Home Skin Peptide Dan Probiotic: 2 Actives Yang Mampu Lawan Penuaan

Peptide Dan Probiotic: 2 Actives Yang Mampu Lawan Penuaan

Peptide dan probiotic merupakan kandungan actives yang sudah menjadi tren sejak sejak beberapa tahun lalu di dunia skincare. Tetapi apakah kalian sudah tahu apa manfaatnya bagi kulit dan mengapa kita membutuhkannya sebagai investasi dalam perawatan kulit sejak dini? Yuk kita bahas lebih jauh!

Apa Itu Peptide Dan Probiotic?

Peptide atau peptida adalah rantai pendek asam amino yang bertindak sebagai penyusun protein seperti kolagen, elastin, dan keratin. Protein ini adalah fondasi dari kulit dan bertanggung jawab atas tekstur, kekuatan, dan ketahanannya. Tanpa peptide, kulit kita menjadi kurang utuh. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya kekencangan, munculnya kerutan, perubahan tekstur, dan berdampak pada kurangnya pantulan cahaya dari kulit sehat.

Probiotic atau probiotik, dikenal dengan bakteri baik yang bekerja untuk kulit dengan cara yang sama seperti pada sistem pencernaan. Probiotic membantu kulit untuk tetap dalam keadaan seimbang. Pada permukaan kulit, ini berarti kulit tidak terlalu kering atau terlalu berminyak dan kulit secara efektif dapat menghindari kondisi yang menyebabkan peradangan. Jadi jika kita menginginkan kulit yang sehat, ini berarti kita perlu menjaga keseimbangan flora kulit. Inilah alasan mengapa kandungan skincare yang di dalamnya terdapat bakteri baik menjadi sebuah kebutuhan.

If probiotics may be already on your radar, what about postbiotics?

Jika probiotic adalah bakteri baik a.k.a the good guy, maka postbiotic adalah produk sampingan atau apa yang ditinggalkan dari probiotic, yang keduanya penting untuk microbiome (ekosistem mikroorganisme) yang seimbang.

Postbiotic bekerja dengan cara yang mirip dengan probiotic dalam arti bahwa ini mendukung bakteri baik yang hidup di permukaan kulit. Sebagai sahabat microbiome, postbiotic melawan aktivitas mikrob (bakteri jahat), meningkatkan kekebalan kulit, serta meredakan peradangan, penyembuhan, dan menghaluskan tekstur kulit.

Bagaimana Peptide Dan Probiotic Bekerja Merawat Kulit?

Peptide ketika diaplikasikan ke kulit, bertindak sebagai pembawa pesan, memicu sel kulit untuk melakukan fungsi tertentu seperti membangun kolagen dan elastin, mendorong kulit untuk terlihat dan bertindak lebih muda.

Oleh karena itu peptide menjadi salah satu kandungan yang paling banyak dibicarakan dalam anti aging skincare, karena kemampuannya merevitalisasi kulit dan membuatnya lebih kenyal dan lebih kuat. Penelitian ilmiah yang ekstensif telah membuktikan bahwa peptide memiliki kemampuan mengencangkan, menenangkan, dan melembapkan kulit.

Probiotic bermanfaat bagi kulit dengan tiga cara utama. Pertama, mereka bertindak sebagai perisai pelindung dengan mencegah mikroorganisme jahat memicu reaksi kekebalan. Hal ini menciptakan kondisi yang lebih menenangkan bagi kulit. Kedua, mereka menghasilkan antibiotik alami yang disebut antimicroba peptide yang memerangi bakteri jahat. Dan terakhir, mereka meningkatkan fungsi kulit dalam menangani faktor-faktor eksternal yang merusak termasuk radikal bebas, matahari, dan polusi. Semua manfaat ini membantu mengurangi peradangan dan mencegah penuaan dini.

Tetapi baik peptide dan probiotic tidak memiliki kekuatan ajaib, karena faktanya adalah tidak ada kandungan actives yang mampu bekerja sendirian dalam mengatasi semua tanda penuaan kulit. Mereka memang merupakan investasi untuk perawatan kulit dan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kulit. Tetapi tetap hasilnya akan berbeda di tiap kondisi dan jenis kulit. So let’s stay realistic BeautyBabes and we’ve had the solution for you if you keep scrolling!

Di Mana Kita Bisa Menemukan Kandungan Peptide Dan Probiotic Dalam Satu Skincare Product?

Kalian tidak perlu jauh-jauh membayangkan jika ini adalah produk luar negeri yang harganya tidak terjangkau dan tidak mudah didapat. The Bath Box® yang merupakan salah satu brand lokal, baru saja meluncurkan produknya yaitu, Peptide Probiotic Anti-Aging Facial Serum.

Ini merupakan serum anti aging dengan kandungan Pentapeptide-18, Acetyl Hexapeptide-8, dan Lactococcus Ferment Lysate sebagai postbiotic yang membantu menyamarkan kerutan, mengencangkan kulit, dan skin renewal. Tidak hanya itu, serum ini juga diperkaya dengan kandungan Mini HA, Edelweiss Extract, dan Galactomyces Ferment Filtrate untuk menjaga kelembapan kulit.

Penasaran dengan apa saja fungsi dari berbagai kandungan ini? Let’s go deeper with all those ingredients.

