Home Review REVIEW: SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

REVIEW: SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Halo BeautyBabes, here it comes another calming and soothing product with mugwort, SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask. Mugwort yang populer sebagai kandungan skincare yang memiliki manfaat anti infllammation dan anti irritant ini, dianggap dapat menggantikan centella asiatica (cica) untuk meredakan kulit yang sedang tantrum akibat jerawat dan peradangan.

Baca Juga: Mugwort, Dapatkah Menggantikan Centella Asiatica?

Seperti centella asiatica, mugwort yang memiliki nama latin Artemisia ini memiliki sifat anti-inflamasi yang menjadikannya mampu mengatasi masalah kulit kering, kemerahan, beruntusan, dan kulit sensitif. Selain itu, mugwort juga kaya antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu proses produksi kolagen untuk menjadikan kulit terlihat glowing. Sedangkan kandungan Vitamin E yang ada di dalamnya dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Kandungan anti-bacterial pada mugwort juga berfungsi untuk membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat, sementara anti-inflamasi dan efek menenangkan yang dimiliki dapat meredakan jerawat yang tengah meradang.

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini hadir tidak hanya dengan kandungan mugwort, tetapi juga dengan beberapa hero ingredients lainnya yang dapat meredakan iritasi akibat jerawat, membersihkannya, dan mencegahnya datang kembali, seperti Salicylic Acid, Centella Asiatica, Niacinamide dan Montmorillonite.

Baca Juga: REVIEW: SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Disini saya akan berbagi pengalaman saya mencoba produk ini, manfaat apa yang dirasakan dari clay mask ini, dan apakah sesuai dengan klaim produknya! So, without any further ado, let’s move on to my review BeautyBabes!!

THE PRODUCT CLAIM

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask BeautyBeat Review
SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask BeautyBeat Review

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini diformulasikan dengan Mugwort, sebagai ingredients yang populer di Korea untuk mengatasi jerawat. Selain itu clay mask ini juga mengandung bahan aktif lainnya seperti Niacinamide, Salicylic Acid, dan juga Centella yang dapat mengontrol produksi sebum, membersihkan pori-pori secara mendalam, membersihkan komedo, dan menenangkan kulit yang sedang meradang.

Kandungan hero ingredients yang dapat ditemukan pada SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini antara lain:

  • Mugwort, memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk membersihkan & menenangkan kulit. Skin barrier kulit akan selalu terjaga dan mengecilkan pori-pori.
  • Salicylic Acid, membantu membersihkan pori-pori tersumbat, mengontrol minyak berlebih, dan mengurangi peradangan.
  • Centella Asiatica, menenangkan wajah yang inflamasi dan juga membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.
  • Niacinamide, memiliki sifat anti-inflamasi dan oil control sembari membantu mencerahkan wajah.
  • Montmorillonite, merupakan salah satu jenis bahan dasar masker dari Perancis yang secara efektif dapat meredakan jerawat dan mengontrol sebum tanpa membuat kulit terasa kering.

Clay mask ini hadir dengan kandungan yang aman, yang alcohol free, SLS free, paraben free, mineral oil free, vegan friendly, dan cruelty free.

OUR THOUGHTS

THE PACKAGING

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask BeautyBeat Review
SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask BeautyBeat Review

Clay mask ini hadir dengan kemasan jar yang terbuat dari material plastik dengan desain simpel dan modern dan tutup berwarna putih khas SKINTIFIC. Kemasannya yang transparan memudahkan kita untuk melihat seberapa banyak produk yang tersisa di dalamnya. Tidak perlu takut pecah, karena produk ini dikemas dengan material plastik yang ringan, travel friendly dan tidak bulky. Saya cukup terkejut karena dengan kemasan packaging-nya yang ringkas, di dalamnya ternyata berisi produk yang cukup banyak dengan berat 55 gram. Dan yang terpenting di bawah jar-nya juga tertera tanggal kedaluwarsa dari produknya. SKINTIFIC juga menyertakan spatula yang sekaligus berfungsi sebagai aplikator di dalam box-nya.

Label pada kemasan box-nya menjelaskan semua informasi penting yang dibutuhkan, baik itu nama produk, kandungan utama, manfaat, cara pemakaian, dan full ingredients. Selain itu juga terdapat pula dengan QR Code BPOM, expiry date dan umur produk setelah kemasan dibuka, terkait dengan keamanan produk ini dan untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen. Jadi kalian tidak perlu ragu lagi dengan produk dari SKINTIFIC.

