Home Editor's Picks Physical Sunscreen vs Chemical Sunscreen: Perlukah Mengetahui Perbedaannya?

Physical Sunscreen vs Chemical Sunscreen: Perlukah Mengetahui Perbedaannya?

Kebanyakan dari kita mengetahui bahwa penting untuk memakai tabir surya dengan broad spectrum (melindungi dari sinar UVA dan UVB) setiap hari. Tetapi tahukah kalau sunscreen tergolong menjadi dua yaitu physical dan chemical? Setiap kategori sunscreen ini memiliki pro dan kontra yang unik. Jadi tidak ada salahnya untuk mengetahui perbedaannya yang dapat menyelamatkan kulit dari sengatan matahari yang berisiko bagi kesehatan kulit.

Baca Juga: UVA & UVB, Semua Tentang Ultraviolet Dan Bagaimana Memproteksi Kulit Dari Efek Buruknya

Physical sunscreen bekerja dengan membelokkan sinar UV, sementara versi chemical akan menyerapnya. Perbedaan dari dua kategori tabir surya ini bisa diketahui dengan melihat konsistensi dan kemasannya. Chemical sunscreen biasanya kemasannya kurang tebal dan lebih transparan, sedangkan physical akan mencantumkan seng oksida dan/atau titanium dioksida dalam komposisi bahannya. Mau tau lebih detail? Keep scrolling BeautyBabes!!

Physical Sunscreen

Physical atau mineral sunscreen saat dioleskan ke kulit tetap berada di permukaan kulit dan menghalangi serta menyebarkan sinar UV yang merusak dari kulit. Ini dilakukan oleh kandungan filter mineral di dalamnya dan yang paling umum digunakan adalah titanium dioksida dan seng oksida untuk memblokir sinar UV. Terkadang filter UV fisik pada tabir surya, juga dapat digunakan bersamaan dengan filter kimia. Mereka secara sinergis menciptakan tabir surya dengan SPF yang sangat tinggi dan tidak menyebabkan iritasi dengan formulasi yang ringan dan breathable.

Pro

Sunscreen jenis ini biasanya terasa lebih tebal dan lebih putih daripada formula chemical sunscreen. Physical sunscreen mudah terlihat pada area kulit tempat physical sunsreen telah diaplikasikan dan kemudian ketika terhapus. Sehingga penggunanya lebih mudah memastikan area-area mana yang akan diproteksi dan karenanya tingkat perlindungannya pun lebih terjaga. Filter UV fisik populer karena tidak terlalu mengiritasi kulit sensitif dibandingkan filter kimia tertentu.

Kelebihan physical sunscreen:

• Menawarkan perlindungan dari sinar UVA dan UVB.

• Aman digunakan pada bayi dan selama kehamilan.

• Kulit terlindungi dari sinar matahari segera setelah dioleskan, tidak perlu menunggu sebelum beraktivitas di luar.

• Lebih kecil kemungkinannya untuk mengiritasi kulit sensitif dan lebih baik bagi yang rentan terhadap masalah kulit yang teraktivasi oleh panas seperti rosacea.

• Umur simpan lebih lama.

Kontra

Physical sunscreen seringkali lebih berat dan lebih tebal di kulit daripada jenis chemical dengan SPF yang sama. Oleh karena itu, physical sunscreen mungkin bukan pilihan terbaik untuk kulit berminyak atau berjerawat.

Bahan aktif mineral sendiri seringkali menawarkan lebih sedikit perlindungan dari radiasi UVA yang merusak, dibanding chemical sunscreen.

Kekurangan physical sunscreen:

• Dapat terkelupas, membuat kulit rentan berkeringat, dan terhapus dengan mudah, sehingga diperlukan aplikasi yang lebih sering.

• Terlihat putih di kulit, terutama pada kulit yang lebih gelap atau di foto.

• Bisa terasa berat di bawah riasan dan meningkatkan produksi keringat.

• Bisa lebih tebal, yang akan membutuhkan lebih banyak tenaga saat mengaplikasikan maupun saat membersihkan.

• Perlu diaplikasikan lebih banyak agar sepenuhnya efektif.

Rekomendasi Mineral Sunscreen

Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++

Sunscreen yang memiliki SPF 50 ini mengandung zinc oxide, salicylic acid, dan tranexamic acid. Ketiga kandungan tersebut mampu membantu mengurangi bintik hitam dan melasma secara bertahap, mencerahkan, melembapkan, dan mengencangkan kulit wajah.

UV Protection: Zinc Oxide
Acne-Fighting from: Salicylic Acid
Brightening: Tranexamic Acid

Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion

Kandungan zinc oxide, minyak bunga matahari, dan beeswax di dalamnya, mampu membantu menangkal sinar UV, mengurangi iritasi, menghidrasi, mengunci kelembapan, dan memiliki kandungan antibakteri.

