Home Editor's Picks Tahapan Untuk Kulit Yang Sehat Dan Terhidrasi

Tahapan Untuk Kulit Yang Sehat Dan Terhidrasi

Kulit kering adalah salah satu tipe jenis kulit, tetapi kulit dehidrasi adalah kondisi yang dapat dialami siapa pun. Kulit kering kekurangan minyak atau lipid, sedangkan kulit yang mengalami dehidrasi adalah yang kekurangan air di stratum korneum, yang merupakan lapisan atas kulit. Tidak perlu memiliki kulit kering untuk sampai bisa mengalami dehidrasi kulit. Kulit berminyak dan kombinasi juga bisa mengalami dehidrasi. Bagaimana caranya untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi?

Baca Juga: Kulit Kering vs Kulit Dehidrasi, Dua Hal Yang Sama Atau Berbeda??

Sebagian besar dari kita memahami dampak negatif dehidrasi pada kesehatan kita secara keseluruhan, tetapi siapa yang tahu ternyata hal itu berpotensi menimbulkan berbagai macam masalah yang akan terlihat di wajah kita, seperti jerawat, kulit kusam, permukaan kulit yang tidak rata, bahkan tanda-tanda penuaan dini. Untuk memahami perbedaan antara kekeringan dan dehidrasi secara keseluruhan, berikut beberapa tahapan untuk kulit yang sehat dan terhidrasi.

Langkah 1: Diagnosa Apakah Kulitmu Tergolong Kering Atau Mengalami Kondisi Dehidrasi

Pada dasarnya, kekeringan mengacu pada jenis kulit dan dehidrasi mengacu pada kondisi kulit. Yang terjadi pada kulit kering adalah kekurangan minyak, karena tipe kulit ini menghasilkan lebih sedikit sebum daripada kulit normal. Kekurangan sebum berarti kulit tanpa lipid yang dibutuhkan untuk mempertahankan kelembapan dan untuk membangun skin barrier yang kuat untuk melindungi dari penyerang eksternal.

Kulit yang mengalami dehidrasi tidak memiliki cukup air. Dehidrasi disebabkan oleh banyak faktor eksternal, tetapi yang paling umum adalah cuaca, lingkungan, pola makan, dan konsumsi alkohol, yang semuanya dapat menyebabkan berkurangnya kandungan air di dalam kulit

Percobaan yang bisa dilakukan adalah dengan mencubit pipi. Jika berkerut dan tidak kembali ke bentuknya semula, ini berarti sel-sel kulit kamu membutuhkan air. Kulit yang dehidrasi akan terasa tertarik, terlihat kusam, dan kamu mungkin melihat kerutan bertambah, atau muncul di area yang kamu tidak ingat pernah memilikinya. Biasanya simtom ini datang bersamaan dengan lingkaran hitam yang berlebihan di bawah matamu. Tanda-tanda umum kulit dehidrasi lainnya termasuk kemerahan, hidung tersumbat, dan peradangan.

Kulit kering, sebaliknya, cenderung tidak nyaman, bersisik, dan gatal. Area yang paling parah biasanya di dekat alis dan di sekitar sudut hidung dan mulut. Pada tubuh, area bermasalah yang umum termasuk leher, bagian dalam lengan, dan paha. Kondisi yang parah adalah ketika kamu menggaruk kulit akan terdengar dan serpihan kulit kering mulai berjatuhan.

Langkah 2: Perawatan Pada Kulit Kering Dan Kulit Dehidrasi

Untuk kulit kering, ada sejumlah cara untuk menenangkan kulit (misalnya meningkatkan asupan antioksidan dan mengurangi pengaplikasian acid (seperti AHA dan BHA) dalam rutinitas perawatan kulit.

Dehidrasi di sisi lain adalah cerita yang berbeda. Meskipun hidrasi adalah kunci jika kita menderita kulit dehidrasi, ada beberapa pilihan perawatan di rumah lain yang perlu dipertimbangkan.

Eksfoliasi

Kulit mati yang menumpuk dapat mengurangi penyerapan moisturizer. Eksfoliasi setidaknya dilakukan sekali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga memungkinkan produk skincare yang melembapkan dan membuat kulit terhidrasi, bekerja lebih baik.