Selain itu pada kemasan box-nya juga dijelaskan mengenai TTE™️ (Trilogy Triangle Effect) Patented Technology, yang merupakan kombinasi tepat dari tiga bahan aktif Mugwort, Niacinamide, dan Salicylic Acid di dalam SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask, yang mampu memberikan efek hidrasi dan menenangkan kulit secara intensif dan memberikan proteksi terhadap skin barrier secara efektif.

THE TEXTURE AND FORMULA

Walaupun memiliki kandungan clay dari montmorillonite di dalamnya, teksturnya terasa seperti cream yang soft, lembut, dan tidak padat layaknya clay. Hal ini membuat produk ini sangat mudah untuk diratakan ke permukaan kulit tanpa perlu ditekan, tidak seperti masker dengan formula clay pada umumnya.

Setelah diratakan, produk ini terasa ringan di kulit dan tidak meninggalkan kesan kulit tertarik dan kencang saat produknya mulai mengering. Bahkan setelah kering sempurna dalam 10 menit, kesan overly tight dari clay mask biasa, ternyata tidak saya rasakan pada produk ini. Totally different experience!!

Produk ini butuh waktu untuk benar-benar hilang saat dibilas dengan air seperti clay mask pada umumnya, tetapi tidak meninggalkan kesan kering dan kencang seperti tertarik. Masker ini justru menyisakan rasa lembap, kenyal, dan lembut saat kulit disentuh setelahnya.

THE SCENT

Clay mask ini memiliki aroma khas acne spot treatment yang cukup kuat, yang mungkin akan membuat sebagian orang tidak nyaman saat pengaplikasian selama 15-20 menit, tetapi tidak bagi saya pecinta aroma herbal.

THE INGREDIENTS

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini menggunakan bahan dasar montmorillonite. Ini merupakan jenis tanah liat yang awalnya ditemukan di sebuah desa di Prancis, yaitu Montmorillo. Montmorillonite dalam produk skincare digunakan karena daya penyerapannya yang ajaib. Clay ini sangat baik dalam menyerap sebum dan kotoran pada kulit dengan cepat dan bahkan mungkin membantu dalam mengobati beberapa ruam atau iritasi kulit. Karena daya serapnya ini, montmorillonite bisa menimbulkan efek kering pada kulit.

Tetapi tidak perlu khawatir BeautyBabes, karena clay mask ini juga memiliki kandungan humectant dari Glycerin, Sodium Hyaluronate, Mugwort, dan Centella Asiatica yang membantu menjaga hidrasi pada kulit. Di dalamnya juga terdapat Opuntia Ficus-Indica Stem Extract yang berasal dari Prickly Pear, kaktus asli Meksiko yang terkenal dengan sifatnya yang menenangkan dan menghidrasi.

Di dalam clay mask ini juga terdapat beberapa jenis ceramide yang berfungsi sebagai emolien, yang mengisi ruang atau celah di antara sel-sel kulit yang tidak memiliki lipid moisturizer dan memberikan efek kulit yang lembut dan halus seketika, serta terhidrasi dengan lebih baik. Selain itu terdapat juga Oryza Sativa Bran Oil dari dedak padi, sebagai natural emollient yang merupakan minyak yang benutrisi dan pelembap yang kaya akan vitamin E.

Baca Juga: Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

Di dalamnya juga ditemukan kandungan Allantoin dan Bisabolol yang umum dikenal sebagai soothing ingredient. Tidak hanya menenangkan kulit yang sedang tantrum akibat jerawat, Allantoin juga dapat melembutkan dan melindungi kulit serta dapat mempercepat penyembuhan luka. Sedangkan Bisabolol merupakan salah satu bagian aktif dari Chamomile, yang mengandung sekitar 30% bisabolol. Cairan berminyak bening ini digunakan dalam perawatan kulit sebagai bahan anti-inflamasi dan menenangkan yang baik.

