Home Editor's Picks Apa Yang Membuat Hyaluronic Acid Menguntungkan Bagi Kulit?

Apa Yang Membuat Hyaluronic Acid Menguntungkan Bagi Kulit?

Hyaluronic acid (HA) adalah zat alami yang diproduksi di dalam kulit, yang dikenal karena kemampuannya yang menakjubkan untuk menarik dan menahan kelembapan 1000 kali beratnya. Kandungan ini bekerja lembur dengan mengisi kembali kulit untuk meningkatkan tampilan dan rasa yang sehat dan kenyal.

HA

Hyaluronic acid, meskipun agak sulit untuk dikatakan (dan bahkan lebih sulit dieja), merupakan bahan perawatan kulit, yang biasa ditemukan dalam serum favorit, masker, dan pelembap, atau bisa merupakan booster penting untuk perawatan kulit harian. Itu karena HA adalah molekul yang terbentuk secara alami di kulit, mengikat air untuk membuat kulit kenyal dan memberikan efek lembap dan bersinar. Tetapi hyaluronic acid tidak sekadar meningkatkan tingkat kelembapan kulit loh! Let’s dig deeper to know more!

Apa Itu Hyaluronic Acid?

Dalam dunia perawatan kulit, beberapa bahan aktif yang populer akan datang dan pergi. Penelitian menunjukkan bahwa HA bukan hanya tren, sebaliknya ini adalah salah satu bahan perawatan kulit terbaik yang dapat digunakan.

HA adalah glikosaminoglikan, nama mewah untuk zat penting yang terjadi secara alami yang merupakan bagian dari matriks pendukung sel kulit baru. Sebagai glikosaminoglikan utama di kulit, HA bekerja untuk menjaga setiap aspek kulit tetap stabil, terlindungi, dan terus diperbarui. HA alami ini terikat pada kolagen di satu sisi dan terhubung ke molekul air di sisi lain, yang membuat kulit kenyal.

Baca Juga: Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

HA juga merupakan humektan, yaitu kategori bahan perawatan kulit yang bersifat higroskopis, artinya menarik kelembapan dari sekitarnya. Humektan sering ditemukan dalam pelembap berbahan dasar air, serum, dan produk perawatan kulit tanpa bilas lainnya karena kemampuannya untuk membantu meningkatkan hidrasi untuk semua jenis kulit, yang sangat bermanfaat untuk kulit kering dan dehidrasi. Ini membantu mengikat air ke kolagen, menjebaknya di kulit, sehingga kulit tampak lebih kencang, lebih lembap, dan lebih terhidrasi.

Baca Juga: Peptide Dan Probiotic: 2 Actives Yang Mampu Lawan Penuaan

Selain itu HA juga merupakan postbiotik, yang merupakan bahan yang secara alami terjadi saat probiotik yang ditemukan dalam mikrobioma kulit telah rusak. Para peneliti percaya bahwa sinergi dengan kulit ini adalah alasan lain pengaplikasian HA menghasilkan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda: memperkuat dan membantu membangun kembali mikrobioma unik pada kulitmu.

Bagaimana Hyaluronic Acid Membantu Kulit Kering Dan Dehidrasi?

Keajaiban HA terletak pada kemampuannya untuk mengisi kembali kelembapan. Satu gram (atau 0,03 oz.) HA dapat menampung hingga enam liter air. Yang lebih mengesankan adalah bahwa HA dapat melakukan hal ini untuk kulit tanpa merusak dan memberi kulit terlalu banyak air.

Hyaluronic acid dapat meningkatkan kadar kelembapan dengan sangat tinggi. Kandungan ini juga merevitalisasi lapisan permukaan luar kulit, sehingga terlihat dan terasa lebih lembut, halus, dan terhidrasi secara cerah. Ini memperbaiki tampilan garis halus dan kerutan secara cepat.

Peranan Antipenuaan Dari Hyaluronic Acid

Aging Skin

Karakteristik pengikat kelembapan hyaluronic acid sangat penting dalam hal penuaan kulit. Saat kita masih muda, kulit kita dapat menahan air dan mempertahankan kelembapan dalam jumlah yang seimbang. Tetapi kemampuan ini hilang seiring bertambahnya usia. Hasilnya adalah hilangnya kekencangan, kelenturan, dan tampilan kekenyalan yang berkurang (halo kerutan 👴🏻👵🏻!! ). Sederhananya, HA memiliki sifat antipenuaan yang kuat.

