Home Editor's Picks Segala Sesuatu Tentang Serum Wajah Dan Mengapa Harus Menggunakannya

Segala Sesuatu Tentang Serum Wajah Dan Mengapa Harus Menggunakannya

Walaupun saat ini kamu memiliki beberapa serum di meja rias dan menjagokan salah satunya, kamu tidak sendirian jika kamu tidak memiliki kejelasan mengenai apa itu serum. Di saat membaca kalimat tadi, kami membayangkan otakmu sedang memikirkan banyak perdebatan. Ini melembapkan, tetapi kita masih menggunakan moisturizer. Teksturnya bisa saja berminyak, tapi bukan face oil. Atau bisa saja terasa cair konsistensinya, tetapi apakah ini sama dengan essence? Lantas apa manfaat menambahkan serum wajah di dalam tahapan rutinitas perawatan kulit? Begitu banyak pertanyaan dan kita bahkan belum sampai ke ingredient list!

Tetapi perawatan kulit seharusnya tidak boleh membuat stres, karena ini bertentangan dengan visinya. Jadi kami mengumpulkan pengetahuan secara kolektif, melakukan sedikit riset lebih lanjut, dan menyusun semacam lembar sontekan. Yup we are still learning, but it can be so much fun if we do it together with you, BeautyBabes!!

Apa Itu Serum Wajah?

Jika kita menganggap rutinitas perawatan kulit sebagai makanan, serum itu seperti hidangan utama. Setelah memulai dengan appetizer (alias membersihkan wajah) dan sebelum memanjakan diri dengan dessert (alias moisturizer), kita perlu memasukkan semua nutrisi penting yang biasanya terdapat di dalam main course (alias serum). Sama seperti hidangan utama, serum dapat mengandung berbagai nutrisi yang berguna untuk kulit.

Serum adalah produk perawatan kulit yang diaplikasikan ke kulit setelah tahapan (double) cleansing dan toning, sebelum moisturizer, dengan tujuan agar bahan-bahan potent yang terkandung di dalamnya terpenetrasi ke dalam kulit. Serum sangat sesuai untuk tugas ini karena dia memiliki molekul yang lebih kecil yang dapat menembus jauh ke dalam kulit dan memberikan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi, apabila dibandingkan dengan jenis skincare lain, seperti moisturizer atau toner. Ini menjadikannya sebagai alat yang hebat untuk menargetkan masalah perawatan kulit tertentu, seperti kerutan.

Apakah Serum Wajah Merupakan Moisturizer?

Jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Serum bisa penuh dengan bahan yang menghidrasi dan melembapkan (hyaluronic acid, ceramide) untuk membantu kulit mempertahankan kelembapan. Tapi, hal ini tidak lantas menjadikannya sebagai moisturizer secara harfiah. Moisturizer seperti losion dan krim wajah memiliki kandungan yang lebih rich dan menciptakan barrier di permukaan kulit untuk menjaga semua hal baik yang dibawa oleh serum, agar tetap berada dan bekerja di dalam kulit.

Baca Juga: Humectant, Emollient, Occlusive: 3 Tipe Moisturizer Yang Wajib Diketahui

Sering kali, serum mampu menghidrasi lebih efektif daripada krim terberat sekalipun. Serum memiliki molekul dapat benar-benar menembus kulit dan menghidrasi pada tingkat terdalam, sedangkan krim yang lebih berat lebih banyak berada di lapisan atas. Hydrating serum tidak serta merta menggantikan pelembap, tetapi dapat meningkatkan efek hidrasi dari pelembap.

Bagaimana Cara Menggunakan Serum Wajah?

Kulit setiap orang berbeda, tetapi rata-rata, kita harus memberikan waktu sekitar tujuh minggu untuk melihat bagaimana kulit merespons rutinitas serum baru. Tergantung pada serum dan kondisi kulit saat ini, bahkan mungkin hasilnya terlihat langsung di awal, seperti kulit yang sedikit lebih terhidrasi hanya dalam beberapa hari.

Umumnya, kita harus menggunakan serum di seluruh wajah dan leher dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali lagi di malam hari, sebelum mengoleskan moisturizer jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal.

Apa Perbedaan Antara Serum Wajah Dengan Face Oil?

Kebanyakan serum adalah water-based. Seiring dengan berkembangnya tren face oil, semakin banyak minyak yang dipasarkan sebagai oil serum dan face oil dan keduanya ini memang sebenarnya adalah serum, apabila dilihat dari kandungan bahan aktifnya yang tinggi dan biasanya menargetkan ke masalah kulit tertentu.