Walaupun produk ini hanya menyebutkan mugwort pada namanya, SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask memiliki kandungan bioactives lain sebagai soothing ingredient-nya, yaitu Cica. Centella Asiatica – atau gotu kola atau pegagan seperti orang biasa menyebutnya – telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun. Ini secara tradisional digunakan untuk memperbaiki luka kecil, luka bakar dan goresan dan juga merupakan agen anti-inflamasi yang terkenal untuk mengatasi eksim. Sedangkan Mugwort atau Artemisia, adalah salah satu herbal kuat yang sejak dulu khasiat penyembuhannya sangat cocok untuk jenis kulit sensitif, rawan jerawat, dan kering. Bahan ini penuh dengan vitamin E dan antioksidan lain yang melindungi, menutrisi, dan melembapkan kulit. Antioksidan ini juga sangat baik untuk kulit yang menua. Ini dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Tanaman ini secara keseluruhan memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kulit!

Baca Juga: Mugwort, Dapatkah Menggantikan Centella Asiatica?

Clay mask ini juga memiliki kandungan Niacinamide sebagai cell-communicating ingredient, anti-acne, dan juga merupakan humectant. Turunan dari vitamin B3 ini merupakan skincare superstar populer yang multi fungsi, yang sudah terbukti sebagai kandungan anti-aging, skin lightening, anti-inflammatory, dan dapat memperbaiki skin barrier.

Berbicara tentang skin barrier, clay mask ini juga memiliki kandungan Lactobacillus ferment yang mampu menjaga keseimbangan skin microbiome dan memperkuat pertahanan skin barrier. Probiotik ini memberikan pasukan yang melindungi kulit dan membantu memerangi serangan dari lingkungan sekaligus sebagai enzim yang memperbaiki DNA sel kulit.

Selain antioksidan yang didapatkan dari cica, mugwort, dan Oryza Sativa Bran Oil, kandungan antioksidan dari clay mask ini juga didapatkan dari Zingiber Officinale (Ginger) Root Extract Ekstrak. Ekstrak akar jahe diperlukan dalam perawatan kulit karena mengandung komponen aktif biologis yang disebut gingerol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Apabila ini dikombinasikan dengan Bisabolol, keduanya bekerja secara sinergis untuk menenangkan kulit dan menghilangkan kemerahan.

Di dalam clay mask ini juga terdapat Sophora Flavescens yang merupakan lightening agent, karena memiliki kemampuan yang kuat untuk menghambat tirosinase, yang merupakan enzim kunci dalam pembentukan melanin. Ini penting untuk membantu memudarkan hiperpigmentasi paska inflamasi yang muncul akibat jerawat yang biasa kita kenal dengan PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation).

Baca Juga: Pentingnya Antioksidan Untuk Kesehatan Kulit

Dan terakhir di dalam clay mask ini juga terdapat Salicylic Acid (SA) sebagai anti acne, exfoliant, dan soothing ingredient. Dibanding saudaranya AHA yang water soluble, SA dapat larut dalam lemak dan bisa langsung masuk ke pori-pori dan melepaskan sel-sel kulit mati yang terjebak di dalamnya. Ini penting untuk mengatasi komedo serta mencegah pembentukan jerawat. Selain itu, SA adalah anti-inflamasi yang kuat. Struktur kimia SA sangat mirip dengan aspirin, dan memiliki efek anti-iritasi dan anti-inflamasi yang serupa dan ini bisa membantu dalam mengatasi jerawat dan rosacea.

Wow, I’m truly amazed with all ingredients inside this clay mask. You’ve got a clay mask with both serum and moisturizer benefit inside, like antioxidant, skin brightening, moisturizing (both humectant and emollient), and of course the benefit of anti acne, exfoliant, and soothing to beat acne and redness. Let’s get this clay mask an ovation, BeautyBabes!👏🫡 🙇‍♀️

Full ingredients dari SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini adalah Aqua, Montmorillonite, Glycerin, Artemisia Vulgaris (Mugwort) Extract, Cetearyl Alcohol, Oryza Sativa (Rice) Bran Oil, Methylpropanediol, Ethylhexyl Palmitate, Ci 77891, Magnesium Aluminometasilicate, Glyceryl Stearate, Volcanic Soil, PEG-100 Stearate, 1, 2 Hexanediol,  Hydroxy acetophenone, Xanthan Gum, Cetearyl Glucoside,  Allantoin, Chlorphenesin,  Niacinamide, Centella Asiatica Extract, Ceramide AS, Ceramide EOP, Ceramide AP, Sodium Hyaluronate, Alchemilla Vulgaris Extract, Bisabolol, Silica, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Pentylene Glycol, Sophora Flavescens Root Extract, Trehalose, Opuntia Ficus-Indica Stem Extract, Ophiopogon Japonicus Root Extract, Hydrogenated Lecithin, Butylene Glycol, Glucose, Lactobacillus Ferment, Parfum, Ceramide NP, Zingiber Officinale (Ginger) Root Extract, Propylene Glycol, Salicylic Acid, Gentiana Scabra Extract,  Amylopectin,  Dextrin, Fomes Officinalis (Mushroom) Extract, Phenoxyethanol, Bank Extract, Ceramide NS, Ceramide NG, Propylparaben, Glycyrrhiza Inflata Root Extract, Royal Jelly Extract, Ci 77492*.