Paparan sinar matahari yang tidak terlindungi dan serangan lingkungan dapat melemahkan permukaan kulit dan menyebabkan penuaan dini. Kita sangat berharap BeautyBabes sudah tahu bahwa penggunaan tabir surya broad spectrum setiap hari dan menghindari bahan-bahan perawatan kulit yang keras adalah suatu keharusan untuk memerangi hal-hal ini. Tetapi yang mungkin tidak diketahui adalah bahwa sifat antioksidan dan penyegaran kulit dari HA sangat membantu dalam mengurangi masalah tersebut juga (terutama bila digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit antipenuaan lengkap bersamaan dengan bahan-bahan actives lain yang didukung penelitian). Itulah yang kami sebut bahan antipenuaan multitasking!

Baca Juga: UVA Dan UVB, Ketahui Semua Hal Tentang Ultraviolet Agar Kulit Terhindar Dari Efek Buruknya

Kelebihan Hyaluronic Acid Dibandingkan Actives Lain

HA Illustration Image

Alasan industri kecantikan sangat menyukai HA terletak pada kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan. Penelitian telah membuktikan bahwa hyaluronic acid sangat bagus dalam mengikat molekul air, menjadikannya faktor kunci dalam mempertahankan kelembapan kulit. Kurangnya kelembapan adalah salah satu penyebab utama penuaan kulit, itulah sebabnya bahan ini sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Beberapa keuntungan penggunaan HA antara lain:

  • Mempertahankan kelembapan: HA membantu mengisi dan menahan kelembapan sel, membuat kulit lembap dan kencang.
  • Mengurangi munculnya kerutan dan tanda-tanda penuaan: Karena kulit yang mengalami dehidrasi adalah salah satu penyebab utama kerutan, HA menggantikan kelembapan yang hilang dan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus.
  • Menyerap dengan cepat: Tidak seperti beberapa produk perawatan kulit, HA cepat terserap ke dalam kulit. Ini artinya potensi kehilangan HA yang telah diaplikasikan akan lebih sedikit.
  • Tidak menyebabkan iritasi: Umumnya HA tidak menyebabkan iritasi dan aman digunakan pada semua jenis kulit.
  • Tersedia tanpa resep dokter: Tidak seperti beberapa bahan perawatan kulit lain, produk HA tersedia di sebagian besar toko kecantikan dan obat.
  • Beragam bentuk penggunaan: HA dapat digunakan secara topikal, disuntikkan, atau dikonsumsi sebagai suplemen, ada banyak pilihan tentang bagaimana dan kapan menggunakannya.
  • Injeksi jangka pendek: Ketika digunakan sebagai filler, HA dapat bertahan sekitar satu tahun. Ini akan larut secara alami, artinya kita tidak harus mengeluarkan filler-nya ke dokter.
  • Pilihan yang aman untuk digunakan sebagai filler: Karena komposisi HA sangat erat kaitannya dengan zat dalam tubuh kita, ia bekerja dengan baik sebagai filler yang tidak menyebabkan risiko iritasi yang tinggi. HA juga dapat menambah volume ke area seperti bibir dan pipi, yang secara alami kehilangan volume dari waktu ke waktu.

Hyaluronic Acid Dan Sodium Hyaluronate

Selain hyaluronic acid, kamu mungkin pernah melihat sodium hyaluronate yang memiliki nama serupa pada daftar bahan produk perawatan kulit. Tidak mengherankan, kedua bahan ini saling terkait. Sodium hyaluronate adalah garam yang berasal dari HA. Sodium hyaluronate bermanfaat sama seperti hyaluronic acid untuk kulit, tetapi dengan satu keuntungan ekstra yaitu kulit lebih mudah menyerapnya daripada HA.

