Home Editor's Picks Niacinamide, Si Teman Baik Kulitmu Dan Perawatan Kulitmu

Niacinamide, Si Teman Baik Kulitmu Dan Perawatan Kulitmu

Kalau Korean drama ‘Start-Up’ punya Han Ji-pyeong si anak baik yang selalu men-support Seo Dal Mi dan Nam Do San untuk bisa jadi yang terbaik, maka produk perawatan kulit punya teman baik yang dapat membuat kulit memberikan performa terbaiknya. Ini dia niacinamide si teman baik bagi kulitmu dan juga bahan aktif lain di dalam produk perawatan kulitmu.

Dalam dunia perawatan kulit, niacinamide adalah teman yang diinginkan semua orang. Dia merupakan teman baik yang cocok dengan semua orang dan bekerja sama dengan baik. Niacinamide adalah teman yang selalu memberikan dorongan untuk menjadi yang terbaik yang kamu bisa. Yuk gali lebih dalam apa yang bisa niacinamide berikan sebagai sahabat baik tidak hanya bagi kulitmu tetapi juga dengan kandungan actives lain pada skincare routine.

Apa Itu Vitamin B3?

Ketika kita berbicara mengenai manfaat vitamin B3 untuk kulit, yang kita maksud adalah bentuk spesifik dari B3 (amide) yang disebut nicotinamide juga dikenal sebagai niacinamide. Nicotinamide adalah vitamin penting yang larut dalam air, yang tidak disintesis di dalam tubuh. Artinya jika kita ingin mendapatkan manfaat mencerahkan dari nicotinamide, ia perlu dicerna melalui suplemen atau dioleskan secara topikal ke kulit karena tubuh kita tidak memproduksinya sendiri.

Dalam makanan, vitamin B3 hadir sebagai niacin, yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi untuk tubuh kita. Beberapa makanan tersebut antara lain: ayam, ikan, hati, jamur, telur, bit, dan sayuran hijau. Perlu juga disebutkan bahwa saat mengonsumsi suplemen vitamin B3, kemungkinan besar yang kita telan adalah niacin. Namun dalam produk perawatan kulit, vitamin B3 muncul sebagai niacinamide dan nicotinamide.

Siapa Yang Menggunakan Niacinamide?

Kita dapat menggunakan beberapa produk yang mengandung niacinamide dalam setiap tahapan rutinitas perawatan kulit. Walau begitu tetap tidak akan membuat kulit menjadi sensitif dan teriritasi. Karena vitamin B yang cerdik ini dapat ditoleransi dengan baik oleh semua jenis kulit.

Menurut ahli kulit dan peneliti, ini terbukti bekerja efektif pada semua jenis kulit baik tipe kulit berminyak, normal, hingga kering. Bahkan dapat diaplikasikan pada berbagai kondisi kulit baik itu acne prone, kulit sensitif (bahkan cocok digunakan oleh mereka yang kondisi kulitnya rawan rosasea), mature skin, dan mampu membuat kelembapan pada kulit dehidrasi menjadi seimbang. Ini merupakan kandungan yang wajib terdapat pada skincare routine.

Niacinamide Dalam Produk Perawatan Kulit

Ini adalah vitamin yang larut dalam air, yang berarti tidak akan larut dalam minyak. Kita mungkin menemukannya dalam serum, pelembap, dan juga masker wajah berbahan dasar air. Niacinamide juga merupakan salah satu vitamin yang paling stabil, dengan tingkat pH 7 yang menunjukkan bahwa bahan ini tidak menyebabkan iritasi, tidak asam, dan bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit.

Bagaimana Cara Kerjanya Pada Kulit?

Niacinamide bekerja untuk memperbaiki kondisi asam pada lapisan kulit terluar, kita sebut saja sebagai mantel. Mantel asam ini terdiri dari minyak alami kulit, ceramide, dan protein, dan membantu menjaga kelembapan kulit. Karena vitamin B3 mudah diserap dalam mantel asam ini, inilah yang menjadikan niacinamide kandungan yang bagus untuk menjaga kesehatan mantel asam tanpa mengiritasi kulit.

