Home Beauty People Bagaimana Dunia Kecantikan Dan Wellness Mendukung Palestina?

Bagaimana Dunia Kecantikan Dan Wellness Mendukung Palestina?

Ada kepiluan yang hingga kini masih menyesak hati, khususnya di momen Idulfitri 🕌 yang baru saja berlalu dan yang seharusnya dirayakan secara bahagia dan penuh syukur. Dunia berduka dan mengecam serangan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa, pengusiran yang terjadi di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem, dan pengepungan yang sedang berlangsung di Gaza. Ironisnya lagi, bahkan beberapa pihak juga telah berani menyalahkan para korban, rakyat Palestina. Itulah yang mendorong gelombang dukungan secara besar-besaran, bahkan dukungan datang dari dunia kecantikan untuk Palestina.


Agresi Israel yang membabi buta sendiri telah menghancurkan rumah-rumah Palestina, memenjarakan anak-anak Palestina, menggusur keluarga Palestina, dan merenggut nyawa setidaknya 148 warga Palestina termasuk 39 anak-anak dan setidaknya 20 perempuan.

Kekejaman dan kedukaan itulah yang membuat banyak pihak tidak bisa berdiam diri saja, termasuk dari dunia kecantikan dan wellness. Yang viral di media sosial tentu saja aksi supermodel yang juga muse parfum Bulgari ‘Goldea: The Roman Night’.

View this post on Instagram

A post shared by BVLGARI Official (@bulgari)

Bella Hadid yang berdarah Palestina-Belanda pun turun langsung ke jalan, ikut serta dalam demonstrasi di New York City untuk melawan pendudukan Israel dan serangan udara yang telah menewaskan banyak orang di Palestina.


Perempuan berusia 24 tahun ini bergabung dengan kerumunan demonstran untuk berbaris di jalan-jalan Bay Ridge di New York sambil mengenakan penutup kepala tradisional masyarakat Timur Tengah, Keffiyeh dan masker wajah.

Bella juga memegang bendera Palestina yang besar untuk menunjukkan dukungannya kepada nyawa tak berdosa yang hilang di negara asalnya saat Israel terus menjatuhkan bom di Gaza.

Bella dan saudara perempuannya, Gigi, secara aktif menggunakan saluran media sosial mereka untuk menunjukkan dukungan bagi Palestina dan mendorong orang-orang untuk membantu, sambil pula mengkritik pemerintah Amerika Serikat karena memberikan bantuan militer ke Israel yang digunakan untuk membunuh warga sipil yang tidak bersalah.

Bukan cuma Bella. Para sosok di dunia kecantikan dan wellness pun telah aktif memberikan kontribusi dan dukungan mereka pada Palestina. Berikut tiga di antaranya:

Palestine Yoga Movement

Global Yoga Movement (GYM) berkomitmen untuk bersama merayakan kemanusiaan melalui Movement. GYM menyebarluaskan filosofi dan praktik yoga, melebihi cakupan di dalam studio yoga saja. GYM membagikannya melintasi batasan budaya dan agama dan menyoroti yoga sebagai kebutuhan esensial untuk kita hidup di abad 21 ini.

GYM bekerja di berbagai lokasi seperti pemukiman kumuh Kolkata – India, kamp pengungsi di Palestina, atau bahkan di alam terbuka – jauh dari komersialisasi spiritualitas modern. Berbasis di Ubud – Bali, GYM bekerja untuk menginspirasi guru dan fasilitator lain untuk bekerja di luar jalur mainstream dan membuat yoga lebih mudah diakses melampaui hambatan ekonomi, sosial, dan agama yang semakin umum.


Dijelaskan Bex Tyrer, founder GYM,”Kami menghargai keberuntungan kami yang bisa berlatih yoga, bukan hanya di Bali yang bak surga, namun juga di lokasi yang jauh dari sini, tempat yoga benar-benar dapat membawa kekuatan dan ketabahan batin, kebebasan, dan kedamaian. Kami bekerja di daerah yang mengundang kami dan di mana saja kami dapat mendukung gerakan yoga lokal dan proyek terkait.”

Di tahun 2014, Bex beserta tim GYM (Lindsey, Matt, dan Ash) memulai Palestine Yoga Movement, sebuah tur pelatihan untuk mengajarkan yoga, AcroYoga, kelas terapi musik, Green Studies, dan kelas seni di berbagai wilayah Palestina yang diduduki seperti Jenin, Nablus, Tulkaram, Ramallah, dan Bethlehem.

Palestine Yoga Movement diadakan di pusat olahraga hingga kamp pengungsi dan hebatnya lagi, perjalanan ini dibiayai GYM sendiri. Ini adalah bukti nyata dari visi GYM untuk membangun “jembatan penghubung” dari komunitas GYM di Bali, dengan membawa serta inspirasi, solidaritas, dan sejumlah kecil dana untuk mendukung proyek tertentu.