Apakah itu berarti sodium hyaluronate lebih baik daripada hyaluronic acid? Tidak juga! Faktanya, adalah sangat bagus jika produk seperti pelembap dan krim HA mengandung kedua bentuk bahan tersebut, sehingga kulitmu dapat memperoleh manfaatnya di berbagai tingkatan. Ada beberapa produk di pasaran yang mengandung kedua bahan tersebut, tetapi karena HA lebih mahal, sodium hyaluronate lebih sering muncul dalam produk perawatan kulit.

Yang perlu dicatat adalah beberapa produk skincare menggunakan apa yang disebut HA “low molecular weight”, yang memiliki molekul lebih kecil daripada HA biasa. Molekul HA biasa berukuran lebih besar, yang menjelaskan mengapa ini tetap berada di permukaan kulit. Membuat HA lebih kecil dapat menjangkau lebih jauh pada lapisan permukaan kulit untuk tampilan yang lebih baik.

Siapa Yang Harus Menggunakan Hyaluronic Acid?

Hyaluronic acid sangat bagus untuk semua jenis kulit. Kandungan ini tidak menyebabkan iritasi dan tidak memicu reaksi jerawat, rosasea, atau alergi pada kulit. Mereka yang memiliki kulit kering dan/atau mature skin akan mendapat manfaat maksimal dari penggunaan HA. Seiring bertambahnya usia, tubuh kita memproduksi lebih sedikit, jadi mengaplikasikan HA secara topikal akan berdampak paling besar pada kita yang berusia paruh baya dan lebih tua.

Hyaluronic acid memang memiliki kata “acid” dalam namanya, tetapi tidak ada alasan bagi jenis kulit sensitif untuk tidak menggunakannya. Tidak ada efek samping yang diketahui dari penggunaan hyaluronic acid, karena asam ini diproduksi dalam tubuh kita. Konsultasilah dengan dokter jika kamu mengalami efek samping dari kandungan ini, karena bisa jadi ini disebabkan oleh bahan aktif atau tidak aktif lainnya pada produk skincare yang diaplikasikan.

Cara Menggunakan Hyaluronic Acid Dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Skincare Regimen

Produk perawatan kulit sering kali menyertakan humektan ini dalam formulasi pelembap, serum, toner, dan masker wajah. Sehingga kita memiliki berbagai cara untuk menambahkan hyaluronic acid ke dalam rutinitas perawatan kulit.

Hyaluronic acid sangat lembut dan sangat membantu untuk semua jenis kulit, bahkan kulit yang paling sensitif dan rawan kemerahan. Faktanya, pengaruh positifnya pada permukaan kulit sebagian karena manfaat alaminya yang menenangkan, yang berarti juga cocok untuk kulit yang rentan berjerawat. Kandungan ini cukup lembut bahkan untuk mereka yang memiliki kulit rawan eksem dan rawan rosasea.

Hyaluronic acid cocok untuk semua jenis kulit. Oleskan langsung ke kulit setelah pembersihan, toning, dan eksfoliasi, atau campurkan ke dalam serum atau pelembap favorit kamu. Hyaluronic acid dapat dioleskan dua kali sehari secara topikal, pada pagi dan malam hari selama rutinitas perawatan kulitmu, tetapi hyaluronic acid yang disuntikkan dan suplemen hyaluronic acid, harus diberikan oleh dokter.

Actives lain Yang Dapat Diaplikasikan Bersamaan Dengan HA

Dalam peranannya menghidrasi kulit HA sering kali dipasangkan dengan vitamin B5 yang juga dikenal dengan sebutan pantothenic acid. Dalam produk skincare biasanya turunan pantothenic acid, seperti d-panthenol, dl-panthenol, atau dexpanthenol yang sering kita temukan dalam daftar kandungan dalam produk perawatan kulit.

Untuk meningkatkan peranan anti-aging dan menguatkan skin barrier, HA diformulasikan dengan retinol, ceramides, dan peptide. Selain itu HA juga dapat mengurangi efek kering dari retinol. Namun, jika ingin mendapatkan kulit yang bercahaya, cerah, dan halus dalam perawatan kulit, HA dan sodium hyaluronate dapat ditambah dengan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit seperti niacinamide, vitamin C, ataupun glycolic acid.

