Home Skin Ketahui Segudang Manfaat Vitamin D, Mulai Untuk Sistem Imun Hingga Kesehatan Kulit!

Ketahui Segudang Manfaat Vitamin D, Mulai Untuk Sistem Imun Hingga Kesehatan Kulit!

Di masa-masa awal pandemi, banyak ahli kesehatan menyarankan agar kita tetap meluangkan waktu rutin untuk berjemur di pagi hari meski sedang #DiRumahAja. Paparan sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Manfaat vitamin D begitu banyak karena diperlukan antara lain untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.

Karena itulah, beberapa waktu yang lalu, klinik JLAIndonesia (Jakarta Life Sciences & Aesthetics) x Kalbe Farma telah menyelenggarakan Zoom Webinar dengan topik ‘Vitamin D, Genetik, Dan Obesitas’, bersama dr.Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gizi, Sp.GK sebagai Spesialis Gizi Klinik dari klinik JLAIndonesia dan dr. Esther Kristiningrum sebagai perwakilan Medical Kalbe Farma.

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Topik ini sangat menarik karena ternyata vitamin D sangat berguna loh untuk melindungi diri dari virus Covid-19, selain juga segudang manfaat vitamin D lainnya. Mulai dari peranan vitamin D dalam sistem imun kita, untuk kesehatan kulit kita, bahkan pengaruh defisiensi vitamin D terhadap obesitas.

Vitamin D Dan Covid-19

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)

Kenapa vitamin D dikatakan dapat melindungi diri dari Covid-19? Hal ini dikarenakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin D memiliki peranan penting. Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak yang membantu memfasilitasi berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Ini membantu mengaktifkan respon imun yang dibutuhkan setiap kali patogen menembus tubuh.

Selain itu, vitamin D juga memiliki sifat antiinflamasi dan imunoregulasi yang juga berperan ketika sistem kekebalan melawan bakteri, virus, dan organisme atau zat penyebab penyakit lainnya.

Meski saat ini masih belum ada bukti kuat bahwa vitamin D dapat membantu melindungi tubuh dari virus corona, ada penelitian yang menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit pernapasan, seperti Covid-19.

Vitamin D Dan Kesehatan Kulit

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)

Selain peranannya dalam meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata vitamin D juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin D dapat membantu pertumbuhan dan perbaikan sel kulit untuk mencegah penuaan dini.

Vitamin D membantu pembentukan ceramide, yang merupakan lemak yang berperan membentuk barrier kulit yang melindungi kulit, serta mempertahankan kelembapan dan kekenyalan kulit. Vitamin D juga bersifat komedolitik, yaitu dapat mencegah penyumbatan pada pori-pori. Ketika pori-pori kamu tidak tersumbat, maka jerawat dan komedo tidak bisa terbentuk pada kulit.

Hasil studi juga menunjukkan bahwa perempuan dengan kadar vitamin D lebih rendah memiliki penuaan biologi lebih besar dan defisiensi vitamin D lebih banyak ditemukan pasien yang berjerawat.

Vitamin D Dan Obesitas

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)

Lalu, kalau hubungannya vitamin D dan obesitas, bagaimana tuh? Nah, ternyata defisiensi vitamin D juga berdampak pada obesitas. Suplementasi vitamin D 1000 IU per hari selama 12 minggu, menyebabkan peningkatan kadar 25(OH)D serum -> penurunan massa lemak tubuh pada perempuan gemuk dan obesitas.

Bagaimana vitamin D dapat mengurangi lemak tubuh adalah ia dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berdampak pada penurunan rasa lapar, sehingga konsumsi makanan berkurang yang pada akhirnya berdampak pada penurunan kadar lemak di tubuh.

Pola Makan Kaya Vitamin D


dr.Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gizi, Sp.GK pun memberikan panduan untuk memadukan vitamin D dalam pola makan yang sehat. Catat nih, BeautyBabes!

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Penting agar kita mengenali dulu proporsi jenis makanan yang tepat yang harus tersaji di piring kita dalam #myhealthyplate. Ini menunjukkan seperti apa makanan yang sehat dan seimbang, dengan merepresentasikan secara visual proporsi yang tepat dari berbagai kelompok makanan yang harus kita makan.

