Home Editor's Picks Foam Dry Shampoo vs Aerosol Dry Shampoo, Mana Yang Harus Dipilih??

Foam Dry Shampoo vs Aerosol Dry Shampoo, Mana Yang Harus Dipilih??

Dry shampoo dalam perawatan rambut telah menjadi bagian dari kebutuhan perawatan rambut terutama masyarakat urban saat ini. Ini bahkan sudah menjadi life saver atau game changer yang nyata terlihat dalam hal kebersihan rambut. Terlalu sering keramas dapat menyebabkan rambut kering dan rusak, warna rambut cepat pudar, dan bahkan rambut kasar dan kusam yang rentan patah dan rontok. Tidak hanya itu, keramas juga menyita waktu di dunia yang sibuk saat ini. Dry shampoo, baik dengan formula aerosol maupun foam dry shampoo bisa jadi penyelamat sementara, di kala keramas belum bisa dilakukan.

Baca Juga: Tertarik Mencoba Dry Shampoo? Ketahui Beberapa Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu!

Dry shampoo terbaik dapat membantu kita menikmati waktu lebih lama tanpa keramas tetapi tetap terlihat memiliki rambut bersih, segar, dan harum. Jadi, apa yang ditawarkan aerosol dan foam dry shampoo kepada para penggemar dry shampoo? Manakah formula yang harus kita pilih untuk diaplikasikan pada rambut kita di saat kita terlalu sibuk untuk keramas tetapi menginginkan performa rambut yang baik?

Aerosol Dry Shampoo

Aerosol dry shampoo adalah opsi yang mungkin ramah bagi penggunanya dalam pengaplikasiannya — cukup kocok dan semprotkan — tetapi daftar bahannya biasanya panjang dan meliputi: isobutan, propana, alkohol, panthenol, protein gandum, wewangian sintetis, dan fenoksiethanol (atau pengawet lain), bahan yang lebih berpotensi beracun yang dapat berbahaya bagi penggunanya dan lingkungan.

The Pros

Aerosol dry shampoo yang baik diformulasikan untuk bekerja dengan cepat dan nyaman tanpa membasahi rambut, yang berarti tidak akan mengganggu penataan atau perlu dilakukan blow dry. Produk ini biasanya diformulasikan dengan tepung beras atau tepung tapioka yang dengan cepat menyerap minyak berlebih dari rambut sehingga bisa ditata.

Produk ini juga dirancang untuk menyegarkan rambut dengan bahan-bahan yang dapat membuat rambut harum dan menghilangkan bau. Dengan menghilangkan minyak berlebih yang membebani rambut, ini dapat meningkatkan volume dan mengangkat rambut.

The Cons

Beberapa kekurangan aerosol dry shampoo adalah beberapa masalah alami yang muncul pada powder. Terkadang residu putih powder yang terlihat akan tertinggal di rambut. Ini terutama terlihat pada rambut gelap. Seringkali hal ini disebabkan oleh kesalahan pengguna, seperti menggunakan terlalu banyak, tidak menyemprot setidaknya dari jarak 25 cm dari rambut, atau tidak menunggu cukup lama sebelum menyikatnya.

Namun, produk terbaik sekalipun jika digunakan dengan benar terdapat kemungkinan masih meninggalkan sedikit residu putih yang dapat terdeteksi pada rambut gelap. Sampo ini juga bisa membuat rambut terlalu kering jika digunakan terlalu sering. Tepung beras atau tapioka mungkin menyerap terlalu banyak minyak rambut alami, menyebabkan rambut terlihat kering atau kusam.

Some Recommendations

Batiste Clean & Classic Original Dry Shampoo

https://batiste.co.id/products/original

Dengan kandungan formula Natural White Starch yang menyerap minyak 1,5 kali lebih efektif sehingga rambut segar dan bervolume lebih lama. Hanya dengan semprotan yang merata, minyak-minyak menggumpal penyebab rambut lepek akan terserap seketika. Formula Batiste terbuat dari Oryzae (Rice) Starch alami. Eco-friendly dan pastinya juga friendly untuk kesehatan rambut.