Suplemen Oral Hyaluronic Acid

Suplemen Oral

Bagaimana dengan suplemen hyaluronic acid? Apakah asupan oral memberikan hasil yang terlihat? Ternyata asupan oral hyaluronic acid dapat sampai ke kulit, yang membantu lapisan bawah mempengaruhi apa yang terjadi dan menjadi terlihat di permukaan kulit. Jumlah 120-150 miligram per hari telah terbukti meningkatkan hidrasi kulit, membantu pengangkutan nutrisi pada kulit, meningkatkan elastisitas secara nyata, dan melengkapi hasil penghalusan kerutan yang diberikan oleh hyaluronic acid topikal.

Fakta menarik, seiring bertambahnya usia, kandungan hyaluronic acid alami kulit kita menurun drastis. Orang yang berusia antara 19 dan 47 tahun memiliki hyaluronic acid dua kali lebih banyak di kulit mereka dibandingkan dengan mereka yang berusia 50-an dan 60-an. Seiring bertambahnya usia kita, di usia 70-an jumlah itu semakin turun, membuat suplemen hyaluronic acid semakin penting, karena membantu menggantikan apa yang hilang pada kulit seiring berjalannya waktu (dan tentu saja, kerusakan akibat sinar matahari yang secara kumulatif mempercepat proses ini dan proses penuaan kulit lainnya).

Injeksi HA

Injection Filler

Hyaluronic acid juga dapat digunakan dalam bentuk injeksi. Dalam skin filler, hyaluronic acid hadir sebagai produk seperti gel yang setelah disuntikkan akan menarik air untuk meregenerasi volume, dan menciptakan kembali struktur kulit yang hilang. Hal ini nantinya akan membantu mengurangi keseluruhan tampilan wajah yang cekung atau kendur dan melembutkan tampilan garis dan kerutan secara keseluruhan.

Saat ini, satu-satunya pengisi hyaluronic acid yang disetujui oleh Food and Drug Administration Amerika Serikat adalah Restylane, Restylane Silk, Restylane Lyft, Restylane Refyne, Restylane Defyne, Belotero, Juvederm, Voluma, Volbella, dan Vollure. Filler ini dapat digunakan untuk lipatan nasolabial, garis marionette (lipatan yang membentang secara vertikal dari sudut mulut hingga ke dagu), augmentasi pipi, undereyes, bibir, dan punggung tangan.

Jenis filler dapat bervariasi, jadi penting untuk mendiskusikan pilihan kamu dengan dokter kulit untuk memastikan kamu mendapatkan yang hasil yang tepat. Berbagai jenis filler hyaluronic acid bagi dokter kulit kosmetik sama seperti berbagai jenis kuas cat bagi seorang pelukis. Mereka terbuat dari bahan yang sama, tetapi tergantung pada ukuran molekul formula dan bagaimana mereka dirangkai, yang akan menghasilkan hasil yang bervariasi dalam hal kepadatan, kemampuan untuk mengangkat, dan daya tahan yang diberikan.

Produk Skincare Dengan Kandungan HA

Skincare Routine

Ini dia rekomendasi enam produk lokal dan enam non-local dengan kandungan HA yang bisa kamu tambahkan ke dalam skincare regimen kamu, agar kamu tidak perlu bingung lagi memilih teman baik yang sesuai dengan kebutuhanmu dan kulitmu.

Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea

Moisturizing serum ini memadukan kandungan Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% yang berfungsi optimal untuk meningkatkan kelembapan kulit dan Green Tea yang mampu menjaga kulit dengan kandungan tinggi antioksidan dari green tea. Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea Advanced Moisturizer ini cocok digunakan setiap hari oleh semua kondisi kulit, terutama untuk mengatasi kulit kering.

Whitelab Hydrating Face Essence

Whitelab Hydrating Face Essence ini diformulasikan dengan kandungan Prebiotik, Galactomyces Ferment Filtrate yang berperan penting untuk memberi kelembapan ekstra pada kulit, meningkatkan kekenyalan kulit, dan mencerahkan kulit. Dilengkapi juga dengan Hyaluronate sehingga kulit wajah akan tampak kenyal dan lembap sepanjang hari. 