Pertama kita isi setengah piring dengan buah dan sayuran. Ini secara alami memiliki saturated dan trans fat rendah, kaya serat, vitamin, dan mineral. Mereka dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan jenis kanker tertentu. Buah dan sayuran juga menambahkan warna, tekstur, dan rasa yang menyenangkan ke dalam makanan kamu.

Kedua isi seperempat piring dengan biji-bijian. Makanan gandum utuh seperti nasi merah dan roti gandum utuh mengandung vitamin B dan E, mineral (zat besi, seng, dan magnesium), fitokimia (lignan, fitosterol), dan inulin (sejenis serat makanan); semuanya baik untuk kamu yang lebih sehat. Lain halnya dengan biji-bijian olahan seperti nasi putih atau roti putih telah diproses, sehingga nutrisi yang berharga telah hilang.

Ketiga isi seperempat lagi dengan daging dan protein lainnya. Kategori ini mencakup unggas seperti ayam, bebek, dan kalkun, daging seperti sapi, kambing, dan babi, makanan laut, telur, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Targetkan untuk dua porsi ikan per minggu. Ikan (misalnya tuna, mackerel, tenggiri batang, dan ikan tenggiri papan) mengandung asam lemak omega-3 – lemak bermanfaat yang mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Yang keempat jangan lupa fokus dengan asupan kalsium dari produk susu. Kalsium tidak hanya memperkuat tulang dan gigi, tetapi juga mengurangi risiko osteoporosis. Susu, yoghurt, dan keju adalah sumber kalsium yang bagus. Pilih produk susu rendah lemak daripada produk susu penuh lemak untuk membantu menjaga berat badan yang sehat.

Bagi kamu yang tidak menoleransi produk susu, sumber nutrisi kaya kalsium lainnya selain susu adalah ikan dengan tulang yang dapat dimakan (misalnya sarden dan ikan bilis), tahu yang dibuat dengan garam kalsium, lentil, sayuran berdaun hijau, dan makanan kaya kalsium lain seperti roti, biskuit, dan susu kedelai.

Kebiasaan Sehat Untuk Maksimalkan Manfaat Vitamin D

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Untuk mendapatkan manfaat vitamin D secara maksimal, kita perlu mengetahui dan menghindari faktor risiko defisiensi vitamin D. Salah satunya diakibatkan oleh kurang paparan sinar matahari yang bisa diakibatkan oleh letak geografis seseorang atau terlalu banyak beraktivitas dalam ruangan. Jadi pastikan tubuh terkena sinar matahari antara jam 10.00 pagi – jam 3.00 sore selama 10-20 menit saja.

Jangan lupa, sebelum berjemur pagi, pastikan kulitmu harus terlindungi dulu dengan pemakaian tabir surya. Kamu bisa pakai salah satu sunscreen dari local #BeautyBuddies andalan banyak beauty enthusiast yaitu Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA +++ (Rp150.000).

Baca Juga: Arti Dari SPF Dan PA Pada Kemasan Sunscreen, Apa Yang Perlu Diketahui? 

Tabir surya ini merupakan pelindung kulit dari sinar UV A dan UV B. Seperti kita tahu, sinar UV A dan UV B dapat menimbulkan tanda penuaan, sehingga menggunakan pelindung secara rutin dapat membantu mencegah tanda penuaan.

Keunggulan dari Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA ++ adalah tabir surya ini diformulasikan tanpa silikon, memiliki tekstur ringan yang nyaman digunakan tanpa membuat kulit berminyak, dan tidak meninggalkan white cast pada kulit.

Daily UV Counter dilengkapi dengan squalane yang terbukti mampu melembapkan kulit wajah sekaligus menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit wajah. Mengandung niacinamide yang dapat membantu mencerahkan wajah secara alami dan membantu merawat jerawat. Dilengkapi dengan ekstrak licorice sebagai pencerah alami sekaligus antioksidan untuk mencegah radikal bebas dan tanpa penuaan.