PRODUK REKOMENDASI

The Bath Box® Sugar Facial Cleanser

The Bath Box® Sugar Facial Cleanser adalah pembersih wajah yang alami dan bebas dari bahan pengawet. Cleanser ini terbuat dari teh hijau asli yang kaya akan antioksidan dan antiinflamasi. Mengandung butiran gula untuk mengeksfoliasi, kaolin clay, dan High-Linoleic Acid Safflower Oil untuk membersihkan wajah tanpa membuatnya kering, serta perpaduan tea tree, rosemary, dan lavender essential oil untuk mengontrol produksi minyak berlebih.

so natural Red Peel Tingle Serum

Produk ini merupakan masker bilas yang pemakaiannya didiamkan sesaat selama 30-60 detik. Produk ini mampu mengangkat kulit mati tanpa iritasi dengan kandungan AHA BHA yang tepat. Kulit akan menjadi lebih cerah, pori-pori mengecil, dan sebum yang menyebabkan jerawat berkurang

Tambahkan Serum Ke Dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Serum dapat menembus kulit lebih dalam dan lebih cepat. Gunakan serum untuk membuat kulit terhidrasi dan aplikasikan sebelum pelembap apa pun. Gunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid a.k.a asam hialuronat.

Pada dasarnya kulit secara alami menghasilkan hyaluronic acid yang membantu mencegah efek penuaan. Pada kulit yang mengalami dehidrasi, hyaluronic acid akan membantu menahan air di kulit. Nah, dengan menambahkannya melalui perawatan kulit adalah kunci untuk mengatasi dehidrasi.

PRODUK REKOMENDASI

SOMETHINC HYALuronic B5 Serum

SOMETHINC HYALuronic B5 merupakan serum yang diformulasikan untuk menjaga kelembapan kulit, mencegah kulit kusam, dan menjadikan kulit kenyal dan sehat. Mengandung Hyaluronic 2% dan B5 sebagai kandungan utamanya yang berfungsi untuk mencerahkan, melembapkan, menjaga kulit terhidrasi, dan mencegah produksi sebum atau minyak berlebih.

Bloomka Edelweiss + Hyaluronate Facial Hydrating Serum

Ini merupakan serum wajah yang mengandung edelweiss extract dan diperkaya dengan low molecular hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan dan menghidrasi kult yang kering.

Gunakan Pelembap Dengan Kandungan Lebih Rich Di Malam Hari

Meskipun pada saat tidur kita terlindung dari iklim luar yang tidak bersahabat, namun udara kering yang panas atau penggunaan air conditioner menyebabkan kulit kita kehilangan kelembapan secara alami. Gunakan pelembap bebas minyak dan noncomedogenic yang lebih rich di malam hari untuk mengatasi hal ini.

PRODUK REKOMENDASI

Laneige Water Bank Gel Cream

Mengandung hyaluronic acid yang molekulnya sangat kecil sehingga lebih cepat meresap. Kandungan Moisturizing Biogene memproduksi Natural Moisturizing Factor yang bikin pertahanan alami kulit lebih kuat. Hal ini membuat kulit lembap terhidrasi dan lembut sepanjang hari. Lebih bagus lagi kalau kamu pakai produk seri Water Bank lainnya.

COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream

Dengan kandungan hyaluronic acid yang berpadu dengan buckthorn oil, vitamin, dan amino acid untuk menjaga keseimbangan kadar air dan minyak dalam kulit, serta meningkatkan kemampuan reparasi sel kulit. Teksturnya tidak terasa berat meskipun dipakai setelah pengaplikasian beberapa produk skincare lainnya.

Baca Juga: Niacinamide, Hyaluronic Acid, Dan Fermentasi Beras: 3 “It” Ingredients Dalam 1 Brightening Essence Lokal!

Perhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar, Iklim, Dan Cuaca

Perubahan suhu dan kelembapan benar-benar dapat memengaruhi penampilan dan skin behavior. Udara dengan kelembapan rendah dapat menyebabkan kulit mengering dan menjadi gatal, pecah-pecah, dan iritasi. Udara yang kering juga mengencangkan pori-pori, mengurangi sirkulasi, dan mengurangi produksi sebum. Kelembapan rendah, pancuran air panas, dan penggunaan AC juga berkontribusi pada dehidrasi kulit.

Terlalu banyak sinar matahari langsung bisa menyebabkan dehidrasi, jadi penting untuk menggunakan tabir surya.

PRODUK REKOMENDASI

Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion

Brand asal Bali ini mengunggulkan bahan-bahan serbaalami, termasuk untuk produk sunscreen. Mengandung zinc oxide untuk menangkal sinar UV dan mengurangi iritasi, minyak bunga matahari untuk melembapkan kulit dan membuat kulit terhidrasi, serta beeswax sebagai lapisan tahan air. Sunscreen ini lembut bagi kulit dan memberikan perlindungan tinggi dari sinar UVA dan UVB.

Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence

Sunscreen yang diformulasikan SPF 50 PA+++ dengan kandungan 0% alkohol yang ringan dan tidak lengket. Produk ini nyaman digunakan untuk di dalam ruangan karena tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B, namun juga melindungi kulitmu dari bahaya sinar blue light yang datang dari gadget.

Pertimbangkan Memiliki Humidifier

Pertimbangkan untuk meletakkan humidifier di kantor atau rumah untuk menjaga udara cukup lembap apalagi di ruangan yang ber-AC, sehingga kulit tetap terhidrasi dan tidak melepaskan kelembapan ke udara.

Langkah 3: Pemeliharaan Agar Kulit Tetap Terhidrasi

Jika kita membayangkan minum terlalu banyak maka perut akan kembung dan membengkak. Sama halnya yang terjadi dengan kulit. Ketika terhidrasi, sel-sel kulit kita membengkak. Hal ini dapat meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan dan secara umum membuat kulit terlihat tidak terlalu lelah.

Kondisi dehidrasi dapat diperbaiki relatif cepat dengan meminum cairan. Untuk mendapatkan solusi hidrasi yang cepat, simpan face mist yang handy dan mudah dibawa ke mana-mana.

PRODUK REKOMENDASI

Bioderma Hydrabio Brume Soothing Refreshing Water

Formula isotoniknya memungkinkan kita menyemprotkan tanpa harus mengusapnya. Ini merupakan produk yang dapat membantu memperoleh kelembapan lebih lama sekaligus terhindar dari kerusakan epidermis oleh faktor eksternal. Berkat komposisi unik dan D.A.F (Dermatological Advanced Formulation)-nya, efek negatif radikal bebas mampu dicegah secara optimal.

Diperkaya dengan kandungan garam mineral dan sejumlah elemen penting lain di dalamnya, face mist ini pun sangat ideal untuk menetralkan kondisi kulit sensitif dan dehidrasi, dalam memerangi bermacam faktor reaktif. Formulanya juga sudah dipastikan fragrance-free, preservative-free, non-comedogenic, dan hypoallergenic.

Sukin Hydrating Mist Toner

Dengan aroma bunga mawar dan kamomil yang lembut, ini merupakan salah satu face mist terbaik yang dikeluarkan oleh Sukin. Produk ini tidak memiliki kandungan alkohol yang akan memberikan kesan kulit tertarik setelah pemakaian. Produk ini mengombinasikan rose water dan kamomil yang dikenal baik sebagai kandungan untuk menenangkan dan mendinginkan kulit. Apalagi digunakan pada saat beraktivitas di ruangan yang terpapar AC atau saat udara dingin yang membuat kulit rentan kering. Tidak hanya ideal digunakan setelah membersihkan wajah, face mist ini juga dapat diaplikasikan sebagai rangkaian akhir ber-makeup.

Dengan aroma bunga mawar dan kamomil yang lembut, ini merupakan salah satu face mist terbaik yang dikeluarkan oleh Sukin. Produk ini tidak memiliki kandungan alkohol yang akan memberikan kesan kulit tertarik setelah pemakaian. Produk ini mengombinasikan rose water dan kamomil yang dikenal baik sebagai kandungan untuk menenangkan dan mendinginkan kulit. Apalagi digunakan pada saat beraktivitas di ruangan yang terpapar AC atau saat udara dingin yang membuat kulit rentan kering. Tidak hanya ideal digunakan setelah membersihkan wajah, face mist ini juga dapat diaplikasikan sebagai rangkaian akhir ber-makeup.

Selain face mist, pengaplikasian sheet mask atau overnight mask dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi semalaman.

PRODUK REKOMENDASI

Beauty Boss The Rescue Liposomal Seaweed Mask

Produk yang satu ini diformulasikan untuk kulit lelah, mengalami iritasi, dan memiliki tampilan pori-pori yang besar. Manfaat ini didapatkan dari kandungan Watermelon Fruit Extract di dalamnya yang dapat membantu untuk menghidrasi kulit, memberikan sensasi dingin, dan menenangkan pada wajah bahkan ketika tidak diletakkan dalam lemari pendingin sekalipun. Diperkaya pula dengan Niacinamide yang membantu memperkuat lapisan kulit, membantu mengontrol produksi minyak pada wajah, dan menenangkan kulit yang kemerahan akibat paparan sinar matahari ataupun ketika mengalami peradangan. Dengan Seaweed Fiber sebagai bahan lembaran masker, membuat masker ini mudah digunakan sekaligus memastikan pori-pori tetap dapat bernapas. 

