Home Editor's Picks Bakuchiol, Alternatif Natural Dari Retinol Untuk Kulit Sensitif

Bakuchiol, Alternatif Natural Dari Retinol Untuk Kulit Sensitif

Kabar baik bagi kamu pemilik kulit sensitif, karena formula perawatan kulit mulai memasukkan alternatif retinol yang tidak terlalu mengiritasi dan alami. Ini dikenal sebagai bakuchiol, bahan vegan yang lembut bisa membawa perubahan besar pada industri kecantikan. Inilah alasannya.

Retinol memiliki reputasi sebagai bahan favorit sepanjang masa dalam produk perawatan kulit. Bahkan berbagai macam turunan vitamin A dapat ditemukan dalam hampir setiap variasi produk skincare, termasuk pelembap, krim mata, dan bahkan toner yang menghidrasi.

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

 

 

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)

Retinol topikal bisa jadi merupakan zat aktif terbaik untuk membantu merangsang kolagen, memperkuat fondasi kulit, dan meminimalkan munculnya garis dan kerutan. Bahkan ini juga bagus untuk membersihkan jerawat.

Baca Juga: Apa Itu Vitamin A? Manfaat Penggunaan Retinol Dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Tapi karena sifat turunan vitamin A yang mengiritasi, penggunaannya mungkin membatasi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Sampai saat ini, satu-satunya alternatif untuk kulit merah, kering, teriritasi yang kadang-kadang disebabkan oleh retinol adalah dengan mengaplikasikan kandungan pelembap secara berlebih. Tetapi alternatif nabati baru yang trendi akan mengubah hal ini.

Apa Itu Bakuchiol?

Bakuchiol adalah bahan perawatan kulit vegan yang ditemukan di daun dan biji Psoralea corylifolia plant, alias tanaman “babchi”. Ini merupakan ekstrak tumbuhan yang menawarkan manfaat kulit yang sama dengan retinol, tetapi dengan potensi efek samping yang jauh lebih kecil.

Tanaman ini memiliki riwayat perawatan kulit yang panjang dan mengesankan, dimulai dengan penggunaannya dalam pengobatan Ayurveda tradisional. Bahan ini juga mengakar pada pengobatan Tiongkok dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa aplikasi secara topikal memiliki manfaat unik untuk semua jenis kulit yang menyebabkan ilmu pengetahuan modern juga tertarik. Tanaman ini telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, serta sifat antibakteri.

Bahan ini berfungsi mirip dengan retinol, meningkatkan pergantian sel sehingga merangsang produksi kolagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, kelemahan kulit, dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ini adalah antioksidan kuat yang secara nyata mengurangi perubahan warna kulit akibat paparan lingkungan dan memiliki efek menenangkan pada kulit.

Bagaimana Cara Kerja Bakuchiol?

Bakuchio As The Natural Retinol

Bakuchiol memiliki khasiat menenangkan yang membantu menenangkan kulit dan meminimalkan masalah yang terkait dengan sensitivitas dan reaktivitas. Ini juga merupakan antioksidan kuat dan membantu melawan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan hilangnya kekencangan dengan menargetkan radikal bebas. Antioksidan juga membantu melindungi kulit dari polusi dan pemicu stres lingkungan yang dapat menyebabkan kerusakan.

Kita mungkin pernah melihat produk perawatan kulit jerawat dengan kandungan ini. Sifatnya yang menyejukkan dan menenangkan dapat membantu mereka yang memiliki kulit berjerawat, selain juga untuk kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Ini yang menyebabkan kandungan ini berfungsi sebaik retinol dalam hal mengatasi tanda-tanda penuaan, serta dapat juga mengurangi iritasi. Hal ini juga menjadikan ini sebagai alternatif alami dan tidak menyebabkan iritasi selain retinol yang sama kuatnya. Sebagai bonus, actives ini juga merupakan alternatif vegan untuk retinol, yang beberapa formulanya berasal dari produk hewani.

Siapa Yang Dapat Menggunakan Bakuchiol?

