Home Beauty Lifestyle L’Oréal Indonesia Percepat Pengurangan dan Pengumpulan Sampah Plastik Melalui Komitmen L'Oréal for...

L’Oréal Indonesia Percepat Pengurangan dan Pengumpulan Sampah Plastik Melalui Komitmen L’Oréal for the Future

Plastik saat ini merupakan ancaman global bagi perubahan iklim dunia BeautyBabes. Untuk itu, merupakan komitmen L’Oréal For The Future untuk mengakselerasi strategi L’Oréal Indonesia dalam mengurangi dan menangani sampah plastik sebagai upaya untuk terus menghadirkan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Melalui komitmen ini, L’Oréal Indonesia menargetkan untuk mencapai pengurangan 78% penggunaan virgin plastic (jenis plastik baru tanpa bahan daur ulang yang diproduksi menggunakan gas alam, minyak bumi, dan minyak mentah) dan 26% pengumpulan sampah kemasan melalui kolaborasi daur ulang di tahun 2025 serta optimis dapat melampaui target pengurangan sampah plastik yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No. 75 tahun 2019.

L’Oréal for the Future (L4TF) merupakan strategi pembangunan berkelanjutan dengan target berbasis sains dan memiliki komitmen jangka panjang hingga 2030 yang mencakup enam topik utama, diantaranya air, iklim, keanekaragaman hayati, pemberdayaan komunitas, dampak finansial, dan juga limbah.

“Di L’Oréal, kami memiliki tujuan yang sama untuk menciptakan kecantikan yang menggerakkan dunia. Hari ini kami menegaskan komitmen kami terhadap keberlanjutan melalui L’Oréal For The Future yang merupakan bagian tak terpisahkan dari L’Oréal Indonesia. Kami tidak memulai dari nol, kami telah menjadi salah satu pemimpin di industri kecantikan dalam praktik keberlanjutan selama bertahun-tahun,” ujar Junaid Murtaza, selaku Presiden Direktur L’Oréal Indonesia.

Strategi percepatan L’Oréal Indonesia dalam mengatasi sampah plastik ini, sejalan dengan Peraturan Presiden No. 83 tahun 2018 tentang penanganan sampai laut dengan target pengurangan sampah laut sebesar 70% pada 2025. Limbah plastik yang dihasilkan Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun dan 3,2 juta ton terbuang ke laut, dan jumlah ini akan terus bertambah jika kita tidak melakukan aksi apapun.

“Untuk mencapai target tersebut, pelaporan, pengumpulan data, dan pengawalan sangatlah diperlukan agar tercipta komitmen dan kontribusi nyata dalam pengelolaan sampah baik di darat maupun di laut melalui kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat,” ujar Ujang Solihin Sidik, M.Sc., selaku Kasubdit Tata Laksana Produsen Direktorat Pengurangan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan. 

3 Pilar Utama L’Oréal for the Future

Strategi L4TF ini terbagi menjadi tiga pilar utama, yaitu bertransformasi untuk memastikan aktivitas perusahaan menghormati batasan-batasan planet; memberdayakan ekosistem bisnis untuk bertransisi menghadirkan bisnis yang lebih berkelanjutan; serta berkontribusi mengatasi tantangan dunia, termasuk pemecahan isu sampah plastik di Indonesia.

1. Bertransformasi Dengan Menghormati Batas Planet

Menyadari peran penting produsen dalam mengurangi timbulan sampah kemasan dan penanganan limbah setelah pakai dari konsumennya, L’Oréal Indonesia terus bertransformasi dan berinovasi menghadirkan produk kecantikan dengan kemasan yang semakin ramah lingkungan melalui tiga strategi utama, yakni:

  • Pembatasan (Reduce), mengurangi 20% intensitas kemasan produk di 2030
  • Penggunaan daur ulang (Replace), menggunakan 100% bahan daur ulang pada kemasan plastik rigid di 2025 
  • Pemanfaatan kembali (Recollect/Recycle), mengumpulkan kembali dan mendaur ulang sampah setelah pakai dari konsumen melalui kolaborasi Garnier x eRecycle dan kolaborasi bersama Indonesia Packaging Recovery Organization (IPRO).

Seluruh sites L’Oréal Indonesia juga sudah mengimplementasikan 100% zero waste to landfill, yang merupakan pengelolaan sampah dengan cara mengurangi penumpukan sampah, di mana sampah akan digunakan kembali ataupun didaur ulang sehingga tidak ada sampah yang berakhir di TPA dan mencemari lingkungan.

2. Memberdayakan Ekosistem Bisnis

Untuk meningkatkan dampak lingkungan dari materi iklan point-of-sale (POS), L’Oréal telah mengembangkan pendekatan desain ramah lingkungan. L’Oréal Indonesia berhasil menerapkan 100% POS Eco-Design dengan material POS ramah lingkungan yang juga dapat dipakai ulang.

L’Oréal Indonesia juga telah bekerjasama dengan Shopee dalam program SHOPEE GREEN PARCEL. L’Oréal Indonesia sudah menghadirkan greener delivery atau kemasan kirim ramah lingkungan tanpa unsur plastik bagi brand-brand mass product L’Oréal di Consumer
Products Division melalui 7 warehouse milik Shopee di Jakarta, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar.

Selain itu butik KIEHL’S di Central Park Mall Jakarta sudah didesain dengan prinsip-prinsip end-of-life recycling atau sudah menerapkan prinsip sustainability mulai dari konsep awal, proses konstruksi hingga pengelolaan daur ulang.

