahirkan.
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.