Ellips Dry Shampoo Exotic

https://www.watsons.co.id/ellips-dry-shampoo-exotic-200ml/p/BP_73712

Ini merupakan langkah praktis untuk rambut indah mengembang. Diformulasikan khusus untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala dengan wangi tropis yang tahan lama, membuat rambut terasa lebih segar seperti sehabis keramas.

Dove Volume and Fullness Dry Shampoo

https://www.dove.com/us/en/hair-care/dry-shampoo/volume-and-fullness-dry-shampoo.html

Sempurna untuk hari-hari yang sibuk, formulanya yang ringan langsung menyerap minyak, dan dengan mudah membersihkan, menyegarkan, dan menambah volume rambut. Dibuat khusus untuk mereka yang memiliki rambut tipis dan halus yang mungkin berminyak dan akan sedikit lepek saat mereka sedang ada di jeda waktu tidak keramas. Setelah menyemprotkan dry shampoo di bagian akar rambut, kamu tinggal beri pijatan pada area rambut yang telah disemprotkan. Tips ini akan mengubah rambut lepek dan tidak bernyawa menjadi bervolume dalam sekejap.

Foam Dry Shampoo

Seperti aerosol dry shampoo pada umumnya, foam dry shampoo disemprotkan ke akar rambut dan dipijat ke kulit kepala hingga ke ujung rambut. Perbedaannya adalah terdapat penambahan sedikit kandungan air di dalam formulanya. Air? bukankah ini seharusnya kering. Relax BeautyBabes! Kandungan sedikit air yang ditambahkan ke dalam formulanya akan mengering dengan sendirinya dalam waktu kurang dari satu menit.

The Pros

Produk dengan foam memiliki sedikit kandungan air dalam formulanya. Ini bisa jadi bermanfaat di saat kita ingin mengeringkan rambut untuk ditata. Karena menggunakan formula dengan air, rambut akan terasa lebih bersih. Minyak berlebih diserap dan yang tertinggal hanyalah rambut yang bersih dan berbau segar. Tidak seperti aerosol dry shampoo, yang dapat membuat rambut kusam, produk ini membuat rambut berkilau sekaligus menyegarkan.

Karena formulanya yang bersih dan ringan, ini sangat efektif untuk mengangkat dan menambah volume. Tidak pernah meninggalkan rasa berat atau residu di rambut dan membuatnya bersih dan segar. Produk ini juga bekerja dengan baik untuk memberikan tekstur pada rambut dan tidak akan meninggalkan rambut yang matte atau kusam seperti saat menggunakan powder dry shampoo.

Pengaplikasian sedikit saja sudah cukup efektif. Jadi bisa saja ini lebih efektif diaplikasikan pada rambut panjang dan tebal daripada penggunaan aerosol dry shampoo.

The Cons

Bahkan foam dry shampoo terbaik pun mengandung alkohol, jadi jika digunakan terlalu sering dapat membuat rambut kering dan patah. Kandungan alkohol ini menjadikan produk ini tidak seaman aerosol dry shampoo untuk rambut terutama yang diwarnai.

Sedikit air yang terkandung di dalamnya dapat memengaruhi gaya rambut di saat kita mengeriting atau meluruskan rambut dengan alat pemanas. Di saat powder dry shampoo tidak akan memengaruhi rambut yang ditata dengan alat pemanas, sebaliknya produk foam dry shampoo akan membuat ikal terurai dan dapat mengembalikan gelombang rambut ke awal sebelum rambut ditata.

Some Recommendations

Ouai Dry Shampoo Foam

https://www.sephora.co.id/products/ouai-dry-shampoo-foam/v/standard-size-150g

Produk pembersih tanpa air yang cepat kering ini menghilangkan minyak dengan kandungan mineral vulkanis. Produk ini akan memberikan kesegaran kembali pada rambut di sela waktu keramas dengan foam pembersih yang cepat kering. Produk ini paraben-free dan cruelty-free.