3. Berkontribusi Mengatasi Tantangan Dunia

Melalui kerja sama Garnier X eRecycle, L’Oréal Indonesia berhasil memobilisasi lebih dari 301.000 konsumen di JABODETABEK untuk turut serta mengoleksi dan mendaur ulang lebih dari 55,5 ton sampah plastik periode Januari hingga Oktober 2022. Hasil donasi sampah yang dikumpulkan melalui program ini terakumulasi senilai Rp57.404.000, dan hasi donasi tersebut disalurkan melalui XS Project untuk membantu biaya kesehatan dan pendidikan 90 anak pemulung di Indonesia.

L’Oréal Indonesia juga mempercepat penanganan sampah plastik melalui Indonesia Packaging Recovery Organization (IPRO). Sejak Oktober 2022, L’Oréal Indonesia resmi menjadi anggota IPRO dan berfokus untuk mendaur ulang tipe plastik yang masih jarang di daur ulang di Indonesia, yaitu tipe plastik PP (Polypropylene) dan MLP (multi layered plastic). “Dari 66 juta ton limbah plastik kita, hanya 10% yang berhasil di daur ulang dan mayoritas tipe plastik yang banyak didaur ulang adalah tipe PET (Polyethylene terephthalate). Sementara PP dan MLP yang materinya sulit terurai justru infrastrukturnya belum terbangun sempurna dan menyebabkan nilai ekonominya rendah. Disinilah L’Oréal sebagai salah satu anggota IPRO memiliki peran strategis untuk turut membangun infrastruktur daur ulang plastik PP dan MLP agar dapat meningkatkan pasokan serta permintaan kedua tipe plastik ini di Indonesia,” papar Zul Martini Indrawati selaku General Manager IPRO.

Ketiga strategi L4TF juga menjadi kunci utama L’Oréal Indonesia dalam menjawab Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) No. P.75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen dengan target pengurangan sebanyak 30% di 2029. “Kami berkomitmen untuk mengakselerasi upaya menuju zero virgin plastic dan upaya kolaborasi daur ulang sampah kemasan khususnya melalui keanggotaan IPRO. Di tahun 2025, kami menargetkan untuk mencapai pengurangan 78% penggunaan virgin plastic dan mencapai 26% pengumpulan sampah kemasan.  Melalui transformasi, inovasi, dan kolaborasi, kami optimis dapat melampaui target pengurangan sampah oleh produsen yang telah ditetapkan pada KLHK,” kata Mohamad Fikri, selaku Director of Corporate Responsibility, L’Oréal Indonesia.

L’Oréal Indonesia juga telah menjadi salah satu dari 40 perusahaan pertama yang mendeklarasikan peta jalan (roadmap) pengurangan sampah kami kepada KLHK. “Pengumpulan peta jalan ini merupakan bukti kontribusi L’Oréal dalam mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi isu sampah nasional sekaligus menjadi bagian penting dari upaya mengurangi jejak lingkungan kemasan kami. Dengan spirit L’Oréal For The Future, kami akan mengambil tanggung jawab lebih untuk membawa perubahan di sektor kecantikan dan memberdayakan seluruh ekosistem kami untuk mengambil peran dalam menghadirkan kecantikan yang menggerakkan Indonesia maju,” tutup Fikri.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive. Follow me on Instagram @prameswanindita

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Happy 9th Anniversary Sociolla, From Bestie For Bestie!

Mengusung tema “From Bestie for Bestie”, di ultahnya yang ke-9 Sociolla ingin rayakan ikatan kuat yang telah dibangun dengan kamu BeautyBabes

Bersama Putri Marino, Oriflame Membangun Mood Kamu Untuk “Reach Your Happy Place”

Bersama Putri Marino, Oriflame mengajak kamu untuk berani mengambil langkah yang akan membawa kamu untuk 'Reach Your Happy Place'!

Luna Maya Bersama NAMA Beauty Kampanyekan “Mulai Dari Bareskin” Kembalikan Pentingnya Kulit Wajah Bersih 

NAMA Beauty hadirkan konsep “Mulai Dari Bareskin” sebagai bentuk kulit wajah bersih investasi kulit sehat dengan double cleansing!

Dari Paris ke Jakarta, Kunjungan Paul Marchand Kuatkan Ikatan Global ESMOD Jakarta

Paul Marchand berkunjung ke ESMOD Jakarta untuk untuk menjaga agar standarisasi pendidikan tetap sejalan dengan ESMOD International.

Valing – Ovale Keliling, Pengalaman Baru Merawat Kulit Wajah dengan Ovale Facial Lotion Dingin

Valing - Ovale Keliling, jasa cuci muka keliling pertama di Indonesia memperkenalkan cara baru mencuci muka dengan Ovale Facial Lotion ingin.

Lomba Lari Merayakan Hari Perempuan Internasional, AIA Vitality Women’s 10K, Hadir Kembali dengan ‘Playground’ Baru di Solo

Lomba lari dengan pesan pemberdayaan perempuan, AIA Vitality Women’s 10K, hadir kembali untuk ajak perempuan Indonesia jalani gaya hidup aktif.

Setelah Terkenal Karena Sheet Mask-nya, Kini Mediheal Kembali Hadirkan Rangkaian Skincare dengan Kandungan Susu

Terkenal dengan sheet mask-nya, MEDIHEAL kini hadir dengan Milk Brightening Range, produk skincare yang terdiri dari toner, serum, dan cream.

Rayakan Hari Valentine dengan Tampil Natural Merona Bersama Beby Tsabina dan barenbliss

Beby Tsabina ingin mengajak BeautyBabes untuk merayakan valentine mengandalkan 3 rangkaian kosmetik barenbliss untuk kreasi cantik natural!
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.