PROS-CONS

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask BeautyBeat Review
SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask BeautyBeat Review

Pros:

  • Ini adalah clay mask dengan manfaat baik serum dan moinsturizer di dalamnya.
  • Kemasan jar-nya ringan, ringkas, dan travel friendly, untuk ukuran isi produk yang cukup banyak yaitu 55 gram.
  • Kemasannya yang transparan memudahkan pengguna melihat sisa produk di dalamnya.
  • Memiki banyak kandungan soothing properties di antaranya Mugwort, Niacinamide, Cica, Allantoin dan Bisabolol yang penting untuk meredakan iritasi akibat jerawat.
  • Terdapat kandungan Salicylic Acid yang mampu mengeksfoliasi sel kulit mati dan membersihkan ke dalam pori untuk mengatasi jerawat dan mencegahnya datang kembali.
  • Teksturnya yang creamy dan formulanya yang ringan, membuatnya nyaman dan mudah diratakan saat pengaplikasian.
  • Hanya membutuhkan 1 scoop untuk mengcover seluruh area wajah dan tanpa perlu layer tambahan, clay mask ini mampu membuat wajah terasa bersih dan tetap hemat.
  • Meninggalkan rasa lembut, kenyal, dan lembap setelah clay mask dibersihkan.

Cons:

  • Mungkin bagi sebagian orang aroma clay mask ini cukup kuat dan membuat tidak nyaman. Tetapi tidak bagi saya pecinta aroma herbs.

OUR IMPRESSION

Clay mask ini merupakan skin savior bagi saya terutama pada saat periode menstruasi datang, yang membuat hormon tidak seimbang sehingga produksi sebum berlebih dan jerawat bermunculan. Yang saya rasakan adalah produk ini dapat menenangkan jerawat yang meradang dan mengurangi jumlah jerawat pada saat menstruasi dan bonusnya pori-pori bersih dan tampak samar dan wajah juga tetap terasa lembap tanpa kesan berminyak.

Pada saat didiamkan sampai kering, masker ini tidak membuat wajah kaku dan kesan yang ditinggalkan setelah clay mask ini dibersikan adalah produk ini tidak membuat kulit kencang seperti tertarik. Kulit juga terasa lembut, lembap, dan kenyal setalah pemakaian.

Kondisi Sebelum dan Sesudah Menggunakan SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask
Kondisi Sebelum dan Sesudah Mengaplikasikan SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Dan yang perlu di-highlight adalah clay mask ini memiliki kandungan lengkap dari serum dan moisturizer, yang tidak hanya memperkuat dan melindungi skin barrier agar mampu melawan agresor eksternal dari lingkungan, seperti polusi dan cuaca, tetapi juga membantumu melawan jerawat, meredakan iritasi dan kemerahan karenanya, membuat mikrobioma kulit seimbang, dan membantu mencegah kulit tidak lagi break out.

I really recommend this SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask to be added to your skincare routine, karena formulanya yang ringan dan kesan setelahnya yang meninggalkan rasa lembap, lembut, dan kenyal di kulit. Selain dapat menghaluskan tekstur kulit dan menghilanglan beruntusan, clay mask ini juga merupakan penyelamat bagi saya, terutama pada saat menstruasi datang yang membuat jerawat-jerawat hormonal yang meradang selalu bermunculan.

HOW TO USE

Ambil satu scoop clay mask, lantas aplikasikan tipis pada kulit wajah yang bersih dan hindari penggunaan dekat area mata. Clay mask ini diaplikasikan setelah saya melakukan double cleansing pada malam hari. Karena di dalamnya terdapat kandungan Salycilic Acid yang berisiko membuat kulit kering, saya menghindari pengaplikasian retinol setelahnya.