Skin types

Baham aktif ini dapat ditoleransi dengan baik oleh semua jenis kulit, baik tipe kulit kering, normal, hingga berminyak. Ini aman diaplikasikan pada berbagai kondisi kulit, bahkan aman untuk kulit sensitif sekalipun. Tidak seperti retinoid, kandungan ini dapat digunakan selama kehamilan dan menyusui. Jadi buat kamu yang masih ragu untuk mengaplikasikan retinol karena risiko iritasi yang mungkin timbul tetapi ingin menfapatkan benefitnya, kamu bisa mencoba produk skincare dengan kandungan bakuchiol Beauty Babes.

Kapan Menggunakan Bakuchiol?

Aging Skin

Seperti yang kita tahu proses penuaan sudah dimulai pada umur 20 tahun, karena mulai berkurangnya proses regenerasi sel dan produksi kolagen. Hal ini diperparah dengan polusi lingkungan dan paparan sinar matahari. Jadi penggunaan bakuchiol pada usia ini dapat mengurangi proses penuaan dan mengembalikan kinerja kulit pada performa terbaiknya.

Apa Yang Bakuchiol Lakukan?

Penelitian telah menunjukkan bahwa ini memiliki berbagai manfaat antipenuaan untuk kulit. Dapat mengurangi munculnya garis halus dan kerutan, membantu mengembalikan kekencangan, menghaluskan tekstur kulit dan meratakan warna kulit. Ini membantu menenangkan kulit sehingga menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang kulitnya menunjukkan tanda-tanda sensitif.

Bagaimana Cara Menggunakan Bakuchiol?

Skincare Applying

Produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak ini harus dioleskan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan. Aplikasikan produk dalam urutan dari yang teksturnya paling ringan hingga yang paling tebal. Jadi jika produk yang dimiliki adalah berupa serum yang ringan, sebaiknya dioleskan sebelum pelembap. Jika menggunakan kandungan ini di pagi hari, ikuti dengan SPF broad spectrum 30 atau lebih.

Menggunakan Serum Bakuchiol Atau Bakuchiol Oil?

Bakuchiol Serum

Semakin banyak produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif ini membuat kita bingung untuk memilih tekstur dan konsentrasi seperti apa yang dibutuhkan. Tetapi yang perlu dicatat adalah tekstur produk tidak memengaruhi khasiat dari active ini. Yang penting adalah konsentrasinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah antara 0,5-2% ideal untuk mendapatkan manfaat yang terlihat.

Pilih serum dengan kandungan ini atau perawatan seperti losion jika yang diinginkan adalah formula ringan yang mudah di-layer dengan produk lainnya dalam rutinitas perawatan kulit. Sedangkan bakuchiol oil bagus untuk kulit kering dan dehidrasi. Jika menggunakan formula berbahan dasar minyak yang lebih rich, umumnya harus diterapkan pada malam hari, sebagai langkah terakhir dalam rutinitas kamu.

Bagaimana Cara Menambahkan Bakuchiol Dalam Rutinitas Perawatan Kulit?

Memasukkan bahan aktif ini ke dalam rutinitas perawatan kulit dapat dilakukan seperti halnya mengaplikasikan retinoid topikal. Karena kandungan ini membantu memperbaiki kulit dan menstimulasi kolagen, maka dapat digunakan di malam hari sebelum tidur dalam bentuk serum atau krim malam.

Aplikasikan sekali atau dua kali sehari setelah pembersihan dan eksfoliasi AHA atau BHA tanpa bilas. Jika produknya adalah serum bakuchiol, aplikasikan sebelum pelembap. Jika dalam bentuk pelembap, maka aplikasikan setelah serum. Seperti disebutkan di atas, bakuchiol oil paling baik dioleskan pada malam hari atau campurkan satu atau dua tetes ke dalam salah satu produk perawatan kulit non-SPF favorit setiap pagi.

Apakah Bakuchiol Merupakan Alternatif Alami Untuk Retinol?

Natural Skincare Actives

Retinol mungkin merupakan bahan antipenuaan untuk pergantian sel, produksi kolagen, dan perbaikan perubahan warna. Tetapi bakuchiol telah menunjukkan efektivitas yang serupa antipenuaan yang diberikan retinol dan menunjukkan berkurangnya peningkatan tanda-tanda photoaging termasuk berkurangnya garis-garis halus, pigmentasi yang tidak merata, dan ketidakteraturan tekstur. Namun, yang membedakan adalah active ini memiliki sifat antiproliferative, antiinflamasi, antioksidan, antijerawat yang potent, sehingga membuatnya berkah bahkan bagi kulit yang paling sensitif.

