Home Editor's Picks JLAxBeautyBeat: Vitamin C, Skincare Ingredient Yang Trending Untuk Musim Semi Ini!

JLAxBeautyBeat: Vitamin C, Skincare Ingredient Yang Trending Untuk Musim Semi Ini!

Spring 🌸 is here! Waktunya melakukan beberapa perubahan dalam rutinitas perawatan kulitmu 💆, BeautyBabes! Faktanya, saat musim semi tiba, banyak orang melakukan perawatan di klinik dokter kulit yang bertujuan untuk “menyingkirkan” kulit kusam dan ‘gray skin symptoms’ yang identik dengan musim dingin. Banyak pilihan yang sangat baik dan lebih praktis untuk mencerahkan kulitmu dan vitamin C untuk kulit adalah pilihan bagi dr. Merissa Devlayzar, dokter estetika andalan BeautyBeat.

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Vitamin C dianggap sebagai bahan ajaib dalam perawatan kulit. Ini adalah antioksidan hebat yang membantu mengobati kerusakan akibat polusi, matahari, stres, dan faktor lain yang berkontribusi pada kulit kusam. Vitamin C memiliki efek mencerahkan dan mengurangi tampilan pigmentasi dan juga mengurangi kerutan, karena bahan-bahannya meningkatkan produksi kolagen dan mengencangkan kulit, memberikan tampilan kulit yang lebih segar dan cerah.

Makanya dokter Merissa approved 👍 kalau vitamin C untuk kulit, layak jadi trending skincare ingredient buat musim semi 🌸 ini!

View this post on Instagram

A post shared by KLINIK JLAINDONESIA (@jlaindonesia) on

Alasannya? “Semakin banyak penggila skincare 💆 yang tahu betul manfaat dari vitamin C buat wajah dan banyak sekali pilihan dari skincare dengan vitamin C yang bisa dipilih sehingga vitamin C sering dimasukkan dalam list skincare wajib dan menjadi holy grail ingredient bagi banyak perempuan,” jelas dokter Merissa.

Selain dokter Merissa, multimanfaat vitamin C dalam perawatan kulit juga diakui oleh tim ahli dari klinik JLAIndonesia (Jakarta Life Sciences & Aesthetics). Bukan hanya itu, as a part of JLAxBeautyBeat’s collaboration, kamu juga bisa dapet lebih banyak informasi lain seputar kesehatan dan kecantikan kulit serta tubuh dengan mengeklik banner JLAxBeautyBeat di bawah ⇩ ⇩ ⇩ loh!

vitamin C untuk kulit
https://beautykitchen.net/, zgdffh.com

Daripada penasaran terus sama si vitamin oranye ini, langsung aja simak sharing dokter Merissa tentang vitamin C untuk kulit! So, are you ready to explore 3C (cerah, cantik, dan tentu saja (vitamin) C 🍊)? Let’s go!

Jenis-Jenis Vitamin C

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Vitamin C pada skincare berasal dari berbagai macam bentuk yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit wajahmu, antara lain:

1. L-Ascorbic Acid (LAA)
L-Ascorbic Acid merupakan salah satu jenis vitamin C yang paling ampuh dan terbukti mampu bekerja secara efektif pada kulit. Jenis ini tergolong kurang stabil, sehingga berpotensi menyebabkan iritasi jika digunakan pada dosis yang tinggi. LAA cocok untuk kamu yang memiliki kulit normal atau berminyak, serta berfungsi untuk memperkuat jaringan kulit, menyembuhkan luka, sekaligus melindungi kulit dari berbagai penyakit.

Baca Juga: Kenali Kandungan Acid Dan Manfaatnya Dalam Perawatan Kulitmu

2. Magnesium Ascorbyl Phosphate
Kamu yang memiliki jenis kulit kering atau sensitif, dapat mencoba jenis vitamin C yang satu ini. Magnesium Ascorbyl Phosphate memiliki bentuk yang lebih stabil dibanding jenis-jenis lainnya, sehingga dapat menurunkan risiko kulit mengalami iritasi. Serupa dengan L-Ascorbic Acid, Magnesium Ascorbyl Phosphate bersifat water-soluble atau dapat larut dalam air.

3. Ascorbyl Palmitate
Ascorbyl Palmitate merupakan salah satu bentuk vitamin C yang tergolong stabil dan dapat larut dalam minyak. Selain melawan radikal bebas, jenis vitamin C yang kerap ditemukan pada produk skincare berbahan dasar minyak ini, berfungsi untuk melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan sekaligus memperbaiki jaringan kulit.

