HomeHairBrand Lokal Woshday Hadir Perdana: Inovasi ‘Skincare-Infused Haircare’ untuk Rambut Tropis

Brand Lokal Woshday Hadir Perdana: Inovasi ‘Skincare-Infused Haircare’ untuk Rambut Tropis

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, tantangan merawat rambut tidak hanya datang dari produk yang digunakan, tetapi juga dari kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari. Cuaca panas dan lembap membuat kulit kepala lebih cepat berminyak, sementara polusi dan debu memperburuk kondisi rambut yang mudah lepek—menjadikan keduanya sebagai keluhan umum di iklim tropis. Berdasarkan survei JakPat terhadap 3.041 responden di Indonesia, sebanyak 26,1% di antaranya mengalami masalah tersebut, yang semakin diperparah oleh paparan panas matahari dan polusi harian. Data JakPat juga menunjukkan bahwa Oily Scalp dan Oily Hair menempati dua besar permasalahan rambut utama yang dialami konsumen Indonesia, dengan sekitar 40% mengalami kulit kepala berminyak dan 30% menghadapi rambut berminyak. Hal ini juga terlihat dari peningkatan pencarian di Sociolla untuk produk dengan klaim seperti ‘anti-lepek,’ ‘lightweight shampoo,’ ‘for oily scalp,’ hingga ‘scalp-soothing treatment’. Whosday hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Expert Review, Fitur Terbaru di SOCO Agar Belanja Kecantikan Jadi Lebih PeDe

Celebrity Hairstylist sekaligus Certified Trichologist, Rey Nathanael menghadirkan rangkaian produk perawatan kulit kepala dan rambut yang dirancang untuk masyarakat Indonesia yang beriklim tropis dengan konsep “Skincare-Infused Scalp & Hair Expert”. Produk ini dapat membantu membuat rambut menjadi lebih bervolume, lembut, dan bebas lepek lebih lama. “Selama lebih dari tujuh tahun berkarya di dunia rambut, banyak klien datang kepada saya mengeluhkan rambut lepek, sering merasa shampo yang mereka gunakan justru membuat rambut kering, iritasi, atau tidak sesuai klaim “anti lepek”-nya. Dari situ, saya terinspirasi menciptakan Woshday, karena jarang produk hair care lokal yang sesuai untuk iklim tropis. Saya percaya perawatan rambut harus dimulai dari kesehatan kulit kepala, sehingga dengan konsep ini, Woshday dapat memadukan kualitas dan inovasi ilmiah untuk memberikan solusi perawatan rambut tropis yang efektif, menjaga rambut tetap bervolume dan bebas lepek lebih lama,” ujar Rey.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Woshday merumuskan rangkaian produk yang mampu membersihkan secara menyeluruh tanpa mengurangi kelembapan alami, menjaga batang rambut tetap lembut, serta memberikan volume alami pada rambut. Dengan formula lembut yang bekerja layaknya skincare, Woshday membantu menjaga keseimbangan minyak, melembutkan, sekaligus memberikan tampilan rambut lebih awet, segar, dan bervolume lebih lama. 

“Formula Woshday tentunya telah mengalami trial dan error, dimulai dari tiga tahun lalu, saya bekerja sama dengan para ahli di bidangnya, melakukan riset mendalam, dan mengumpulkan feedback riil dari Woshfam, anggota komunitas kami, untuk memastikan hasilnya benar-benar terbukti. Dari berbagai uji coba dan riset tersebut, lahirlah konsep “The Skincare-Infused Scalp & Hair Expert”, yaitu perawatan rambut yang memadukan science dan skincare-quality ingredients,” tambah Rey.

