Home Makeup 8 Poin Penting Yang Perlu Dicatat Dalam Memilih Soft Lens

8 Poin Penting Yang Perlu Dicatat Dalam Memilih Soft Lens

Dengan alasan utama kepraktisan, kenyamanan, dan kemudahan serta fungsi estetika yang diberikan dalam menunjang penampilan, cukup banyak dari pengguna kacamata yang kini sudah beralih ke penggunaan soft lens untuk acara spesial, meeting dengan klien, saat berolahraga, atau bahkan daily use. Karena soft lens sudah menjadi kebutuhan, kalian perlu tahu nih delapan poin penting dalam memilih soft lens.

Penggunaan soft lens sendiri sudah sangat umum saat ini, termasuk pada orang yang mengalami gangguan penglihatan. Soft lens a.k.a lensa kontak berfungsi untuk membantu memperjelas penglihatan dan membuat fungsi mata meningkat. Soft lens akan berada pada kornea mata yang membuat penglihatan menjadi lebih jelas, termasuk pada pengidap rabun jauh (minus) maupun rabun dekat (plus) dan silindris.

Selain untuk membantu penglihatan, banyak orang tanpa gangguan penglihatan pun menggunakan soft lens untuk menunjang penampilan. Namun sebaiknya, penggunaan soft lens tidak hanya membuat “cantik”, tetapi juga tidak merusak kesehatan mata. Makanya agar tidak salah pilih, ketahui dulu kondisi mata serta kebutuhanmu dengan mencatat delapan poin penting dalam memilih soft lens berikut ini.

Baca Juga: Rahasia Mata Indah Katy Perry Katanya Dari Purbalingga Loh!

1. Jenis Soft Lens

Poin ini merupakan poin sangat penting dalam memilih soft lens. Jadi baiknya sebelum memilih soft lens, kenali terlebih dulu kondisi mata kalian pada saat akan membeli soft lens dengan mengunjungi dokter mata atau official optics. Setelah itu, pilih jenis soft lens yang sesuai dengan kebutuhan, apakah kalian perlunya soft lens untuk membantu penglihatan ataukah sekadar soft lens fashion. Sebaiknya, kalian hindari menggunakan soft lens yang bersifat “mengobati” pada mata yang masih tergolong normal. Hal ini dikhawatirkan bisa memicu dampak lain, bahkan menyebabkan mata mungkin mudah rusak.

2. Kadar Air

Sebelum membeli lensa kontak, kalian sebaiknya mencari tahu seputar produk yang akan dibeli, termasuk kadar air yang dikandung. Hal ini penting untuk memastikan soft lens tidak mengganggu cairan pada mata, sehingga bagian tersebut akan tetap lembap. Memilih soft lens dengan kadar air yang tepat bisa membuat penggunaan menjadi lebih nyaman, menghindari mata kering, serta menjaga kornea tetap sehat.

Yang perlu kita ketahui adalah semakin banyak kandungan air dalam soft lens, maka soft lens tersebut akan menyerap air mata lebih banyak. Hal ini perlu dijadikan catatan bagi pemilik mata yang kering, agar cenderung memilih soft lens yang memiliki kadar air lebih rendah.

Kandungan air ini juga menentukan kelenturan dari soft lens. Soft lens dengan kadar air lebih rendah, cenderung lebih kaku dibanding dengan soft lens berkadar air tinggi.

3. Jangka Waktu Pemakaian Soft Lens

Durasi pemakaian soft lens sangat beragam. Ada yang sehari dipakai langsung buang, ada yang dua minggu hingga tiga bulan. Pilih jenis soft lens yang memiliki jangka waktu pemakaian sesuai kebutuhan. Selain itu, selalu ikuti petunjuk dan patuhi jangka waktu pemakaian yang sudah ditetapkan. Ganti soft lens jika batas akhir penggunaannya sudah lewat. 

4. Tanggal Kedaluwarsa

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum kamu membeli soft lens adalah tanggal kedaluwarsanya. Bagaimanapun juga, soft lens adalah benda asing yang ditempelkan pada kornea mata. Jadi, pastikan soft lens bersih dan masih baik untuk digunakan agar kamu terhindar dari dampak buruk soft lens, seperti mata perih, gatal, iritasi, atau bahkan gangguan mata lainnya.

