Home Editor's Picks Oil Based Cleanser Untuk Tampilan Kulit Yang Flawless

Oil Based Cleanser Untuk Tampilan Kulit Yang Flawless

Apa pun jenis kulitmu, baik kulit kering, berminyak, ataupun kombinasi, menggunakan oil based cleanser dapat mencerahkan wajah dan memperbaiki kondisi kulitmu. Meski harus diakui, sebagian dari kita terutama pemilik kulit berminyak akan berpikir dua kali untuk mengoleskan minyak pada wajah dengan asumsi minyak akan menyumbat pori-pori dan memperburuk kondisi kulit berminyak. No worries, you are still forgiven, BeautyBabes.

Tetapi faktanya oil based cleanser justru melakukan sebaliknya. Produk ini sangat baik untuk melarutkan makeup, kotoran, dan sebum berlebih untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lebih bersih. Tentu saja tahap ini kemudian diikuti dengan water based cleanser sebagai bagian dari teknik double cleansing.

Tahap awal dari double cleansing adalah membersihkan wajah dengan pembersih yang berbahan dasar minyak. Ini dibutuhkan untuk membersihkan makeup waterproof yang tidak hilang jika dibersihkan dengan air, membersihkan tabir surya serta sebum pada permukaan kulit setelah seharian beraktivitas. Produk pembersih yang tergolong oil based cleanser adalah cleansing oil, cleansing balm, atau micellar cleanser.

Cleansing Oil

Cleansing oil adalah salah satu dari oil based cleanser untuk menghilangkan makeup, kotoran, dan minyak berlebih. Cleansing oil berbeda dengan pembersih yang larut dalam air yang memiliki tekstur krim, gel, atau busa.

Cleansing oil bekerja sebagai lipophilic solvent, yang berarti produk ini hanya tertarik dengan minyak, seperti minyak natural yang diproduksi kulit, makeup berbahan dasar minyak, atau sebum. Hal inilah yang membuat cleansing oil dapat melarutkan makeup dan minyak berlebih serta membuat kulit terawat.

Selain minyak, cleansing oil juga mengandung surfaktan dan zat pengemulsi. Bahan-bahan ini memungkinkan minyak dan zat-zat yang telah larut dapat teremulsi dengan air sehingga dapat dihapus dengan mudah.

Berikut ini beberapa rekomendasi cleansing oil yang dapat membuat kulitmu semakin flawless.

1. DHC Deep Cleansing Oil

Cleansing oil ini terbuat dari olive oil alami yang dapat membersihkan dan melembutkan tanpa membuat kulit terasa berminyak. Membersihkan kotoran dan makeup bahkan maskara dan eyeliner waterproof sekalipun.

2. Shu Uemura Ultime8 Sublime Cleansing Oil Onitsuka Tiger (Limited Edition)

Cleansing oil ini merupakan cairan pembersih paling efektif untuk menghilangkan semua noda dan membuat kondisi kulit bersih halus sempurna. Komposisi delapan minyak botani alami dari pengobatan Cina dan minyak kecantikan seluruh dunia memberikan efektivitas perawatan kulit untuk sensasi kulit halus, lembap, ternutrisi, dan cerah.

3. innisfree Green Tea Cleansing Oil

Cleansing oil ini memiliki formula yang dirancang untuk membersihkan wajah yang terkena paparan debu hingga menghapus makeup tebal sekalipun. Kandungan green tea dengan 16 jenis amino acid 3,5 kali lebih kaya dan ekstrak akar green tea yang kaya akan Saponin memberikan efek melembapkan setelah mencuci wajah.

Cleansing Balm

Cleansing balm memiliki tekstur yang paling padat jika dibandingkan dengan oil based cleanser lainnya. Cleansing balm bekerja ganda dengan menghilangkan kotoran pada kulit sekaligus melindungi keseimbangan kelembapan kulit. Cleansing balm sangat efektif karena kandungan minyak alami yang ada dalam formula mereka. Formula ini menempel pada kotoran dan debu dan dapat memecah partikel makeup, sehingga semua residunya mudah terangkat dari wajah.

Selain itu, kandungan minyak dalam cleansing balm ini dapat mengangkat sebum yang berlebih pada kulit, menyisihkan kadar minyak berlebih yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat, dengan cara kerja yang sama cleansing oil.

Berikut ini daftar cleansing balm andalan dari BeautyBeat yang dapat membuat ritual mencuci wajah semakin menyenangkan.

1. Banila Co. Clean It Zero Cleansing Balm – Original

Cleansing balm ini merupakan pembersih hypoallergenic yang teksturnya dapat berubah dari tekstur seperti ‘sorbet’ menjadi tekstur minyak yang lembut ketika diaplikasikan ke kulit.

Cleansing balm ini dikembangkan untuk membersihkan makeup tahan air dan semua ketidaksempurnaan hanya dalam satu langkah. Zero Balance Technology-nya membersihkan lebih dalam dan mengeksfoliasi tanpa membuat kulit tertarik dan menjaga kulit tetap terhidrasi dan terasa segar.

2. Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm

Cleansing balm ini dapat melarutkan makeup dan kotoran sepenuhnya dengan mudah dalam sekejap. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin E yang memberikan hasil akhir yang melembapkan.

Dan senangnya lagi, kami sudah coba loh kehebatan cleansing balm lokal ini. Mau tahu hasil review kami? Makanya tonton video berikut!