4. Ascorbyl Glucosamine
Vitamin C dikenal sebagai salah satu kandungan yang ampuh untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Nah, jika kamu menggunakan vitamin C untuk mengatasi masalah tersebut, pastikan untuk memilih produk dengan kandungan Ascorbyl Glucosamine. Karena jenis vitamin C ini kaya akan kandungan antioksidan dan skin-brightening properties.

5. Sodium Ascorbyl Phosphate
Sodium Ascorbyl Phosphate merupakan salah satu jenis vitamin C yang tergolong lembut bagi kulit. Kandungan ini mampu mencerahkan wajah dan melawan radikal bebas secara efektif berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Tak hanya itu, warna kulit pun menjadi lebih rata dengan menggunakan Sodium Ascorbyl Phosphate. Selain digunakan sendiri, Sodium Ascorbyl Phosphate dapat menjadi pelengkap yang baik untuk produk anti-acne prone dengan kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid.

10 Manfaat Vitamin C

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)

Ini dia 10 manfaat vitamin C 🍊 yang paling umum untuk kulitmu 💆:

1. Cenderung Aman Digunakan

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Vitamin C cenderung aman digunakan untuk berbagai jenis kulit. Serum vitamin C dapat dipakai secara topikal dalam jangka waktu lama tanpa reaksi yang merugikan. Namun untuk yang memiliki kulit sensitif, mungkin dapat mengalami iritasi ringan. Jika kulit kamu terlalu sensitif, bisa mengoleskannya setelah memakai pelembap untuk mengurangi reaksinya.

2. Menghidrasi
Magnesium ascorbyl phosphate adalah salah satu turunan vitamin C utama. Kandungan ini dimanfaatkan dalam perawatan untuk menghidrasi kulit dengan cara menjaga kulit agar tidak kehilangan air. Jadi selain mencerahkan, manfaat serum vitamin C adalah membantu melembapkan kulit.

3. Mencerahkan
Manfaat vitamin C yang paling umum adalah efek mencerahkan. Serum vitamin C dapat membantu memudarkan pigmentasi, mengurangi kusam, dan menghaluskan permukaan kulit.

4. Mengurangi Kemerahan Dan Meratakan Warna Kulit

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Serum vitamin C juga terbukti bermanfaat untuk mengobati berbagai macam kondisi peradangan kulit. Misalnya saja menghilangkan kemerahan dan membuat warna kulit lebih merata.

5. Memudarkan Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi termasuk vlek hitam dan melasma terjadi ketika melanin diproduksi berlebihan di daerah-daerah tertentu. Aplikasi serum vitamin C terbukti bermanfaat menghambat produksi melanin sehingga dapat membantu memudarkan bintik-bintik hitam di kulit.

6. Memudarkan Lingkaran Gelap Bawah Mata

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Serum vitamin C bermanfaat membantu mengencangkan garis-garis halus dengan kandungan magnesium ascorbyl phosphat yang melembapkan area bawah mata. Meskipun vitamin C lebih efektif dalam mengurangi kemerahan, beberapa orang mengatakan bahwa vitamin C juga dapat membantu mencerahkan lingkaran di bawah mata.

7. Meningkatkan Produksi Kolagen
Serum vitamin C bermanfaat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein alami yang menipis seiring pertambahan usia. Kadar kolagen yang rendah dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

8. Mengencangkan Kulit

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Produksi kolagen terkait dengan elastisitas dan kekencangan kulit. Ketika kadar kolagen mulai turun, kulit mungkin akan kendur. Manfaatkan serum vitamin C agar produksi kolagen meningkat dan membuat kulit menjadi lebih kencang.

9. Melindungi Kulit Dari Kerusakan

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Kerusakan kulit akibat sinar matahari disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Vitamin C kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel kulit sehat dengan ‘memberi’ radikal bebas ini elektron agar mereka tidak berbahaya bagi kulit.

10. Mempercepat Pergantian Sel
Selain meminimalkan kemerahan, vitamin C memiliki manfaat mempercepat pergantian sel yang rusak menjadi sel baru dan sehat. Gunakan vitamin C untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi risiko peradangan, infeksi, hingga jaringan parut.

Kapan Waktu Yang Tepat Menggunakan Vitamin C Skincare?