Formula tanpa silikon bersifat non-komedogenik dan tidak menyumbat pori-pori. Aman digunakan ibu hamil dan menyusui. Cara pakainya pun praktis karena teksturnya mudah diratakan (cara pemakaian tinggal swipe and tap).

BUY NOW!

Setelah kamu memahami bahwa kurang paparan sinar matahari merupakan salah satu faktor risiko defisiensi vitamin D, ketahui pula faktor-faktor lainnya, BeautyBabes!

Nah, ada juga faktor risiko individu yang bisa menyebabkan kekurangan vitamin D ini, di antaranya warna kulit yang gelap, usia lanjut, bayi baru lahir, kehamilan, obesitas.

Jika kita tidak memperhatikan faktor-faktor tersebut, tubuh akan kekurangan vitamin D. Gejala-gejalanya antara lain sulit tidur, nyeri punggung, kelemahan otot, mudah sakit, mudah lelah, disfungsi ereksi, rambut rontok, keringat berlebih, dan gangguan mood.

Mengingat pentingnya peran vitamin D, kita perlu pemeriksaan vitamin D secara rutin. Dan jika kadar vitamin D masih rendah, perbaiki dengan suplementasi vitamin D. Kalbe Farma memiliki Prove D3 yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin D kamu. Prove D3 tersedia dalam kemasan tablet dan drops.

Terakhir, untuk mencegah penularan COVID-19, ada anjuran yang harus kamu ikuti BeautyBabes, yaitu ‘Don’t touch MEN, Follow WOMEN’. Because we all know that women always right, right??? Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Jakarta Life Sciences & Aesthetics.


Jakarta Life Sciences & Aesthetics

Rukan Permata Senayan Blok E-31,
Jl. Tentara Pelajar, Patal Senayan,
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 57941082 / Whatsapp: 08111509904, 08111785123

Penulis: Anindita Prameswari & Dewi Rokhmawati

Beauty Beat
Beauty Beat is a digital platform where we share information from the world of beauty (inside and out), especially skincare A to Z, made exclusively for you, our beloved beauty enthusiasts.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Apa Yang Membuat Hyaluronic Acid Menguntungkan Bagi Kulit?

Hyaluronic acid dikenal karena kemampuannya menarik dan menahan kelembapan 1000 kali beratnya. Temukan penjelasan selengkapnya pada artikel ini!

3 Keseruan Bekerja Di Brand Kecantikan Yang Tak Banyak Orang Tahu

Yang berminat bekerja di brand kecantikan, wajib baca artikel ini dulu!

It’s PayDay Time 💰! Ini 3 Alasan Buat Belanja Dengan Banyak Keuntungan, Di Online Flagship Store Kiehl’s Di Lazada

Biar kamu bisa dapat keuntungan lebih berbelanja skincare Kiehl's dengan uang gajimu 💰!

Kanker Payudara HER2-Positif: Harapan Akan Akses Pengobatan Stadium Dini Yang Komprehensif

Simak suara pasien Kanker Payudara akan harapan akses pengobatan HER2-positif stadium dini yang komprehensif pada artikel ini!

Ini Dia Krim Yang Menghidrasi Dan Bebas Kilap Untuk Kulit Berminyak

Krim ini menjawab kebutuhan pemilik kulit kombinasi dan berminyak, akan kulit yang terhidrasi 24 jam dan bebas kilap. Click for more details!

Mengenal Konsep Clean Beauty Bersama make p:rem

Clean beauty, sebuah tren kecantikan yang sudah digemari di dunia, kini juga sudah mulai digemari di Indonesia. Click here to get to know more!

Tampil Cantik Minimalis Dengan Duo Lip Cream Dan Lip Gloss Andalan Andira Hadley

Gapai tampil cantik dengan effort minimal hanya dengan lip cream dan lip gloss ala Andira Hadley. Simak detailnya di artikel ini!

The Claudette Collection: Koleksi Edisi Terbatas Nan Elegan Yang Terinspirasi Dari Ibu Pemilik Brand NARS

Ketahui lebih banyak mengenai edisi terbatas NARS The Claudette Collection, siapa yang menginspirasi di balik peluncurannya, pada artikel ini.

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!