Amika Phantom Hydrating Dry Shampoo Foam

Slide 4
https://www.amika.com.hk/hydrating-dry-shampoo-foam-phantom/

Bahan ajaib dalam formula bebas bedak ini adalah sea buckthorn, yang kaya akan vitamin C, A, dan E, dan memiliki konsentrasi tinggi asam lemak omega-7, yang semuanya membantu mencegah radikal bebas yang merusak folikel rambut. Sea buckthorn juga membantu mendukung produksi kolagen, yang merupakan bahan pembangun manis dari kulit, rambut, dan kuku yang kuat. Produk ini cruelty free dan gluten free and made with the good stuff only.

Pantene Cheat Day Dry Shampoo Foam

https://pantene.com/en-us/product/cheat-day-dry-shampoo-foam

Produk ini dapan mengembalikan kesegaran rambut dalam waktu 60 detik. Kesegarannya yang bebas residu dan dapat digunakan tanpa air ini membuat penghematan waktu menjadi mungkin dan mudah dilakukan. Produk ini dapat digunakan untuk menyegarkan dan menghilangkan minyak berlebih dari semua jenis rambut dari keriting hingga halus, tanpa kandungan sulfat atau paraben, dengan aroma vanila dan melati yang lembut. Produk ini dibuat dengan Pro-Vitamin B5 dan tapioka untuk rambut penuh, tampak sehat, dan bebas minyak.


Baik dry shampoo dengan aerosol dan foam merupakan tambahan yang bagus untuk rangkaian perawatan rambut. Untuk memperpanjang jeda waktu untuk tidak keramas dengan tetap menjaga rambut agar terlihat, terasa, dan beraroma bersih dan segar. Namun, kedua produk tersebut akhirnya meninggalkan penumpukan di kulit kepala.

Penumpukan ini dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut yang tidak merata jika dibiarkan terlalu lama. Sehingga dry shampoo terbaik pun tidak sepenuhnya dapat menggantikan keramas secara konvensional.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Kenali Kandungan Acid Dan Manfaatnya Dalam Perawatan Kulitmu

Ketahui perbedaan kandungan acid dalam perawatan kulit, sebagai solusi masalah kulitmu.

Makeup 💄 Dan Skincare 💆 Kesayangannya ❤️ Sandra Dewi Dan Prilly Latuconsina, Kini Hadir Di Sociolla!

Kini semakin mudah untuk jadi cantik kayak Kak Sandra dan Prilly ✨✨! Cieee!

3 Fakta Tentang Manfaat Air Untuk Kecantikan

Begini rasanya minum air 💦 gaya kekinian!

Niacinamide, Si Teman Baik Kulitmu Dan Perawatan Kulitmu

Let's get to know niacinamide, your skin bestie!

Bakuchiol, Alternatif Natural Dari Retinol Untuk Kulit Sensitif

Formula produk perawatan kulit mulai memasukkan alternatif retinol yang tidak terlalu mengiritasi dan alami. Klik untuk mengetahui alasannya.

Keripik Jamur 🍄 Sehat Dan Hand Sanitizer 🧴, Hadiah 🎁 Indah Lemonilo Untuk Anak Indonesia!

Sesederhana sadar akan memilih camilan yang aman bagi anak dan bebas bahan berpotensi bahaya bagi tubuh seperti keripik jamur 🍄 sehat ternyata bisa membantu menciptakan generasi hebat di masa mendatang loh!

Nonton 📺 Ini Biar Enggak Bingung Lagi Nyari Samponya Joe Taslim 🌟!

Heden Solder? Het en Soliter? Heten Solder? Heden Soljier? Head & Solder? Hot & Sadel? Hate & Solider? Hed & Soljer? Het en Solider? Hed and Soldress?

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!