Home Beauty Lifestyle BASE, Luncurkan BASE Green Collective Untuk Kurangi Emisi Karbon Bersama JEJAKIN

BASE, Luncurkan BASE Green Collective Untuk Kurangi Emisi Karbon Bersama JEJAKIN

Brand kecantikan dan kesehatan vegan lokal berbasis teknologi – BASE, terus fokus mengembangkan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Sejak diluncurkan pada tahun 2019, brand yang didirikan oleh Yaumi Fauziah Sugiharta dan Ratih Permata Sari ini secara perlahan mengembangkan produk dan bisnis sambil memetakan langkah-langkah konkrit yang dapat dilakukan untuk berkontribusi menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik, salah satunya dengan berinisiatif untuk meminimalisir emisi karbon yang ditunjukkan oleh BASE dengan program bertajuk ‘BASE Green Collective’.

Baca Juga: Lebih Sehat Dengan Gaya Hidup Plant-Based

Komitmen BASE untuk Sustainability

Sejak awal, BASE berkomitmen untuk fokus menciptakan produk dengan kandungan vegan dan menggabungkan superplant atau tumbuhan kaya manfaat dengan proses teknologi tinggi dalam menghasilkan produk perawatan diri clean, sustainable, serta terjangkau bagi kamu masyarakat Indonesia.

Komitmen ramah lingkungan ini juga diimplementasikan ke dalam berbagai pendekatan, mulai dari fokus hanya menggunakan bahan nabati yang tidak terancam kepunahannya, dan tidak menggunakan bahan hewani maupun turunannya. BASE juga mengolah kandungan skincare dengan bioteknologi yang aman untuk sumber daya air dan tanah, serta tidak menggunakan bahan yang tidak terbarukan seperti petrokimia dan gliserin, hingga bahan yang berpotensi mengganggu kelestarian alam, seperti SLS dan silikon.

Komitmen BASE untuk Sustainability
Komitmen BASE untuk Sustainability

Selain itu BASE juga selektif bekerja sama hanya dengan produsen yang mendorong penggunaan sumber energi terbarukan serta berkomitmen untuk meminimalisir limbah dan emisi karbon. Fokus mencegah produksi berlebih untuk mengurangi emisi dengan teknologi sustainable supply chain management, hingga turut membantu menjaga kelestarian ikan hiu dengan menggunakan Olive Squalane sebagai pengganti squalane hiu. Langkah konkrit tersebut dihadirkan juga melalui produk yang seluruh bahan aktifnya telah tersertifikasi ECOCERT, yang menjamin bahwa bahan tersebut ditanam dan diproses secara ramah lingkungan sekaligus meminimalisir emisi karbon.

BASE Green Collective X JEJAKIN Untuk Mengurangi Emisi Karbon

BASE Green Collective Kolaborasi BASE x Jejakin, Diwakilkan oleh (dari kiri ke kanan) Ratih Permata Sari selaku Co-Founder dan Chief Product Officer (CPO) BASE dan Andreas Jingga, Chief Operation Officer (COO) JEJAKIN

Inisiatif untuk meminimalisir emisi karbon ini ditunjukkan oleh BASE dengan program bertajuk ‘BASE Green Collective’, yakni upaya kolektif ramah lingkungan untuk menjadikan bumi lebih hijau. Inisiatif terbaru dalam BASE Green Collective adalah kerja sama dengan JEJAKIN, sebuah platform teknologi manajemen karbon dalam mitigasi karbon untuk langkah bisnis yang berkelanjutan, salah satunya dengan fokus pada kegiatan carbon offsetting atas operasi bisnisnya.

Carbon offsetting merupakan upaya untuk mengkompensasi dampak lingkungan dari emisi atau jejak karbon yang yang diukur berdasarkan perhitungan karbon dioksida yang setara. Salah satu cara mengimbangi jumlah karbon adalah dengan menanam pohon dan menciptakan ruang hijau yang lebih besar untuk menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan mengembalikan oksigen kembali ke alam.

Oleh karena itu peresmian kerjasama BASE dengan JEJAKIN digagas dengan kegiatan penanaman 625 pohon nangka dan 1.667 pohon mangrove dengan estimasi cadangan karbon sebesar 1.073 Ton. Kegiatan tersebut dilakukan di Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk, yang dihadiri oleh Ratih Permata Sari selaku Co-Founder dan Chief Product Officer (CPO) BASE, Andreas Jingga, Chief Operation Officer (COO) JEJAKIN, serta Ankayama, Environmentally consious Beauty Content Creator yang juga aktif menyuarakan isu sustainability.

Acara Peresmian Kerjasama BASE dengan JEJAKIN
Acara Peresmian Kerjasama BASE X JEJAKIN, Dihadiri Oleh (Kiri ke Kanan) Ratih Permata Sari Selaku Co-Founder dan Chief Product Officer (CPO) BASE, Ankayama Selaku Environmentally consious Beauty Content Creator, serta Andreas Jingga Selaku Chief Operation Officer (COO) JEJAKIN

“BASE bertujuan untuk menjadi perusahaan kecantikan NET-ZERO, yang berarti kami bertekad untuk menghilangkan jumlah karbon yang setara dengan jumlah karbon yang diproduksi dalam operasi usaha kami,” ucap Ratih Permata Sari. Misi tersebut diawali dengan menjalankan pengiriman carbon-neutral untuk mengurangi carbon footprint (jejak karbon) dari aktivitas pengiriman produk BASE ke kamu sebagai customer. Aktivitas industri logistik ini, baik metode pengiriman dan bahan pengemasan yang digunakan, termasuk penghasil karbon hitam dalam jumlah besar yang mempengaruhi konsentrasi karbondioksida di udara.