  1. Pentapeptide-18 merupakan aktif untuk antikerutan dengan struktur seperti enkephalin yang bekerja dengan memodulasi pelepasan asetilkolin dari kultur sel neuron. Hal ini dapat merilekskan kontraksi otot di wajah sehingga mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan, terutama di bagian dahi dan daerah sekitar mata.
  2. Hexapeptide-3 atau acetyl hexapeptide-8, adalah enam asam amino peptida sintetis yang digunakan dalam produk perawatan kulit anti aging untuk mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan. Kandungan ini bekerja dengan membatasi kemampuan neurotransmiter untuk mengaktifkan gerakan di otot-otot wajah, misalnya, ketika membentuk ekspresi wajah seperti tersenyum atau mengerutkan kening. Dengan menghambat saraf yang menyebabkan otot-otot wajah berkontraksi, ekspresi wajah yang halus akan jadi terbatas dan kerutan-kerutan pun berkurang. Active ini juga terbukti meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat meningkatkan kekencangan kulit. Kombinasi pentapeptide-18 dan hexapeptide-3 atau acetyl hexapeptide-8 merupakan alternatif yang lebih aman dibanding melakukan injeksi botox untuk mengurangi kerutan.
  3. Lactococcus Ferment Lysate adalah bahan postbiotic yang meningkatkan dan mempercepat proses pembaruan epidermal. Active ini meningkatkan fungsi barrier kulit. Studi independen menunjukkan bahwa Lactococcus Ferment Lysate secara positif memengaruhi tingkat hidrasi kulit dan menstabilkan pH permukaan kulit. Efek positif dari Lactococcus Ferment Lysate pada kesehatan kulit terbukti dalam penelitian, yang mana aktivitasnya pada mikrobiota kulit adalah dengan melindungi mikrobiota kulit terhadap stres harian, memungkinkan mikrobiota kulit untuk untuk menjaga keseimbangan sehatnya lebih cepat dan lebih efektif.
  4. Edelweiss Extract memiliki kandungan zat aktif Leontopodic acid dan Chlorgenic acid yang membuatnya memiliki segudang manfaat yaitu dapat memperlambat proses penuaan kulit, memiliki aktivitas antioksidan, dan antiinflmasi. Edelweiss extract juga membantu melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, menstimulasi regenerasi kulit, mengurangi tanda penuaan, dan juga membuat kulit lembap, elastis, dan lebih segar.
  5. Mini HA merupakan Hyaluronic Acid dengan ukuran molekul yang sangat kecil. Hydrolyzed Sodium Hyaluronat memiliki efek signifikan melembapkan secara mendalam, memperbaiki
    sel-sel yang rusak karena sinar UV, mengikat radikal bebas, dan sebagai anti aging. Selain itu, Hydrolyzed Sodium Hyaluronat dapat menyerap pada lapisan dermis.
  6. Kandungan Galactomyces Ferment Filtrate juga memiliki segudang manfaat. Karena dari proses fermentasi ini akan terbentuk vitamin, asam amino, asam organik, dan antioksidan yang membantu meningkatkan skin barrier. Yang membuat kulit terhidrasi dan mencegah penguapan air serta mencegah kerusakan sel akibat pengaruh buruk lingkungan seperti sinar UV, serta dapat pula menghidrasi dan menutrisi kulit. Galactomyces juga dapat membantu mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi komedo, mengurangi produksi minyak berlebih, dan tentunya membantu mengurangi jerawat yang timbul pada kulit wajah.
  7. Niacinamide adalah vitamin B3 dengan banyak manfaat untuk kulit, di antaranya kemampuan untuk mengecilkan pori-pori yang besar, mencerahkan wajah, mengurangi garis halus, dan juga memperbaiki skin barrier, serta melindungi kulit dari pengaruh sinar UV dan stres lingkungan.

So you’ve got the good combination of anti-aging ingredients in one product. Just grab this Peptide Probiotic Anti-Aging Facial Serum while we’re doing giveaway only for 3 lucky BeautyBabes until November 21, 2020. For further details, just check out our instagram by clicking here!

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Arti Dari SPF Dan PA Pada Kemasan Sunscreen, Apa Yang Perlu Diketahui?

SPF dan PA, kenali lebih dekat agar bisa memilih sunscreen yang tepat untuk proteksi kulit terhadap efek buruk sinar ultraviolet.

Produsen Es Krim Sehat Aice Bantu Warga DKI Jakarta Hindari Covid-19

Bukan hanya memberikan keceriaan lewat es krim 🍦 yang berkandungan baik seperti Aice Susu Telur, tapi es krim sehat ini pun membagikan kebaikan dalam jutaan masker medis Shield 😷 loh!

UVA Dan UVB, Ketahui Semua Hal Tentang Ultraviolet Agar Kulit Terhindar Dari Efek Buruknya

UVA dan UVB, SPF dan PA, semua yang perlu diketahui dari sinar ultraviolet dan bagaimana memproteksi dari efek buruknya, ada di artikel ini!

NOTE Cosmetics: Rahasia Kecantikan Perempuan Turki Yang Perlu Dicatat

NOTE Cosmetics yang telah teruji secara dermatologist, bebas paraben, dan vegan friendly yang sudah pasti halal, kini hadir di Indonesia.

Shake Lip Pigment: Hadirkan 5 Warna Baru Yang Buat Bibirmu Cantik Dan Terlindungi

Sister brand The Bath Box®, 'Allglows' luncurkan 5 warna baru Shake Lip Pigment pada 11 November 2020. Grab it while it lasts BeautyBabes!

3 Tipe Hydroxy Acid – AHA, BHA, PHA: The Three Musketeers-nya Chemical Exfoliator

Hydroxy acid sebagai exfoliator bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat pergantian sel-sel baru. Yuk kupas lebih dalam!

Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

Moisturizer biasanya mengombinasikan 3 jenis bahan tertentu, yaitu humektan, emolien, dan/atau oklusif. Kenali tiap-tiap karakternya di artikel ini!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!