Tidak hanya itu, niacinamide juga membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit, mengurangi hiperpigmentasi kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, mengurangi kemerahan dan bintik-bintik, dan meningkatkan elastisitas kulit. Secara keseluruhan, bahan ini sangat bagus untuk digunakan dalam rutinitas perawatan kulit karena dapat membawa banyak manfaat bagi kulit.

Manfaat Vitamin B3

Sebagai vitamin yang larut dalam air, niacinamide bekerja dengan zat alami di kulit untuk membantu meminimalkan pori-pori yang membesar, mengencangkan pori-pori yang kendur, memperbaiki warna kulit yang tidak merata, melembutkan garis-garis halus dan kerutan, mengurangi kusam, dan memperkuat permukaan yang melemah. Keep scrolling untuk tahu lebih banyak mengenai manfaat niacinamide!!⏬

Memperbaiki Skin Barrier

Niacinamide juga mengurangi dampak kerusakan lingkungan terhadap kulit, karena kemampuannya untuk memperbaiki skin barrier sebagai first line of defense. Ditambah juga berperan dalam membantu kulit memperbaiki tanda-tanda kerusakan di masa lalu. Jika dibiarkan, serangan dari lingkungan harian ini membuat kulit tampak lebih tua, kusam, dan kurang bercahaya.

Menjaga Kelembapan Kulit Dan Membuatnya Tetap Seimbang

Manfaat lain dari niacinamide adalah membantu memperbarui dan memulihkan permukaan kulit dari kehilangan kelembapan dan dehidrasi dengan membantu kulit meningkatkan produksi ceramide alami yang memperkuat kulit. Ketika ceramide menipis dari waktu ke waktu, kulit menjadi rentan terhadap segala macam masalah, mulai dari bercak kulit kering dan bersisik yang terus-menerus hingga menjadi semakin sensitif.

Bagi pemilik kulit kering, aplikasi topikal niacinamide telah terbukti meningkatkan kemampuan pelembap yang menghidrasi sehingga permukaan kulit dapat menahan hilangnya kelembapan dengan lebih baik yang menyebabkan kulit kering, kencang, dan bersisik berulang. Niacinamide bekerja sangat baik dengan kandungan pelembap pada umumnya.

Sedangkan pada kulit berminyak, niacinamide akan mengendalikan produksi minyak agar tetap seimbang. Hal ini juga akan menecegah timbulnya jerawat akibat sebum yang menyumbat pada pori-pori.

Membantu Menyamarkan Pori-Pori

Bagaimana niacinamide membantu pori-pori? Sederhananya, penelitian belum sampai pada pemahaman penuh tentang bagaimana vitamin B ini bekerja secara ajaib untuk mengecilkan pori-pori. Tampaknya niacinamide memiliki kemampuan untuk menormalkan lapisan pori dan pengaruh ini berperan dalam menjaga agar puing-puing kotoran dan sel kulit mati tidak tersangkut pada pori-pori, yang menyebabkan penyumbatan dan tekstur kulit menjadi kasar dan bergelombang.

Saat penyumbatan terbentuk dan semakin memburuk, pori-pori akan meregang, sehingga yang akan terlihat adalah pori-pori yang membesar. Dengan membantu segala sesuatunya kembali normal, penggunaan niacinamide membantu pori-pori kembali ke ukuran normalnya.

Kerusakan akibat sinar matahari juga dapat menyebabkan pori-pori membesar, yang oleh beberapa orang disebut sebagai “kulit jeruk”. Konsentrasi niacinamide yang lebih tinggi dapat membantu mengencangkan pori-pori secara nyata dengan menopang elemen pendukung kulit.

Mencegah Pigmentasi

Niacinamide telah terbukti mencegah pigmentasi di dalam kulit, yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik cokelat, kemerahan yang berkurang berkat sifat antiinflamasi vitamin B3, hidrasi yang terjaga, pelindung kulit yang diperkuat, dan peningkatan sintesis lemak sehat (kunci untuk kulit bercahaya).

Memilki Sifat Yang Menenangkan

Niacinamide direkomendasikan untuk kulit sensitif atau mereka yang memiliki kondisi lain seperti rosasea atau eksem karena sifatnya yang menenangkan. Kandungan ini juga terkadang dapat ditemukan di tabir surya untuk mengurangi efek buruk dari sinar matahari.


