Home Skin Pentingnya Melindungi Skin Barrier dengan Perawatan Kulit yang Tepat

Pentingnya Melindungi Skin Barrier dengan Perawatan Kulit yang Tepat

Belakangan muncul tren kecantikan baru pada produk perawatan kulit yang mengedepankan fungsinya untuk menyehatkan skin barrier. “Kulit merupakan garis pertahanan pertama melawan banyak stressor eksternal atau gangguan lingkungan lain. Kulit sendiri terdiri dari berbagai sel, protein, dan jaringan lain yang luas dan kompleks. Sehingga bisa dibilang, komponen yang paling vital manusia adalah lapisan pelindung kulit, atau skin barrier. Melindungi Skin Barrier menjadi sangat penting agar ketahanan kulit tetap terjaga”, ujar Astrid Indrasari Skincare, Bodycare, and Haircare Product Category Manager The Body Shop® Indonesia.

Baca Juga: Apa Itu Skin Barrier Dan Seberapa Penting Menjaga Kesehatannya?

Kulit, seperti kita ketahui adalah sebuah organ. Apakah kamu tahu, bahwa kulit merupakan organ terbesar kamu? Kulit membentuk sekitar sepertujuh atau hampir 15% dari total berat badan manusia. Kulit merupakan pemisah dan pelindung bagian dalam dari dunia luar yang keras, menjadikan kulit menjadi salah satu organ terpenting dalam tubuh. 

Salah satu cara yang dapat membantu menyehatkan skin barrier adalah dengan tidak menggunakan produk yang banyak memiliki banyak bahan kimia. The Body Shop® menggunakan 90% bahan alami dan vegan yang baik untuk kulit dan dapat melindungi skin barrier. Namun sebetulnya apa itu skin barrier, fungsinya, beserta cara tepat menjaga kesehatannya? Keep on scrolling BeautyBabes!

Apa itu Skin Barrier?

Tanda-tanda Kerusakan Skin Barrier
Tanda-tanda Kerusakan Skin Barrier

Kulit memiliki lapisan khusus yang berguna untuk melindungi lapisan di bawahnya. Lapisan tersebut disebut sebagai skin barrier. atau penghalang kulit. Kulit memiliki tiga lapisan utama, yaitu epidermis – lapisan terluar dari kulit, kemudian dermis – lapisan tengah kulit yang mengandung kolagen, elastin, dan saraf kulit serta suplai darah, dan lapisan berikutnya adalah subcutaneous fat yang membentuk penghalang antara kulit dan otot. 

Skin barrier bermanfaat untuk melindungi kulit dari berbagai masalah seperti infeksi, bahan kimia berbahaya, racun, hingga alergen. Lalu, manfaat lainnya adalah untuk menjaga hidrasi, alias menjaga kadar air di dalam kulit. Meski demikian, skin barrier rusak pun rentan terjadi. Jika skin barrier rusak, air di dalam tubuh bisa keluar dan menguap, sehingga kulit berisiko mengalami kondisi dehidrasi.

Apabila lapisan terluar epidermis tidak mengandung cukup air, kulit akan kehilangan elastisitas dan tampak kering, kasar, dan bersisik. Sehingga, membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan dari faktor eksternal. Ciri-ciri skin barrier rusak umumnya ditandai dengan kondisi kulit wajah kering dan dehidrasi, kulit terasa tertarik dan kencang, gatal, mengelupas, kulit kasar, warna kulit menggelap atau kemerahan, iritasi kulit, penyembuhan luka lambat.

Cara Merawat Skin Barrier Yang Tepat

Memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat untuk skin barrier yang mengalami kerusakan merupakan hal yang penting harus dilakukan. Berikut beberapa cara di bawah ini agar skin barrier serta tekstur kulit wajah sehat seperti sediakala.

1. Gunakan pembersih wajah yang lembut

Periksa kembali komposisi kandungan yang ada di dalam pembersih wajah atau sabun muka yang selama ini digunakan. Saat menemukan bahan aktif atau eksfoliator yang berlebihan, sebaiknya hentikan penggunaannya terlebih dahulu. Sebagai cara untuk memperbaiki tekstur kulit wajah akibat jerawat, atau kulit kusam dan kering akibat skin barrier yang rusak, wajib memakai pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami. 

Gunakan pebersih wajah yang tidak membuat kulit terasa ketarik dan memberikan kelembapan pada kulit. Pembersih wajah yang memiliki kandungan seperti Edelweiss Extract membantu memberikan antioksidan alami yang kaya akan leontopodic acid untuk membantu membersihkan kotoran dan polusi agar membuat kulit terasa lebih halus, segar, dan bercahaya. 

2. Fokus menghidrasi kulit wajah

Selain selalu mengonsumsi air putih 2L perhari mampu membantu hidrasi, cara ampuh lain yang dapat membantu merawat skin barrier agar tetap terhidrasi dan lembap adalah dengan mencampurkan serum dengan pelembap yang diyakini dapat menambah hidrasi pada kulit wajah.

Pilihlah serum dan pelembap yang mengandung bahan-bahan alami, sekaligus kandungan yang dapat melindungi dan memperkuat skin barrier, seperti kandungan ekstrak bunga Edelwiess. Serum wajah yang mengandung double concentration of edelweiss extract sebagai antioksidan alami dan natural-origin peptides dari rice extract ini siap membantu melindungi kulit dari polusi dan membuat kulit tampak lebih halus, segar, lembap hingga 24 jam.