Votre Peau Vitamin C Serum Pour Maharis

Serum ini memiki tiga kandungan acid di dalamnya, yaitu Hyaluronic Acid, Tranexamic Acid, dan Ethyl Ascorbic Acid. Serum ini mampu melembapkan kulit, menghambat pembentukan melanin yang dapat membuat kulit terlihat kusam, dan membuat kulit terlihat lebih lembut, halus, dan segar. Serum ini juga bisa digabungkan dengan perawatan kulit lain, karena pH-nya sesuai dengan fisiologi alami kulit.

Baca Juga: Niacinamide, Hyaluronic Acid, Dan Fermentasi Beras: 3 “It” Ingredients Dalam 1 Brightening Essence Lokal!

True to Skin Hyaluronic Acid – Hydrating Serum

Serum ini memiliki kandungan generasi terbaru dari Oligo Sodium Hyaluronate yang disebut juga Mini HA™️. Mini HA™️ ini memiliki kemurnian yang jauh lebih tinggi daripada HA umum lainnya yang dapat menghasilkan iritasi kulit yang lebih rendah, penyerapan transdermal yang lebih dalam, efek melembapkan yang lebih baik, dan mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.⁣

SOMETHINC Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Merupakan moisturizer gel yang telah terbukti secara klinis yang diperkaya dengan 9 powerful clean supercharged ingredients, yang beberapa di antaranya adalah Ceramide, Peptide, Hydrolyzed Marine Collagen, dan miniHA™(Hydrolyzed Sodium Hyaluronate). Hydrolyzed Marine Collagen dapat menyerap 1,5 kali lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan jenis kolagen lainnya untuk menghidrasi, menyegarkan, dan memperkuat skin barrier. Sehingga kulit terjaga kelembapannya selama 18 jam, lebih plump, dan lebih sehat.

Wardah Hydra Rose Micro Gel Serum

Wardah Hydra Rose Micro Gel Serum ini memilki kandungan sodium hyaluronate sebagai 72 hours hydration active yang mampu menghidrasi kulit dan Rose Oil yang dapat mengunci dan menjaga kelembapannya. Serum ini juga diperkaya dengan butiran HydraMoist Micro Gel. Gel lembut ini mampu melebur ke setiap lapisan kulit terdalam sehingga dapat memberikan kelembapan ekstra sepanjang hari.

Baca Juga: Hydra Rose Series Dari Wardah: Jaga Kelembapan Kulit Selama 72 Jam

Klairs Fundamental Water Gel Cream

Kandungan 63,7% Ekstrak Daun Camellia Sinensis di dalam Klairs Fundamental Water Gel Cream ini mampu memberikan efek menenangkan dan mencerahkan kulit, merupakan perawatan antioksidan yang efektif, dan juga mampu mengunci kelembapan pada kulit. Diperkaya juga dengan kandungan Hydrolyzed Hyaluronic Acid sebagai humektan yang mampu memberi hidrasi bagi kulit.

NEUTROGENA® Hydro Boost™ Capsule in Serum

NEUTROGENA® Hydro Boost™ Capsule in Serum 30 ml ini mengandung antioksidan yang tersimpan dalam butiran kapsul sehingga kemurniannya terjaga hingga saat pemakaian. Antioksidan ini menjaga kekuatan lapisan kulit dan melindungi kulitmu dari kekeringan. Serum ini juga memiliki moisture sensor complex sebagai kandungan andalan yang dapat meningkatkan kelembapan kulit saat kulitmu membutuhkannya sambil membantu memperbaiki dan membentuk kembali lapisan pelindung kulit untuk menjaga kelembapan di dalamnya.

Clinique Moisture Surge™ Hydrating Supercharged Concentrate

Di dalam Clinique Moisture Surge™ Hydrating Supercharged Concentrate terdapat kandungan hyaluronic acid serta activated aloe water yang bisa menjaga kulit tetap terhidrasi selama 72 jam penuh. Dengan begitu, kulit dapat terlihat lebih sehat dalam waktu yang singkat. Di samping itu, produk ini juga dapat meredakan stres kulit dan mencegah penuaan dini. 

