Home Editor's Picks Manfaat Toner Dalam Rutinitas Perawatan Kulit Wajah

Manfaat Toner Dalam Rutinitas Perawatan Kulit Wajah

Apa Itu Toner?

Toner memang terlihat seperti air dan bertindak seperti air, tetapi percayalah kalau toner bukan air (H2O). Toner dikemas dengan lebih dari sekadar hidrogen dan oksigen. Tergantung pada masing-masing produk, toner bisa saja mengandung asam (acid), gliserin, antioksidan, dan antiradang.

Berdasarkan sains, toner adalah cairan dengan penetrasi cepat yang memberikan kulit hidrasi dengan cepat dan membantu menghilangkan beberapa sel mati pada permukaan kulit. Hasilnya kulit lebih supple dan bercahaya. Toner bertindak seperti primer dalam rutinitas perawatan kulit yang dilanjutkan serum dan pelembap.

Toner adalah persiapan untuk pori-pori kulit. Produk ini mengembalikan kulit pada pH alaminya, menyapu kotoran yang masih tersisa dari proses cleansing, dan membantu kulit menyerap produk perawatan kulit setelahnya. Setelah melakukan pembersihan, kulit seperti spons yang mengering. Jika krim kental dioleskan pada spons kering yang rapuh, spons tidak akan menyerapnya karena tidak disiapkan dalam kondisi lembap. Tetapi jika spons dibasahi, spons akan lebih mampu menyerap.

Kapan Harus Mengaplikasikannya?

Jawaban singkatnya adalah saat kelembapan pergi setelah tahapan pembersihan. Aplikasikan toner dalam rutinitas perawatan kulit siang dan malam. Gunakan toner setelah double cleansing dan eksfoliasi. Pentingnya pembersihan secara menyeluruh adalah tahapan ini membantu membersihkan kotoran, riasan, sel-sel kulit mati, sehingga bahan-bahan bermanfaat untuk kulit yang ada pada toner dapat terpenetrasi dan bekerja dengan lebih optimal.

Toner diaplikasikan selambat-lambatnya satu menit setelah wajah dibersihkan. Walaupun terdengar remeh, tetapi hal ini penting karena sebagian besar molekul zat aktif menembus kulit lebih baik pada saat kulit dalam keadaan sedikit basah (damp). Jadi bahan aktif yang diaplikasikan segera setelah pembersihan dengan mudah terserap dan memberikan hasil yang lebih baik.

Setelah mengaplikasikan toner, BeautyBabes dapat melanjutkan dengan pengaplikasian produk yang berfokus pada perawatan seperti serum, krim, krim mata, dan SPF.

Bagaimana Cara Pengaplikasiannya?

Sedangkan untuk metode aplikasinya, BeautyBabes bisa saja langsung memercikkan toner ke tangan dan mengoleskannya langsung dengan cara ditepuk-tepukkan secara halus ke kulit (pad pad). Namun, sebagian orang lebih suka menuangkan toner yang mengandung acid (exfoliating toner) terlebih dulu ke kapas dan kemudian diusapkan dengan lembut pada wajah mereka dengan gerakan ke arah luar.

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak manfaat dari toner, coba “7 skin method”. Tren ultra-hydrating ini mengambil alih rutinitas perawatan kulit Korea tahun lalu, dengan melibatkan penggunaan toner dalam jumlah kecil dan mengaplikasikannya ke dalam tujuh lapisan.

Toner Apa Yang Harus Digunakan?

Sama seperti ketika memilih pelembap, memilih toner juga berdasar pada tipe dan kebutuhan kulit, baik itu untuk mengatasi masalah kelebihan minyak, kerutan, vlek hitam, atau bahkan dehidrasi.

Jika memiliki pori-pori besar – Carilah toner dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) seperti glycolic acid (asam glikolat) yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori yang membuat permukaan kulit terlihat menonjol dan tidak rata.

Salah satu acid toner populer dengan kandungan AHA adalah COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid. Exfoliating toner ini berbahan dasar sari apel yang mengandung AHA alami berupa Glycolic Acid, yang dapat mengeksfoliasi kulit, menghaluskan pori-pori, mengurangi penumpukan kulit mati pada lapisan epidermis kulit, dan membersihkan pori-pori dari masalah whitehead. Produk ini dapat mengatur sel kulit mati tanpa stimulasi yang berlebihan, membantu skin management, dan membuat kulit lebih sehat dan tampak penuh vitalitas.

Salah satu toner lokal dengan kandungan AHA adalah Wardah White Secret Exfoliating Lotion. Ini merupakan produk dengan kandungan AHA alami yang diklaim dapat membantu proses eksfoliasi dengan mempercepat regenerasi sel kulit mati sekaligus menyamarkan noda hitam di wajah. Tak hanya itu saja, produk ini juga diperkaya dengan dual action hydrating agent untuk menjaga kulit tetap lembap. Selain harganya yang terjangkau, exfoliating toner ini sudah tersertifikasi halal. Good option right?!!