Dapat disimpulkan, niacinamide membantu memulihkan energi sel, memperbaiki DNA yang rusak, dan mengurangi efek imunosupresif dari sinar UV yang diinduksi matahari. Vitamin B3 yang dioleskan pada kulit dianalogikan sebagai mesin yang dilumasi dengan baik, melawan stres internal dan eksternal yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan dan tanda-tanda penuaan dini, seperti perubahan warna dan kerutan.

Niacinamide Sebagai Sahabat Baik Actives Lain

Kita mungkin akan terkesan dengan kemampuan kerja sama niacinamide dengan actives lain pada kulit saat diaplikasikan melalui produk perawatan kulit seperti toner, serum, dan perawatan kulit tanpa bilas lainnya. Niacinamide secara unik kompatibel jika dipadukan dengan sebagian besar bahan aktif dalam rutinitas perawatan kulit, termasuk yang mengandung retinol, peptida, glycerin, hyaluronic acid, AHA, BHA, vitamin C, dan semua jenis antioksidan.

Saat menggunakan vitamin B3, baik juga untuk menggabungkannya dengan antioksidan stabil dan kuat lainnya, seperti Camellia Sinensis (teh hijau) Catechin, Quercetin, dan Tokoferol. Ini juga dapat meredakan iritasi yang berhubungan dengan retinol dan kemerahan pada kulit secara umum.

Khusus mengenai pigmentasi, niacinamide paling baik dipasangkan dengan bahan lain seperti hidrokuinon, kojic acid, arbutin, dan kedelai. Mereka dapat bekerja secara sinergis untuk membantu membersihkan bintik-bintik cokelat dan mengurangi pigmentasi.

Efek Samping Vitamin B3

Niacinamide adalah bahan yang ampuh untuk melembapkan kulit dan mencerahkan kulit. Tapi bila digunakan dalam konsentrasi tinggi dalam formulasi skincare, bisa menyebabkan iritasi kulit. Jadi bagi yang baru pertama kali mencoba niacinamide, disarankan menggunakan konsentrasi rendah (1-2%). Pada dasarnya, jangan berlebihan di awal pemakaian atau kita mungkin akan mengalami kemerahan atau (bahkan lebih buruk) dermatitis.

Yang perlu diingat adalah jika kulit mengalami iritasi karena menggunakan produk yang mengandung niacinamide, kemungkinan besar iritasi tersebut berasal dari kandungan lain dalam formulanya. Jika memiliki kulit sensitif dan tertarik untuk mencoba merasakan manfaat bahan aktif ini, sangat disarankan untuk mencari produk yang hanya mengandung niacinamide.

Cara Menggunakan Niacinamide

Kabar baiknya adalah bahwa niacinamide hanya memiliki sedikit efek samping dan dapat digunakan pada persentase tinggi yang dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit. Belum lagi, ini adalah kandungan stabil yang bekerja dengan baik dengan actives lain. Pada produk perawatan kulit, ini ditemukan dalam konsentrasi 2, 5, atau 10%, tergantung pada brand-nya.

Untuk hasil terbaik, gunakan produk niacinamide tanpa bilas dan oleskan pada kulit bersih dua kali sehari. Kita bisa mengaplikasikan toner dengan niacinamide segera setelah cleansing untuk merehidrasi dan me-restart kembali kondisi kulit. 10% Niacinamide Booster dapat digunakan sendiri (seperti serum) atau dicampur ke pelembap favorit kamu, tergantung preferensi kamu.

Bagi yang memiliki kekhawatiran seputar tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari, tekstur kulit jeruk, pori-pori kendur, dan benjolan terkait minyak, harus mempertimbangkan untuk mencoba serum niacinamide berkekuatan 20% tingkat lanjut untuk digunakan sekali atau dua kali sehari. Bereksperimenlah untuk melihat mana yang paling cocok untuk kondisi kulit!

Kita juga dapat menggunakan produk yang mengandung niacinamide di sekitar mata. Beberapa orang mungkin sudah menemukan dengan mengoleskan pelembap atau krim mata dengan kandungan niacinamide, membantu memperbaiki tampilan lingkaran di bawah mata yang gelap dan tampak sembap. Active ini membantu menyamarkan tampilan kerutan, belum lagi memungkinkan area halus ini untuk mempertahankan kelembapannya, menghaluskan kulit, dan menahan hilangnya kekencangan.