Seperti clay mask pada umumnya, saya menggunakan produk ini dua kali dalam seminggu sesuai kebutuhan. Menjelang menstruasi datang, kadang saya meningkatkan frekuensi pemakaiannya sampai dengan tiga kali. Setelah didiamkan selama 15-20 menit, cukup bilas clay mask ini dengan air sampai bersih dan lanjutkan dengan pengaplikasian toner, serum, dan moisturizer setelahnya.

THE PRICE

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask
SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp139.000 dengan ukuran 55g per item-nya dan produk ini juga tersedia di channel e-commerce terkemuka favorit kamu.

Grab this clay mask and feel the serum and moisturizer benefit inside, like antioxidant, skin brightening, hydrating, moisturizing, and of course the benefit of anti acne, exfoliant, and soothing to beat acne, small bumps and redness, BeautyBabes!

BUY NOW!

Flow menggunakan Aplikasi Atome --> Install aplikasi Atome melalui App Store atau Play Store - Lakukan registrasi & input OTP (siapkan KTP) - Pilih merchant/barang yang kamu inginkan - Gunakan metode pembayaran ATOME dengan kode voucher int75 (potongan 75rb, min payment 100.000) | Silahkan klik banner di bawah untuk terubung langsung dengan Atome!! ⏬

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive. Follow me on Instagram @prameswanindita

2 COMMENTS

    • Maskernya bisa bikin kulit semakin adem dan nggak rewel. Skin texture juga semakin terasa lebih halus. Cobain yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

L’Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture, Rangkaian Perawatan Rambut Dengan Manfaat Hyaluronic Acid

Kenali lebih dalam rangkaian L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture dalam acara The Hyaluronic Lab by L'Oréal Paris di Mal Gandaria City!

Kenalan Dengan Blue Musk, Parfum Genderless Terbaru dari The Body Shop yang Segar dan Citrusy!

Yuk kenalan dengan Blue Musk, varian parfum musk genderless terbaru dari The Body Shop yang segar dan citrusy untuk temani kamu beraktivitas!

Dapatkan Kilau Bibir Sehat dan Bervolume Hasil Kolaborasi Dew It X FOX’S Plump and Glow Lip Peptide! 🫦✨

Dapatkan bibir yang penuh kilau dan tampak bervolume dengan hybrid lip product kolaborasi Dew It X FOX’S Plump and Glow Lip Peptide!

LANEIGE Perfect Renew 3X, Sinergi 3 Kekuatan Untuk Lawan Penuaan

LANEIGE merilis seri Perfect Renew 3X dengan kandungan anti aging utama 3X, yaitu Retinol, Peptide, dan RE.D Flavonoid untuk lawan penuaan!

Deadly Duo Ini Bakalan Bikin Tampilan Mata Kamu Makin Cantik Maksimal!

Duo produk makeup & skincare hybrid ini tidak hanya memperindah riasan mata kamu, tetapi juga menutrisi alis & bulu mata agar cantik maksimal!

ELSHESKIN #9reatAnniversary, Ini Dia Kilas Balik Perjalanan ELSHESKIN Temani Kamu Dapatkan Kulit Sehat!

Simak kilas balik perjalanan ELSHESKIN #9reatAnniversary, yang selama 9 tahun setia menemani kamu untuk mendapatkan kulit sehat!

Intip Beberapa Rekomendasi Seru Rayakan Liburan Imlek Dengan Terjangkau Bertemakan Pecinan!

Intip beberapa rekomendasi destinasi domestik dan internasional untuk merayakan liburan imlek di artikel ini!

Tetap Wangi dan Fresh Seharian, Ini Dia Tips Memilih Parfum Yang Cocok Untuk Hadiri Berbagai Acara!

Temukan tips yang bisa kamu catat untuk membantu kamu memilih parfum dan menemukan aroma parfum yang cocok untuk berbagai aktivitas kamu!
- Advertisment -
- Advertisment -

Voucher Code: IS12ID (New Customer, Discount Rp110K, Min. purchase Rp500K) | Voucher Code: INTER12 (Existing Customer, Discount Rp75K, Min. purchase Rp500K) sd 31 Des 2022 | Silahkan klik banner di bawah untuk menggunakan voucher!! ⏬

- Advertisment -
- Advertisment -

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.