Kamu boleh saja memiliki water-based serum dan oil-based serum. Gunakan yang berbasis air di bawah krim dan mereka sangat penting untuk memelihara lapisan dalam kulit karena molekulnya sangat kecil, sehingga mampu menembus lebih dalam. Oil-based serum dapat diaplikasikan di atas moisturizer, karena mereka memiliki molekul yang lebih besar. Mereka dapat menjaga keefektifan krim dan melindungi kulit agar lembap sepanjang hari.

SKIN DEWI Sea Buckthorn Reviving Elixir

Oil Serum dari SKIN DEWI ini merupakan senjata pamungkas untuk meremajakan kulitmu. Sea Buckthorn Reviving Elixir ini tinggi akan kandungan antioksidan, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi kedalaman kerutan, yang penting untuk menjaga kelembapan kulitmu dan sebagai anti-aging.

bio beauty lab Luxurious Facial Oil Serum

Ini dia facial oil multifungsi yang mampu menenangkan, menghidrasi, mencerahkan, memiliki manfaat antioksidan, anti-microbial, dan anti-aging, menghaluskan kulit, dan menyamarkan acne scar dan dark spot. Dengan kandungan Rosehip Seed Oil, Evening Primrose Oil, Squalane, serum ini mampu menjaga kulitmu tetap dan memberikan kilau alami kulit.

Bagaimana Dengan Essence? Apakah Essence Adalah Serum?

Pada dasarnya, berdasarkan pada tahapan mana mereka diaplikasikan dalam rutinitas skincare (yaitu setelah cleansing dan sebelum pelembap) dan fungsi apa yang mereka perankan (kebutuhan perawatan kulit yang lebih spesifik), serum dan essence sangat mirip seperti keluarga. Perbedaanya terletak pada tekstur dan konsentrasi bahan aktifnya. Serum lebih lengket dan lebih terkonsentrasi, sedangkan essence lebih encer dengan tekstur yang lebih cair.

Baca Juga: Apa Yang Berbeda Dari Essence, Serum, Dan Ampoule?

n’pure Face Essence Centella Asiatica / Acne Care (Cica Series)

Essence ini diperkaya dengan kandungan seperti Centella Extract yang membantu memberikan kelembapan pada kulit, merawat peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat, dan menghidrasi kulit, Salicylic Acid dan Mixed Fruit yang membantu merawat kulit berjerawat, serta Milk Protein yang membantu memberikan kehalusan dan kelembutan kulit.

bio beauty lab Phyto Power Essence

Merupakan essence yang diformulasikan dengan 74% bahan aktif di antaranya Phytoliquid ginseng, Galactomyces, Centella asiatica extract, niacinamide, camellia leaf extract, cotton seed Extract, Yeast ferment extract, Garlic bulb Extract, Allantion. Phyto Power Essence ini merangkap Pre-Serum yang berfungsi memaksimalkan kinerja perawatan wajah setelahnya.

Apakah Serum Wajah Lebih Cepat Kedaluwarsa?

Bahan aktif tertentu yang sering ditemukan dalam serum bisa menjadi tidak stabil setelah bersentuhan dengan udara ataupun cahaya, seperti retinol dan vitamin C. Ascorbic Acid (vitamin C) misalnya, dapat teroksidasi dan kehilangan khasiatnya seiring berjalannya waktu. Namun berkat ilmu pengetahuan, versi bahan yang dimodifikasi (yang larut dalam air dan lain-lain) bertahan lebih lama sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih baik. Aturan praktis terbaik adalah menyimpan kemasannya di tempat yang sejuk dan kering (dan menggunakannya dalam waktu enam bulan hingga satu tahun). Maka dari itu biasanya serum dengan bahan aktif biasanya dikemas dengan botol yang lebih gelap, untuk menghindari paparan cahaya dan temperatur tinggi atau kemasan individual seperti vial untuk menghindari kontaminasi lingkungan.

Bagaimana Serum Wajah Dapat Bermanfaat Bagi Rutinitas Perawatan Kulit?

Ada banyak pilihan serum di luar sana, jadi memilih dengan bijak selalu menjadi tantangan. Yang terbaik adalah menilai manfaat serum yang dipakai saat ini untuk memandu pencarian berkelanjutan terhadap produk yang benar-benar efektif.