Tidak ada alasan untuk menunggu untuk menambahkan niacinamide ke rutinitas perawatan kulit. Vitamin B yang sangat serbaguna ini membawa banyak manfaat topikal untuk memperbaiki penampilan kulit, sehingga tampak lebih rata, cerah, dan lebih muda. Seperti halnya bahan perawatan kulit yang bagus, penting untuk rajin melindungi kulit setiap hari dengan tabir surya ber-broad spectrum dengan SPF 30 atau lebih.

Produk Skincare Dengan Kandungan Niacinamide

Ini dia rekomendasi lima Korean products dan lima local products dengan bahan aktif niacinamide, agar kamu tidak perlu bingung lagi memilih teman baik yang sesuai dengan kebutuhanmu dan kulitmu.

Benton Snail Bee High Content Essence

Ini adalah salah satu esens Korea yang populer. Benton Snail Bee High Content Essence mengandung 90% snail mucin, yang dipadukan dengan bee venom, niacinamide, jus lidah buaya, panthenol, dan banyak ekstrak tumbuhan yang bermanfaat. Esens ini sangat melembapkan sekaligus menenangkan kulit dan bahkan cocok untuk kulit yang rentan berjerawat dan sensitif. Ini adalah gel yang dengan cepat berubah menjadi cairan encer saat diaplikasikan dan diserap ke dalam kulit dengan sangat cepat, ditambah lagi teksturnya yang tidak lengket dan tidak mengandung fragrance.

innisfree Jeju Orchid Eye Cream

Eye cream ini memberi kelembapan kulit di sekitar mata saya dan sangat cepat terserap ke dalam kulit, sehingga dapat meminimalkan garis-garis halus dengan baik. Seperti namanya, eye cream ringan ini mengandung ekstrak anggrek dari anggrek yang ditanam di pulau Jeju Korea. Ekstrak anggrek mengandung antioksidan tinggi, yang membantu mencegah penuaan kulit. Krim mata ini juga mengandung niacinamide, hyaluronic acid (untuk hidrasi ekstra), dan kafein (yang membantu meredakan area bawah mata yang bengkak dan meminimalkan lingkaran hitam).

Klairs Freshly Juiced Vitamin E Mask

Overnight mask ini memiliki konsistensi seperti custard yang terasa lebih ringan dari krim pelembap tetapi lebih berat dari esens. Teksturnya yang superringan memungkinkannya menyebar dengan mudah ke kulit tanpa terasa licin di wajah. Masker ini mengandung niacinamide, vitamin E, dan adenosine yang bekerja secara bersinergi untuk memberikan manfaat melembapkan, antipenuaan, dan mencerahkan kulit. Aplikasikan masker ini di malam hari sebagai langkah terakhir dari rutinitas perawatan kulit, namun karena cukup ringan, masker ini juga dapat digunakan di siang hari bagi orang yang memiliki kulit kering.

PURITO Galacto Niacin 97 Power Essence

Disebut Galacto Niacin 97 Power Essence karena produk ini mengandung 92% Galactomyces Ferment Filtrate dan 5% niacinamide. Ini juga mengandung Lactobacillus dan Bifida ferments, serta adenosine. Bahan-bahan ini membuat esens ini memiliki peranan sebagai pelembap, antipenuaan, dan pencerah kulit yang potent. Wah produk multitasking yang sesuai untuk kamu yang mager melakukan perawatan kulit berlapis-lapis.

COSRX Galactomyces 95 Tone Balancing Essence

Dikenal dengan sebutan ‘Galactic Mice’ 👽🐭, esens ini mengandung niacinamide dan 95% galactomyces ferment filtrate sebagai kandungan perawatan kulit populer yang melembapkan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit sekaligus. Ini juga mengandung hyaluronic acid dan panthenol, yang juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Esens ini lebih ringan dari gel dan mudah diserap ke dalam kulit – membuatnya cocok untuk kulit berminyak juga. Yang juga disukai dari brand ini adalah bahwa daftar kandungannya yang sangat minim.

the Aubree Niacinamide Skin Booster

Kali ini giliran skincare lokal yang akan menunjukkan kemampuannya, salah satunya adalah the Aubree Niacinamide Skin Booster. Dengan kandungan 10% niacinamide, serum ini membantu menjaga kelembapan kulit, membantu mengontrol produksi minyak, mencerahkan, dan membuat kulit kenyal. Ini juga diperkaya dengan vitamin B5 (Panthenol) 1%, sebagai acne-healing dan wound-healing properties sekaligus melembapkan.