5. Diameter Soft Lens

Kalian perlu mengetahui diameter soft lens yang akan kalian pilih. Karena jika diameter terlalu besar, menyebabkan mata menjadi tidak nyaman saat mengenakannya seharian dan selalu berair. Hal ini juga menjadikan penampilan terkesan tidak natural terutama saat mengenakan soft lens berwarna. Biasanya diameter standar pada soft lens adalah 14 mm.

6. Pigmen Warna Pada Soft Lens Berwarna

Soft lens warna yang baik biasanya memiliki tiga layer. Layer pertama merupakan layer permukaan yang kontak langsung dengan lingkungan luar, layer kedua merupakan layer yang bersentuhan dengan kornea mata kita, dan layer yang berada di tengah adalah layer yang memiliki pigmentasi warna.

Pigmen warna ini sebaiknya tidak berada di permukaan maupun kontak langsung dengan kornea mata kita. Letak pigmen warna yang berada di tengah, membuatnya akan terlindungi dari kontak langsung lingkungan luar atau kornea mata kita yang dapat menyebabkan pigmen warna menjadi pudar karena bergesekan dengan debu dan udara luar ataupun dengan air mata kita. Dengan lokasi pigmen warna yang berada di tengah juga akan melindungi kornea mata kita dari zat-zat yang dapat mengganggu kesehatan kornea mata, apalagi saat pigmen tersebut mulai pudar.

Selain letak pigmen warna pada soft lens, warna soft lens yang cantik yang sesuai dengan kebutuhan kita tentu juga menjadi penentu saat memilih soft lens. Pastikan warna yang digunakan sesuai dengan makeup yang kamu kenakan hari itu atau sesuaikan dengan acara yang akan kamu datangi atau untuk pemakaian sehari-hari pastikan warna yang kamu gunakan natural dan tidak terlalu mencolok.

7. Material Yang Nyaman Untuk Mata

Pilihlah soft lens yang sesuai dengan kondisi mata. Soft lens berbahan silicone hydrogel adalah pilihan lensa kontak yang paling direkomendasikan, karena soft lens jenis ini memungkinkan oksigen untuk melewati kornea mata, sehingga penggunaannya terasa lebih nyaman.

8. Proteksi Terhadap Paparan Sinar Matahari

Pentingnya fungsi poin ini dalam memilih soft lens memiliki analogi seperti sunscreen yang kita gunakan pada rangkaian skincare terakhir kita. Karena jika kulit kita saja butuh proteksi dari paparan sinar matahari langsung, apalagi mata kita yang fungsinya untuk melihat.

Soft Lens Rekomendasi Kami: Geolica Holicat Special Series

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind) on

Masih bingung juga? No worries 😊. BeautyBeat akan membantu kalian untuk memilih produk soft lens yang sudah memiliki semua klasifikasi pada poin-poin di atas. Brand lensa kontak Holicat bersama C Channel Indonesia, telah resmi meluncurkan Geolica Holicat Special Series pada event CchannelxHolicat beberapa waktu silam. Holicat ini merupakan salah satu brand dari GEO MEDICAL, yang merupakan produsen lensa kontak berkualitas tinggi asal Korea Selatan.

Lusianawati Atmaja sebagai Key Account Manager dari PT Aquavue Vision International dan juga perwakilan dari Eyelovin sebagai partner dari Holicat menjelaskan bahwa,“Menggunakan soft lens ingin cantik, ingin merubah warna matanya, tetapi misalkan dipakainya enggak nyaman, jadi enggak bisa maksimal juga ya. Jadi yang pertama harus nyaman. Kemudian yang lebih penting lagi, selain nyaman harus sehat.” Karena itulah produk Geolica Holicat Special Series ini telah menggabungkan fitur kenyamanan, kesehatan, dan yang tidak kalah penting kecantikan. Makin penasaran kan ya? Yuk kita simak keunggulan apa saja yang dimiliki brand ini!