Melalui uji coba terhadap lebih dari 250 anggota komunitas Woshfam, sebanyak 92% responden menyatakan bahwa Shampoo Woshday membantu mencegah rambut mudah lepek meskipun di cuaca panas dan lembap, sementara 92% lainnya menilai Conditioner Woshday menjaga rambut tetap bervolume dan ringan. Temuan ini kemudian disempurnakan melalui proses riset dan uji performa selama tiga tahun, menghasilkan produk clean-formulated, tanpa tambahan silikon namun tetap memberikan hasil yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan rambut di iklim tropis Indonesia. 

Saat ini, Woshday menyediakan rangkaian produk perawatan kulit kepala dan rambut yang terdiri dari:

  1. Scalp Purifying Shampoo: Dengan kandungan unggulan Suga®Nate dan Apple Cider Vinegar, shampo ini mampu membersihkan secara menyeluruh tanpa membuat rambut kering, mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan product build-up agar kulit kepala dapat ‘bernapas’ dengan segar dan sehat. Rambut terasa ringan dan bebas lepek sepanjang hari. 
  2. Hair Volumizing Conditioner: Kombinasi kandungan Aminosensyl™ HC, Green Tea, dan Panthenol melembutkan dan mengurai rambut kusut tanpa meninggalkan residu. Menggunakan lightweight conditioning agent yang bebas silikon, sehingga rambut dapat ‘bernapas’, menyerap nutrisi dengan optimal, serta tetap lembut, berkilau, dan mengembang alami. 

Kehadiran Woshday menambah warna baru dalam kancah brand lokal yang fokus pada perawatan rambut, sekaligus memperkuat kategori haircare di Sociolla yang menunjukkan peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data SOCO Insight Factory, kategori hair & scalp care mengalami pertumbuhan lebih dari dua kali lipat dalam kurun dua tahun terakhir (2023–2025). Tren ini didorong oleh meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya merawat rambut dan kulit kepala sebagai bagian dari rutinitas self-care, mencakup berbagai kebutuhan seperti perawatan kulit kepala, anti-lepek, hingga perawatan rambut kering dan rusak.

Chrisanti Indiana, Co-founder & CMO Social Bella menyampaikan, “Selain faktor karakteristik iklim tropis Indonesia yang lembap dan panas serta gaya hidup masyarakat yang dinamis, kini konsumen juga semakin cermat terhadap kandungan produk. Dengan tingginya minat terhadap bahan seperti ceramide, peptide, centella, dan botanical extracts yang membantu menjaga keseimbangan kulit kepala ini menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen mencari produk yang ringan, bersih, dan efektif menjaga rambut tetap segar di iklim tropis. Produk dengan konsep skincare for hair, seperti Woshday, kini menjadi pilihan konsumen. Kami senang sekali dapat menjadi mitra eksklusif Woshday untuk menghadirkan inovasi perawatan rambut tropis, karena sejalan dengan komitmen kami dalam mendukung brand lokal berpotensi tinggi dan memperluas akses  nasional maupun global melalui ekosistem omnichannel yang terintegrasi.”

“Saya ingin setiap orang yang mencoba Woshday dapat merasakan rambut dan kulit kepala yang lembut, sehat, bervolume, dan bebas lepek—better hair, brighter days! Diformulasikan secara profesional dan berbasis sains dengan clean formulation yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, kami berharap kolaborasi dengan Sociolla dapat membantu Woshday menjangkau lebih banyak beauty enthusiast sekaligus mengedukasi pentingnya merawat kulit kepala dan rambut dengan cara yang tepat, sebagaimana kita merawat kulit wajah,” tutup Rey. 

Rangkaian produk Woshday hadir perdana dan sudah bisa kamu dapatkan secara eksklusif di platform online Sociolla.com pada 11 November 2025 dan tersedia di seluruh toko omnichannel Sociolla mulai 13 November 2025, dengan harga Rp249.000 per botol (340ml) untuk Scalp Purifying Shampoo maupun Hair Volumizing Conditioner loh BeautyBabes.

Anindita Prameswari
Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive. Follow me on Instagram @prameswanindita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_img

Beauty A to Z