1. Anti-aging Serum

  • Tujuan serum: Serum antipenuaan membantu membalikkan waktu dan memperlambat proses penuaan dengan memberikan bahan antipenuaan yang penting untuk memerangi garis-garis halus dan kerutan.
  • Jenis kulit yang harus menggunakannya: Serum antipenuaan bermanfaat untuk semua jenis kulit, tidak hanya kulit dewasa, dan kita dapat mulai menggunakannya sejak usia 20-an.
  • Bahan yang harus dicari: Retinol, kafein, teh hijau, proteoglikan, dan hyaluronic acid.
  • Jangan lupa: Jika kamu memiliki kulit kering dan akan menggunakan retinoid dalam serum, kami sarankan memulai dengan dosis rendah, sekitar 0.25%, untuk memastikan kulit dapat menoleransinya sebelum beralih ke dosis yang lebih kuat.

SOMETHINC Level 1% Retinol

Serum dengan teknologi encapsulated retinol ini, bekerja dengan menembus sel kulit, membelah diri, mendeteksi permasalahan kulit pada lapisan kulit dengan menargetkan untuk memperbaiki sel yang bermasalah. Di saat yang sama, partikel kristal enkapsulasi ini juga menciptakan shield pelindung di permukaan kulit untuk mencegahnya dari dehidrasi.

La Prairie Skin Caviar Liquid Lift

Serum dengan kandungan mewah dari kaviar ini mampu memberikan sensasi mengencangkan seketika, memberikan penampilan yang lebih muda dalam jangka panjang dengan penggunaan yang berkelanjutan, memperbaiki elastisitas kulit, mengembalikan kepadatan kulit untuk mendapatkan kembali volumenya, meningkatkan kehalusan kulit dan mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan secara nyata.

2. Antioxidant Serum

  • Tujuan serum: Serum antioksidan membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan sinar matahari setiap hari. Serum ini juga membantu mencegah garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya, serta dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit.
  • Jenis kulit yang harus menggunakannya: Karena kulit kita terpapar radikal bebas dan sinar matahari secara teratur, serum antioksidan ideal untuk semua jenis kulit. Pastikan untuk melihat bahan-bahannya untuk memastikan serum tidak mengandung bahan yang berpotensi mengiritasi untuk jenis kulit kamu terlebih dahulu. Wewangian, pewarna, sulfat, dan dalam beberapa kasus, jeruk atau mint dapat menyebabkan iritasi pada beberapa kondisi kulit.
  • Bahan yang harus dicari: Vitamin A, C, dan E, resveratrol, niacinamide, melatonin, dan L-Ascorbic acid.
  • Jangan lupa: Gunakan serum vitamin C di pagi hari dan aplikasikan tabir surya setelahnya untuk perlindungan terhadap sinar UV.

Baca Juga: UVA Dan UVB, Ketahui Semua Hal Tentang Ultraviolet Agar Kulit Terhindar Dari Efek Buruknya

innisfree Green Tea Seed Serum

Serum yang mampu memperkuat skin barrier yang mampu memenuhi kebutuhan kelembapan harian kulit. Diformulasikan dengan Green tea Tri-biotics™, yang membantu merawat kulit dehidrasi, pH tidak seimbang karena kehilangan hidrasi setiap hari dengan melembapkan, menenangkan, dan memberi nutrisi untuk kulit yang tampak sehat.

Kiehl’s Vital Skin-Strengthening Super Serum

Serum yang dapat memperkuat lapisan kulit, menyerap ke delapan lapisan permukaan kulit untuk membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan menyegarkan kulit yang kusam dan tampak lelah. Diformulasikan dengan 11kDa Hyaluronic Acid – bentuk terkecil dari Hyaluronic Acid – dan Adaptogenic Herbal Complex yang kaya akan kandungan antioksidan, serum super ini dapat menyerap ke lapisan permukaan kulit dan merawat kulit dari tanda-tanda penuaan untuk kulit yang tampak lebih muda.