Kiehl’s Ultra Facial Oil-Free Gel Cream

Pelembap dengan tekstur gel untuk kulit normal hingga berminyak ini memiliki efek mendinginkan untuk menyegarkan kembali sekaligus melembapkan kulit hingga 24 jam dan mengurangi kadar minyak berlebih. Pelembap ini cepat menyerap, dapat membantu mengurangi kilau dan menyamarkan pori-pori untuk kulit yang tampak terhidrasi, segar, dan seimbang. Dengan Glacial Glycoprotein yang berfungsi untuk memberikan hidrasi dan menjaga kelembapan kulit dan Micronize Amino Acid yang membantu mengurangi produksi minyak berlebih, mengurangi kilap, dan menyamarkan pori-pori.

Baca Juga: Ini Dia Krim Yang Menghidrasi Dan Bebas Kilap Untuk Kulit Berminyak

BIODERMA Hydrabio Sérum

Serum yang memberikan kelembapan seketika yang tahan lama. Dikembangkan di labotarium penelitian BIODERMA, Aquagenium paten biological menemukan Hyrabio Sérum melatih kulit untuk mengaktifkan kemampuan kelembapan alami dengan merangsang produksi aquaporins, saluran air di kulit, dan mempertahankan kebutuhan air agar seimbang.

COSRX Hydrium Triple Hyaluronic Water Wave Sheet Mask

Hydrium Triple Hyaluronic Water Wave Sheet Mask merupakan sheet mask yang mampu mengatasi kondisi kulit yang sedang dehidrasi. Dengan kandungan tiga jenis hyaluronic acid, untuk memberikan dan mengembalikan kelembapan kulit.

Baca Juga: Bintang Korea Kim Soo Hyun Bagi-Bagi 6 Rahasia Kulit Glowing-nya ✨!

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

METAL DX, Netralkan Metal Dalam Rambut Agar Hasil Pewarnaan Sesuai Ekspektasi

Metal DX, rangkaian produk terbaru L’Oréal Professionnel untuk mendapatkan hasil pewarnaan rambut, #MeetYourHairExpectation. Bagaimana bisa??!!

Sociolla Luncurkan Laman Khusus “The Active Ingredients Guide” Buat Bantu Memilih Produk Skincare Berbahan Aktif Yang Paling Sesuai

Bebaskan 😱 "horor" dan kebingunganmu 🤔 akan berbagai bahan aktif dalam skincare, sekarang juga!

Dua Varian Baru Joylab Matcha Series Yang Match Dengan Kebutuhan Kulitmu!!

Kini Gotta Matcha Hydrating Cleanser punya teman baru melengkapi Joylab Matcha Series yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kulitmu!!

Shopee 9.9 Super Shopping Day, Pesanan Produk UMKM, Termasuk Produk Kecantikan, Meningkat Hingga 6 Kali Lipat!!

Jumlah pesanan produk UMKM meningkat hingga 6 kali lipat dibandingkan hari biasa pada Shopee 9.9 Super Shopping Day.

Yuk, Kembali Segarkan Jiwa Dengan Mengunjungi Destinasi Yoga Di tiket.com!!

Untuk berwisata mindfulness, tiket.com memiliki beragam opsi destinasi yoga berkelas dunia di tanah air. Kira-kira di mana saja ya?

Brand Kecantikan Korea Supergemoy 💄 Ini Jadi Bintang 🌟 Pada Festival Shopee 9:9 Super Shopping Day!

Kenalan yuk sama barenbliss (BNB), brand kecantikan Korea supergemoy 💄!

Menu 🍜 🥬 🥣 Sehat Dalam Festival Kuliner Daring #PejuangLokal Blibli Yang Ikut Pecahkan Rekor MURI!

Lafeerrr 😋? Cek nih rekomendasi menu 🍜 🥬 🥣 sehat dalam festival kuliner daring #PejuangLokal Blibli yang ikut pecahkan rekor MURI!

REVIEW: Scarlett Whitening Body Care Series – Perfect Coffee Edition

Simak pengalaman BeautyBeat menikmati kopi dengan menggunakan rangkaian body care dari Scarlett Whitening Perfect Coffee Edition di sini!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!