The Bath Box® Brassica Facial Serum

Kalau CosRX dari Korea memiliki ‘galactic mice’, produk lokal memiliki The Bath Box® Brassica Facial Serum. Tidak hanya kombinasi sempurna dari Galactomyces Ferment Filtrate dengan niacinamide yang terkenal sebagai brightening agent, serum ini juga dipadukan dengan Rapeseed Extract, Boerhavia Diffusa L Root Extract, dan Water Lily Flower Extract. Serum ini cocok dipakai untuk menenangkan dan meredakan kulit yang berjerawat dan dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Whitelab Brightening Face Serum

Jika dilihat dari kemasannya dan konsentrasi niacinamide di dalamnya, serum lokal ini tampilannya seperti The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Namun jika The Ordinary hanya berfokus pada fungsi anti acne, Whitelab Brightening Face Serum ini juga memilikki fungsi anti aging. Di saat kandungan 10% niacinamide-nya berperang melawan jerawat, kolagen dan hyaluronic acid-nya berperang melawan penuaan dengan meningkatkan elastisitas kulit. Harganya juga jauh lebih terjangkau.

Raiku Brightening Serum

Raiku Brightening Serum ini menggunakan perpaduan utama niacinamide dan rice extract yang mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Untuk meningkatkan fungsi brightening pada serum ini, kandungannya diperkaya dengan ekstrak safflower untuk membuat kulit lebih bercahaya dan Alpha Hydroxy Acid yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit kusam dan membuat tekstur permukaan kulit terasa halus.

ERTO’S Niacinamide Plus Serum

Serum ini mengandung 10% niacinamide untuk membantu meratakan tone warna kulit, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat, serta mencerahkan kulit yang dipadukan dengan Tamarind Seed Extract yang dapat meratakan tekstur kulit, menghidrasi kulit, juga sebagai antioksidan. Kandungan aloe vera extract serta Sodium Hyaluronate-nya mampu mengunci kelembapan kulit dan menghidrasi kulit yang kering.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Kenali Kandungan Acid Dan Manfaatnya Dalam Perawatan Kulitmu

Ketahui perbedaan kandungan acid dalam perawatan kulit, sebagai solusi masalah kulitmu.

Makeup 💄 Dan Skincare 💆 Kesayangannya ❤️ Sandra Dewi Dan Prilly Latuconsina, Kini Hadir Di Sociolla!

Kini semakin mudah untuk jadi cantik kayak Kak Sandra dan Prilly ✨✨! Cieee!

3 Fakta Tentang Manfaat Air Untuk Kecantikan

Begini rasanya minum air 💦 gaya kekinian!

Niacinamide, Si Teman Baik Kulitmu Dan Perawatan Kulitmu

Let's get to know niacinamide, your skin bestie!

Bakuchiol, Alternatif Natural Dari Retinol Untuk Kulit Sensitif

Formula produk perawatan kulit mulai memasukkan alternatif retinol yang tidak terlalu mengiritasi dan alami. Klik untuk mengetahui alasannya.

Keripik Jamur 🍄 Sehat Dan Hand Sanitizer 🧴, Hadiah 🎁 Indah Lemonilo Untuk Anak Indonesia!

Sesederhana sadar akan memilih camilan yang aman bagi anak dan bebas bahan berpotensi bahaya bagi tubuh seperti keripik jamur 🍄 sehat ternyata bisa membantu menciptakan generasi hebat di masa mendatang loh!

Nonton 📺 Ini Biar Enggak Bingung Lagi Nyari Samponya Joe Taslim 🌟!

Heden Solder? Het en Soliter? Heten Solder? Heden Soljier? Head & Solder? Hot & Sadel? Hate & Solider? Hed & Soljer? Het en Solider? Hed and Soldress?

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!