BASE telah mengkalkulasi rata-rata carbon footprint yang dihasilkan dari proses distribusi produk (berdasarkan rata-rata jarak dan tipe kendaraan yang digunakan untuk mengirim produk BASE ke alamat konsumen). Perhitungan emisi tersebut kemudian dikonversikan ke dalam jumlah penanaman pohon Mangrove di Mangunharjo – yang dapat menyerap hingga 3,25 kg CO2 dalam kurun waktu 8 tahun, dan pohon Nangka di Lampung – yang dapat menyerap 1,6 kg CO2 dalam kurun waktu yang sama.

Penanaman pohon ini, selain ditujukan untuk memperbaiki ekosistem dan keanekaragaman hayati, juga ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Maka dari itu, pohon nangka dipilih untuk ditanam karena selain buahnya dapat digunakan untuk memberi makan Badak Sumatera yang terancam punah, juga dapat digunakan oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan mengubahnya menjadi keripik Nangka dan makanan ringan lainnya untuk dijual.

Peresmian BASE Green Collective Kolaborasi BASE x Jejakin, Ditandai dengan Penanaman Pohon Mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk
Peresmian BASE Green Collective Kolaborasi BASE x Jejakin, Ditandai dengan Penanaman Pohon Mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Begitu pula dengan Mangrove, yang umumnya tumbuh di dekat laut, dapat membantu menstabilkan garis pantai dengan mencegah erosi, meningkatkan kualitas air, dan menyediakan habitat penting bagi ribuan spesies biota laut mulai dari terumbu karang hingga beragam jenis ikan. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat melindungi masyarakat yang tinggal di dekatnya dari gelombang dan badai.

Melalui peresmian kerja sama dengan JEJAKIN, BASE mengajak kamu yang ingin terlibat dalam program ini, dengan berkontribusi mendonasikan secara sukarela sebesar Rp 2.500, untuk tiap pembelian pembelian produk BASE, yang dapat dilakukan melalui website www.base.co.id, ataupun melalui marketplace. BASE akan menggandakan nilai donasi tersebut dalam 6 bulan pertama dan jumlah uang yang terkumpul akan digunakan untuk menanam Mangrove di Mangunharjo, Jawa Tengah, dan pohon Nangka di Lampung, Sumatera.

BUY NOW!

Kegiatan ramah lingkungan ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh BASE. Inisiatif sustainability lain yang pernah dilakukan oleh BASE di antaranya juga adalah bekerja sama dengan Waste4Change yang telah mengumpulkan kemasan kosong untuk didaur ulang dari tahun 2022. Selain itu juga bergandengan dengan Indonesia Biru Foundation dalam restorasi terumbu karang di Nusa Tenggara, yakni rumah bagi lebih dari 300 terumbu karang dan habitat untuk lebih dari 25 spesies laut, hingga mengadopsi 2 orangutan untuk mendukung konservasi orangutan yang terancam punah.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive. Follow me on Instagram @prameswanindita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Dari Paris ke Jakarta, Kunjungan Paul Marchand Kuatkan Ikatan Global ESMOD Jakarta

Paul Marchand berkunjung ke ESMOD Jakarta untuk untuk menjaga agar standarisasi pendidikan tetap sejalan dengan ESMOD International.

Valing – Ovale Keliling, Pengalaman Baru Merawat Kulit Wajah dengan Ovale Facial Lotion Dingin

Valing - Ovale Keliling, jasa cuci muka keliling pertama di Indonesia memperkenalkan cara baru mencuci muka dengan Ovale Facial Lotion ingin.

Lomba Lari Merayakan Hari Perempuan Internasional, AIA Vitality Women’s 10K, Hadir Kembali dengan ‘Playground’ Baru di Solo

Lomba lari dengan pesan pemberdayaan perempuan, AIA Vitality Women’s 10K, hadir kembali untuk ajak perempuan Indonesia jalani gaya hidup aktif.

Setelah Terkenal Karena Sheet Mask-nya, Kini Mediheal Kembali Hadirkan Rangkaian Skincare dengan Kandungan Susu

Terkenal dengan sheet mask-nya, MEDIHEAL kini hadir dengan Milk Brightening Range, produk skincare yang terdiri dari toner, serum, dan cream.

Rayakan Hari Valentine dengan Tampil Natural Merona Bersama Beby Tsabina dan barenbliss

Beby Tsabina ingin mengajak BeautyBabes untuk merayakan valentine mengandalkan 3 rangkaian kosmetik barenbliss untuk kreasi cantik natural!

Oriflame Hadirkan DUOLOGI, Solusi Menyeluruh Untuk Semua Permasalahan Rambut Kamu

Telah hadir rangkaian Oriflame DUOLOGI untuk menjawab kebutuhan beragam kondisi rambut kamu, dari mulai Cleanse, Moisture, hingga Treat!

Minum POCARI SWEAT Agar tidak Dehidrasi Saat Travelling Bersama Pesawat Garuda Indonesia!

POCARI SWEAT X Garuda Indonesia ajak kamu jadi lebih sehat dan berkeringat sambil menjelajahi alam dan beragam budaya Indonesia.

Glad2Glow Berkolaborasi dengan Syifa Hadju untuk Capai Kulit Cerah & Glowing dalam Dua Langkah

Dua Step Glowing Ala Glad2Glow dan Syifa Hadju bantu kamu dapatkan dapatkan kulit sehat dan cerah dengan mudah dan budget friendly.
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.