Hal ini menjadikan bahan aktif ini sering dikatakan sebagai alternatif alami untuk retinol. Tetapi walaupun ini memperbaiki kulit dengan tahapan yang sama, namun ini tidak bekerja persis seperti retinol. Retinol dan bakuchiol dapat mengurangi garis-garis halus, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya, dan tidak masalah untuk menggunakan produk yang mengandung keduanya.

Dapatkah Bakuchiol Digunakan Secara Bersamaan Dengan Retinol?

Menggabungkan retinol dan bakuchiol memberikan manfaat unik dari masing-masing actives. Jika dipasangkan dengan retinol, ini memiliki efek menstabilkan secara alami pada vitamin A dan membuatnya efektif lebih lama. Manfaat lain menggunakan produk yang mengandung bakuchiol dan retinol adalah kemampuan menenangkan dari bakuchiol yang dapat meningkatkan toleransi kulit terhadap berbagai kekuatan retinol dan efek buruknya.

Pada siang hari, akhiri dengan tabir surya broad spectrum dengan SPF 30 atau lebih. Kandungan ini stabil di bawah sinar matahari dan diketahui tidak membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Tetapi seperti bahan antipenuaan lainnya, perlindungan UV harian sangat penting untuk mendapatkan (dan menjaga) hasil terbaik.

Menggunakan Bakuchiol Selama Kehamilan

Beberapa sumber menunjukkan bahwa menggunakan produk dengan kandungan ini selama kehamilan tidak berisiko dan menyatakan ini adalah alternatif yang bagus untuk retinol, yang tidak disarankan untuk digunakan saat hamil atau menyusui.

Yang perlu dicatat adalah perbedaan struktur kimia antara bakuchiol dan vitamin A cukup besar sehingga masuk akal untuk tidak mengharapkan adanya potensi iritasi. Tetapi baiknya adalah jika sedang hamil atau menyusui, tetap konsultasikan terlebih dahulu ke penyedia layanan kesehatan sebelum menggunakan produk dengan kandungan ini.

Apakah Ada Efek Samping Negatif Yang Terkait Dengan Penggunaan Bakuchiol?

Nontoxic Products

Seperti semua bahan perawatan kulit, bahan aktif ini bukannya 100 persen tanpa cacat. Bagaimanapun, kulit setiap orang itu unik dan tidak mungkin untuk menjamin bahwa formula ini tanpa iritasi.

Ada beberapa studi kasus yang menunjukkan ini memicu reaksi alergi pada kulit seseorang. Namun, hal ini tidak terlalu mengejutkan karena ini berasal dari tumbuhan dan tumbuhan tertentu dapat menjadi alergen bagi sebagian orang. Menariknya, pengujian lebih lanjut menggunakan jumlah kandungan ini dengan konsentrasi yang sama pada sebagian besar orang lain tidak menghasilkan tanda-tanda iritasi.

Secara keseluruhan, beberapa penelitian ekstensif menunjukkan bahwa kandungan ini sebagian besar dapat ditoleransi dengan baik, tidak seperti retinol yang mungkin memerlukan periode penyesuaian. Sebagai bahan bio-aktif, kita mungkin melihat tanda-tanda sensitivitas ringan dari kandungan ini, berupa rasa ketidaknyamanan sementara.

Seperti bahan actives lainnya, kita perlu memperhatikan bagaimana kulit merespons, bereksperimen dengan frekuensi penggunaan, dan pastikan rutinitas perawatan kulit tidak mengandung bahan yang mengiritasi seperti wewangian, mint, jeruk, essential oil, atau alkohol dalam jumlah tinggi. Hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan iritasi.

Adakah Bahan Yang Tidak Boleh Digunakan Bersamaan Dengan Bakuchiol?