Bagi pemilik kulit sensitif – Carilah toner dengan kandungan tumbuhan yang mampu menenangkan kulit.

Salah satu toner terbaik adalah Klairs Supple Preparation Facial Toner, yang mampu menenangakan dan memberikan hidrasi lebih dalam bagi kulit sensitif, dengan kandungan beberapa bahan utama seperti Phyto-Oligo untuk membantu melembapkan kulit secara menyeluruh dan mengatasi kekeringan kulit, serta asam amino dari gandum untuk membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Produk ini diformulasikan dengan campuran berbagai ekstrak tumbuhan yang menenangkan, tidak menyebabkan iritasi, dan melembapkan untuk semua jenis kulit bahkan untuk yang paling sensitif. Toner yang melembapkan ini cepat meresap ke dalam kulit sekaligus memperpanjang hidrasi lebih dari 20% dibandingkan toner konvensional karena kandungan hyaluronic acid dan beta-glukan.

Haple Centella Cloud Booster merupakan salah satu toner lokal dengan kandungan centella asiatica yang menenangkan. Selain berfungsi untuk melembapkan, toner lokal multifungsi ini juga sebagai anti-bakterial, mencerahkan, menghilangkan bekas jerawat, menyeimbangkan pH kulit, dan membantu mengoptimalkan kinerja skincare berikutnya.

Jika kulit berjerawat atau berminyak – Toner dengan kandungan berbasis salicylic acid, tea tree, atau witch hazel, yang akan menghilangkan minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering.

Blithe Vital Treatment 5 Energy Roots adalah esens yang dapat meremajakan kulit yang lelah dan kusam. Mengandung lima ekstrak akar yang berbeda yaitu Red Panax Ginseng, Grandiflorum Root Extract, Lanceolata Root Extract, Indian Lotus Leaf Extract, dan Greater Burdock Root Extract, yang dapat menenangkan kulit yang bermasalah atau iritasi dan memberikan perawatan yang seimbang sehingga warna dan tekstur kulit menjadi rata. Selain itu kandungan witch hazel di dalamnya secara tidak langsung mampu mengurangi kadar minyak berlebih, kotoran, dan bakteri pada pori-pori.

Mineral Botanica Perfect Purifying Toner merupakan toner lokal yang diformulasikan untuk mengangkat kelebihan kotoran atau makeup, sehingga wajah lebih bersih dan segar sebelum menggunakan krim wajah. Kandungan salicylic acid-nya mampu mengatasi jerawat yang meradang.

Bagi pemilik kulit kusam – Penyegar dengan exfoliant alami seperti ekstrak pepaya dan asam laktat bagus untuk mencerahkan kulit. Sedikit note buat kamu, sebelum membeli toner apa pun, pastikan untuk menghindari alkohol yang terdapat pada salah satu dari lima bahan pertama dari toner yang dipilih.

Son & Park Beauty Water merupakan produk favorit karena kemampuannya yang multi-tasking yang mampu membersihkan sekaligus melembapkan. Produk Beauty Water ini bukan hanya pembersih tetapi juga exfoliator, dengan kandungan ekstrak pepaya untuk membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan dengan manfaat witch hazel yang menenangkan. Produk ini membantu mengungkap warna kulit yang lebih cerah dan tekstur yang lebih halus. Ekstrak air lavendel, air mawar, dan buah jeruk memberikan kelembapan yang halus sehingga kulitmu dapat bersiap untuk menyerap langkah perawatan kulit selanjutnya, sambil menambahkan sedikit kelembapan.

Beauty Water dapat digunakan di pagi hari untuk membuat kanvas yang sempurna untuk aplikasi makeup, siang hari sebagai penyegar, dan malam hari setelah cleansing untuk menghilangkan kotoran yang tersisa. Untuk jenis kulit normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Beauty Water memiliki pH 4,5, yang secara efektif mengatur ulang pH alami kulit setelah dibersihkan.

Tidak salah jika Votre Peau Brightening Essence ini stoknya selalu habis di berbagai market place. Produk ini merupakan esens dengan campuran dari berbagai bahan aktif dan zat yang melembapkan. Bahan-bahan tersebut diformulasikan secara khusus untuk memberikan nutrisi pada kulit. Hyaluronic Acid dapat membantu menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit. Niacinamide berfungsi untuk mencerahkan kulit yang kusam. Fermentasi beras mengandung banyak mineral, vitamin, dan enzim yang memberikan banyak manfaat pada kulit, seperti mengurangi vlek hitam, memperbaiki warna kulit yang tidak merata, dan mencerahkan kulit. Fermentasi beras merupakan bahan aktif yang multifungsi karena dapat melawan tanda-tanda penuaan dini, melembapkan, dan memperbaiki penampilan kulit wajah sekaligus. Memiliki ukuran molekul yang kecil sehingga membuat bahan aktif cepat menyerap ke dalam kulit dan tidak terasa lengket.