Karya Seni Hena Dukung Palestina

View this post on Instagram

A post shared by عذراء (@dr.azra)

Hena bukan hanya dikenal sebagai pewarna rambut. Namun hena juga merupakan bentuk seni (body art) berusia lebih dari 5.000 tahun yang telah menjadi tradisi panjang hingga kini di Afrika Utara, Timur Tengah, dan Asia Selatan. Menggunakan pasta yang terbuat dari tanaman hena, hena biasanya diaplikasikan untuk menghias tangan dan kaki; kebanyakan berupa desain “tradisional” yang menggabungkan desain lengkungan dan motif tatanan bunga yang mencerminkan kekuatan, keindahan, dan kecantikan.

View this post on Instagram

A post shared by عذراء (@dr.azra)


Bagi seniman hena yang juga seorang chiropractor, Azra Khamissa yang berbasis di Dubai, desain henanya terwujud menjadi karya seni yang lebih fresh dan kontemporer. Bukan hanya itu, Azra menggunakan desain-desain henanya untuk menyampaikan pemikiran, ide, dan dukungannya pada isu-isu sosial di dunia.

Itulah mengapa ia membuat desain hena ضد الاحتلال

Desain ini bermakna Melawan Al-Ihtilal (Melawan Pendudukan). Azra mengecam pendudukan militer, penindasan, invasi, pembersihan etnis, dan apartheid. Melalui desain henanya, Azra menegaskan bahwa: Tidak ada yang akan pernah bisa menghapus Palestina!

Edukasi Lewat Media Sosial Oleh Beauty Influencer


Platform media sosial bagi fashion dan beauty influencer, Habiba Da Silva, bukan hanya digunakannya untuk konten-konten kecantikan semata. Habiba menggunakan akun Instagram-nya untuk mem-posting edukasi informatif dan mudah dimengerti mengenai apa yang terjadi di Palestina.


Bagi Habiba, apa yang terjadi di Palestina bukanlah isu ‘Muslim’ atau konflik agama. Isu yang sesungguhnya adalah pembersihan etnis dan bencana kemanusiaan.


Nah, kamu pun sebagai bagian dari komunitas dunia kecantikan dan wellness, bisa berpartisipasi, BeautyBabes. Kalau kamu belum bisa berkontribusi secara aktif (seperti kami ini yang juga belum bisa), kamu bisa berdonasi tanpa uang dengan menonton video di bawah ini ⬇️⬇️⬇️:

Pendapatan dari iklan video ini akan didonasikan bagi anak-anak Palestina yang terancam kematian akibat agresi Israel. Jadi buat kamu yang belum memiliki kemampuan finansial atau tidak bisa langsung ikut aksi protes, kamu tinggal tonton videonya sampai habis (pastikan jangan skip semua iklannya), lalu ulangi tonton lagi setelah beberapa waktu, dan bagikan tautan videonya ke teman-teman serta keluarga 💖!

View this post on Instagram

A post shared by arab.org (@arabdotorg)


Kamu pun juga bisa berdonasi tanpa mengeluarkan uang dengan cara lain. Caranya mudah, yang harus kamu lakukan adalah mengeklik tombol 🔘 “CLICK TO HELP” dari lembaga swadaya masyarakat; arab.org (cek di sini). Klik satu hari sekali, setiap hari dan donasi akan diberikan untuk Palestina.

Mudah kan? Yuk mulai berikan dukungan kamu sebagai bagian penting dunia kecantikan untuk Palestina!

Dewi Rokhmawati
Beauty should be practical and easy breezy. Especially for someone like me who is mager berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

CHOOSY Hydrogel Lip Mask Untuk Bibir Lembap Dan Pink Merona

CHOOSY Hydrogel Lip Mask hadir untuk melembapkan, menghidrasi, menutrisi, membantu melembapkan garis halus, serta mencerahkan rona bibir!!

5 Tips Makeup Flawless Dan Kulit Sehat Terawat Di Balik Masker 😷!

Mau tetap tampil cantik di balik masker 😷 dan kesehatan kulitmu tetap terjaga? Ikuti 5 tips ini!

Hari Es Krim Sedunia, Es Krim Sehat Aice Berkomitmen Bantu UMKM Dan Edukasi Masker Ke Masyarakat

Bertepatan dengan Hari Es Krim Sedunia, Aice menyatakan dukungannya atas langkah pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan UMKM.

Korean Makeup Look, Untuk Tampilan Yang Menggemaskan Dan Tampak Lebih Muda

Dari puppy dog eyes hingga fruit juice makeup, ikuti terus sebelas trik Korean makeup look yang kamu dambakan dalam artikel ini!

Ciptakan Look Ala Liburan Ke Pantai 🏖️🌴👙🍹 Di Musim Panas, Meski #DiRumahAja

🏖️🌴👙🍹 Siap-siap "orgasme" di pantai! Nah loh?! 🤭

Trio Skin Booster Untuk Kulit Sehatmu Selama #DiRumahAja

Bukan Trio Kwek Kwek 🦆🦆🦆, melainkan trio skin booster dari Votre Peau yang bantu jaga kesehatan kulitmu selama #DiRumahAja!

#GoForGold, Gapai Momen Emasmu Bersama Dengan P&G Dan Lazada

P&G dan Lazada berkolaborasi melalui kampanye #GoForGold berupaya untuk mendorongmu agar terus bersemangat meraih mimpi dan masa keemasan.

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!