UV Protection: Zinc Oxide
Emollient: Beeswax

innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care SPF50+/PA+++

http://www.innisfree.com/id/id/product/productView.do?prdSeq=30629&catCd01=UA

Mineral sunscreen dengan SPF50+/PA+++ ini mengandung ekstrak minyak bunga matahari dan teh hijau Jeju untuk melindungi kulit dari sinar UV. Dengan formula tahan air yang tahan lama, menjadikan krim tabir surya ini tahan terhadap keringat dan cocok untuk beraktivitas di luar ruangan. Teknologi Triple Care-nya tidak hanya memberikan perlindungan dari sinar UV, tetapi juga antikerut dan mencerahkan kulit wajah.

UV Protection: Zinc Oxide, Titanium Dioxide
Anti-Aging: Niacinamide, Adenosine, Tocopheryl Acetate (vitamin E)
Brightening: Niacinamide

Elizabeth Arden PREVAGE® City Smart SPF 50 Hydrating Shield

Memang pantas jika sunscreen ini disebut sebagai luxury sunscreen karena keunggulannya yang tidak hanya mampu menangkal sinar UV, tetapi juga sebagai anti pollutant dan anti aging.

1. Anti-Pollution Shields Technology: berbentuk barrier yang invisible untuk mencegah racun dan polusi berbahaya masuk ke dalam kulit. 100% Mineral Broad Spectrum SPF 50 Sunscreen yang terbuat dari Zinc Oxide dan Titanium Oxide dengan partikel mikro, tepat untuk menjadi perisai dari UVA dan UVB.

2. Anti-Pollution Complex: perpaduan canggih dari Idebenone, green tea, Thiotaine, Ferulic acid, dan L-Carsonine berfungsi merawat kulit dari kerusakan dan menetralkan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari maupun polusi.

3. DNA Enzyme Complex: meningkatkan kemampuan alami kulit dalam menyembuhkan diri sendiri dalam melawan stres, melindungi elastin dan kolagen pada kulit, membuat kulit jadi lebih kuat.

Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen, kadang juga disebut organic sunscreen, yang mengandung senyawa kimia yang menyerap sinar UV. Senyawa kimia ini termasuk formula seperti oxybenzone, octinoxate, octisalate, dan avobenzone. Tabir surya ini mengandung filter matahari aktif yang menembus kulit dan menyerap sinar UV untuk mencegah kerusakan dan mengubahnya menjadi panas yang kemudian dilepaskan dari kulit dan disebarkan.

Pro

Chemical sunscreen mampu memberikan perlindungan yang sangat efektif tanpa harus memiliki konsentrasi tinggi. Artinya, bahan ini dapat diformulasikan dengan nuansa ringan dan tidak lengket, sehingga ideal untuk pemakaian sehari-hari. Sunscreen jenis ini menyebar dengan mudah di kulit dan karena chemical filter tidak memiliki keberadaan fisik, tidak meninggalkan white cast.

Selain itu senyawa dalam kandungan chemical sunscreen lebih mudah untuk diformulasikan sedemikian rupa dengan banyak filter, yang dapat digunakan untuk memastikan perlindungan broad spectrum yang paling efektif dari sinar UVA dan UVB.

Hal ini penting terkait dengan risiko dari dampak yang diakibatkan oleh sinar UVB dan sinar UVA (mewakili 95% sinar UV di permukaan bumi) yang tidak dapat dirasakan. Mereka menembus lebih dalam ke dalam kulit dan memainkan peran penting dalam mempercepat penuaan dini. Sangat penting untuk melindungi kulit dari kedua jenis sinar ultraviolet ini. Karena kurangnya perlindungan terhadap kedua sinar UV ini dari waktu ke waktu, dapat menyebabkan kerusakan sel kulit, merusak DNA secara permanen, dan berpotensi menyebabkan perkembangan kanker kulit.

Kelebihan chemical sunsreen:

• Lebih tipis dan mudah dioleskan ke kulit seperti losion, sehingga ideal untuk pemakaian sehari-hari.

• Lebih sedikit produk yang dibutuhkan untuk melindungi kulit.

• Lebih mudah dikombinasikan dengan kandungan lain seperti peptida dan enzim, sehingga tabir surya dengan kandungan chemical sunscreen terkadang memiliki manfaat skincare dalam satu produk.

Kontra

Beberapa filter UV kimia telah diketahui menyebabkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit sensitif. Kekhawatiran juga muncul selama bertahun-tahun tentang potensi kerusakan radikal bebas dari penggunaan jangka panjang. Namun, sebagian besar formula modern mengandung antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit saat ini dan di masa depan.

Kekurangan chemical sunsreen:

• Kemungkinan menimbulkan peningkatan risiko iritasi dan rasa perih pada bagian tubuh yang bersentuhan dengannya, termasuk kulit dan mata.

• Banyaknya bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan perlindungan UVA dan UVB serta SPF yang lebih tinggi, dapat menciptakan peluang tambahan untuk iritasi dan ketidaknyamanan.

• Efektif kira-kira 20 menit setelah diaplikasikan.