Bakuchiol Flower

Ketika berbicara tentang bahan aktif ini, interaksi negatifnya dengan actives lain sedikit dan jarang terjadi. Kemampuan antioksidannya bekerja dengan baik dengan antioksidan lain yang kurang stabil seperti vitamin C dan E, bahkan dengan retinoid sekalipun. Kandungan aktif ini juga meningkatkan peranan dari azelaic acid, niacinamide, dan asam askorbat dalam menyamarkan noda dan meratakan warna kulit. Sebaiknya tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan di saat memasukkan kandungan ini ke dalam rutinitas perawatan kulit.

Produk Skincare Dengan Kandungan Bakuchiol

Skincare Regimen

Well, seperti biasa BeautyBeat tidak akan membiarkan kamu bingung untuk memilih produk dengan kandungan bakuchiol yang bisa kamu pilih untuk ditambahkan ke skincare routine kamu BeautyBabes!! Tidak hanya international products yang akan kami berikan rekomendasinya, tetapi juga local products. Hidup #localpride! Here they are the 10 product recommendations!!

Biossance Squalane + Phyto-Retinol Serum

Serum akan selalu memberikan hasil yang lebih baik dalam hal menuai efek bahan aktif, mengingat konsentrasi bahan aktifnya jauh lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam krim atau losion. Jadi, untuk benar-benar mendapatkan semua yang bahan aktif ini tawarkan, carilah dalam serum seperti ini. Biossance Squalane + Phyto-Retinol Serum memiliki tekstur ringan dan formula yang memadukan bakuchiol dengan Hyaluronic Acid yang menghidrasi dan niacinamide yang mencerahkan. Ketiga bahan aktif ini bekerja sama untuk membuat kulit terlihat lebih sehat dan lebih muda.

Ole Henriksen Goodnight Glow™ Retin-ALT Sleeping Creme

Tidak seperti retinol, bakuchiol tidak hanya dapat digunakan di malam hari. Walaupun begitu, sebaiknya gunakan bahan aktif di saat tidur; saat kulit secara alami masuk ke mode perbaikan, sehingga efeknya dapat dirasakan secara optimal. Bersama dengan bakuchiol, dalam formula krim ini terdapat juga AHA — glycolic dan lactic acid — untuk efek pengelupasan ringan yang semakin meningkatkan cahaya kulit sehat, yang ditambah banyak kandungan yang melembapkan agar kamu dapat bangun dengan kulit yang lembut dan kenyal.

The INKEY List™ Bakuchiol Retinol Alternative Moisturizer

Lapisi The INKEY List Bakuchiol Retinol Alternative Moisturizer di atas serum dan toner favorit tidak hanya untuk meningkatkan hidrasi tetapi juga untuk menghaluskan dan mencerahkan. Konsistensinya yang ringan membuatnya sangat cocok untuk jenis kulit berminyak atau kita yang tinggal di iklim tropis. Tidak seperti retinol yang keras dan hanya boleh digunakan pada malam hari, bakuchiol bisa digunakan pada pagi dan sore hari. Jadi aplikasikan ini kapan pun kamu mau.

Paula’s Choice Clinical 0.3% Retinol + 2% Bakuchiol Treatment

Tidak seperti kebanyakan produk, Paula’s Choice Clinical 0.3% Retinol + 2% Bakuchiol Treatment mengungkapkan seberapa banyak bakuchiol yang diformulasikan pada label kemasannya. Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, krim bakuchiol 0,5 persen dua kali sehari sama efektifnya dengan 0,5 persen retinol pada malam hari selama 12 minggu dalam mengurangi pigmentasi pada kulit dan kerutan.

Herbivore Botanicals Bakuchiol Serum 

Herbivore Botanicals Bakuchiol Serum merupakan serum yang populer dan selalu habis terjual. Teksturnya yang berbasis air dan seperti Jell-O langsung meleleh ke dalam kulit untuk memberikan kilau glass skin effect dari waktu ke waktu. Serumnya memiliki warna ungu cerah, yang secara alami didapatkan dari kandungan terong yang mampu memperbaiki kulit dan ekstrak holy basil.