3. Hydrating Serum

  • Tujuan serum: Sama seperti namanya, serum yang menghidrasi membantu memberikan kelembapan ekstra dan memperkuat skin barrier pada kulit untuk melengkapi moisturizer di malam hari.
  • Jenis kulit yang harus menggunakannya: Mereka yang memiliki kulit kering atau dehidrasi adalah kandidat ideal untuk serum yang menghidrasi, tetapi jenis kulit berminyak (dan bahkan kulit yang rawan jerawat) juga dapat memperoleh manfaat dari beberapa tambahan hidrasi yang dilakukan dengan tepat. Untuk jenis kulit yang sangat berminyak, serum yang menghidrasi lebih disukai. Produk-produk ini dirancang untuk menghidrasi dengan residu emolien minimal. Baik kulit dewasa maupun muda sama-sama dapat menggunakan serum yang menghidrasi.
  • Bahan yang harus dicari: Asam Hyaluronic, peptida, ceramide, dan vitamin E.
  • Jangan lupa: Tidak ada usia yang terlalu muda untuk serum yang lebih berfokus pada hidrasi. Serum dengan kandungan peptide dan hyaluronic acid aman untuk kulit muda yang rentan berjerawat dan bisa menjadi pilihan bebas minyak yang bagus untuk kulit yang rentan berjerawat karena dehidrasi. Yang perlu diingat adalah kulit yang dehidrasi cenderung memproduksi lebih banyak sebum yang dapat memperparah kondisi kulit berjerawat.
THE BATH BOX® Rose Hydrating Serum in Jar

Serum yang mengandung Bulgarian Rose Water, Hydrolized Sodium Hyluronate, Pseudoalteromanas Exopolysaccharides, dan Undaria Pinnatifida Extract untuk menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit, serta membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Dengan perpaduan wangi Geranium dan Rose yang menenangkan.

YVES ROCHER Hydra Vegetal Moisturize Boost Serum

Dengan bahan aktif berkonsentrasi tinggi, serum ini dengan tekstur mikro-tetesan yang langsung memberikan vitalitas dan menghidrasi kulit. Kulit diremajakan dan mendapatkan kembali kenyamanan, kelembutan, dan bercahaya hari demi hari. Dengan tekstur gel yang berubah menjadi ke mikro-tetes ketika bersentuhan dengan kulit dan menyerap dengan cepat.

4. Color Correcting Atau Brightening Serum

  • Tujuan serum: Serum ini melakukan berbagai fungsi dan dapat menargetkan masalah kulit seperti hiperpigmentasi, pori-pori membesar, dan garis-garis halus.
  • Jenis kulit yang harus menggunakannya: Mereka yang ingin meratakan warna kulit atau menghilangkan bintik hitam adalah kandidat ideal bagi Color Correcting Serum. Exfoliating serum bekerja dengan baik bagi mereka yang ingin menghaluskan kulit, memperkecil pori-pori, menghilangkan kulit kusam, dan mengembalikan kilau alami kulit, dengan menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab warna kulit tidak merata.
  • Bahan yang harus dicari: AHA (glycolic acid, lactic acid), arbutin, kojic acid, azelaic acid, glutathione, dan L-ascorbic acid.
  • Jangan lupa: Serum antioksidan secara alami akan mencerahkan kulit, tetapi kamu juga dapat menemukan serum ini dengan tambahan arbutin atau kojic acid, yang akan membantu menekan pigmen dan mencerahkan kulit.

Baca Juga: Seberapa Sering Seharusnya Kita Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah?

Y.O.U The Radiance White Nourishing+ Serum

Serum yang diperkaya dengan Snow Mushroom Extract, 5% Niacinamide, 50 kali vitamin C, dan Probiotik untuk kulit sehat dan bercahaya. Di dalamnya terdapat sembilan kandungan Brightening Actives yang mampu menutrisi kulit untuk wajah yang cerah berseri, membuat kulit terasa lebih lembut dan kenyal, dan memperkuat skin barrier.

Avoskin Miraculous Refining Serum

Miraculous Refining Serum adalah serum dari Miraculous Refining Series. Dengan kandungan AHA, BHA, Niacinamide, Ceramide, dan bahan pendukung lainnya yang membuat serum ini berfungsi efektif untuk membantu proses pengelupasan sel kulit mati dan memicu regenerasi sel kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah, meratakan warna kulit, dan lebih halus.