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)

Ada yang bilang, jangan pakai produk vitamin C di pagi hari karena bikin kulit semakin sensitif dan terasa ‘cekit-cekit’. Ada juga pendukung ‘garis keras’ untuk urusan vitamin C untuk kulit, yang tidak segan buat langsung membilas wajah menggunakan jus lemon 🍋 asli. Dan masih banyak tips pemakaian vitamin C lain yang ‘ajaib’, apalagi di TikTok. Hadeuh, bikin bingung 😕 kan?

No worries! Biar lebih jelas, dokter Merissa kasih petunjuk nih, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan vitamin C skincare. Kamu bisa melihatnya dari sisi usia (by age) dan dari sisi pagi atau malam hari (by AM/PM).

By Age

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)

Mulai umur 20-an, kulit sudah mengalami proses awal penuaan yang ditandai dengan kekusaman dan garis-garis halus akibat faktor internal dan eksternal. Serum dengan vitamin C mampu melindungi kulit muda kita dari radikal bebas karena fungsinya sebagai antioksidan. Tidak hanya bekerja sebagai proteksi, vitamin C meratakan warna kulit sambil mencerahkannya.

Jika kamu salah satu perempuan berusia 20-an yang masih dihampiri masalah jerawat maka vitamin C akan meminimalkan ukuran pori-pori dan produksi minyak pada kulitmu.

By AM/PM

Menurut dokter Merissa, vitamin C sebenarnya dapat digunakan pada pagi 🌞 dan malam 🌜 hari. Masing-masing waktu memiliki keistimewaannya tersendiri, yaitu:

Vitamin C Untuk Malam Hari (PM)

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Kebanyakan orang memilih menggunakan serum vitamin C pada malam hari. Malam hari, sederhananya peran skincare, dalam hal ini serum vitamin C akan bekerja untuk merawat kulit. Seperti memperbaiki elastisitas kulit wajah, meminimalisasi garis-garis halus, menyamarkan noda hitam, dan mencerahkan kulit. Kita yang sedang fokus melakukan perawatan kulit anti-aging dan ingin memiliki kulit sehat dan terlihat muda, maksimalkan pemakaian serum vitamin C di malam hari bersama dengan PM skincare lainnya.

Vitamin C Untuk Pagi Hari (AM)

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


Anggapan lainnya menyarankan untuk menggunakan vitamin C pada pagi hari sebagai pelengkap rutinitas morning skincare. Hal ini didasari alasan bahwa vitamin C mengandung sifat fotoprotektif yang dapat melindungi kulit wajah dari efek radikal bebas. Selain itu menggunakan serum vitamin C di pagi hari dianggap dapat mempercantik kulit wajah dan hasil makeup.

Sebenarnya menggunakan serum vitamin C tidak terbatas pada aturan kapan menggunakannya. Di luar pagi atau malam, yang lebih penting sebenarnya adalah apa isi yang ada di dalam botol serum vitamin C yang kamu punya?

❗❗❗ Beberapa serum vitamin C diformulasikan untuk penggunaan malam hari dan beberapa yang lain memang ditujukan untuk penggunaan siang hari. Yang penting kamu harus mengetahui dulu apakah serum vitamin C yang kamu punya itu fotoprotektif atau fotooksidatif?

Fotoprotektif berarti serum vitamin C-mu bisa digunakan sehari-hari karena mengandung zat-zat yang diformulasikan untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

Bila serum vitamin C-mu fotooksidatif berarti malam hari adalah saat terbaik untuk menggunakannya karena bila digunakan pada pagi hari, vitamin C justru akan teroksidasi dan kehilangan manfaatnya.

Rekomendasi Produk Vitamin C Skincare

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)

Vitamin C bisa diformulasikan dalam berbagai bentuk produk seperti esens, serum, masker, pelembap, toner. Tetapi biasanya vitamin C paling sering dijual dalam bentuk serum karena efektivitasnya jauh lebih baik dibanding bentuk lainnya. Berikut local #BeautyBuddies yang bisa kamu coba, BeautyBabes:

Masker


Biokos Vital Nutrition Deep Cleansing Gel Mask. Masker wajah berbentuk gel yang akan mengangkat kotoran pada pori-pori dan sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah. Kandungan vitamin C dan E di dalamnya selain dapat melawan radikal bebas, dapat pula meremajakan kulitmu dan membuat kulit tampak segar setiap waktu karena membantu stimulasi dalam pembentukan kolagen, sehingga kulit tampak lebih sehat dan cerah. Hambat penuaan dan kuatkan jaringan kulitmu mulai dari sekarang.