Bhumi Bakuchiol Night Oil

Bhumi Bakuchiol Night Oil adalah face oil dengan hero ingredients bakuchiol dari 5% Babchi Oil yang diformulasikan dengan 1% PHA. Bakuchiol merupakan kandungan derivatif dari Babchi Plant, yang memiliki efek anti-aging benefit yang sama dengan Retinoid, namun aman digunakan untuk Bumil dan Busui. Dengan kandungan exfoliating ingredients 1% PHA di dalamnya, membuat oil ini cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Bloomka Bakuchiol + Grapeseed Facial Oil

Dengan kekuatan bakuchiol, facial oil ini jika diaplikasikan setelah esens, toner, dan serum akan merangsang produksi kolagen dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan, menangkal radikal bebas, melindungi dari paparan sinar matahari, meratakan warna kulit, melembutkan kulit, dan mengobati jerawat. Dipadukan dengan grape seed oil sebagai emolien yang akan mencegah kulit untuk kehilangan air.

Sesuka Rejuvenate, Bakuchiol Oil Serum

Ini adalah oil based serum dengan kandungan jojoba, hempseed oil, Tamanu, dan sea buckthorn oil yang diperkaya dengan bakuchiol yang aman untuk semua jenis kulit, vitamin E, oat extract, dan rosehip extract. Semua bahan ini bekerja sama untuk menambah kelembapan kulit, memperbaiki teksur kulit, menargetkan kerutan halus, dan mengurangi penampakan pori-pori.

Somethinc BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum

Serum ini diperkaya dengan kandungan bakuchiol sebagai alternatif retinol dari bahan natural dan vegan yang merupakan antioksidan dan antiinflamasi. Hal ini membuat Somethinc BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum mampu meredakan jerawat, menstimulasi produksi kolagen, dan memperbaiki tekstur kulit dengan efek samping yang lebih rendah dibandingkan retinol. Setelah 12 minggu, elastisitas kulit dan kekencangan kulit akan meningkat, serta tanda penuaan, kerutan, hingga hiperpigmentasi dapat berkurang.

True to Skin Bakuchiol Anti-aging Serum (Natural Retinol – Water Based Serum)

Ini merupakan water based serum yang diformulasikan mudah menyerap pada kulit. Kandungan 1% bakuchiol berperan untuk mengatasi anti-aging dan meningkatkan produksi kolagen. Dipadukan dengan 2% Lactobionic Acid sebagai mild exfoliator yang mencegah kulit kusam dan mencerahkan serta Probiotics dan 7 Seed Beans Complex untuk memperkuat skin barrier dan mencegah timbulnya jerawat.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Kenali Kandungan Acid Dan Manfaatnya Dalam Perawatan Kulitmu

Ketahui perbedaan kandungan acid dalam perawatan kulit, sebagai solusi masalah kulitmu.

Makeup 💄 Dan Skincare 💆 Kesayangannya ❤️ Sandra Dewi Dan Prilly Latuconsina, Kini Hadir Di Sociolla!

Kini semakin mudah untuk jadi cantik kayak Kak Sandra dan Prilly ✨✨! Cieee!

3 Fakta Tentang Manfaat Air Untuk Kecantikan

Begini rasanya minum air 💦 gaya kekinian!

Niacinamide, Si Teman Baik Kulitmu Dan Perawatan Kulitmu

Let's get to know niacinamide, your skin bestie!

Bakuchiol, Alternatif Natural Dari Retinol Untuk Kulit Sensitif

Formula produk perawatan kulit mulai memasukkan alternatif retinol yang tidak terlalu mengiritasi dan alami. Klik untuk mengetahui alasannya.

Keripik Jamur 🍄 Sehat Dan Hand Sanitizer 🧴, Hadiah 🎁 Indah Lemonilo Untuk Anak Indonesia!

Sesederhana sadar akan memilih camilan yang aman bagi anak dan bebas bahan berpotensi bahaya bagi tubuh seperti keripik jamur 🍄 sehat ternyata bisa membantu menciptakan generasi hebat di masa mendatang loh!

Nonton 📺 Ini Biar Enggak Bingung Lagi Nyari Samponya Joe Taslim 🌟!

Heden Solder? Het en Soliter? Heten Solder? Heden Soljier? Head & Solder? Hot & Sadel? Hate & Solider? Hed & Soljer? Het en Solider? Hed and Soldress?

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!