5. Anti-Acne Serum

  • Tujuan serum: Serum ini menargetkan masalah kulit seperti jerawat, hiperpigmentasi, dan pori-pori membesar akibat bekas jerawat, kadar sebum yang berlebih, meredakan peradangan dan kemerahan, serta menghilangkan bakteri penyebab jerawat.
  • Jenis kulit yang harus menggunakannya: Mereka dengan kondisi kulit acne prone dan yang ingin meratakan warna kulit atau menghilangkan bintik hitam akibat bekas jerawat, ataupun yang ingin menghaluskan tekstur kulit dan mengecilkan pori-pori.
  • Bahan yang harus dicari: salicylic acid, glycolic acid, tea tree oil, niacinamide, vitamin C, centella asiatica, mugwort, zinc, atau galactomyces ferment filtrate.
  • Jangan lupa: Serum dengan salicylic acid di malam hari dapat membantu mengeksfoliasi sel kulit mati juga membantu meluruhkan sebum yang terjebak di dalam pori-pori. Selain itu salicylic acid memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk meredakan jerawat. Penggunaan vitamin C dan niacinamide di pagi hari dapat membantu meratakan warna kulit dan memudarkan hiperpigmentasi yang diakibatkan oleh jerawat.
TRUE to SKIN Niacinamide Brightening Serum

Serum dengang kandungan 10% Niacinamide yang diperkuat dengan Zinc dan Allantoin ini diformulasikan secara khusus untuk merawat kulit kusam, pigmentasi, dan juga pengendalian jerawat.

 
THE BATH BOX® Brassica Lightening Facial Serum

Kombinasi sempurna dari Galactomyces Ferment Filtrate yang diperoleh melalui proses fermentasi berbagai jenis biji-bijian dengan Niacinamide, Rapeseed Extract, Boerhavia Diffusa L Root Extract, and Water Lily Flower Extract untuk mencerahkan warna kulit, mengurangi bintik hitam, dan meratakan warna kulit.

Anindita Prameswari
My life is about learning and I always find myself nervous around anything I find attractive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RECENT POST

METAL DX, Netralkan Metal Dalam Rambut Agar Hasil Pewarnaan Sesuai Ekspektasi

Metal DX, rangkaian produk terbaru L’Oréal Professionnel untuk mendapatkan hasil pewarnaan rambut, #MeetYourHairExpectation. Bagaimana bisa??!!

Sociolla Luncurkan Laman Khusus “The Active Ingredients Guide” Buat Bantu Memilih Produk Skincare Berbahan Aktif Yang Paling Sesuai

Bebaskan 😱 "horor" dan kebingunganmu 🤔 akan berbagai bahan aktif dalam skincare, sekarang juga!

Dua Varian Baru Joylab Matcha Series Yang Match Dengan Kebutuhan Kulitmu!!

Kini Gotta Matcha Hydrating Cleanser punya teman baru melengkapi Joylab Matcha Series yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kulitmu!!

Shopee 9.9 Super Shopping Day, Pesanan Produk UMKM, Termasuk Produk Kecantikan, Meningkat Hingga 6 Kali Lipat!!

Jumlah pesanan produk UMKM meningkat hingga 6 kali lipat dibandingkan hari biasa pada Shopee 9.9 Super Shopping Day.

Yuk, Kembali Segarkan Jiwa Dengan Mengunjungi Destinasi Yoga Di tiket.com!!

Untuk berwisata mindfulness, tiket.com memiliki beragam opsi destinasi yoga berkelas dunia di tanah air. Kira-kira di mana saja ya?

Brand Kecantikan Korea Supergemoy 💄 Ini Jadi Bintang 🌟 Pada Festival Shopee 9:9 Super Shopping Day!

Kenalan yuk sama barenbliss (BNB), brand kecantikan Korea supergemoy 💄!

Menu 🍜 🥬 🥣 Sehat Dalam Festival Kuliner Daring #PejuangLokal Blibli Yang Ikut Pecahkan Rekor MURI!

Lafeerrr 😋? Cek nih rekomendasi menu 🍜 🥬 🥣 sehat dalam festival kuliner daring #PejuangLokal Blibli yang ikut pecahkan rekor MURI!

REVIEW: Scarlett Whitening Body Care Series – Perfect Coffee Edition

Simak pengalaman BeautyBeat menikmati kopi dengan menggunakan rangkaian body care dari Scarlett Whitening Perfect Coffee Edition di sini!

Beauty A to Z

Beauty Glossary Alphabet A: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf A

Want to learn all of the beauty vocabs that start from A? You better click this!!

Beauty Glossary Alphabet B: Panduan Lengkap Istilah Dan Definisi Kecantikan Yang Berawalan Huruf B

Halo BeautyBabes! Selamat datang di Beauty Glossary Alphabet B. Sebuah panduan lengkap istilah dan definisi kecantikan yang berawalan huruf B.
Stay in touch!

Stay in touch!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from us.

You have Successfully Subscribed!