• Terkait dengan peningkatan kemungkinan kemerahan pada jenis kulit yang rentan terhadap rosacea karena kandungannya yang mengubah sinar UV menjadi panas yang dapat memperparah kemerahan.

• Dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko munculnya jerawat pada kulit yang berjerawat.

Rekomendasi Chemical Sunscreen

Joylab Aqua Sun-Day SPF 50 PA++

Sunscreen ini merupakan kombinasi antara chemical dan physical sunscreen. Tidak hanya memberikan proteksi tinggi dari sinar UVA/UVB, kandungan pada sunscreen dengan SPF50 PA++ ini berupa lidah buaya dan buah delima yang berfungsi sebagai antioksidan yang melembapkan. Sunscreen ini memiliki tekstur ringan, mudah diratakan, dan cepat terserap.

Antioxidant: Tocopheryl Acetate, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil
Skin-identical ingredient: Glycerin, Sodium Hyaluronate
Soothing: Panthenol, Aloe Barbadensis Leaf Juice
Sunscreen: Ethylhexyl Methoxycinnamate, Homosalate, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol (Nano), Titanium Dioxide

For Skin’s Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Selain memperoleh perlindungan maksimal, kulit mendapat perawatan skincare, karena formula sunscreen ini diperkaya dengan bahan aktif centella asiatica. Produk ini tidak menggunakan paraben, silikon, alkohol, juga pewarna dan pewangi buatan. Kandungannya sangat aman sehingga cocok digunakan untuk melindungi berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Anti-Aging from: Niacinamide, Adenosine, Tocopherol (vitamin E)
Brightening: Niacinamide
Promotes Wound Healing: Panthenol, Centella Asiatica Extract
UV Protection: Ethylhexyl Triazone, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Sunscreen ini dapat melindungi wajah dan tubuh dari efek buruk sinar UVA dan UVB. Dilengkapi kandungan Aqua Micro Capsule yang memberikan sensasi sejuk di kulit, mengunci UV, dan bertekstur ringan seperti air, sehingga mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama. Terdapat juga kandungan hyaluronic acid dan citrus essence untuk menjaga kulit tetap lembap dan segar tanpa rasa lengket karena mudah menyerap ke dalam kulit.

UV Protection from 4 Ingredient(s): Ethylhexyl Triazone, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine
Promotes Wound Healing: Sodium Hyaluronate

Simak review-nya di video di bawah!

BIODERMA Photoderm SPOT-AGE SPF 50+

https://www.bioderma.co.id/en/our-products/photoderm/spot-age-spf-50#

Sunscreen ini tidak hanya menawarkan proteksi tinggi terhadap sinar UVA/UVB, tetapi juga mencegah dan membantu mengurangi tanda-tanda photo-ageing (bintik hitam, kerutan, dan kulit yang mulai turun). Selain itu, ini juga melembapkan kulit lebih lama dan memberikan tampilan kulit yang bercahaya. Ini merupakan kombinasi lengkap dari sunscreen dan skincare.

Brightening: Ascorbyl Glucoside
Anti-Aging: Tocopherol (vitamin E) Citric Acid
UV Protection: Butyl Methoxydibenzoylmethane, Octocrylene, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine


Tetapi terlepas dari jenis tabir surya dipilih untuk digunakan, faktor terpenting adalah gunakan secara teratur dan gunakan produk yang memiliki kandungan minimal SPF 30.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Makeup 💄 Dan Skincare 💆 Kesayangannya ❤️ Sandra Dewi Dan Prilly Latuconsina, Kini Hadir Di Sociolla!

Kini semakin mudah untuk jadi cantik kayak Kak Sandra dan Prilly ✨✨! Cieee!

3 Fakta Tentang Manfaat Air Untuk Kecantikan

Begini rasanya minum air 💦 gaya kekinian!

Niacinamide, Si Teman Baik Kulitmu Dan Perawatan Kulitmu

Let's get to know niacinamide, your skin bestie!

Bakuchiol, Alternatif Natural Dari Retinol Untuk Kulit Sensitif

Formula produk perawatan kulit mulai memasukkan alternatif retinol yang tidak terlalu mengiritasi dan alami. Klik untuk mengetahui alasannya.

Keripik Jamur 🍄 Sehat Dan Hand Sanitizer 🧴, Hadiah 🎁 Indah Lemonilo Untuk Anak Indonesia!

Sesederhana sadar akan memilih camilan yang aman bagi anak dan bebas bahan berpotensi bahaya bagi tubuh seperti keripik jamur 🍄 sehat ternyata bisa membantu menciptakan generasi hebat di masa mendatang loh!

Nonton 📺 Ini Biar Enggak Bingung Lagi Nyari Samponya Joe Taslim 🌟!

Heden Solder? Het en Soliter? Heten Solder? Heden Soljier? Head & Solder? Hot & Sadel? Hate & Solider? Hed & Soljer? Het en Solider? Hed and Soldress?

FAQ™, Brand Beauty Gadget Anti-Aging Terkuat Di Dunia

Beauty gadget 🤖 + anti-aging 💆 = FAQ™

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!