Menggunakan serum wajah dengan kandungan bahan natural yang lebih banyak ditambah dengan pelebap akan membantu menutrisi, mengencangkan, memberikan tampilan kulit halus, serta memberi kelembapan yang tahan lama. Kekuatan antioksidan Edelweiss ekstrak diketahui 5x lebih kuat dari vitamin E acetate ini memberi perlindungan dari agresor lingkungan dan polusi.

3. Gunakan tabir surya

Pastikan selalu menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 saat beraktivitas meski berada di dalam ruangan dan meski cuaca sedang tidak terik. Gunakan sebanyak dua ruas jari untuk wajah dan leher. Untuk yang sering beraktivitas di bawah teriknya matahari, oleskan pula dengan jumlah yang sama untuk setiap ruas tubuh. Tabir surya terbukti mampu melindungi paparan sinar UV, mengurangi risiko kerusakan skin barrier serta penuaan kulit.

4. Menenangkan kulit bila terjadi peradangan

Begitu kulit teriritasi, periksa kulit dan segera ambil langkah perawatan untuk menenangkan kulit. Sementara jangan melakukan eksfoliasi saat kulit terasa sensitif dan lebih baik oleskan serum, pelembap, atau masker yang menenangkan. Langkah awal yang bisa dilakukan untuk menenangkan kulit bila terjadi peradangan ialah dengan memakai sheet mask. 

Edelweiss Sheet Mask, bisa jadi pertolongan pertama untuk kulit wajah yang meradang.  Masker wajah yang diperkaya dengan double concentration edelweiss extract sebagai antioksidan alami yang kaya akan kandungan leontopodic acid serta natural-origin peptides dari rice extract, sheet mask ini membantu meremajakan kulit dengan menyamarkan garis-garis halus, mencerahkan, dan melembapkannya hanya dalam 15 menit. Dalam pemakaian pertama, kulit akan terhidrasi hingga 83,3%.

“Melindungi skin barrier dengan menggunakan produk yang tepat memang penting dilakukan, namun bukan hanya itu saja. Praktik self-love juga sama pentingnya dengan pemilihan produk yang tepat, kita harus sadar bahwa kulit kita juga akan sehat apabila manusianya sehat dan bahagia. Secara rutin menggunakan rangkaian produk Edelweiss akan menunjukkan 5 tanda ketahanan kulit yang kuat, kulit menjadi stronger, smoother, plumper, fresher, dan bouncier”, ungkap Astrid.

Pahami berbagai produk yang paling cocok untuk kulit kamu dan produk yang sebaiknya kamu hindari BeautyBabes. Sebaiknya kamu juga fokus pada penggunaan produk yang menggunakan bahan alami yang akan melindungi skin barrier. Baiknya kamu juga selalu terapkan rutinitas perawatan kulit yang praktis, lembut, efektif, dan menyenangkan untuk merawat dan memperkuat skin barrier.

BUY NOW!

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive. Follow me on Instagram @prameswanindita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Happy 9th Anniversary Sociolla, From Bestie For Bestie!

Mengusung tema “From Bestie for Bestie”, di ultahnya yang ke-9 Sociolla ingin rayakan ikatan kuat yang telah dibangun dengan kamu BeautyBabes

Bersama Putri Marino, Oriflame Membangun Mood Kamu Untuk “Reach Your Happy Place”

Bersama Putri Marino, Oriflame mengajak kamu untuk berani mengambil langkah yang akan membawa kamu untuk 'Reach Your Happy Place'!

Luna Maya Bersama NAMA Beauty Kampanyekan “Mulai Dari Bareskin” Kembalikan Pentingnya Kulit Wajah Bersih 

NAMA Beauty hadirkan konsep “Mulai Dari Bareskin” sebagai bentuk kulit wajah bersih investasi kulit sehat dengan double cleansing!

Dari Paris ke Jakarta, Kunjungan Paul Marchand Kuatkan Ikatan Global ESMOD Jakarta

Paul Marchand berkunjung ke ESMOD Jakarta untuk untuk menjaga agar standarisasi pendidikan tetap sejalan dengan ESMOD International.

Valing – Ovale Keliling, Pengalaman Baru Merawat Kulit Wajah dengan Ovale Facial Lotion Dingin

Valing - Ovale Keliling, jasa cuci muka keliling pertama di Indonesia memperkenalkan cara baru mencuci muka dengan Ovale Facial Lotion ingin.

Lomba Lari Merayakan Hari Perempuan Internasional, AIA Vitality Women’s 10K, Hadir Kembali dengan ‘Playground’ Baru di Solo

Lomba lari dengan pesan pemberdayaan perempuan, AIA Vitality Women’s 10K, hadir kembali untuk ajak perempuan Indonesia jalani gaya hidup aktif.

Setelah Terkenal Karena Sheet Mask-nya, Kini Mediheal Kembali Hadirkan Rangkaian Skincare dengan Kandungan Susu

Terkenal dengan sheet mask-nya, MEDIHEAL kini hadir dengan Milk Brightening Range, produk skincare yang terdiri dari toner, serum, dan cream.

Rayakan Hari Valentine dengan Tampil Natural Merona Bersama Beby Tsabina dan barenbliss

Beby Tsabina ingin mengajak BeautyBabes untuk merayakan valentine mengandalkan 3 rangkaian kosmetik barenbliss untuk kreasi cantik natural!
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.