Lacoco Watermelon Glow Mask

Lacoco Watermelon Glow Mask merupakan sleeping mask yang dapat melembapkan, melindungi kulit, dan menjadikan wajah lebih cerah dan bercahaya. Diperkaya dengan buah semangka yang memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat memberikan kelembapan yang maksimal bagi wajah agar wajah tetap terhidrasi serta mengandung buah pisang sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan. Dilengkapi dengan lidah buaya, evening primrose, dan rumput laut yang akan memberikan kelembapan secara menyeluruh.

Langkah 4: Menjaga Pola Gaya Hidup Sehat

Menjaga gaya hidup sehat di samping rutinitas perawatan kulitmu, akan membantu mendukung kulit kencang dan bercahaya dan mencegah masalah seperti dehidrasi.

1. Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa menghambat suplai darah ke jaringan kulit, sehingga menyebabkan peradangan dan berbahaya bagi kulit seperti menimbulkan noda hitam, kemerahan, kering, dan dehidrasi. Mengonsumsi alkohol membuat tubuh benar-benar dehidrasi dan memaksa ginjal untuk bekerja dua kali untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Tidak hanya memaksa tubuh untuk terus-menerus buang air kecil, namun cukup sulit untuk mengembalikan keseimbangan air dalam tubuh. Akhirnya, kulit menjadi benar-benar kering dan kehilangan kelembapan alaminya.

2. Hindari Kebiasaan Merokok

Merokok dapat memengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh. Jadi perokok akan lebih sering minum daripada yang lain. Efek jangka panjang dehidrasi itu sendiri adalah bibir kering, kulit kering, dan gangguan saluran kemih.

3. Konsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang

Pola makan yang baik, kebiasaan sehat, dan minum banyak air adalah cara terbaik untuk mendapatkan yang terbaik bagi kulit. Makanlah buah dan sayuran yang kaya air dan asam lemak esensial. Sebaiknya awali hari dengan jus hijau yang terbuat dari seledri, bayam, dan mentimun.

4. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan hal ini ternyata juga membawa dampak positif pada kulit. Saat peredaran darah lancar, tubuh akan menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup bagi kulit. Oksigen dan nutrisi yang cukup akan membuat kesehatan kulit terjaga, terlihat lebih cerah, dan lembap. 

5. Minum Banyak Air

Rekomendasi delapan gelas air per hari adalah rata-rata. Jika aktivitas kita padat dan ditambah dengan olahraga, menyebabkan tubuh membakar lebih banyak air dan menghasilkan keringat lebih banyak. Hal ini akan memperburuk kulit yang mengalami dehidrasi, sehingga tubuh membutuhkan air lebih dari delapan gelas per hari.

6. Tidur Yang Cukup

Hidrasi tubuh dijaga saat tidur. Ketika tidur, kelembapan kulit dikembalikan. Jika kita kurang tidur, tentu saja kulit jadi lebih kering dan kusam. Kerutan juga akan tampak dengan jelas saat kita kekurangan tidur.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

Peptide Dan Probiotic: 2 Actives Yang Mampu Lawan Penuaan

2 anti-aging actives yaitu peptide dan probiotic, ternyata bisa ditemukan di dalam satu produk. Check this article out for details!

Kolaborasi Spesial Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 Guna Meningkatkan Kesadaran Akan Kanker Payudara 🎀

Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka 💄 yang superUwU (✿◕‿◕).

Wardah Scholarship Program Berikan Beasiswa Kepada 100 Mahasiswi Untuk 30 Perguruan Tinggi Di Indonesia🎓!

Daftar Wardah Scholarship Program sekarang dan raih beasiswa sampai lulus 🎓!

2 Perawatan Kulit Praktis Setelah Beraktivitas Di Luar Rumah

Pas banget buat tim #mager kayak kami!

Hydra Rose Series Dari Wardah: Jaga Kelembapan Kulit Selama 72 Jam

Dengan keunggulan utama dari 72 Hours Hydrating Active dan Avalanche Rose Oil pada Wardah Hydra Rose Series, kulit terhidrasi sempurna hingga 72 jam.

Penyuka Pedas, Siap Untuk Lip Gloss 💄 Rasa Sambal 🌶️ Ini?

Tak ada sambal 🌶️, lip gloss 💄 pun jadi!. Ehhh 😕😕😕???

Es Krim Sehat 🍦 Ini Punya Cara Unik Untuk Berkontribusi Dalam Penanggulangan Penyebaran Covid-19 😷!

Enak 🍦, sehat 💪, dan berbagi kebaikan 💕 pula untuk banyak orang!

🐌 Lendir Si Siput 🐌 Untuk Perawatan Area 👁️ Mata 👁️ Kamu!

🐌 Lendir si siput 🐌 untuk perawatan area 👁️ mata 👁️ kamu!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!