Toner


Setelah membersihkan wajah, waktunya menyegarkan kulit wajah dengan Y.O.U The Radiance White Essential Toner. Toner ini diperkaya dengan Snow Mushroom Extract, Niacinamide, 10 kali vitamin C yang lebih banyak dari toner sebelumnya, serta Allantoin untuk menenangkan, menghidrasi, dan mempercepat regenerasi kulit untuk kulit segar dan bercahaya.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Buat Bikin Kulitmu Lebih Cerah, Kenyal, Dan Bercahaya

Esens


Lacoco Hydrating Divine Essence yang kamu butuhkan untuk memberikan hidrasi dan menjaga kelembapan pada kulit wajah. Mengandung Vitagen yang merupakan turunan dari vitamin C. Vitagen telah teruji secara klinis berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan memperbaiki sel kulit yang rusak akibat sinar UV. Selain itu juga mampu mencerahkan wajah, memudarkan hiperpigmentasi seperti vlek atau bekas jerawat.

Serum


Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment. Serum vitamin C best-seller untuk memudarkan bekas jerawat, hiperpigmentasi, sekaligus mencerahkan dan meratakan warna kulit✨.

Kombinasi sempurna dari Helichrysum, 🔅 vitamin C, dan Rosehip Oil, yang dikenal akan kemampuannya untuk:
• Melindungi sel kulit dari kerusakan akibat paparan matahari.
• Mencerahkan age spots, vlek, dan noda gelap hiperpigmentasi.
• Membantu memperbaiki dan meregenerasi jaringan kulit yang rusak.

Pelembap


Wardah C-Defense Mousse Moisturizer. Pelembap dengan fungsi 2in1 yang bisa menjadi moisturizer dan juga primer dengan kandungan SPF 15 PA+++. Memiliki kandungan Hi-Grade Vitamin C untuk mencerahkan, meratakan warna kulit, anti-aging, antioksidan, dan melembapkan kulit.

Do’s and Don’ts Untuk Pemakaian Vitamin C Skincare

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)

Jangan sok-sokan jadi skincare mixologist kalau kamu tidak punya pengetahuan yang benar. Biar aman, baikan ikuti panduan dari dokter Merissa ini:

Do’s

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


1. Vitamin E
Vitamin E bersifat fat-soluble sedangkan vitamin C bersifat water-soluble. Kalau kedua zat ini bertemu, hal ini akan meningkatkan proses penyerapan kulitmu sekaligus meningkatkan fungsi antioksidan. Selain itu kulitmu juga akan terjaga dari jahatnya sinar matahari.

2. Esens, serum, hydrating moisturizer
Kenapa kamu butuh banyak ekstra kelembapan? Karena vitamin C sendiri itu tidak cukup buat melembapkan kulit. Dan juga karena vitamin C punya efek exfoliating, ini bakal memberi kesempatan buat pelembap masuk lebih dalam ke kulit.

3. Arbutin
Zat arbutin membantu menghalangi formasi melanin di kulit dan vitamin C membantu menghilangkan pigmentasi yang dibentuk dari melanin.

4. Peptida
Jika digabung dengan vitamin C, akan menghasilkan kolagen. Peptida populer karena dia mampu masuk dalam lapisan kulit terdalam bahkan sampai skin protective barrier dan bekerja untuk memberi sinyal pada kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen.

Don’ts

View this post on Instagram

A post shared by BeautyBeat (@beautybeat.ind)


1. AHA/BHA (Chemical Exfoliant)
Kenapa tidak boleh digabung? Karena AHA/BHA alias alpha hydroxy acid dan beta hydroxy acid adalah zat chemical exfoliant, yang mana vitamin C juga sudah banyak sekali punya bahan exfoliating. Apa yang terjadi kalau dua bahan ini dicampur? Wajah akan over exfoliated dan berisiko menimbulkan iritasi, terutama jika kulit kamu sensitif. Tapi kalau mau tetap pakai, pastikan jangan digunakan dalam satu kali pemakaian. Misalnya sudah pakai vitamin C di hari Senin, pakailah AHA/BHA minimal di hari Rabu.

2. Niacinamide
Niacinamide adalah tipe vitamin B yang akan membantu kulit kita untuk menahan lebih banyak kelembapan dengan meningkatkan produksi ceramide. Kalau ketemu dengan vitamin C, dia bakal mengubah vitamin C jadi kekuningan dan bisa bikin kulit kamu iritasi juga.