Sertifikasi Dari FDA (​Food and Drug Administration) USA 

Geolica Holicat Special Series merupakan produk lensa kontak Asia pertama yang mendapatkan sertifikasi dari FDA (​Food and Drug Administration) ​dari Amerika Serikat dan yang lebih amannya lagi, soft lens ini sudah terdaftar dalam Departemen Kesehatan RI. 

Teknologi PC (Phosphorylcholine) Dan Silicone Hydrogel

Material yang digunakan oleh brand ini telah menggunakan teknologi PC (Phosphorylcholine) dan ​Silicone Hydrogel, sehingga mengurangi penyerapan protein dan menahan bakteri.

Warna Yang Fashionable

Warna yang ada pada soft lens ini terlihat lebih ​fashionable ​dibanding dengan soft lens lainnya, sehingga sesuai di berbagai macam acara ataupun penggunaan sehari-hari.

Dengan desain 3-Tone yang meggabungkan tiga corak warna, membuat soft lens ini memiliki efek kilau yang unik tetapi tetap natural apa pun warna dasar mata kamu, Babes. Ada empat jenis yang diluncurkan kali ini, yaitu Sexy Cat, Barbie Cat, Funky Cat, dan City Cat Clear.

UV Blocking

UV Blocking membantu untuk melindungi mata terhadap transmisi radiasi Ultra Violet (UV) yang berbahaya ke kornea mata kita.

Ukuran dan Masa Pakai Soft Lens

Geolica Holicat Special Series ini memiliki kadar air 48% yang sesuai untuk menjaga kelembapan mata kamu, tetapi tetap teksturnya lentur dan pas di mata. Dengan diameter 14,2 mm dan base curve (ukuran lengkungan) 8,7 mm, membuat soft lens ini nyaman dipakai beraktivitas sehari-hari. Kalian bisa menggunakan soft lens ini cukup lama selama tiga bulan, jadi enggak repot buat bolak balik untuk beli soft lens.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind) on

Sudah tidak bingung lagi kan mau pilih brand lensa kontak apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan sesuai dengan poin penting dalam memilih soft lens..? Buat kalian yang masih penasaran dengan warna apa saja yang dikeluarkan brand ini, kamu bisa langsung ke Watsons dan optik iEye atau kamu bisa dapatkan secara online di website www.eyelovin.com. Kalian bisa dapatkan soft lens ini dengan harga Rp220.000. So grab it fast, while it last, Beauty Babes!!

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Peptide Dan Probiotic: 2 Actives Yang Mampu Lawan Penuaan

2 anti-aging actives yaitu peptide dan probiotic, ternyata bisa ditemukan di dalam satu produk. Check this article out for details!

Kolaborasi Spesial Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 Guna Meningkatkan Kesadaran Akan Kanker Payudara 🎀

Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 yang superUwU (✿◕‿◕).

Wardah Scholarship Program Berikan Beasiswa Kepada 100 Mahasiswi Untuk 30 Perguruan Tinggi Di Indonesia🎓!

Daftar Wardah Scholarship Program sekarang dan raih beasiswa sampai lulus 🎓!

2 Perawatan Kulit Praktis Setelah Beraktivitas Di Luar Rumah

Pas banget buat tim #mager kayak kami!

Hydra Rose Series Dari Wardah: Jaga Kelembapan Kulit Selama 72 Jam

Dengan keunggulan utama dari 72 Hours Hydrating Active dan Avalanche Rose Oil pada Wardah Hydra Rose Series, kulit terhidrasi sempurna hingga 72 jam.

Penyuka Pedas, Siap Untuk Lip Gloss 💄 Rasa Sambal 🌶️ Ini?

Tak ada sambal 🌶️, lip gloss 💄 pun jadi!. Ehhh 😕😕😕???

Es Krim Sehat 🍦 Ini Punya Cara Unik Untuk Berkontribusi Dalam Penanggulangan Penyebaran Covid-19 😷!

Enak 🍦, sehat 💪, dan berbagi kebaikan 💕 pula untuk banyak orang!

🐌 Lendir Si Siput 🐌 Untuk Perawatan Area 👁️ Mata 👁️ Kamu!

🐌 Lendir si siput 🐌 untuk perawatan area 👁️ mata 👁️ kamu!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!