Secinta-cintanya kita pada berbagai produk kecantikan termasuk makeup atau kosmetik, ternyata ada pengorbanan besar di balik setiap produksinya. Bayangkan saja, dari data organisasi nonprofit bernama Cruelty Free International, memperkirakan ada sekitar 500 ribu binatang jadi korban uji coba kosmetik di seluruh dunia setiap tahunnya. Wah!
Iya, beberapa produk kecantikan yang kamu gunakan saat ini setiap harinya, bisa jadi termasuk satu di antara banyak produk kecantikan yang diujicobakan dulu kepada binatang untuk mengetes reaksinya. Sebut saja uji coba maskara pada kelinci yang bahkan membuat mata si kecil nan fluffy itu buta. Niatnya sih baik, agar aman digunakan pada manusia. Tapi apa iya harus (terus) sampai segitunya harus membuat binatang sebagai korban?
Ternyata tidak. Setidaknya itu adalah alasan brand The Body Shop menolak uji coba kosmetik pada binatang selama beberapa dekade belakangan ini. Melalui kampanye terbarunya, The Body Shop menggandeng Cruelty Free International untuk sama-sama menyuarakan larangan larangan global terhadap pengujian kosmetik pada binatang terutama terhadap produk dan bahan baku.
Untuk membuatnya menjadi skala yang lebih besar efeknya, The Body Shop dan Cruelty Free International pun membawa kampanye ini sampai ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lho! Wow. That’s a big step. Nantinya PBB akan diminta untuk mengadakan sebuah konvensi internasional untuk larangan uji coba kosmetik pada binatang.
https://www.instagram.com/p/BUyNCE2F61u/?taken-by=thebodyshopindo
Masih ada 80% negara di dunia ini yang belum punya larangan uji coba kosmetik pada binatang, sayangnya Indonesia termasuk di dalamnya. Padahal pengujian pada binatang ternyata tidak pernah divalidasi mengenai keakuratannya dalam menguji keselamatan produk kosmetik dan bahan bakunya.
Beruntungnya kini sudah ada alternatif modern seperti kulit manusia artifisial yang dalam sebagian besar kasus, memiliki tingkat keefektifan yang sama seperti pengujian pada binatang dan telah divalidasi oleh pihak berwenang. So, no animals will be harmed.
Jika sekelas perusahaan kecantikan bisa ikut menyayangi binatang dengan mengganti proses uji coba kosmetik, lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai penggunanya? Hal yang paling mudah adalah dengan ikut mendukung kampanye ini. Kamu bisa ikut menandatangani petisi secara online atau datang langsung ke beberapa outlet The Body Shop di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Targetnya, 8 juta tanda tangan dari seluruh orang di dunia.
Mengingat ini adalah langkah yang baik, jangan lupa juga sebar hashtag #ForeverAgainstAnimalTesting di media sosial untuk meningkatkan kesadaran terhadap masalah ini. Biar semua orang tahu soal larangan uji coba kosmetik pada binatang. Semua orang harus tahu.
Kami berdoa semoga nantinya di masa depan satu per satu perusahaan kecantikan yang ada di dunia ini mulai beralih dengan tidak lagi mengujicobakan produk mereka pada binatang. Mari kita sama-sama bilang: amin.