Namun jangan khawatir kalau ketemu produk yang punya vitamin C dan niacinamide dalam satu waktu. Jangan takut karena biasanya porsinya sudah diseimbangkan. Namun kalau kamu pemilik kulit sensitif, selalu patch test dulu sebelum memakai produk ini dalam jangka waktu panjang.

3. Benzoyl Peroxide
Zat ini biasanya dipakai buat treatment jerawat. Jerawat mild hingga moderate biasanya ditangani dengan zat ini, karena dia bekerja membunuh bakteri melalui oksidasi. Kalau dua zat ini bertemu, tentu efek vitamin C-nya jadi hilang, belum lagi kesempatan buat timbulnya iritasi.

Makanya biasanya produk vitamin C ada dalam container warna gelap dan kemasannya airtight. Kalau kamu mau menyembuhkan bekas jerawat, silakan pakai vitamin C. Tapi kalau kamu mau menghilangkan jerawatnya di awal, benzoyl peroxide jawabannya.

4. Retinol
Menggunakan retinol dan vitamin C secara bersamaan bisa menimbulkan iritasi, pengelupasan, dan juga kemerahan. Penggunaan dua bahan ini secara bersamaan bisa membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap matahari. Makin besar kemungkinan kulit terbakar dan masalah kulit lain terkait sinar UV pun makin potensial terjadi. Lebih baik, retinol digunakan saat malam hari sementara di siang hari kamu bisa menggunakan vitamin C.

____________________

So, bagaimana? Informatif banget kan sharing dokter Merissa seputar vitamin C tadi. Nah, selain mendapatkan banyak beauty tips dari dokter Merissa, kamu juga bisa mengunjungi Jakarta Life Sciences & Aesthetics untuk mendapatkan treatment aman dan nyaman sesuai protokol kesehatan di klinik estetika. Book your appointment now!

View this post on Instagram

A post shared by KLINIK JLAINDONESIA (@jlaindonesia) on

Jakarta Life Sciences & Aesthetics

Rukan Permata Senayan Blok E-31,
Jl. Tentara Pelajar, Patal Senayan,
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 57941082 / Whatsapp: 08111509904, 08111785123

Dewi Rokhmawati
Beauty should be practical and easy breezy. Especially for someone like me who is mager berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Everwhite Gandeng ‘Han Ji Pyong’ Sebagai Skincare Mentor

Si anak baik 'Han Ji Pyong' akan memandumu untuk mendapatkan kulit yang sehat, BeautyBabes!

Percantik Diri Di Hari Raya 🕌 Dengan Scarf 🧣 Menawan Kolaborasi SEPHORA x PURANA!

Lebaran 🕌 antimati gaya dengan scarf 🧣 cantik kolaborasi SEPHORA x PURANA ini!

Seberapa Sering Seharusnya Kita Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah?

Bingung apakah kamu telah melakukan eksfoliasi kulit dengan benar? Terlalu sering atau malah kurang intens? Baca artikel ini untuk detailnya!

JLAxBeautyBeat: Cara Konsumsi 🍨 Es Krim Yang Sehat 🍦!

Sebelum kamu memutuskan berbuka puasa dengan 🍨 es krim 🍦 yang super yummy, yuk baca dulu artikel ini!

Aice Dengan Inovasi Dan Kualitas Mampu Merajai Industri Es Krim Indonesia

Aice dikenal di Indonesia sebagai es krim yang selalu memiliki inovasi dan kualitas produk yang enak, tetapi dengan harga terjangkau.

Ayo Kembali Ke Salon Dan Warnai Rambutmu Dengan Warna Smoky Hair!!

Ayo kembali ke salon dan dapatkan kreasi teranyar dari L’Oréal Professionnel yaitu Smoky Hair yang terinspirasi dari tren makeup smoky eye!!

REVIEW: Scarlett Whitening Acne Serum

Simak pengalaman BeautyBeat menggunakan Scarlett Whitening Acne Serum yang mengandung Tea Tree Leaf Water, Salicylic Acid, Liquorice, dan Cica pada artikel ini!!

Kenalan Dengan Produk Hybrid, Spotless Second Skin Serum Concealer

Yuk kenalan dengan Spotless Second Skin Serum Concealer. Produk hybrid dari brand lokal Mad For Makeup yang memiliki fungsi concealer dengan manfaat skincare!!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!