3. Heimish All Clean Balm

Produk ini efektif untuk menghapus makeup secara menyeluruh, bahkan makeup yang tahan air sekalipun. Cocok untuk segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif, karena terbuat dari bahan yang natural, bebas paraben, dan hypoallergenic.

Tekstur balm-nya akan berubah menjadi minyak ketika diaplikasikan ke wajah. Wajah menjadi lebih bersih tanpa kehilangan minyak alaminya.

Micellar Cleanser

Micellar cleanser selain berbahan dasar air atau gel, produk ini juga memiliki banyak kandungan micelles. Micelles merupakan molekul bola kecil-bola kecil dari cleansing oil yang tersuspensi dalam air lunak atau gel.

Micelles ini akan tertarik pada sebum dan minyak-minyak lain, sehingga mereka dapat menarik kotoran-kotoran tersebut tanpa membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, micellar cleanser dapat digunakan sebagai pembersih wajah dan makeup remover yang sekaligus melembapkan.

Berikut ini rekomendasi micellar cleanser yang dapat kamu jadikan holy grail dalam tahapan oil based clensing.

1. Garnier Micellar Water

Produk ini merupakan All-in-One Micellar Cleansing Water yang dapat membersihkan dan menghapus kotoran, debu, dan makeup dalam sekali usap yang lembut dan tidak perlu dibilas. Produk ini sesuai untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Garnier Micellar Cleansing Water, diperkaya dengan Micelles yang dapat mengikat dan mengangkat debu, kotoran, juga makeup dari wajah, mata, dan bibir. Tektsturnya ringan seperti air, sehingga dapat menghilangkan kotoran dan makeup dari wajah secara lembut tanpa perlu dibilas. Formulanya yang tidak lengket di wajah, tidak berminyak, dan tanpa parfum membuat produk ini dapat digunakan pada semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

2. Bioderma Sensibio H2O Micellar Water (25th Anniversary Limited Edition)

Produk ini merupakan micellar water pertama dan satu-satunya yang sangat cocok dengan semua jenis kulit dan telah teruji secara dermatologi. Micellar water ini merupakan pembersih wajah tanpa bilas dan juga dapat digunakan sebagai makeup remover.

Produk ini memiliki kemampuan tinggi dalam membersihkan dan juga melembutkan, serta memberikan efek yang menenangkan bagi kulit dan mencegah kulit dari iritasi. Kelebihan Biorderma selama ini adalah teksturnya yang hampir serupa dengan air, tidak meninggalkan bekas lengket kering.

3. Hanada Precious Micellar Gel

Berbeda dengan produk-produk micellar sebelumnya, Hanada Precious Micellar Gel merupakan produk micellar cleanser berbentuk gel. Produk ini diformulasikan untuk membersihkan wajah dari bekas makeup serta kotoran lain seperti debu dan polusi. Kandungan micelles-nya merawat kelembapan kulit wajah, sehingga wajah tidak kering dan iritasi setelah dibersihkan.

Bagaimana BeautyBabes, sudah mengerti kan betapa pentingnya oil based cleanser ini sebagai tahapan awal double cleansing? Jadi oil based cleanser apa yang kalian pilih untuk melengkapi ritual double cleansing kalian? Tonton juga video skincare routine di channel Youtube beautybeat ID! Enjoy this step and be ready for a healthy skin BeautyBabes!

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Arti Dari SPF Dan PA Pada Kemasan Sunscreen, Apa Yang Perlu Diketahui?

SPF dan PA, kenali lebih dekat agar bisa memilih sunscreen yang tepat untuk proteksi kulit terhadap efek buruk sinar ultraviolet.

Produsen Es Krim Sehat Aice Bantu Warga DKI Jakarta Hindari Covid-19

Bukan hanya memberikan keceriaan lewat es krim 🍦 yang berkandungan baik seperti Aice Susu Telur, tapi es krim sehat ini pun membagikan kebaikan dalam jutaan masker medis Shield 😷 loh!

UVA Dan UVB, Ketahui Semua Hal Tentang Ultraviolet Agar Kulit Terhindar Dari Efek Buruknya

UVA dan UVB, SPF dan PA, semua yang perlu diketahui dari sinar ultraviolet dan bagaimana memproteksi dari efek buruknya, ada di artikel ini!

NOTE Cosmetics: Rahasia Kecantikan Perempuan Turki Yang Perlu Dicatat

NOTE Cosmetics yang telah teruji secara dermatologist, bebas paraben, dan vegan friendly yang sudah pasti halal, kini hadir di Indonesia.

Shake Lip Pigment: Hadirkan 5 Warna Baru Yang Buat Bibirmu Cantik Dan Terlindungi

Sister brand The Bath Box®, 'Allglows' luncurkan 5 warna baru Shake Lip Pigment pada 11 November 2020. Grab it while it lasts BeautyBabes!

3 Tipe Hydroxy Acid – AHA, BHA, PHA: The Three Musketeers-nya Chemical Exfoliator

Hydroxy acid sebagai exfoliator bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat pergantian sel-sel baru. Yuk kupas lebih dalam!

Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

Moisturizer biasanya mengombinasikan 3 jenis bahan tertentu, yaitu humektan, emolien, dan/atau oklusif. Kenali tiap-tiap karakternya di artikel ini!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!