Baca Juga: Niacinamide, Hyaluronic Acid, Dan Fermentasi Beras: 3 “It” Ingredients Dalam 1 Brightening Essence Lokal!

Bagi pemilik kulit kering – Fermentasi ragi dan asam amino akan sangat melembapkan dan memberi nutrisi pada kulit.

BeautyBabes dapat menemukan bahan pertama tersebut pada toner Some By Mi Galactomyces Pure Vitamin C Glow Toner. Toner ini mengandung 88% (880.000ppm) Galactomyces Water yang digunakan sebagai pengganti air dalam kandungan toner yang fungsinya adalah mencerahkan, melembapkan, dan meningkatkan elastisitas kulit, menutrisi dan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus. Selain itu, kandungan 10.000ppm Ascorbic Acid murni (vitamin C) nya dapat menenangkan kulit yang terkena paparan sinar matahari dan menjaga kulit tetap bersih, bebas vlek, dan ternutrisi.

The Bath Box® Daily Secret 95% Galactomyces Facial Treatment Essence, merupakan salah satu produk lokal dengan kandungan fermentasi 95% Galactomyces Ferment Filtrate. Esens yang seperti air ini merevitalisasi kulit dengan menyerap sangat cepat tanpa rasa lengket. Berguna untuk menjaga kelembapan dan keseimbangan kulit, serta membuat kulit lebih cerah secara alami.

Jika mengalami kondisi penuaan – Carilah toner dengan kandungan antioksidan dan bahan yang melembapkan termasuk gliserin, asam hialuronat, air mawar, Sodium PCA, Lecithin.

Caudalie Beauty Elixir yang diformulasikan dengan ekstrak mawar dan bunga jeruk untuk membantu melembapkan dan menenangkan kulit yang meradang. Produk ini terinspirasi oleh “elixir of youth” yang digunakan oleh Queen Isabelle of Hungary. Manfaat produk perawatan kulit ini dapat menghaluskan permukaan kulit, mengecilkan pori-pori, dan membuat wajah menjadi lebih cerah bercahaya

Dengan wangi menyegarkan layaknya bunga yang baru dipetik, Sensatia Botanicals Cleopatra’s Rose Facial Toner mengangkat sisa makeup dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Formulanya tidak mengandung alkohol. Diperkaya dengan ekstrak lidah buaya yang menyejukkan membantu menenangkan kulit, sementara ekstrak kelopak mawar, stroberi, dan bunga hibiscus memberi manfaat antioksidan untuk kulit yang cerah dan bercahaya.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Peptide Dan Probiotic: 2 Actives Yang Mampu Lawan Penuaan

2 anti-aging actives yaitu peptide dan probiotic, ternyata bisa ditemukan di dalam satu produk. Check this article out for details!

Kolaborasi Spesial Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 Guna Meningkatkan Kesadaran Akan Kanker Payudara 🎀

Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 yang superUwU (✿◕‿◕).

Wardah Scholarship Program Berikan Beasiswa Kepada 100 Mahasiswi Untuk 30 Perguruan Tinggi Di Indonesia🎓!

Daftar Wardah Scholarship Program sekarang dan raih beasiswa sampai lulus 🎓!

2 Perawatan Kulit Praktis Setelah Beraktivitas Di Luar Rumah

Pas banget buat tim #mager kayak kami!

Hydra Rose Series Dari Wardah: Jaga Kelembapan Kulit Selama 72 Jam

Dengan keunggulan utama dari 72 Hours Hydrating Active dan Avalanche Rose Oil pada Wardah Hydra Rose Series, kulit terhidrasi sempurna hingga 72 jam.

Penyuka Pedas, Siap Untuk Lip Gloss 💄 Rasa Sambal 🌶️ Ini?

Tak ada sambal 🌶️, lip gloss 💄 pun jadi!. Ehhh 😕😕😕???

Es Krim Sehat 🍦 Ini Punya Cara Unik Untuk Berkontribusi Dalam Penanggulangan Penyebaran Covid-19 😷!

Enak 🍦, sehat 💪, dan berbagi kebaikan 💕 pula untuk banyak orang!

🐌 Lendir Si Siput 🐌 Untuk Perawatan Area 👁️ Mata 👁️ Kamu!

🐌 Lendir si siput 🐌 untuk perawatan area 👁️ mata 👁️ kamu!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!