Home Hair Rambutmu Rontok? Kenali Perbedaan "Hair Fall" Dan "Hair Loss" Pada Rambut Rontokmu

Rambutmu Rontok? Kenali Perbedaan “Hair Fall” Dan “Hair Loss” Pada Rambut Rontokmu

Rambut rontok merupakan isu yang tidak asing lagi dan sangat banyak dirasakan oleh para perempuan urban masa kini. Hal ini dibuktikan dengan data riset desktop yang menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2019, pencarian kata kunci ‘Shampoo Penumbuh Rambut’ di Google meroket 3,2 kali dibandingkan tahun sebelumnya[1]. Isu rambut rontok pun empat kali lebih populer dibandingkan isu rambut rusak karena pewarnaan dan 50% pencarian kategori beauty teratas di Google dan YouTube berfokus pada kata kunci ‘hair fall’ dan ‘hair growth’.[2]

Lebih dari 88% perempuan alami rambut rontok. Tahukah kamu perbedaan hair fall dan hair loss?

Namun apakah kamu tahu bahwa isu rambut rontok terbagi menjadi dua kategori, yaitu hair fall dan hair loss? Mari kita kenali bersama perbedaan mendasar antara hair loss dan hair fall.

Menurut Sitoresmi, Senior Education Manager, Kérastase Indonesia, perbedaan paling sederhana yang dapat segera terlihat adalah dengan mengamati bagaimana kerontokan tersebut terjadi. “Jika helai rambut lepas pada saat proses keramas, ketika disisir, atau dikeringkan dengan handuk, maka itu termasuk hair fall. Sedangkan, hair loss terjadi apabila helai rambut banyak ditemukan lepas di bantal ketika bangun tidur. Kérastase pun mencatat bahwa sebetulnya banyak faktor internal dan eksternal yang dapat mempercepat kerontokan rambut.”

Baca Juga: Prediksi Gaya Rambut Di 2021 Yang Akan Menjadi Tren

Hair fall adalah manifestasi dari pikiran (internal) dan lingkungan sekitar (eksternal). Hal-hal seperti stres akut, perubahan hormonal, dan pola diet ekstrem adalah faktor internal yang menentukan kesehatan akar rambut. Kemudian, lingkungan udara panas dan berpolusi tinggi, serta kebiasaan menata rambut dengan alat hairstyling panas menjadi faktor eksternal yang sudah sangat sering dirasakan oleh perempuan urban yang dinamis dan ambisius. Sedangkan kondisi hair loss adalah hasil dari pengerasan kolagen yang terjadi pada lapisan kulit kepala.

Terkait isu hair fall, Sitoresmi bagikan tiga langkah sederhana yang dapat langsung dipraktikkan untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok:

  • Atur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat, kaya nutrisi, dan bergizi seimbang untuk mendapatkan akar rambut yang kuat dan mencegah kerontokan rambut di luar siklus normalnya. Makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah, dan sayuran hijau, penting untuk dimasukkan ke dalam agenda santapan sehari-hari. Untuk melengkapi pertumbuhan rambut, pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin, seperti biotin, vitamin D, A, dan B, serta beta-karoten.
  • Hindari stres karena stres mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Manjakan diri dengan olahraga teratur, meditasi, yoga, serta ke salon favorit untuk perawatan diri.
  • Perawatan kulit kepala dan batang rambut dengan produk yang tepat secara rutin di salon dan di rumah, selalu gunakan produk perlindungan alat hairstyling panas sebelum melakukan penataan rambut (blow-dry, curly, catok), tambahkan rangkaian perawatan rambut dengan kondisioner, masker, dan serum untuk hasil rambut terbaik.

“Selain mengatur pola hidup yang lebih sehat dan seimbang, Kérastase telah meluncurkan rangkaian perawatan rambut yang didesain secara khusus untuk merawat rambut dengan masalah hair fall. Rangkaian terbaru ini bernama GENESIS, merupakan hasil riset dan pengembangan teknologi yang dilakukan oleh L’Oréal Advanced Research yang ditujukan untuk perawatan hair fall dengan kemampuan mengurangi rambut rontok hingga 84%[3],” lanjut Sitoresmi.

“Hindari hair fall dengan menerapkan tiga langkah termudah. Dimulai dengan keramas, kemudian rawat dan perkuat dengan nutrisi, lalu rawat intensif dengan serum. Mulailah dengan dua pilihan starter kit seperti Hydra Anti Hair-fall Starter Set dan Nutri Anti Hair-fall Starter Set untuk segera merasakan manfaat GENESIS,” tutup Sitoresmi.

Rangkaian lengkap produk GENESIS telah tersedia di semua salon mitra Kérastase favorit di Indonesia, serta di official store Kérastase di LazMall.

BUY NOW!


[1] 2019 Year in Search Indonesia

[2] Google Trends (https://trends.google.co.id/trends/explore?geo=ID&q=rambut%20rontok,rambut%20rusak)

[3] Rambut rontok karena patah. Uji instrumental terhadap penggunaan Bain Nutri-fortifiant + Masque Reconstituant + Serum Anti-Chute Fortifiant atau Ampoule Anti-Chute Fortifiant.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

METAL DX, Netralkan Metal Dalam Rambut Agar Hasil Pewarnaan Sesuai Ekspektasi

Metal DX, rangkaian produk terbaru L’Oréal Professionnel untuk mendapatkan hasil pewarnaan rambut, #MeetYourHairExpectation. Bagaimana bisa??!!

Sociolla Luncurkan Laman Khusus “The Active Ingredients Guide” Buat Bantu Memilih Produk Skincare Berbahan Aktif Yang Paling Sesuai

Bebaskan 😱 "horor" dan kebingunganmu 🤔 akan berbagai bahan aktif dalam skincare, sekarang juga!

Dua Varian Baru Joylab Matcha Series Yang Match Dengan Kebutuhan Kulitmu!!

Kini Gotta Matcha Hydrating Cleanser punya teman baru melengkapi Joylab Matcha Series yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kulitmu!!

Shopee 9.9 Super Shopping Day, Pesanan Produk UMKM, Termasuk Produk Kecantikan, Meningkat Hingga 6 Kali Lipat!!

Jumlah pesanan produk UMKM meningkat hingga 6 kali lipat dibandingkan hari biasa pada Shopee 9.9 Super Shopping Day.

Yuk, Kembali Segarkan Jiwa Dengan Mengunjungi Destinasi Yoga Di tiket.com!!

Untuk berwisata mindfulness, tiket.com memiliki beragam opsi destinasi yoga berkelas dunia di tanah air. Kira-kira di mana saja ya?

Brand Kecantikan Korea Supergemoy 💄 Ini Jadi Bintang 🌟 Pada Festival Shopee 9:9 Super Shopping Day!

Kenalan yuk sama barenbliss (BNB), brand kecantikan Korea supergemoy 💄!

Menu 🍜 🥬 🥣 Sehat Dalam Festival Kuliner Daring #PejuangLokal Blibli Yang Ikut Pecahkan Rekor MURI!

Lafeerrr 😋? Cek nih rekomendasi menu 🍜 🥬 🥣 sehat dalam festival kuliner daring #PejuangLokal Blibli yang ikut pecahkan rekor MURI!

REVIEW: Scarlett Whitening Body Care Series – Perfect Coffee Edition

Simak pengalaman BeautyBeat menikmati kopi dengan menggunakan rangkaian body care dari Scarlett Whitening Perfect Coffee Edition di sini!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!